Oleh: mulyanto | 26 September, 2007

[Kesehatan] Ramuan Obat Radang Tenggorokan


Radang tenggorokan merupakan sakit langganan saya. Sampai tahun 2005, kalau terkena radang tenggorokan obatnya adalah :
– Obat Batuk Hitam
– Ganti rokok dengan rokok yang ringan (mild)

Tapi tahun 2006, radang tenggorokan yang menyerang sangat akut. Cukup kena angin/air dingin saja maka menjadi mual-mual dan muntah. 2 botol OBH habis tanpa menyembuhkan, periksa ke dokter spesialis menghabiskan 300 ribu plus 3 hari bed rest pun hanya meredakan saja. Akhirnya saya search di google tentang tumbuhan atau jamu untuk radang tenggorokan dan ditambah riset kandungan obat batuk hitam herbal maka ketemu sbb :

1. Kayu manis –> untuk obat radang tenggorokan
2. Mahkota Dewa –> untuk obat radang tenggorokan
3. Jeruk Nipis –> untuk mengencerkan dahak
4. Jahe –> untuk menghangatkan tenggorokan

Akhirnya didapat formula yang ampuh :

Rebus hingga mendidih bahan2 berikut:
– 400 cc air
– 4 batang kayu manis (10 cm -an)
– 8 cangkang mahkota dewa

Setelah dingin/hangat suam kuku, ambil air-nya dan tuangkan dalam gelas. Tambahkan perasan 1/2 – 1 jeruk nipis dalam gelas. Untuk menambah nikmat tambahkan gula pasir.

Minum teh hijau atau teh tubruk juga sangat ampuh untuk mengurangi atau meredakan batuk dan dahak. Selama saya minum teh, tidak batuk lagi. Dahak pun tidak keluar lagi. Padahal dengan minum OBH atau obat batuk lainnya, tetap batuk dan berdahak.

Selamat mencoba.

Updated 8 Desember 2010

Akhirnya batuk-dahak saya hampir sembuh, obatnya adalah Habbatussauda Nigellive. Sudah dua minggu saya minum nigellive, minum kopi hanya pagi hari, dan selanjutnya minum teh 2-3 gelas sehari. Awalnya saya minum nigellive dan teh karena concern terhadap kesehatan. Banyak minum teh untuk mencegah pengapuran pembuluh darah. Ternyata malah batuk berdahak saya nyaris berhenti. Masih batuk berdahak sih tapi sudah jarang banget, paling 2-3 hari sekali. Dulu pagi-siang-malam berdahak terus.

http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/12/09/kesehatan-habbatussauda-obat-herbal-yang-mantap/

Responses

  1. Saya kepengin ramuan obat tradisional dari berbagai akar2an, rempah2 dan daun2an untuk segala macam penyakit.

    • maruk

  2. yang mahkota dewa nampaknya ndak ada kaitannya dengan radang tenggorokan. Kalau pengalaman saya untuk kayu manis, jahe memang bisa. apalagi jika ditambah pala, gula batu dan kencur.

    Salam. . . .
    MASRURI

    Terimakasih infonya.

  3. kalau yg terkena radang tenggorokan tersebut mempunyai penyakit ginjal bagaimana…??
    apa tdk apa” minum ramuan tersebut..??
    atau ada ramuan yg lain yang aman bagi penderia ginjal …

    Wah mesti minta resep dokter tuh : )

  4. radang tengorokan kalo aku paling kumur2 air anget sm garam. istirahat… kalo uda parah ya back to antiobiotik.

    Satu saran yang bisa dicoba. Terimakasih buat Metikw

    • RATE THIS

      kalau tenggorokanku pas lagi makan gak bisa nelan …
      rasanya sakit banget
      aku minta solusinya””

      terimah kasih

  5. aku udah lama hampir 1 minggu mengalami radang tenggorokan rasanya suakit banget sampe tak bawa ke dokter 2 kali tapi tetap gak ada perubahan kayaknya tenggorokanku lukanya parah sampe nelen ludah aja suakit apalagi buat makan. tolong info obat untuk menyembuhkan radang donk ini sangat menyakitkan

    • Ni saran dari Q ya !!!
      Q dah langganan radang tenggrokan, kata dokter itu dah bawaaan, dulu waktu Q terserang penyakit itu Q juga bolak-balik ke dokter tapi tetep ja nyeri di tenggrokan, setelah cari inisiatif Q putuskan untuk tidak ke dokter lgi, trus klo makan jangan nasi atau apapun yang berbau minyak, jadi Q cuma makan bubur aja.
      Alhamdulillah sembuh karena tubuhQ sudah membentuk anti bodi dan luka di tenggorokannya tidak terbuka karena Q makan Bubur…. smoga mmbantu.
      percuma bolak-balik ke Dokter tapi tetep makan nasi dan krupuk, ibarat luaka mau kering terbuka lagi gtu… logikannya.

    • NE DA TEMANKU minta bantu
      saat ne di lgi sakit telinga dan dia gak bisa tidur semalaman karena telinganya kayak di tusuk jarum

      tolong bantuanx”””

      ovan welly pomantow

  6. to riri

    saya ikut prihatin, tapi yah info dari saya cuman segitu.

  7. Dear Riri,
    Kemungkinan besar radangnya spt aku. Aku pakai 5 obat sekaligus : Epexol, Paratusin,Sporetik, Codipront (codipront harus pakai resep, obat batuk ini untuk menekan batuk biar nggak sakit, katanya dokter obat ini mengandung ophium) + obat batuk syrup Inadril (spt Benadril kali).
    Sebelumnya aku juga pernah dikasih Tuzalos, ttp nggak aku habiskan krn isyunya memicu stroke.
    Semoga obat-obat tadi cocok.

    • coba prpolis aja, itu obat herbal alami yang tidak ada efek samping,, bagus untuk detoksifikasi racun yang ada di dalam tbuh

  8. saya coba ya…,sarannya..,mudah2an aja berhasil coz saya sudah mengidap radang tenggorokan akut sudah setahun lebih tapi sampai sekarang belum kunjung sembuh….

    ke dokter dah puluhan kali, ke spesialis juga udah..,tapi belum sembuh benar….!

    • mungkin ini pengalaman pribadi dan baca dr trubus. coba aja makan buah ciplukan, atau mau lebih repotnya rebus aja daun dan akar ciplukan. kl yg trakhir blon nyoba, kl cm makan buahnya dah sering n berhasil sembuh. smoga bermanfaat….

  9. to Zali
    Wah udah puluhan kali ke dokter. Segala dokter sudah dicoba? Jangan dokter THT saja, coba juga dokter gigi sampai dokter kandungan :D . Ok, ditunggu hasil percobaannya yah.

  10. ramuan alami untuk radang bisa dikombinasikan dengan madu plus jeruk. madu mempunyai sifat anti bakteri, anti septik tetapi kalau mau lebih bagus lagi pakai propolis hasil dari lebah yang mempunyai kemmpuan anti radang, anti virus, anti bakteri anti jamur yang kuat. ini adalah produk perlebahan bisa di lihat di http://www.binaapiari.com

  11. Saya juga lagi “kena lagi” radang nih dah ke dokter THT dua kali cuman dikasih resep masih gak sembuh juga, kalo ke dokter umum sebelum nya sih dah gak keitung saking keseringan. browsing akhirnya ketemu ni tempat.
    Saya ampir 3-4 bulan sekali kena radang, tapi yang sekarang nih cuman bertahan 2 minggu dari habis obat dah kena lagi. mudah-mudahan dapat pencerahan di blog ini

  12. @atang
    Yah semoga sembuh atau minimal reda sakitnya. Ditunggu hasilnya yah.

  13. tenggorokan saya banyak dahaknya klo udah gitu suka pusing , apa obatnya yah………

  14. Aku juga lg perlu.obat radang nih?

  15. kalo radang tenggorokannya dialami balita umur 1th 8bln apa dong obat alaminya apa sama dengan resep obat diatas oh ya sy denger jg bunga dr belimbing wuluh bisa jg untuk obat radang tenggorokan,bener ngak sich?

    • @ Gome : menurut saya jangan ambil resiko mas klo buat anak, buat anak kok coba2… mending ke dokter aja,,,, toh klo anak kecil biasanya radangnya masih ringan,… dan dokter pasti tau kadar antibiotik yg pas buat anak umur under 2thn…!!

