Oleh: mulyanto | 4 Juni, 2013

Ruginya Nyoblos Anggota DPR/DPRD


Sudah kapok saya nyoblos anggota DPR/DPRD. Rugi habis karena :
- Mereka sering bolos, kerja ngga beres2.. makan gaji buta deh
- Banyak minta fasilitas, seperti uang dinas dan lain-lain.
- Suka  studi banding ngga jelas :p
- Dapat pensiun seumur hidup. Gila, kerja cuman 5 thn dapat pensiun.. kerjanya ngga beres lagi.

Kapok pok!!!

UPDATE 21 Januari 2014. Partai2 politik semakin ancur, lihat kualitas caleg2nya :p .

Update 20 February 2014

Baca artikel kompas :

http://nasional.kompas.com/read/2014/02/17/0859479/Habiskan.Rp.11.8.Triliun.DPR.Belum.Berprestasi

Dalam kurun waktu lima tahun ini, Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014 telah menghabiskan anggaran hingga Rp 11,8 triliun. Namun, besarnya anggaran tersebut berbanding terbalik dengan capaian kinerja parlemen yang relatif rendah.

Dalam kurun waktu lima tahun ini, Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014 telah menghabiskan anggaran hingga Rp 11,8 triliun. Namun, besarnya anggaran tersebut berbanding terbalik dengan capaian kinerja parlemen yang relatif rendah.

Berdasarkan data Indonesia Budget Center (IBC), dari total anggaran Rp 11,8 triliun itu, sekitar 70 persen atau Rp 8,3 triliun dialokasikan untuk membiayai kegiatan anggota DPR. Adapun Rp 3,5 triliun lainnya untuk anggaran Sekretariat Jenderal DPR.

Dilihat dari anggaran setiap tahun, anggaran untuk kegiatan anggota DPR sesungguhnya terus naik.

Tahun 2010, anggaran DPR sebesar Rp 1,03 triliun. Pada 2011 naik menjadi Rp 1,17 triliun. Pada 2012, anggaran anggota DPR naik lagi menjadi Rp 1,51 triliun, tahun 2013 kembali naik menjadi
Rp 2,22 triliun, dan tahun 2014 naik lagi menjadi Rp 2,37 triliun.

Reses dan studi banding

Alokasi anggaran yang terus naik ini salah satunya digunakan untuk membiayai reses anggota DPR. Pada 2014, misalnya, anggaran reses DPR ditetapkan sebesar Rp 994,9 miliar atau Rp 1,7 miliar untuk setiap anggota DPR.

Dana reses itu naik empat kali lipat dari dana reses tahun 2010 yang ditetapkan Rp 411,3 juta untuk setiap anggota DPR.

Anggaran studi banding DPR juga naik setiap tahun. Pada 2013, anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan studi banding DPR Rp 248,12 miliar, naik sekitar 77 persen dari alokasi anggaran yang sama pada 2012, sebesar Rp 108,18 miliar.

Selain studi banding ke daerah, setiap tahun DPR juga studi banding ke luar negeri.

Kurang berprestasi

Besarnya anggaran yang dialokasikan selama lima tahun masa jabatan itu menimbulkan harapan DPR mampu melaksanakan fungsi pengawasan, penganggaran, dan legislasi dengan baik.

”Namun, kenyataannya, DPR kurang berprestasi. Fungsi pengawasan, penganggaran, apalagi legislasi, tidak berjalan dengan baik,” ungkap Roy Salam, peneliti IBC, di Jakarta, Minggu (16/2).

Menurut Roy, DPR justru mengusulkan hal-hal yang dianggap kontroversial, di antaranya usulan pengalokasian dana aspirasi untuk setiap daerah pemilihan dan pembangunan gedung
baru DPR yang kemudian dibatalkan setelah dikritik masyarakat.

Sementara dalam bidang legislasi, DPR tidak pernah berhasil memenuhi target legislasi. Pada 2010, DPR hanya berhasil menyelesaikan delapan dari target 70 RUU prioritas. Begitu pula tahun 2011, DPR hanya mampu menyelesaikan pembahasan 18 RUU dari target 93 RUU prioritas dan pada 2012 hanya 10 RUU dari target 64 RUU prioritas.

