Oleh: mulyanto | 5 Mei, 2008

Sepeda Listrik Lebih Hemat??


Umur batery sepeda listrik yang cuma 2 tahun membuat perhitungan hemat harus dikaji ulang.
Asumsikan biaya listrik adalah Rp 25 ribu perbulan. Maka pengeluaran minimal untuk sepeda listrik untuk 2 tahun adalah
24 x 25 ribu + 1 juta = Rp 1.600.000.

Dengan harga sepeda listrik yang paling murah 3.5 jutaan, anda dapat membeli motor honda yang berbasis mesin c 70 seperti Honda 70, supercub, astrea dan astrea prima.
Asumsikan konsumsi BBM adalah 1 liter = 50 km. Perhari menempuh 25 km = 0.5 liter. 1 bulan = 25 x 0.5 x Rp 4500 = Rp 312.5 ribu. Katakanlah biaya service = 6 x 50 ribu = 300 ribu. Total pengeluaran minimal untuk 2 tahun adalah Rp 612.5 ribu rupiah. Andaikata biaya service nya dijadikan 600 ribu pun masih jauh dibawah sepeda listrik.

UPDATED 26 Juni 2008

Koreksi perhitungan pada komentar saya tambahkan disini, semoga tidak ada yang “happy” lagi :) (yang happy bukan rachmat, tapi yang ada yang lain, happy banget lihat orang salah hitung :D ).

@ rachmat
Iyah salah hitung nih. Thank koreksinya.

25 x 0.5 x Rp 4500 = Rp 56250.

24 x Rp 56250 = 1350000.

Biaya = 1350000 + 300000 = Rp 1.650

Hmm hampir sama dengan sepeda listrik. Btw, Rp 312.5 ribu ini dari mana yah ??

Please dong ah, ini cuman sekedar idea/wacana. Kebenaran dan keakuratan silahkan di pertimbangkan lagi :)

About these ads

Responses

  1. Beruntung saya ngga tertarik sepeda listrik hehe .. berarti masih mending naik sepeda motor ya ..

    • bener banget bro.. cuma orang goblog yang pake sepeda listrik.. gw usaha servis motor dan jual bensin botolan bisa mati kalau banyak orang goblok naik sepeda listrik.. lu bener banget bro nggak suka sepeda listrik, produk tolol tuch

      • pilih spd listrik itu cerdas. hemat energi dan mengurangi polusi. pikir jg org lain krn kt hidup di bumi bukan sendiri.

      • Waduh ada ada yg servis motor dan jual bensin eceran, kasih komen cuma pake emosi aja. takut gak ada yang servis motor sama beli bensinnya lagi he..he..he..

  2. apa lagi pake jupiter MX NANTI wus…..wus halah

  3. itungannya ga salah tuh pak ?
    untuk motor, 300rb-an itu untuk 1 bulan..
    berarti harus dikali 24 (2 tahun ) lagi donk
    jadi harusnya :
    (24 x 312.5rb) + 612.5rb = 8.1 jt…

    ya harusnya hemat sepeda listrik donk pak….

  4. @ rachmat
    Iyah salah hitung nih. Thank koreksinya.

    25 x 0.5 x Rp 4500 = Rp 56250.

    24 x Rp 56250 = 1350000.

    Biaya = 1350000 + 300000 = Rp 1.650

    Hmm hampir sama dengan sepeda listrik. Btw, Rp 312.5 ribu ini dari mana yah ?? :D

  5. [...] ” … sepeda listrik untuk 2 tahun adalah 24 x 25 ribu + 1 juta = Rp 1.600.000. ” [...]

  6. tapi bulan depan klo bensin naik lagi, salah lagi tuh itungannya … :-P

  7. @rachmat
    Iyah kalau BBM naik. bubar semua itungannya. nggak cuman bensin tapi juga harga komponen/onderdil baik motor maupun sepeda listrik.