  16. @GoMe
    anak saya usia 2 th kena radang tenggorokan 2 kali akibat makan es krim. Yah selalu berobat ke RS. Dikasih antibiotika dsb. Biasanya selama seminggu panas, rewel dan tidak doyan makan. Minum susu saja dan ditambah madu.

  17. kalo sakit tenggorokan (mungkin radang) tapi kenapa bisa sampai panas dingin tubuh penderita..?
    obat yang paling cepat ngobatin radang tenggorokan apa sich..?
    Crysantimum itu bentuknya seperti apa..?

  18. @mr
    kenapa panas dingin? aku ga tahu. Crysantimum itu bunga, ada teh kotak yang pakai Crysantimum.

  19. anak saya sekarang sudah sembuh sakit radangnya cuma kurang dari 2 hari saja saya coba resep tradisional yg dikasi tetangga ternyata manjur lho saya kasi tahu dech biar anak ngak selalu minum antibiotik siapkan bunga belimbing sayur yg sudah dicuci sama gula batu dan sedikit air campurkan semua bahan tadi simpan dlm mangkuk kecil kemudian dikukus sampai gula batunya larut,angat remas2 bunganya sampai ancur kemudian disaring,siap dech diberikan ke buah hati kita yg lagi sakit radang.semoga resep ini bisa bermanfaat buat semuanya

    • huaaaa…..thx aLot yuaaaa..info nya..ponakan ku jg lgi radang nih. ku coba n smoga cpt sembuh

  20. @Gome
    wah terima kasih banget infonya. Iyah nih saya juga ga begitu setuju dengan antibiotika. Terima kasih banget nih.

  21. Radang Tenggorokan itu penyakitku dari kecil, sampe sekarang masih sering kambuh, & penyebabnya misterius.
    Dari kecil mungkin badanku udah rusak kena antibiotik. Hampir setiap bulan sakit, & langsung dikasih antibiotik.
    Setelah gede aku mulai males minum obat (lagian pahit & bau) & mulai cari2 obat alternatif. Kadang pake madu+air hangat, kadang ramuan jeruk nipis, kadang kumur2 pake amway, kadang pake air garam hangat. Aku beranggapan di tenggorokan ini ada jamur2 yang harus aku matiin, bisa pake soda, asam, garam, dsb. Benci banget. Terutama kalau aku sedang kerja di lapangan. Dapet bahan2 itu kan susah. But, no antibiotik!!

    • kirain hanya aq aj yg menderita sakit tenggorokan….thanx dea udah mw bagi2 pengalaman…..semoga kita cepat sembuh.

  22. @DEa
    saya ikut prihatin sama penyakit radang yg selalu kamu derita.kalo boleh saya menyarankan mungkin dea harus lebih berhati hati atau harus memilih-milih asupan makanan untuk sehari-harinya katanya radang itu disebabkan kita terlalu sering makan2an yg berminyak atau pedas bisa juga karna udara yg kotor dan berdebu,itu karna anak saya jg baru sembuh dari radang tenggorokan karna sebelumnya dia makan makanan berminyak,memang ngak nyaman ya klo sakit semoga sarannya dapat bermanfaat.trims

  23. sejak tahun 2006 udah mulai kena radang dan sering kambuh apalagi kalo sering bareng sama orang yang merokok di jamin langsung kambuh. selama ini pake resep dokter aja tapi lama2 bosen juga minum obat terus. besok deh aku coba resep barunya. thanks ya…semoga berhasil

  24. Hari Sabtu pagi lalu, saya merasa kena radang tenggorokan padahal sedang berada di Kupang. Takut makin parah, saya mencari ramuan instan di apotek K24, dapatlah Amoxixilin hehe ..

  25. @ybandung
    Amoxilin itu kan antibiotika. Memang sih obat radang tenggorokan itu antibiotika. Cuman makan antibiotika sembarangan bisa bikin gagal ginjal loh.

  26. Wah .. takut juga kalau efek sampingnya sedemikian berat ya ..

  27. Pengalaman ortu nih. Hampir tiap hari semua isi rumah di’paksa’ minum peresan jeruk nipis dicampur kecap. Kebetulan pohon jeruk nipis selalu berbuah. Tapi kalau lagi ngga berbuah, diganti dengan peresan belimbing wuluh dan kecap juga.
    Hasilnya, alhamd jarang sekali kena radang, batuk, dll.

  28. aq jga langganan dengan yang namanya radang tenggorokan, baru setahun terakhir ini, kalo kena udara dingin lags kambuh, kalo begadang kambuh, makan gorengan, minum yang manis2 kambuh, bentar2 sakit… panas ga terlalu tinggi cuma badan drop banget. tapi buat yang slalu ngalamin radang tenggorokan coba aja obat tianshi yang namanya cordyceps mycellium capsul. aq skrang dah mengkonsumsi 3 bulan, udah ga kambuh, badan lebih fit, dia cuma dari bahan alami. konsumsinya harus rutin mpe ga da keluhan sama skali. ok slamat mencoba. ada yang mau berbagi pengalam radang. ini alamat email aq. mirzagirl@yahoo.com. buat yang sering radang tenggorokan ga boleh putus asa.

  29. Klo obat radang yg murah meriah Amoxicillin dan penurun panas paracetamol.Aku minum 2 hari udah sembuh.

    • saya terkena radang tengorokan hampir 6 bln lebih sering mengeluar kan darah tp bercampur dgn air ludah,kira amandel berapa kali datang ke dokter umum ada yang bilang bukan amnadel,dan dokter dipuskesmas bilang amandel,dan akirx saya ke dokter THT,mengatakan itu bukan amandel tapi radang tengorokan ada banyak bij2 yang besarx kaya kacang ijo tapi lebih besar agak kemera-merahan.saya takut jangan sampe ”kanker”mohon diberikan komentar,saran

  30. Ohya kelupaan selama radang jangan makan yg berminyak,es
    aneka snack.klo bisa makan bubur.

  31. Radang tenggorokan dapat juga dipicu oleh makanan yang mengandung petcin. so ati-ati aja. mie rebus, gorengan, bahkan kata dokterku, coklat juga ! jadi kurangi konsumsi makanan tersebut.

  32. sekarang ini aq blom tao klo aq kena radang tenggorokan….tapi klo nelan air ludah perih betul di tenggorokan…juga rada2 batuk kering.

  33. radang tenggorokan.. kayanya aku juga lagi kena deh, menderita banget..
    sekarang lagi berkunjung kerumah sodara di belanda, mungkin karena perubahan cuaca sementara kondisi badan kurang fit akhirnya tenggorokan meradang, padahal selama ini makanan selalu dijaga.
    obat yang disarankan kayu manis dan mahkota dewa ya.. patut dicoba.
    tapi.. di sini mo cari mahkota dewa dimana..?
    bisa diganti dengan “herbs” yang lain nggak..?

  34. alhadulillah sekarang sdh sembuh

  35. ada satu lagi nich obat radang tengggorokan yg mgkn bs dicoba, yaitu dg menghisap2 krg lbh 5 lbr daun saga.

  36. gw udah bosen ma radang tenggorokan yang gw derita selama 2 tahun. hampir segala macam obat baik tradisional maupun modern dah gw coba. udah puluhan kali gw ke dokter dan spesialis. tapi apa kata dokter?
    dia bilang penyakit gw engga bisa sembuh selamanya..
    apakah iya ada penyakit yang engga ada obatnya.
    kalo gitu harus selamanyakah gw berteman dengan radang tenggorokan yang mengganggu.

    pliz bwt pembaca yang punya saran. tolong kasih tahu..
    or bisa email di zalistrugle@gmail.com

    • Radang tenggrorokan

  37. @zalirock & friends,
    Ini juga terjadi sama gw & para keponakan… :)
    Menurut gw ada 2 faktor, qta kena radang tenggorokan.

    Pertama, eksternal-ada yang kasih radang tenggorokan alias dari temen anda…he…he…he, atau polusi udara. Kalo itu gak bisa dihindarin.

    Yang kedua, internal-kebiasaan makan en gaya hidup ternyata paling besar pengaruhnya lho.
    Kalo ngerokok, hindarin aja-secara bisa lebih sehat (maaf buat bro yang perokok berat).
    Minum air anget terus, jangan coba-coba makan es krim or air es, yang goreng-gorengan, yang pedes-pedes.