Kondisi tersebut masih berulang pada 2013 saat DPR hanya menyelesaikan pembahasan 7 RUU prioritas. Padahal, jumlah RUU yang diprioritaskan sebanyak 70 RUU.

Pada 2014, DPR menargetkan menyelesaikan 66 RUU prioritas. Namun, hingga saat ini baru menyelesaikan satu, RUU tentang Perdagangan.

http://www.antaranews.com/berita/422653/oh-dpr-ri–rapormu-merah-gajimu-terbesar-keempat-di-dunia

Kutipan: Gaji anggota DPR RI yang “wah” karena totalnya mencapai 18 kali dari pendapatan per kapita penduduk Indonesia, ternyata tidak sebanding dengan kinerja dan hasil yang telah dicapai para politisi DPR selama duduk di kursi parlemen.”

“Lebih mengejutkan lagi data yang dilansir oleh Independent Parliamentary Standards Authority (IPSA) dan Dana Moneter Internasional (IMF), bahwa gaji anggota DPR RI berada di peringkat keempat terbesar di dunia – bahkan mengalahkan Amerika – setelah Nigeria (116 kali lipat pendapatan per kapita penduduknya ), Kenya (76 kali lipat) dan Ghana (30 kali lipat).”

“Menurut data IPSA dan IMF itu, seorang anggota DPR yang duduk di kursi legislatif dalam setahun bisa memiliki pendapatan 65 ribu dolar AS, atau sekitar Rp780 juta di luar gaji ke-13, dana reses atau aspirasi daerah pemilihan, insentif setiap kali ikut membahas rancangan undang-undang.”

“Jika ditotal dalam satu tahun pendapatan seorang legislator bisa lebih dari Rp1 miliar. Gaji yang sangat fantastis untuk ukuran sebagian besar rakyat Indonesia yang hidupnya masih di bawah garis kemiskinan, yang konon nasib dan kepentingan mereka akan “diperjuangkan” oleh para anggota dewan itu di DPR RI.”

1909169_757453377599851_1381347678_o

Kapok pok!!!

Oleh: mulyanto | 23 Agustus, 2011

Tips Mudik Pakai Motor


=====================================================================
Memperingati Hari Raya Idul Fitri, tulisan ini terpasang terus di urutan pertama (sticky) hingga 10 Agustus 2013. Tulisan terbaru akan berada dibawah tulisan ini
=====================================================================

Menunggangi motor Bdg-Purbalingga/Banyumas selama 6-7 jam adalah biasa bagi saya. Biasanya setahun 2 kali saya PP Bdg-Pbg. Momen pertama adalah lebaran dan momen kedua adalah perpanjangan STNK/PKB. Tapi kini saya tidak pakai motor ber nomer R lagi :) . Dan sebetulnya tahun ini saya tidak merencanakan memakai motor lagi. Oktober tahun lalu saya sudah membeli mobil retro :D . Biar jadul sudah banyak saya perbaiki. Mobil ini juga sudah sering dipakai berjam-jam bermacet ria dalam kota bandung dan tidak pernah mogok.

Tapi karena kondisi MAX yang baru berusia 1 bln lebih jadi terpaksa kali ini masih bike to mudik sendirian. Max, Afi dan Ibunya biar lebaran di Bdg. Biarpun saya tiap tahun bike to mudik tapi TAK PERNAH mudik bermotor membawa keluarga. Terlalu berisiko! Resikonya tidak sepadan dengan ekonomisnya. Biasanya anak-istri selalu pakai travel, sekali pernah naik travel bareng.. beli 3 tiket kursi (1 baris). Pernah juga sekali sewa mobil dan sopirnya, gara-gara kehabisan tiket travel :D . Loh kok ngga pakai bus atau KA?? aduh repot banget! Kasihan anak istri juga, berjejalan dalam bus/KA dengan kemungkinan nggak kebagian tempat duduk… kecopetan… atau bahkan anak hilang! . Yang aman dan nyaman yah bus eksekutif atau travel.. tapi mahal dan harus cepat2 pesan/beli tiket. Berikut saya share pengalaman mudik memakai motor :