  8. Dengan harga 3,5 jt, motor tsb. perlu turun mesin dll, yang tidak sedikit biayanya. Gak usah itung itunganlah. Yang Jelas, Sepeda Listrik, lebih hemat, tidak polusi, menyehatkan badan kalau bateri abis, bisa di genjot. gitu aja repot.

  9. @AP
    ah.. good point!

  10. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/05/05/sepeda-listrik-lebih-hemat/ [...]

  11. Bener …. sepeda listrik tak perlu isi bbm, tidak polusi udara (ingat global warming), selain itu pengendara kan jd ikut tertib. dengan begitu kecelakaan di jalan raya dapat dikurangi.

    namun ada kendala kl di jalan raya adalah banyaknya kendaraan yg berlalu lalang tanpa memperhatikan keselamatan sepeda listrik.

    sepeda motor?? cepat, pakai BBM, asap/polusi … jadi????

  12. kalo dengan motor seperti itu, biaya perawatan so pasti mahal, karena dah sepuh, butuh perawatan lebih…kayaknya oke juga ya pake bebek listrik

  13. nyang ngitung lulusan SD inpres. 312 ribu nya blom dikalikan 24.

  14. @Gak Goblog Amat
    Iyah lulusan SD inpres memang tidak baca semua komentar dengan lengkap :D

  15. ada ngak yah kalo kita udh punya sepeda di rumah trus ada alat yg sudah compact tinggal di pasang di sepeda kita trus jadi dah sepeda lsitrik

  16. @Fadli
    Bisa kok, bos kantor sebelah saya juga gitu. Beli motor DC diloakan trus dipasang di sepeda. Ditambahi alat buat ngatur arus. Saya malu nanya ama beliau, masa enginernya tanya ke bos :D

  17. kl spd motor kan ngurus pajak per tahun

  18. moto: “Work for Bike” :p

  19. @ awi
    hahahaha, ide bagus motonya.

  20. Yah bagaimanapun hematnya sepeda listrik, tapi kalau masalah torsinya memang masih kalah dengan sepeda motor. Sepeda motor bisa dibuat boncengan bertiga. Kalau sepeda listrik hanya seorang saja.

  21. @Mulyanto.
    Boleh juga tuh mas, kalo udah dapet boleh dongk kasih tau info nya…
    penasaran nih…….
    kalo ngak kirim e-mail ke
    mfadli@plasa.com
    fadli.mohamad@gmail.com..
    di tunggu loh mas…
    posisi aku di Jakarta

  22. @Fadli
    hahahaha, proyek sepeda listriknya ditunda. Duitnya buat renovasi rumah dulu :)

    http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/07/05/membuat-sepeda-listrik/

  23. utk sepeda listrik yg udh ak beli sejak 1th yg lalu…sampai skrg ak setiap bulannya bs ngirit pengeluaran 6rb/1liter bensin/harinya…karena sebelumnya pake vegaR!!6rb brsl dari dana bensin sewaktu pk vegaR/harinya utk setiap aktifitas seharipenuh.
    spd listrik sering ak paksakan buat angkut brng2 max30kg(bj muslim,kain,benangdll)+pembonceng 60kg+sy sndri 70kg=160kg yg hrsnya tdk blh lbh dr 100kg
    tentu dg bbn brlbh dy tmph brkrng 5km yg hrsny30km “fullcharge”
    dari sini sy bs alokasikan 6rbx30hari=180rb dg biaya kredit spd lstrk
    jd kkurangannya 261rb-180rb=81rb(ak amblkn dr sebagian laba usaha konveksi)
    rncnku slnjtnya mo beli lg jd total yg ak hrpkn 2motorbensin utk touring luarkota 2spd lstrk utk dlm kota “ky bus aj” :) :)

  24. kalau ada yang tingga di solo,silahkan datang ke j.urip sumoharjo.ledok sari jebresl
    di situ ada dealer trekko sepeda listrik,silahkan tanya2.