    Hindari obat-obatan yang seperti antibiotik deh…maksudnya yang ada bahan kimia-nya, gitcu. Karena kalo qta konsumsi obat-obatan kimia/antibiotik, organ tubuh qta kerjanya justru lebih berat. Gak tau kapan, efeknya ditaun-taun mendatang- ke lever-lah, ke ginjal-lah.

    Solusi gw sih, coba vitamin (sebut:bukan obat) yang ada kandungan ANTIOXIDAN-nya.
    Ya, vit.A, vit.C, dan vit.E – itu buat ngindar’in radikal bebas di tubuh qta karena pola makan en gaya hidup qta yang rada nyeleneh…he..he…he…

    Kalo mao saran lebih lanjut, boleh email ke gw aja…

  38. apel di tim campur madu:
    cuci apel, lubangi tengahnya hingga biji2 bersih lalu tuang 2 sendok madu, ditim 15 menit.
    Adalah obat alami yang baik untuk radang tenggorokan SELAMAT MENCOBA.

    • mbak Denok,aku bc resep ttg radang tenggorokan,yi:apel di tim campur madu,yg aku tanyakan,apelnya jenis yg mana,mis apel malang/fuji/merah,mksh bgt ya

  39. @zalirock & friends,
    Ini juga terjadi sama gw & para keponakan… :)
    Menurut gw ada 2 faktor, qta kena radang tenggorokan.

    alamat emailnya mana?

  40. o ya, gw upa.

    Bisa contact gw di me.nanonano@gmail.com.

  41. aq juga sakit tenggorokan,sudah seminggu biasa nya ga pernah,gejala yg aq alamin klo bagun pagi suka ada dahak sakit banget pas mo buang dahak,dan klo sikat gigi mual-mual,sebelum nya ga pernah.
    dan kondisi tubuh jg sangat drop bgt.
    trims atas info obat nya.

  42. gw jga kena radang tenggorokan kurang lebih dah 2 tahun gw dah boesn periksa ke dokter yg hasil nya ga sembuh – sembuh tolong dong rasa nya tenggorokan gue ada yg ngeganjel tpi ga sakit…so gw coba sgala macem obat tpi ga da hasil nya…kasih tau donk bgi penderita radang yg dah sembuh apa obatnya?

  43. Tentang radang, pngalaman kmaren aku kna radang tenggorok, agak parah nampaknya, kalo berdahak campur darah. Badan panas, tenggorok kalo dipijit trasa sakit.
    Aku minum enervon-c, lalu ingat obat radang yg biasa diminum tak minum dg obat anti alergi, kebetulan aku alergi produk unggas dan ikan.
    Tak minumlah sebutir metylprednisolon dosis terkecil 4mg, lalu unt gatal tenggorok kuminum cetirizine dosis terendah 10mg, rasa sakitnya berkurang 70%. Lalu tinggal penyembuhan.
    Dlm resep obat diminum 3x sehari, cukup tak minum 2x.
    Banyak minum, dan vitamin jangan lupa. Vit c, b komplek. Aku pake enervon-c.
    Smua obat tadi dijual bebas di apotik.
    Radang jangan minum antibiotik, tp anti radang. Kalo bisa sih hindari obat2an, paling gak pake seminimal mungkin tp menyembuhkan.
    Anti radang lainnya yg dijual bebas adalah dexamethasone.
    Smua obat td gak boleh dipake jangka panjang(lbh dr 1minggu).

  44. Tersiksa sekali rasanya kalau radang tenggorokan. Sampai tidak bisa nelan. Sudah ke dr THT segala. Sekarang aku rutin minum perasan kunyit dan daun saga tambah sedikit madu. Untuk mengurangi batuk dapat dengan meminum OBH saja.

  45. Radang tenggorokan sekali kali jangan minum es atau makan makanan yang pedas. aku juga menderita yang sama.

  46. Radang tenggorokan = daun sirih 6 enam lembar ditaruh di panci dengan air 6 gelas direbus sampai air jadi hanya sisa 3 gelas, kemudian minum dengan gula. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh bagi yang sakit.

  47. SAya bagi pengalaman nih u/ radang tenggorokan :
    Setiap pagi bangun tidur sebelum minum/makan apa-apa ,ambil 1 siung bawang putih bersihkan dari kulit luarnya ,kunyah sampai hancur ,minum air putih dan kumur-kumur di tenggorokan beberapa saat.Tambah pakai tablet hisap Efisol sehari bisa 3 atau 4 kali.. Saya jamin 2 a 3 hari sudah terlihat hasilnya.

  48. Yang saya tahu radang tenggorokan bisa disebabkan oleh 2 penyebab: virus dan kuman atau bakteri. Trigger-nya bisa apa saja: lg drop, kecapean, yang orang bilang masuk angin dsb. Untuk yang disebabkan virus, biasanya hanya perlu istirahat dan akan hilang dengan sendirinya. Namun untuk bakteri memang perlu treatment dari luar spt obat atau jamu. Untuk obat, tentu saja saat ini antibiotik dapat membantu penyembuhan tentunya dgn kadar yg pas (250mg anak2 dan 500mg dewasa). Kedua penyembuhan tsb lebih effektif lagi jika didukung konsumsi sayur dan buah yg teratur utk mempercepat sel baru sbg pengganti sel yg rusak.

  49. ass.wr.wb.

    saya terkena radang tenggorokan, dengan demam terus setiap hari, akan tetapi saya gak berani minum antibiotik kebetulan dulu punya riwayat gangguan fungsi ginjal dan cuci darah walaupun satu ginjal saya akhirnya sembuh dan berhenti cuci darah.
    Jadi saya gak berani minum antibiotik, ada obat yang aman gak untuk ginjal u terapi radang tenggorokan?

    ————————————————————————————————————————–
    Mulyanto:

    wah mas Zailani mestinya nulis pengalaman sakit ginjalnya. Biar kita juga bisa belajar.

  50. thank

  51. Suami saya lg kena radang tenggorokan jg,,,& saya ksh antibiotik,amoxilin,vit c,paracetamol.trus jg saya sdian mahkota dewa tea…tp suami saya ada rwyat pnykt lever,apa ada efeksmping dr antibiotik nya?

  52. Selamat tahun baru 2009 untuk semua. Ikut nimbrung mslh radang tenggorok. Istri saya yang sering langganan radang bikin saya pusing juga. Yang namanya tes hapus tenggorok di lab jg uda berkali-kali dilakukan. Bolak-balik ke THT. Akhirnya waktu itu ditemukan penyebabnya dari giginya yang busuk. Makanan jg sih, terutama gorengan. Obat terakhir yang ampuh adalah sedrofen 500mg 10bh, 2×1 (kalo lagi parah). Kalo yg gak mau antibiotik, bs minum cellfood 7 tetes (hrg per 10ml 230rb)-yg ini obat mlm. Browse aja di google….

  53. radang bs kanker?

  54. saya mau ikutan nyoba lah, radang apa juga bisa bikin sesak napas ndak? karena kalo udah datang itu penyakit, sesak juga ikut, tapi setelah aku bawa ke dokter katanya cuman radang tenggorokan nggak ada sesak….trus..

  55. bagamana cara mengobati sakit radang tenggorokan

  56. pahit gga tuh?
    nanti di coba d..

    http://myandmine.wordpress.com

    • ya.ni teh aku lagi sakit sekarang apa obat yg paling manjur?

  57. aku juga lagi kena radang tenggorokan nih. udah 5 hari ini. udah 2 kali ke dokter. dikasih antibiotik cefadroxil 2×1 500mg & dexamethason. periksa yg kedua dexa diganti ama diclofenac potassium (ngeri banget namanya).

    kata orang sih lagi musim. cuaca lg gak bagus. musim kok radang tenggorokan. musim tuh duren, mangga, rambutan, dll
    (hehehe piss)

    alhamdulillah masih bisa sakit. kalo sehat terus bisa2 kita takabur.

  58. makacih ya u/ medicastore yg udah ngirimin bingkisan buat aku…rdang tenggorokan aku sekarang dah lebih baik and ngedeketin sembuh ci…bagus juga tuh produk cooling5 nya..mau lagi donk kalau ada kuis berhadiahnya…buat temen 2 yg masih kena radang coba aja pakai cooling5 nya dari medicastore insyaallah pasti sembuh deh …makacihhhhhhhhh

  59. coba minum habbatussaudah atau jinten hitam, segala macam penyakit obatnya ada di habbatusaudah kecuali kematian
    coba search khasiat habbatussaudah..salah satunya bisa menyembuhkan radang tenggorokan

  60. coba deh minum baygon pasti manjur
    radang pusing panas flu pilex batuk nafas pasti lenyap. di jamin

    • EH….,KURANG AJAR !, KALO YANG BACA ANAK KECIL ATAU ORANG BODOH ATAU NDAK WARAS DIKIRA OBAT BENERAN, TAU….!,GILA KAMU KALO ADA YANG MATI ATAU MABOK GARA GARA RESEP GILAMU, KAMU BERDOSA LHO…CABUT RESEP GILAMU ITU..!