Mudiklah dengan santai
Contohnya Bdg-Pbg, normalnya bisa ditempuh 6-7 jam(sendirian). Tapi kalau memboncengkan keluarga, siapkan perjalanan 12-14 jam. Mudik tahun lalu saja sampai 12 jam, padahal normalnya 6 jam. Bahkan kalau kesorean/kemalaman bisa jadi 24 jam, karena anda harus berhenti untuk menginap. Anggap saja perjalanan mudik sebagai wisata yang harus dinikmati. Jangan sampai istri-anak anda kelelahan yang akhirnya mengakibatkan anak meninggal karena keletihan atau tidak bernafas (akibat terhimpit). Hujan dan dingin juga perlu diwaspadai, biarpun sudah rapat pakai jas hujan dan tidak basah, tapi bahaya hypothermia mengintai ! Apalagi ditambah keletihan dan tertidur. Ditanggung Inalilahi Wa Inalilahi Rojiun (sudah kejadian).

Jangan mudik di malam hari
Mudik di malam hari mungkin nyaman, tidak kepanasan, tidak macet, dan jalan sepi. Tapi ingat, naturalnya malam hari adalah tidur jadi pengemudi dan pemboncengnya cenderung ngantuk. Yang kedua adalah, jalur luar kota ini tidak ada biasa lewati. Anda tidak tahu letak lobang-lobang atau gundukan di jalan, apalagi kalau malam hari bisa jadi tidak kelihatan. Dan biasanya pada malam hari mobil/bus cenderung ngebut abis kayak F1!.

Jaga kebugaran
Sehari meenjelang berangkat sebaiknya istirahat, jangan beraktifitas. Kalau merasa cape atau tidak segar bugar sebaiknya tunda dulu mudiknya, keesokan harinya saja.. setelah istirahat cukup. Dalam perjalanan istirahatlah tiap 2 jam, istirahatlah minimal 15 menit. Minum minuman energy yang botolan akan membuat stamina dan segar. Saya kalau kepepet biasanya minum Hema*****. Kalau ngantuk lebih baik tidur. Terus bagaimana kalau terlalu banyak istirahat/tidur apa nanti malah jadi terlambat sampai di rumah? Yah kalau anda kemalaman/kesorean lebih baik anda berhenti menginap. Banyak pos2 istirahat yang bisa dipakai untuk menginap, atau sewalah kamar di losmen2. Jangan memaksa. Keletihan juga bisa diobati dengan makan yg cukup. Saya pernah ngebut dari PBG-Bdg, Pbg-Bdg(dago) hanya saya tempuh dalam 5 jam. Full throtle,tanpa istirahat, hanya berhenti untuk isi bensin. Interview pekerjaan, menginap semalam di bdg, paginya balik lagi ke Pbg pakai motor. Siang jam 2 naik bus ke bdg, lanjut naik bus ke jkt, lanjut pakai pesawat ke Pekanbaru. Tapi saya juga pernah kepayahan waktu naik motor Bdg-Pbg. Badan terasa capai sekali, sudah istirahat ngopi di ciamis, eh istirahat lagi makan sop buntu di wangon. Di Sokaraja eh masih istirahat lagi makan soto, padahal rumah tinggal 11 km lagi. Entah kenapa sampai kepayahan seperti itu sampai kini saya tidak tahu sebabnya. Apalagi kalau memboncengkan anak-istri ! Makanya saya suka geregetan(sedikit marah)kalau melihat pemudik yang membawa anak istri. Oke saya tidak berhak melarang anda, lah saya juga tidak ngasih solusi kan. Akhirnya kalau anda terpaksa harus mudik bawa anak istri, tolong jaga kebugaran. Jangan paksakan kalau anda kelelahan. Periksa juga kondisi anak anda, jangan sampai tidak bisa bernafas karena terhimpit bapak-ibunya (sudah kejadian).

Pilih jalan yang lebih sepi
Hindari jalur ramai yang berbahaya seperti PANTURA, ambilah jalan2 alternatif. Setiap lebaran di kampung, saya sering membawa anak-istri berwisata dengan motor. Biasanya saya pilih jalan alternatif, biarpun sedikit lebih memutar.