  25. kalau mau beradu itung2an masalah penghematan,kami juga siap

  26. nggak ah, nggak tertarik sepeda motor listrik…

  27. kalo beli motor bensin jangan beli yang boros lah, misal motor-motor jadul dan motor-motor matic, bagaimanapun kita harus menghemat bbm. ya meskipun anda punya banyak uang tapi kalo bbm dah gak ada mau beli bbm dimana

  28. mending. Mesinya kita gabungkan aja motor listrik kija taruh d roda depan sedangkan roda belakang pakai mesin bensin jadi kalo battre penuh kita jalan pake motor listrik, nanti klo battre habis kita jalanin sepeda pakai mesin bensin skalian ngecharge battrenya klo dah penuh ganti motor listrik, syukur klo ada panel surya bisa ngirit lagi. soale d tempatku banyak tanjakan jadi klo pas nanjak tk hidupkan mesin bensinya…he…gimana bos

  29. sipp.. siipp. Nah komentar seperti inilah yang ditunggu :) . Yang memberikan ide baru. Ide diatas mungkin bodo, ngapain repot. Tinggal beli atau pakai motor yang dipasang di bos roda belakang :) . Tapi kalau kreatif kan bisa timbul ide seperti mas budisis atau malah jadi “mobil listrik” yang idenya mirip diatas tapi pakai rodanya 4 :) .

  30. Biaya tak terduga dan menyebalkan dari pake motor ada ditilang pak polisi, Bro.!

  31. betul bro. Belum lagi kalau kecelakaan, bisa dianggap pelaku. Kalau naik sepeda listrik kan cuman korban bukan pelaku. Belum lagi nanti dipermasalahkan SIM-nya yah.

  32. Saya baca di koran KR Jogja, sepeda listrik harus pakai stnk, karena katanya berdasarkan UU, kendaraan yang menggunakan motor harus ada stnknya. Di gunung Kidul, pengendara sepeda listrik banyak yang ditilang. Dan sudah ada jawaban resmi dari polresta GK bahwa sepeda listrik harus memakai stnk dan dianggap sama dengan motor biasa. Cuma saya belum tahu sepeda listriknya yang model seperti apa? karena kan banyak yang model dan bentuknya mirip motor matic

    ———————————————————————————————————–
    Mulyanto

    Terima kasih atas infonya. Sepeda listrik memang perlu peraturan. Sebab bisa jadi sepeda listrik kecepatannya nanti mencapai 30-40 km/jam. Kalau di Jepang bahkan sepeda biasa pun disertai semacam STNK. Hanya kalau di Jepang, surat sejenis STNK ini di terbitkan oleh Toko.

  33. Mas Mul,

    Sepeda listrik di pasaran masih mahal ya, seperti Betrix harganya Rp 5.580.000,-
    http://www.tokobagus.com/toko/betrixpasirluyu/sepeda_dan_aksesoris/sepeda_multifungsi/sepedalistrikmerkbetrix_45023.html

    Yang lebih murah apa ya, yang 3.5jutaan menurut Mas Mul tea.

    —————————————————————————————————————————
    Mulyanto:

    Dulu yang versi paling murah/sederhana masih ada yang 3.5 jutaan. Kalau mau, ngerakit sendiri aja. Tanya Pak Judo lab system tuh, beliau merakit sendiri.

    Betrix Ice ada yang 3,95 juta :

    http://plibaknikmatstrelak.blogspot.com/2007/11/review-pemakaian-betrix-ice.html

    bahkan katanya 4,4 juta :

    http://autos.groups.yahoo.com/group/MotorListrik/message/1978

  34. ga salah tuh itungannya ??? masa biaya listrik utk sepeda listrik ditambah 1 juta ??? itu tambahan 1 juta utk poin apa ??? kalo ga ada tambahan 1 juta itu kan biayanya jadi cuma 600 rb utk 2 tahun, ya jelas lebih hemat sepeda listrik kmana2 dong…

    —————————————————————————————————————————
    Mulyanto :

    Setelah 2 tahun atau setelah 100 x charge, battere harus diganti. Harga batere baru sekitar 1 juta. Kalau ngga diganti ngga tahu deh.