      • Contohnya yah riri ini…..YANG BACA ANAK KECIL ATAU ORANG BODOH ATAU NDAK WARAS. hahahahaha

    • lu aja kali dijamin gue sukurin…..

  61. duh… ga enak buanget nih rasanya lagi radang begini…. udah mana pake batuk juga lagi, leher udah gatel trus sakit pula. tenggorokan sakit kalau nelen ludah apalagi minum n makan, malahan skrg nambah kalau ngomong sakit juga sampe ke kuping yang kiri…. dan langsung pusing kalau lagi batuk. kira2 obat yang paling manjur n cepet apa ya supaya sembuh???. padahal besok ada presentasi lagi.
    Thx ya frends….

  62. Duh..
    Q dri 4 hari yg lalu kena Radang Tenggorokan nich,
    jelek bnget rasanya, waktu nelen sakit bnget apalg telinganya yg knan jg ikut skit ,
    pa sih obat manjurnya..FRIEND’S..Mana q g sbuk lthan lomba lari lg?? Bantuin donk…!

  63. buat emergency situasi bisa juga diminum namanya “CELESTAMIN” dan terbukti manjur buat saya. klo bisa stop meroko krn dpt bikin radang nya semakin hebat

  64. @hari
    wah.. kayak nya ciri2nya sama dgn yg saya rasakan mas.. please share mail ya kalo udah dapat obat nya.

    saya awal nya kena radang sekitar 1 thn-an yg lalu. udah 3 kali bawa ke dokter spesialis, cuman di kasih obat kumur dan antibiotik (kt apotekernya). Sehari2nya sih nggak ada rasa sakit, cuman kayak ada yg ngeganjel dalam tenggorokan dan itu sejak sy kena radang nggak ilang2. Kalau lagi kambuh, (sering nya terjadi pada malam hari dan sesudah makan yg pedas2 bahkan kadang2 karena serangan panik aja bisa kambuh) saya sampai susah nafas. Udah nyoba juga pake cxxling5, tpi mohon ma’af, kyk nya nggak ada perkembangan.

    Mohon bantuan nya ya..,

    Kalo bisa lewat mail terima kasih sekali, ntar kalo sukses, pasti tak sharing lagi di sini..

    • penyakitmu hampir sama dgnku. kalau udah punya resep yg jitu tolong aku mau resepnya

  65. o..ya lupa
    mail nya : bloer3y@gmail.com

  66. ok, makasih resepny. aq coba dech.

  67. jaga kondisi badan itu penting bgdz…

    lagi kena radang neh

    pdhl baru kemarin oke2 ajah
    begitu pulang dari maen2,trus makan pedes n minum es..serasa tenggorokan ini ada duri2 na.
    badan jd drop…
    gmn bisa cari yang alami orang saya kan ngekost
    masih pelajar lagi
    jadi apa dunk yang bisa d dapet bwt obat radang?paling gak dpt na gak susah2 amt dan praktis

  68. @rey..
    kayaknya q jga sama deh…
    mohon bantuannya ya…
    klu bs ke mailq jga y..
    pandhadha_04@yahoo.com
    thankz

  69. abcd

  70. takns bos

  71. saya juga kena radang tenggorokan sdh lebih dari 1 tahun, tdk bisa minum es, yang manis-manis, gorengan, ikan asin, makanan pedas, ttp sdh 3 bln ini pantangannya hanya tidak bisa kena udara dingin diwaktu malam( jk suhu ac terlalu dingin, saya akan batuk-batuk dan ditenggorokan ada dahak yang nyangkut) . kira-kira obat apa yg paling manjur ya..

    • Sama. Saya dulu juga gitu. Kalau kena dingin terus keluar dahak di tenggorokan. Akhirnya batuk2 atau malah mual dan muntah. Coba minum teh hijau 2 gelas sehari, saya bisa sembuh kok.

  72. kemarin sy radang tggorokan suakit seekali. aku minum 3 macam obat : sporetik (antibiotik), meloxicam (penahan radang – mgkin biar ga tmbah bengak gitu mgkn ya), trus prodnex untuk penghilang rasa nyeri/sakit.

    langsung waras.

    nb: aku juga paling anti ama antibiotik, tp waktu sakit tiba susah banget mau ambil resiko sakit tmbh lama gara2 ngindarinantibiotik :(. ya makanya stiap sakit radang tnggorokan lagsg antibiotik meski isi hati bilang jangan.

    • pak, antibiotik bukannya nggak boleh, malah harus kalau sudah dipastikan adanya infeksi bakteri. cuma harus diawasi pemakaiannya. kadang2 kita minum antibiotik tapi tidak sampai benar2 habis. akibatnya malah kumannya jadi kebal. pemilihan antibiotik juga tidak boleh asal2an. di sinilah fungsinya dokter :) soalnya masing2 punya cara kerja yang berbeda, juga jangkauan yang tidak sama. gitu loh, pak. maaf, cuma meluruskan pandangan kita akhir2 ini tentang antibiotik.

  73. menurut Dokter saya radang tengorokan ini di obati dengan susu bubuk di tarok di atas lidah sebelum tidur dan diisap2..ee,,ternyata sembuh..coba dech.

    Kalo yg berani ekrim makan cacing yg di jual di toko Cina/kapsul cacing seperti obat typus,,Cacing ini bisa menghilangkan radang tenggorakan..

  74. suami saya selalu terkena radang tenggorokan yg mengakibatkan batuk dan sesak nafas bila minum es sirup, es teh dan sjnsnya. Juga bila tdk berjaket ketika sdng bermotor. Sakitnya sngat parah sehingga harus berobat ke dokter segala. Segala obat dr resp dokter telah km coba, dan itu harus mengeluarkan biaya sampai ratusan ribu. Akhir2 ini kalau radang tenggorokan suami saya kumat akibat alergi yang dideritanya saya mencoba meberinya seduhan teh bunga Rosella yang banyak dijual di counter2 jamu. Teh tsb bisa menyembuhkan segala penyakit, termasuk radang tenggorokan. Kami coba…..hasilnya radang tenggorokan suami saya sembuh hanya dengan minum 2 gelas teh Rosella saja. Alhamdulillah….hanya dengan Rp 15ribu akhirnya sakitnya sdh bisa sembuh. Jadi skrng kalo batuknya kumat,langsung sedu saja deh teh Rosellanya.

  75. kalau saya dulu langganan radang tenggorokan berkali-kali kambuh dan ketemu obat untuk pencegahan supaya tidak kambuh walaupun prosesnya lambat tapi pasti:
    1. kita bersihkan tenggorokan dengan menggunakan buah pepaya, rosela dll yang mengandung vit. c,
    2. setiap habis makan/minum/mau tidur rajin minum air putih hangat minimal 1 gelas
    3. tambahan setiap masakan campur sedikit kunyit/daun jeruk
    4. hindari minum es sblm merasa sembuh benar
    5. jangan terlambat minum air putih hangat karena juga bisa utk menyembuhkan sakit perut

  76. halo halo . . .
    mau bagi tips nie bwat yg sring sakit radang tenggorokan.
    wktu q kcil q jga sring sakit rdang tngorokan cos karna mkana snak/sbangsa chiki ataw apa lh cos karna ada bhan pngawetnya.
    skarang q dh gedhe ndah krja,kja’an q sangat bresiko sakit radang, q d’pertambangan
    bsa 3blan trkena radang sanpay 3kali cos debunya minya ampun.
    pake masker aja blom ampuh.
    nie tips dri gua
    qlo kra2 tngorokan panas ataw boso jowone REEEKx langsung aja minum adem sari,rtus klo mu bli adem sari ndak usah tangung2 klo mau sembuh bisa setiap 3jam mnum adem sari slama 1hari esoknys d’jamin cooooooos pleng.

  77. Aslamkum all. Ande jg kena rdang tnggorokn nih, tp ga pake btuk. Awalnya demam ja parah bgt. Skrg jgnkan makan, ngomong ja sakit. Bolak2 k dokter, cuma dksih antibiotik. Makash ya resep2nya! Moga sembuh.