Hindari kendaraan besar
Bus, truk dan kendaraan besar lainnya jangan sampai ada di samping atau belakang anda. Lebih baik minggir. Kendaraan besar mempunyai roda besar dan kolong yang tinggi. Kalau senggolan, motor beserta penunggang2nya bisa masuk kolong dan tergilas. Jangan nempel dibelakang kendaraan besar di tanjakan, sebab ada kemungkinan kendaraan besar tidak kuat menanjak dan kemudian mundur melindas anda sekeluarga. Jauhilah dan ambil jarak/posisi yang aman kalau kendaraan di depan anda tidak kuat menanjak.

Jangan ambil jalur tengah/kanan
kalau anda senggolan dengan kendaraan yang di sebelah kiri, kemungkinan anda akan terjatuh ke kanan dan tergilas/tertabrak mobil dari arah berlawanan. Selalulah ambil jalan sebelah kiri.

Samakan kecepatan
Jangan ngebut, tapi jangan terlalu pelan. Buntutilah truk yang berkecepatan sedang (40 km/jam). Tapi jangan terlalu dekat, kira2 5 meteran atau sekitar panjang 2-3 motor. Kalau terlalu pelan malah bisa mengganggu atau membuat kesal kendaraan besar. Dengan dibelakang truk, setidaknya mengurangi kemungkinan ditabrak dari depan. Kendaraan yang hendak menyalip truk pun pasti slowdown dan lebih hati2.

Jangan mendadak belok
Biasanya kalau mendadak didepan lubang/gundukan atau kendaraan yang mendadak berhenti, langsung reflek setir. Hal ini sangat berbahaya karena anda bisa tertabrak kendaraan baik dari belakang atau depan anda. Kalau anda menemui lubang/gundukan atau halangan lainnya, lakukan pengereman dan tetap lurus sambil menstabilkan kendaraan. Lakukan manuver belok jika lalulintas dari depan maupun belakang anda sudah aman.

Ngga Usah Menyalip
Ngga usah menyalip jika kendaraan depan anda kecepatannya lebih dari 50 km/jam. Kalau mau nyalib, saliblah di jalan lurus yang anda bisa lihat jauh kedepan. Jangan menyalib di tikungan atau blind side, bahaya! .

Siapkan kendaraan anda
Yang ini sudah jelas. Pastikan rem dan ban masih bagus. Dan jangan lupa gunakan helm yang baik dan benar.

Nah banyak kan resiko-nya kalau mudik pakai motor bawa anak-istri. Masih belum jelas? Saya rangkum lagi :
- Pengendara kecapean/tertidur –> bisa kecelakaan
- Istri kecapean/tertidur –> bisa jatuh dari motor, anak bisa terhimpit dan meninggal karena tidak bisa bernafas
- Istri/anak kedinginan karena hujan dan angin. Walau tidak bahas bisa kena hypothermia.. ditambah lelah dan tidur jadilah meninggal dunia.
- Beban yang berat dan banyak –> motor tidak mudah dikendalikan –> kecelakaan
- Resiko tabrakan. Sudah tidak ngebut, sudah di jalur kiri pun masih bisa ditabrak.

Apakah nyawa anak-istri dan nyawa anda sebanding dengan murahnya mudik pakai motor?

Oleh: mulyanto | 17 Juni, 2013

Cara Membongkar Password Pada File Doc


Copas dari comment di fesbuk

1.Ubah nama nama file word anda ke ZIP, seperti sebagai file ZIP terkompresi.
2. kemudian Double klik pada file tsb.
3. cari dan Hapus file settings.xml dari folder. Dan kemudian tutup Window.
4. Rename kembali ke file DOCX.
5. coba Anda buka kembali file word anda, insya alloh tidak akan muncul permintaan untk memasukkan password.

Oleh: mulyanto | 4 Juni, 2013

CARA BLOKIR NO HP PENIPUAN


CARA BLOKIR NO HP PENIPUAN
Jangan kita biarkan, saat ini ada cara untuk menanggulanginya :

1. TELKOMSEL
Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166
Contoh : Penipuan#081212­3456#selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin…dst lalu kirim ke 1166

2. XL
Format SMS : Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg dikeluhkan lalu krm ke 588

3. INDOSAT
Format SMS : SMS(spasi)Nomor­ pengirim SMS penipuan (spasi)­ isi SMS penipuan, kirim ke 726

sumber : http://www.facebook.com/PRFMNewsChannel?ref=stream&hc_location=stream

Older Posts »

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.