  35. motor hybrid honda dah keluarin thn 2007, konsepnya ya gabungan roda depan electrik dan roda belakang mesin 2 tak 50cc. Tapi cuma beredar di jepang.
    btw oli blm dihitung tuh bwt yang pake motor bensin 24 x 22.000 = 528.000,-

    ————————————————————————————————————————
    Mulyanto :

    Wah ditunggu tuh motor hybrid seperti itu di indonesia. Oli-nya ngga kebanyakan tuh, 1 bulan sekali ganti ? .

  36. kok jadi ragu mo beli betrix,… padal dah niat banget tuh beli buat antar jemput skul si kembar,…

    ——————————————————————————————————————-
    Mulyanto :

    Tadinya aku juga berpikir beliin motor atau speda listrik buat istri, buat antar jemput anak. Tapi setelah mikir2 risk-nya, kayaknya lebih save istri naik ojek saja. Yah lebih boros memang, itung2 bagi2 rejeki sama tukang ojek.

  37. beli motor atau sepeda listrik, tergantung kebutuhan, kalau hanya sekeliling rumah yaa cukuplah spd listrik, tapi kalau juga digunakan jarak lebih dari 5 km ya spd motor, apalagi kalu jalannya naik turun, OKE?

  38. seminggu yang lalu kami beli speda listrik dengan merk UNION. Union termasukmerk speda yang sudah terkenal. speda listrikku batreynya 4. kalau generasi yang dulu cuma 3. Jadi katanya yang jual lebih kuat dan tahan lama kemampuan batereynya. Ok… nyaman juga pakai speda listrik ini. kalau melihat specnya jarak tempuh sekali charchge 50 km, bisa melaju max 40km/jam. charge selama 6 jam. smentara sih oke-oke aja. aku di yogya mbeli seharga 3900000. bentuknya kaya mio ada bagasinya. ramping dan bagus. pokoknya oke deh. Kalau ada yang mau titipm beli diyogya bisa hubungin aku. ishaq, 085729542542 nanti tak kirim ke tempatmu. + ongkos kirim. oke

  39. Hm… aku juga tertarik dgn sepeda listrik.
    alasannya:
    1. Ramah lingkungan (go green, euy!)
    2. Menyehatkan raga (tinggal dikayuh, yuk.. mari)
    3. Lbh murah (plus gak perlu bayar pajak)
    Btw, yg mantep.. merk n jenis apa yah?
    Aku blon beli niy.. msh minim informasi.

  40. ya lebih irit pakai listrik la teman teman, kalau bbm kan paling gampang naik harganya, satu tahun bisa 2 kali naik, tapi kalau tarif pln satu tahun belum tentu naik harga listriknya

  41. Saya setuju kl sepeda listrik lebih hemat+ramah lingkungan..
    Ga polusi udara+suara..

    Tpi, memang kecepatannya itu yg saya ga ska, lambat bgt!

  42. Saya setuju kl sepeda listrik lebih hemat+ramah lingkungan..
    Ga polusi udara+suara..

    Tpi, memang kecepatannya itu yg saya ga ska, lambat bgt!

    Ya, klo memakai sepeda listrik sama saja dgn memakai sepeda mainan yg di charge..

  43. Buat menguragi pemanasan global apa salahnya memakai energi alternatif dari bahan bakar fosil ke bahan bakar yang lain
    menurut gua motor listrik bakal mengurangi angka kecelakaan karena cc nya kecil
    dan juga motor listrik juga menguragi karbon monoksida penyebab racun dunia, kanker paru2 dan komplikasi penyakiit lainnya.
    gua dukung motor listrik

  44. Saya tinggal di Binjai-Medan Sumatera Utara.
    di Sini Khususnya di Binjai belum ada tuh toko yang menjual sepeda Listrik, jadi kalau mau pesan gimana caranya. trima kasih……. tolong dibalas di email saya.

  45. Yang enak beli motor seken (mio seken) atau beli sepeda listrik ya.? merek yang handal dan murah merk apa ya…’tolong diinfo ya…?