  78. Info yang berguna. Saya sedang menderita tenggorokan terasa kering dan gatal. Kalau dilihat di bagian dalam atas berwarna merah berbintik putih.
    Makasih.

  79. Q juga udah berkali2 kena radang tggrkn
    wkt pemilu legislatif q dpt tgs mjdi pemantau pemilu.Lalu cos kecapean n kepanasan maka malam harix kambuh,ll dbwa ibu ke Rs n cuma dksh obat.Q ga suka ma obat.Lalu ada teman yg menyarankan sholat tahajud kmudian baca yasin.Lalu minum air putih yg tlh dbacakan yasin.Insya Allah smbh

    saat ini radangku kumat lagi,mungkin yg terparah.Sariawan muncul dmn2.Q juga ampe sakaratul maut.Kmudian q dbwa kRS Tp cm dksh resep.Kmdian q dbwa ibu ke tukan pijit refleksi,trxt q pux amandel n radang tenggorokan.
    Q dksh jamu :asam kawak,bwang merah 5siung,gula batu kemudian di seduh pke air panas ll dtu2p pke kain agar mengembun.Alhamdulilah esokx reda.Sampai skrg q rjin mnum jamu 2x sehari.
    Jgn lupa berdoa juga.

  80. makan buah nanas segar untuk mengantisipasi radang tenggorokan. semoga berhasil

  81. ak sering bgt kena radang tenggorokan…mpe akhirnya memutuskan utk operasi tonsil…krn ak pikir penyebabnya dari situ…dan itupun juga rekomendasi dari dokter THT, dengan harapan setelah adanya operasi..penyakit ini udah ga kambuh lagi…
    ternyata…penyakit ini tetap aja muncul, klo kondisi badan ga vit plus perubahan cuaca/musim….
    utk antibiotik amoxilin dh ga mempan….akhirnya pake cefat…ampuh sh…cm ya takut juga, namanya obat kimia kan racun…klo kebanyakan minum takutnya malah kena ginjal….

    mohon saran aja dari temen2….yang sudah mencoba obat herbal, jenis apa yang paling ampuh utk segera mengusir rasa sakit tenggorokan ini?

    thx

  82. Saya kepengin ramuan obat tradisional dari berbagai akar2an, rempah2 dan daun2an untuk segala macam penyakit.

  83. aq skrng jg gi kna radang tenggorokan kira2 da 1blnan malah skrng yg lbh parahny suaraQ jG da 1minggu lbh ikut serak…
    tiap hari aq da coba minum obat antibiotik tp te2p aja gak sembuh2, n aq jg udah kasih teh jahe eh te2p aja hasilny nihil,.
    makasih yha atas infony ntar drumah lngsung tak coba sapa tw sakitq isa sembuh…

  84. hiks, aku jg kena radang nih… hufh g enak bgd, nelen makanan aja susah… jangankan makanan, nelen ludah aja perih…
    makasih ya infonya

  85. Katanya Radang tenggorokan nggak bisa sembuh..?Bener gak sich? Trus pencegahnnya gmana?

  86. lagi sakit radang tenggorokan saat ini ga kuat banget rasanya, badan sering ga fit.

  87. saya mau coba ramuan’nya..
    tapi saya ngga tau mahkota dewa itu sperti apa ??

  88. sumpah malu banget kerja
    batuk2 trus akibat radang tenggorokan ini
    dah lebih dari 1 bulan msh blom sembuh2
    udah minum anti biotik dari dokter msh blum sembuh juga

    tolong sarannya ya ke pemalu_01@yahoo.com.sg

  89. Coba minum Propolis, biasanya bisa untuk pengobatan. Tapi memang harus sabar, tiap 3 jam sekali diminum. Insya Allah cepat sehat.

  90. wow- sy mesti ngelist nih as langganan radang tenggorokan- wlo dg komposisi berbeda- ramuan tradisonal sering sy cb, lain dr itu ada resep dokter tht, obat2 an cina, tmsk obat2 an arab, tp ini radang msh betah aza timbul tenggelam, satu yg sulit yakni menghindari pemicu’n spt menjaga makanan/minuman yg dilarang kr enak2 sih, hehe.. btw, tks bgt sdr mulyanto and the others yg sdh concern 4share it

  91. ini ramuan dari ne2k sy 5 biji cengkeh diseduh dgn air hangat didalam gelas disiram dimlm hari pagix diminum terus bsr ulang2 dan janga lupa berdoa,sama sang ilahi

    selamat mencoba

  92. Pengalaman saya pernah 3 kali terserang radang tenggorokan, sakit luar biasa. Minum obat pereda nyeri hanya bersifat sementara. Kemudian saya berikhtiar dengan langkah2 sbb: berhenti (total) merokok, banyak minum airputih (minimal 8 gelas sehari), mengurangi minum es, minum teh hijau tanpa gula dicampur Propolis (3 kali sehari), minum vitamin C yg tidak mengandung pemanis 2 kali sehari (waktu itu saya minum kaplet Ester-C). Alhamdulillah penyakit radang tenggorokan saya sembuh dan tidak kambuh lagi. Selama therapy pun saya tidak melakukan pantangan makan. Dan sampai sekarang saya tidak pernah merokok lagi.

  93. Betul jg..

    Dlu q jg pernah ngobatin radang ke dokter.
    Trz kta dokterX
    antibiotik hrus d minum scara teratur sesuai dg resep.
    Alhasil radangQ sembuh tpi krn aq pertma kli msa bodoh,antibiotikX g aq minum teratur jd y g sembuh2.
    Lalu aq brobat gy n antibiotik tak minum teratur.
    ternyata sembuh wlawpun ada sisa2 dikit serikX.
    It udh trjdi lma . . Bbrpa bulan gt.

    Trz skarang aq radang lagy.

    Btw ktX antibiotik jg ngerusak ginjal!

    Waduwh. . .
    Mw periksa ke dokter pasti d kci antibiotik.
    jd tkt niech.

    Tolong dunk saranX..
    Klw bisa resep yg ampuh n ceped gt..
    Cz aq terganggu bgt nich..
    Apalagi ada ujian.
    Bisa2 g konsen krn radang..

  94. saya udh skitar 6thn radang tenggorokn. smp klnjar limfa d leher infeksi n t’jadi pmbengkakn. kata dokter,faringitis kronis. boleh bagi resep tradisional_a?

  95. Udah dicoba, manjur Pak!

    Trims

    • yang benar bro jangan bohongin ……. pastikan broo aku lagi menantikan hasil harap harap cemas nieh

      • gw kan bukan dokter. dokter aja bisa salah, apalagi gw. hahahahaha.

  96. saya punya mantan pacar yg uda mengalami radang tanggorokan dan saya pengen mambantunya agar sembuh,, pacar saya pnya penyakit lambungnya da g normal lagi apa obatnya yg bisa saya brikan kepada mantan pacar saya itu.. sebelum dan sesudah saya ucapkan terima kasih banyak

    • Wah kalopenyakit calon pacarmu apa dong?

  97. duch makasiiih bgt bg yg dah ngsh tips n saran tentang mengtasi penyakit radang ini.coz aq dah hmpr 5 thn nich menderita penyakit ini sampe suara pun jd serak gk bs treak.mnt doa nx za dr smua moga2 Allah ngsh ksmbhn ke aq scpt nx.

  98. Gmn yg dah coba berbagai macam saran dsini, kok ga ada testimnoninya?

    • ya aku juga sekarang lagi radang tenggorokan nich, rasanya sakit makan jd gak enak

  99. tolong dong di gambarin daun mahkota dewa kaya apa?

    • ya ampun ga tau

      • cari gambarnya digoogle pasti ada

  100. thq bgt ya infonya sgt mbantu,tnyata radang penyakit yg bnyk peminatnya,kalau saya sering serak, hidung tersumbat,n dahak susah dikeluarkan baik dr hidung or mulut,ada yg tahu obatnya thq.

  101. Terimakasih kepada semuanya, info nya sangat berguna

  102. saya akan coba

  103. Selamat pagi,
    Obat Alami untuk penderita radang tenggorokan bisa dengan PROPOLIS . Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
    Setelah membaca banyak artikel mengenai Manfaat Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah Propolis bisa membantu penyembuhan penderita radang tenggorokan & segala macam penyakit yang lain (luar dalam). Propolis memiliki manfaat yang berfungsi sebagai:
    1. Antibiotika Alami (Anti infeksi, antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
    2. Anti Radang
    3. Anti Alergi
    4. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
    5. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
    6. Nutrisi (memperbaiki dan mempercepat regenersi sel-sel tubuh)
    7. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)

    Kandungan Bioflavanoidnya yang tinggi pada PROPOLIS (1 tetes setara dengan yang terkandung pada 500 buah jeruk) sangat berguna pada pemulihan system kapilari, kerapuhan dan kebocoron pembuluh darah.

    Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

    “……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

    Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com

    Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
    Wslm.Wr.Wb.
    sodikin

  104. saya penderita radang tenggorokan yang kronis, kalau ke dokter dikasih antibiotik sembuh tapi 3 bulan kemudian kambuh lagi, semula amoksan sembuh, trus cefat, terakhir ofofloxasacin 200mg… juga belum tuntas.. masih agak sakit dan bila dilihat ditenggorokan sudah tidak merah tapi ada bercak bercak putih, rasanya masih nggregesi . saya takut minim atibiotik karena saya sudah restan… akucoba minim madu asli yang baik, atau mungkin propolis sudah berkurang 90%…. masukan dari partisipan mis, cacing, kayu manis akan tak coba spy sembuh 100% Tks

  105. pak, ijin!!! resepe tak copy di blogku yoo, tapi tak modif sithik..hehe

    suwunn

  106. pengalaman saya kalo pas sakit hindari dulu mkn pedas/dingin/berminyak. ramuan kayumanis emang berkhasiat namun stamina tubuh perlu terus ditingkatkan, perbanyak minum jus buah dgn sedikit gula/madu terutama apel/yg bnyk mengandung vit C & A atau jus tomat hangat plus teh hangat yang dicampur lemon dan madu 2xsehari, Insya Allah cepet sembuh

  107. emang luar biasa rasanya kalau sakit radang tenggorokan kLu boleh memilih mending sakit hati dari pada sakit itu karena sakit seminggu aja badan jadi kurus kering. yang penting banyak minum air putih, cap kaki tiga tiga kali sehari dan kunyah permen strepsils. insyaallah sembuh

  108. aq ngga ngerti mahkota dewa, itu apaan sih? ada ngga nama lainnya?
    makasih…

  109. kalo mau coba obat medis :
    saya baru sembuh dari radang tenggorokan setelah 2 hari demam dan diberi obat amoxicillin & prctmol tapi radang masih terasa (masih panas) terus beli FG trochess (tablet hisap) Rp 10.000/kaplet ,2~3 X pakai radang sudah berkurang 75 %.

  110. Tips yang bagus,smg saya dapat mempraktekkannya,,,,,,,,,,

  111. obat cacing dan vitamin c.tokcer dech!!!

  112. obat yang manjur itu olahraga gitu lho

  113. terima kasih saya mau mencoba,tp susah nyari mahkota dewanya dimana yah..

  114. mo berbagi sedikit, mudah-mudahan berguna

    RADANG
    Biasakan makan secara teratur lalapan mentah 7 helai DAUN SAMBUNG NYAWA.
    (BAU MULUT – HEMBING – CITRA 421/IX – 27 sampai 03 Mei 1998 – hal. BONUS 12)

    Rebus 30 gram SAMBILOTO yang segar + 15 gram SAMBILOTO yang kering + 600 cc air hingga sisa 300 cc, minum airnya secara teratur.
    (BAU MULUT – HEMBING – CITRA 421/IX – 27 sampai 03 Mei 1998 – hal. BONUS 12)

    Biasakan makan secara teratur jus DAGING LIDAH BUAYA.
    (BAU MULUT – HEMBING – CITRA 421/IX – 27 sampai 03 Mei 1998 – hal. BONUS 12)

    Minum MADU 3X 1 sendok makan setiap hari.
    (R SARI SUGIANTO – JKT UTARA _ SARINAH 210 – 08 Okt 1990 – hal. 124)

    Rendam segenggam KACANG HIJAU + air mendidih hingga airnya kemerahan, minum airnya setelah dingin, lakukan setiap pagi sampai sembuh.
    (Ny. DIAH SUDJATMIKO – SURABAYA)

    Rebus segenggam DAUN SAGA yang sudah dijemur kering + 1/2 liter air, minum airnya seperti minum teh.
    (Ny. S SUFIYANTI – Jl. Pulo Macan IV/16 – Tomang – JKT BARAT)

    Cuci bersih segenggam KACANG HIJAU, seduh dengan 1/2 liter air mendidih, buang airnya,
    seduh sekali lagi dengan takaran air yang sama, + sedikit GARAM, minum airnya sesering mungkin setelah dingin.
    (Ny. S SUFIYANTI – Jl. Pulo Macan IV/16 – Tomang – JKT BARAT)

    Kupas sepotong LABU AIR, cuci bersih, parut, peras, minum air perasannya.
    (Ny. S SUFIYANTI – Jl. Pulo Macan IV/16 – Tomang – JKT BARAT)

    Cuci bersih DAUN KATU secukupnya, + air matang secukupnya, remas-remas, + sedikit ASAM JAWA secukupnya + AIR PERASAN JERUK NIPIS secukupnya + GARAM secukupnya,
    saring, minum sesering mungkin.
    (APRIYANTO – Jl. Wirasakti III no. 4/39 – Perumdam I Siteba – PADANG 25146 – PERTIWI 31 – 29 sampai 12 Jul 1987 – hal. 83)

    Seduh segenggam KERAK NASI + segelas air mendidih yang sudah dibubuhi sedikit GARAM + rajangan BAWANG PUTIH secukupnya,
    minum secara rutin setiap sebelum tidur malam hari sampai sembuh.
    (JUNIWARTI – RIAU – SARINAH 256 – 13 sampai 26 Jul 1992 – hal. 90)

    Konsumsi bagian TENGAH MENTIMUN.
    (TASWIBUDDIN – Jl. H Rais A Rachman 99 – Bersana III no. 17A – PONTIANAK 78115 – PERTIWI 34 – 10 sampai 23 Ags 1987 – hal. 83)

    makan , dalam dosis tinggi, vitamin C + BAWANG PUTIH + MINYAK IKAN PUTIH + vitamin D + BIOFLAVONOID (VITAMIN P) + vitamin A.
    (SEDERHANA tp AMPUH – DEDI KISWANTO – Jl. Kelapa Puyuh IV Blok KB no. 35 – Kelapa Gading Permai – JKT UTARA – SINAR HARAPAN 07 Jun 1985)

    Rebus 2 sendok teh SERUTAN BATANG KAPULAGA yang kering, saring, minum seperti minum teh setiap sore, tanpa tambahan pemanis lainnya.
    Lakukan sedikitnya sebulan penuh.
    (KAPULAGA PENGHARUM ABAB – INTISARI 424/XXV – NOV 1998 – hal. 88)

    Kupas sebuah NENAS matang, cuci bersih, parut, peras, saring, sebagian digunakan untuk berkumur-kumur dan dimuntahkan,
    sisanya diminum, lakukan 3X sehari, @ 1/2 gelas.
    (BUAH BG PENGOBATAN – PANASEA 102 – 23 sampai 08 Mar 1995)

    • Terima kasih sharingnya.

      • gimana mas mulyanto kalo radang disebabkan virus apa ramuanya ya mas, kasih saranya aku lagi menjadi pesakitan nweeh heheheheh…..ampun dah

      • emangnya gw dokter?

  115. sama-sama,

    seneng kalo yang dimiliki bisa berguna

    prinsip Sosrokartono

  116. tolong banget : saya lagi hamil 3 bln lebih 2minggu. Uda 2 bulan batuk pilek – klo batuk pileknya mulai jam 6 sore sampai pagi tidak bisa tidur– keluar dahak encer kayak lendir berwarna putih- uda ke dr kandungan dikasih obat : antibiotik clabat 500mg-silex sirup-clarinase (saat itu sembuh-tapi setelah obatnya habis saya batuk pilek lagi). yg kedua kali sy dkasih obat : clarinase-codipront… sama juga begitu…yg ketiga kesana ama dokternya dikasih resep yg sama lagi ama oabt bisolvon utk fisioterapi hirup. tapi tidak membantu juga, setelah obatnya habis batuk lagi.
    saya da coba madu+jeruk nipis diminum hangat… tidak mempan juga.
    Dulu saya pernah mengalami kejadian demikian, kt dokter bronkitis dan setelah berobat kemana-mana akhirnya ketemu Dr. yg kasih resep: hecobac-nutriflam ama racikan (doveri-codium-cril-trilacgi-silopect) dan sembuh. tp kadang2 kambuh lagi dan saya minum obat racikannya aja uda bisa sembuh. tp berhubung lagi hamil saya tidak berani sembarang minum obat.
    Pembaca yg budiman, mohon infonya bagaimana bisa menyembuhkan batuk pilek saya yg parah ini… terima kasih..

    • Kondisi hamil amat rawan, jadi sebaiknya Yuri konsultasikan lagi ke dokter, hati-hati dengan kondisi janin yang bisa terpengaruh oleh asupan

      Sekiranya masih belum tuntas, bisa coba dokter lain, bawa medical record, kalau dokter sebelumnya praktek di rumah sakit, fotocopy dulu medical recordnya (atau minta salinan medical record, kalau boleh)

  117. Sore rakus makan jajan gorengan, malamnya tenggorokanku sakit. Sakit menelan ludah. Kondisi ini bisa terjadi jika saya juga minum air es. apa ramuan diatas cukup ampuh?

    • manjur tidaknya resep di atas tergantung pada banyak hal lain yang justru tidak banyak diketahui pengguna pada umumnya

      misal, apakah pengguna mengidap penyakit lain, bahkan beberapa penyakit yang entah masih dalam taraf gejala, dalam masa pengobatan; mempunyai kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu dalam jumlah banyak (buah-buahn tertentu, sayuran tertentu, kopi, teh, minuman bersoda, minuman beralkohol, jamu, dll)

      untuk diagnosa lengkap dan benar sebaiknya ke dokter karena tidak jarang sembuh menurut kita belum tentu sembuh menurut medis

  118. aku setuju pendapat ganteng ,aku bkal nyoba ,makasi

  119. tp mahkota dewa baik untk tubuh

  120. tp mahkota dewa baik untk tubuh ,dan ada di pasar kok , harganya bkisar 4000 1 kotak ,bkan maksd untk promosi

    • Tapi hati-hati kombinasi teh dan mahkota dewa akan menurunkan tekanan darah tinggi. Libido juga bisa hilang berminggu-minggu nah loh… ada yg tidur pulas terus.

  121. sy sring bgt mNgalami radang,timbulny sariawan yg bnyk,tngGrkn skt,demam,cBa dnx tlg d trangin cara penymbhn.a spaya sy bs trbbs dri radang tngGrkn yg sngat mNggnggu aktfts sy..

  122. klo pake madu aj gmn???
    Thx

  123. Mas Mulyanto..trims ya share info-nya, baru ini aq mo nyoba pakai ramuan.., biasanya setiap kambuh rdang tggrokan aq ke dokter dan resepnya selalu sanmol tablet, antibiotiknya cyprofloxacin dan fg troches dihisap. dan biasanya sembuh dlm 2 hari …tapi kali ini kok lebih 6 hari blom juga sembuh tuntas, makanya mo nyobain ramuan mas Mulyanto.. doain ya mas semoga aq bisa sembuh. thx

  124. [...] Ramuan Obat Radang Tenggorokan [...]

  125. Anaku juga laki-laki umur 6 tahun langganan radang tenggorokan selama ini kalau kambuh bawak ke dokter di kasih tempra dan antibiotik saat, kemaren sakit hari selasa saya bawa ke dokter tapi saya sekarang belum benar-benar pulih karna suhu badan kadang 36.9 kadang 37…saya was-was sekali .
    nanti saya mau coba Kayu manis + jahe campur madu mudah-mudahan jangan kambuh lagi amin…
    salam mamanya Deliano

    • Wah Kayu manis + jahe campur madu buat saya tidak manjur, yang manjur buat saya malah Nigellive.

  126. Alhamdulillah nemu juga moga bisa sembuh Ammien

  127. -Pertama harus makan yg sesuai dengan golongan darah masing2, misal : gol darah A memang ponya masalah lendir2/ perlendiran spt batuk, pilek, radang tenggorokan dll.
    -Minum perasan jeruk lemon/ sitrun + madu (ngga usah banyak) + air hangat
    Minum 3 kali/hari sampe smbuh. Trutama pagi n malam. Jeruk lemon berguna membersihkan lendir dr sistem n bersifat baik u/ lambung walo berasa masam.
    - ditambah dengan treatmen yang laen untuk mempercepat kesembuhan n menghilangkan radang tenggorokan beserta kecenderungannya.

  128. wah radang mas angel tambane seng mudah ya yen watuk diampet mas

  129. aku udah lebih 6 tahun radang tenggorokan tapi ga juga swembuh. udah berobat ke banyak dokter THT tp macam macam diagnosanya malah bikin bingung, segala obat sdh dicoba bahkan ke dukun dukun kampung tabib jg sdh di coba, macam macam obat obat herbal alami juga sdh sering dicoba tp gak juga kunjung sembuh, frustrasi deh aku. kalau nelan tdk sakit tp kalau ngomong jd susah, rasa tercekik dan kalau sdh bersendawa baru bs plong sesaat. kenapa aku ini ya…?? tolong dong yang punya solusi.. trims

    • Pake madu aja Pak. Soalnya uda cobaain ke adik ipar dan hasilnya dalam tempo 2 minggu uda sembuh total. Padahal sebelumnya uda ke bbrp dokter sampai dirongten. Madu murni dari Bina Apiari ya pak. Harganya 75 rb u/ kemasan 700 gram. Sy termasuk penggemar madu. Uda dari th. 2003 konsumsi madu secara teratur. Pertama2 pake clovxr honxy dari HD, tp karna mahal sy beralih.

  130. Sekedar sharing pnglmn,khsusnya ttg nigellive[habbatussauda].dulu sy penderita asma berat gara2 klamaan pke anti nyamuk elektrik h#t di ruang kntrkn yg cuman sekamr.hampir tiap malam sy terbangun krn napas megap-megap sesk.kdg2 klo sdh stgh mati sya minum napacin.alhmd. plong.tp itu tdk brni trus mnrus.akhirnya sy mncri obat hrbal.bbrpa macam dicoba,ga ngefek.ahirnya ktmu mahkota dewa.hebat,sy bs tidur smpe pagi.entah berjalan berapa bulan.tiap mau tidur sy seduh itu mahkota dewa.tp ahirnya kekuatannya makin berkurang.saya ingat persis,efeknya cuma jalan 2 jam-an.jadi klo kta mulai terserang jam 11,maka jam 12-2 plong.[minumnya +_ jam 9].lewat jam 2 megap-megap lagi.minum lagi lalu nunggu reaksi sejam berikutnya.sengsara deh.ahirnya sy nyari2 obat lg.smpt nemu bbrpa.tapi gak beda2 jauh ama made.ahirnya tanpa sengaja sy asup habatusauda 2 kapsul[sy lupa gmna ceritanya kenal ini].mengagetkan!sy lg2 bs tidur smpe pagi!tp sy agak gamang,jangan2 ky made lg.eh trnyta tdk.malam demi malam smpe brpa bulan…ahirnya tidak minum lagi sama sekali smpe skrg.asmanya?sbtlnya msh ada,tp datangnya amat sangat jarang,krn kasus tertentu saja.sprt cape yg ktrlaluan,ato ada di ruang yg super debu.tapi secara umum,tiap malam sy bisa tidur nyenyak tanpa perlu minum obat lagi.sy baru minum klo agak trasa asma mau dtng krna kcapean.untk info:amoxicilin dn obat berbahan cacing bs mmprbrat asma.ini pglmn.keduanya memang efektif meredakan gejala thypus.khasiat lain hbtsda:gatal-gatal menahun istri sy sembuh.hasiat yg lain belum nemu,untuk thypus jga ga ngefek.thx.

    • thk you gan atas share-nya.

    • Makasih share-nya, kebetulan aku juga penderita asma, belum lama saya diserang asma hebat banget..hampir-hampir aja… alhamdulillah tertolong.
      Saya mau tanya habatusauda yg oil apa yg serbuk trus mereknya apa ? soalnya sekarang banyak bermunculan obat habatusauda, trus minumnya apa kalau kambuh aja apa setiap hari. Makasih, saya tunggu balasannya

      • Habatusauda yang terasa efeknya itu yg mahalan, yg murah-murah ngga terasa khasiatnya.

  131. Penyebab radang tenggorokan ada bermacam-macam antara lain infeksi virus, infeksi bakteri, alergi dan iritasi.Saat bakteri dan virus memasuki tubuh melalui hidung atau mulut , amandel berperan sebagai filter menyelimuti organisme yang berbahaya tersebut dengan sel-sel darah putih. Ini akan menyebabkan infeksi ringan pada amandel , yang akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi terhadap infeksi dimasa yang akan datang.
    Namun bila serangan bakteri datang bertubi-tubi, amandel akan kewalahan dan menyebabkan tonsilitis.Secara sederhana gejala ini dapat meliputi :
    1. Tenggorokan sakit
    2. Sulit atau sakit saat menelan
    3. Sakit kepala
    4. Demam dan kedinginan
    5. Pembesaran, pembengkakan kelenjar (kelenjar getah bening) disekitar rahang dan leher.
    6. Kehilangan suara

    Untuk kasus radang tenggorok yang ringan, terkadang makan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dengan buah-buahan yang kaya vitamin dapat meredakan radang tengggorok.Namun bila radang di sebabkan oleh kuman dapat di beri anti biotik.Kalau mom mau yg alami mom boleh coba Lampe Berger,saya sarankan pake aroma CHEVREFEUILLE.

    Lampe Berger semacam aroma therapy yang mempunyai fungsi sebagai clean air therapy,juga mempunyai fungsi2 :Lima Fungsi Utama⁠⁠
    1. Oxygen Therapy,⁠Menambah kadar oksigen di udara sehingga meingkatkan daya tahan tubuh.⁠⁠
    2. Anion Therapy⁠,Mentralkan ion positif (sebagai vitamin di udara)⁠⁠
    3. Ozone Therapy⁠,Membasmi bakteri, jamur, tungau, dan bau tak sedap.⁠⁠
    4. Phytoncidere⁠,Meningkatkan immunitas tubuh.⁠⁠
    5. Aromatherapy⁠,Meningkatkan immunitas tubuh dan menghasilkan efek penyembuhan dari berbagai⁠pilihan minyak essensial yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.⁠⁠⁠

    Lampe Berger adalah sebuah produk yang berguna bagi kesehatan. Aromatherapi LIANE DE CHEVREFEUILLE berguna untuk menjernihkan fikiran, membangkitkan semangat, meredakan demam, asma, sakit tenggorokan, batuk dan amandel, serta menghilangkan infeksi.

    Jika ingin tau lebih detail bisa japri via YM atau phone

    Rgds,
    Aidina/momy diandra

    YM : aidinafitri@yahoo.com
    Phn : 082110092135

  132. makasih atas infonya……

  133. tq teman sheringnya.. smoga bisa bermanfaat,dan menyembuhkan..

  134. Sy udah sering bgt ngalami radang tnggorokan, aplg kl pas urusan pkrjaan mgharuskan ke lapangan di cuaca panas n bdebu bgini. Skrg Sy jg udah rutin ngonsumsi habbatussauda tablet tiap hr 4-6 tablet, mmg sh stlh rutin ngonsumsi habbah,radangnya tdk sesering dulu tp kl pas daya tahan tbuh ngedrop n radangnya kambuh sy cb minum rebusan bunga rosella dtmbah gula, hasilnya luar biasa. Bgi yg btuh habbatussauda add aja fbku kumissweet@yahoo.com

  135. mau sharing pengalaman nie khususnya buat yang terkena radang tenggorokan menahun,karena jujur,saya menderita radang tenggorokan selama 6 tahun,dan rasanya tersiksa sekali,terasa perih dan mengganjal..
    saya sudah pergi berobat ke bbg dokter tht dan dokter umum,karena dari dlu saya memiliki riwayat penyakit asam lambung,seiring berobat itu asam lambung saya memang sudah sembuh dan saat di usg semua organ tubuh saya dinyatakan sehat,tetapi radang tenggorokan saya tidak kunjung sembuh.Akhirnya saya memeriksa ke dokter tht dan ternyata mereka bilang amandel saya bermasalah dan sudah bernanah,akhirnya saya pun menjalankan operasi berharap radang saya bisa sembuh,tetapi ternyata hasilnya pun nihil,dan saya jujur saja jarang sekali makan goreng2an ataupun pedas,Setiap hari saya hanya makan sayur atau makanan berkuah..
    Dari situ saya memiliki pikiran,apa penyakit saya ini bisa sembuh,segala macam cara sudah saya coba,berkumur garam,minum antibiotik dan vitamin,akupunktur,,tetapi semuanya tidak membuahkan hasil..
    hingga akhirnya kemudian saya dipertemukan dgn seseorang oleh teman saya,orang itu katanya sih bisa menyembuhkan segala penyakit dan tidak mengenakan biaya apa pun,ternyata tujuannya memang utk membantu orang..
    akhirnya saya pun mencoba berobat ke tempat itu,jujur saya memang kurang percaya,tapi saya coba,dan disitu penyakit saya didoakan,akhirnya sekarang sudah perlahan sembuh dan bisa dikatakan sekitar 98% sembuh,karena saya masih harus pantang 2 bulan lg untuk tidak makan pedas dan untuk menjaga agar tenggorokan saya kebal kembali..

    saya juga dianjurkan untuk mencoba ramuan tradisional yaitu parutan kunyit yang diperas kemudian ditambah sekitar satu sendok teh madu,,
    diminum sehari sekali setiap hari..
    dan perlahan demi perlahan tenggorokan saya pun berangsur membaik..

    atau mungkin penyakit kronik yg menetap datang dari pikiran kita,sehingga tidak kunjung sembuh,
    Anda bisa mencoba datang ke ahli hipnoterapi untuk mensugesti alam bawah sadar,atau menganalisa penyebabnya,bisa dari rasa takut,cemas atau masalah2 anda lainnya..
    dan sudah banyak orang yang memiliki penyakit kronik yang sembuh setelah menjalani hipnoterapi,,tetapi semua itu memang tidak ada yg instan,juga diperlukan ketekunan dan kerja keras agar mendapat hasil 100%..

    semoga info saya membantu yah,=)
    bagi yg ingin nanya lebih lanjut bisa lewat email di
    wen_1731@yahoo.com

    makasih dan Tuhan memberkati =D

  136. jangan lupa berdoa biar sembuh

  137. wowh saya baru ngerti.. terimakasih shobat atas infonya,
    sebelum ngerti saya banyak makan mie ayam, saos, gorengan, es, nasi padang… pantesan tengah malam demamnya kumat sampe muntah2 abis, padahal dah minum obat dari dokter..
    minta do’anya ya.. moga aku cepet sembuh, dah 2 hari gak masuk kerja..

  138. Dear all

    Barlingmascakeb Yes….

    Urun rembug ya….. Untuk mengatasi Radang tenggorokan, batuk gatal tenggorokan… Amandel…
    Ga usah bingung sekarang sudah ada ramuan yang pas untuk itu semua… dan untuk semua usia… apa itu…..?

    LAMANDEL solusinya. aman nyaman murah terbukti dan telah diresepkan dokter
    buka aja baca2 di http://www.lamandel.tk
    mau order hubungi kami

  139. suamiqu pernah terkena radang tenggorokan..selain resep obat dokter..oleh teman kami disarankan membuat ramuan tradisional, yaitu jahe merah (1genggam),daun pandan (2lbr),daun sereh(2btg),gula merah(secukupnya).semua bahan dicuci bersih, didihkan air secukupnya, masukan jahe merah yang sudah tumbuk kasar,daun pandan,daun sereh yang sudah geprek,gula merah yang sudah diserut. tunggu sampai mendidih..saring dan minum airnya (paling enak saat hangat).
    semoga dapat membantu.. Tuhan berkati.

    • wah terima kasih atas infonya.

  140. SAYA KALAU LAGI JADI RADANG TENGGOROKAN SUKA BINGUNG OBATNYA BOSEN KE DOKTER KIRA2 APA OBATNYA SUPAYA GA SAKIT LAGI

  141. Kl radang minum kopi tanpa gula, hilang..

    • Wah jarang banget nyoba kopi tanpa gula. Oke nanti saya coba.

  142. Coba daun pecut kuda,caranya seperti buat teh celum tambah gula
    batu secukupnya,minum selagi hangat…..smoga lekas sembuh

  143. Kalau mag sy kambuh sy akan batuk2,tapi ngga berdahak(kering).apa ramuannya?


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