  46. Dari dulu saya tertarik sekali dg sepeda listrik, bahkan pengen yg roda 3, di web sudah ada sih merk Tiger, cuma blm ada harganya.
    Menurut saya, sepeda listrik dan sepeda motor punya keunggulan yg berbeda. Jadi tergantung kebutuhan. Sayangnya, kenapa produsen Jepang belum serius ke sepeda listrik murah ya? Mosok sepeda Panasonic seharga Thunder.

  47. Oya, tambahan…
    Kedepannya suatu saat nanti jika solar panel sudah membudaya dan murah, tenaga sepeda listrik bisa diisi tanpa biaya listrik PLN tapi dari sinar matahari. Bahkan mobil listrik juga… someday…

  48. KEBETULAN AKU PAKAI BETRIK TIAP KE KANTOR HAMPIR 5 (LIMA TAHUN) MEMANG NGIRIT SEKALI DIBANDINGKAN MOTOR ATAU ANGKUTAN KOTA. CUMA GILIRAN MAU GANTI BATRE YANG MULAI RADA SOWAK MAHAL HARGANYA, TERLENA SAMA NGIRITNTA SAMPAI SUDAH WAKTU GANTI BATRE RADA BERAT DUITNYA.

    • mahal??.. ga jg kalee..

      coba aja itung anggaran untuk beli aki setiap bulannya..
      (walaupun pakai sepeda listrik, tetap harus menyisihkan uang setiap bulannya untuk anggaran beli aki, supaya tidak kaget pas waktunya beli aki ).

      harga aki 4pcs +/- Rp.1,2jt dibagi 60 bulan/5thn..
      ga perlu service, ganti oli, bayar pajak, isi bensin, dll
      (asumsi perhitungan motor hanya digunakan untuk antar jemput sekolah, kepasar, dan jarak yg tdk terlalu jauh).

      berapa coba anggaran untuk beli aki tiap bulannya, murah bukan, ketimbang harus ngojek setiap hari..
      silahkan hitung saja sendiri hasilnya..
      nuhun..

  49. ratakan gunung, urug lembah, sepeda listrik mau lewat….. kring…. kring…. kring…..

  50. tetap sepeda listrik yang irit, tidak perlu bayar pajak tahunan, tidak kena tilang kalo lupa tidak pakai helm dan yang penting ramah lingkungan gitu loh ! Dan lagi ngapain mesti kebut-kebutan wes…ewes ewes (karakter orang kita selalu kesusu/kebelet), toh tidak akan dapat juara dan piala kaya valentino rossi, malah yang dapet maut siap menjemput. Selamet yang mau mencoba kendaraan ramah lingkungan.

  51. pokoke go green yang jelas listrik bisa dibuat klo minyak bumi tuhan dan fosil yang buat klo gitu apa mau jadi fosil biar ada minyak lagi yang jelas udah 5 tahun pake sepeda elektrik ngak ada masalah dan untuk kecepatan sudah saya tambah gigi perseneleng sepeda balap skarang larinya bisa nyampe 90km per jam namun sepedanya terasa mau terbang aja klo sampai 90km/jam go modifikasion your free style

  52. motor konvensional
    1 hari menempuh 25km
    1 liter bensin u/ 50km
    1 bln menempuh 25kmx30 hari=750km
    biaya:
    a>.bensin
    u/ 1 bln=750km/50km=15lt
    u/ 1 bln=>15ltx4500=67.500
    u/ 2th=>24×67500=1.620.000
    b>.service + oli mesin
    u/ 1 bln=50.000
    u/ 2th=>24×50.000=1.200.000

    total biaya
    bensin + service u/ 2 th
    1.620.000 + 1.200.000=2.820.000

    sepeda listrik
    a>.listrik
    u/ 1 bln=25.000
    u/ 2th=>24×25.000=600.000
    b>.batery
    umur batery max 2th.
    harga batery=1.000.000
    u/ 2th=1.000.000

    total biaya
    listrik + batery u/ 2th
    600.000 + 1.000.000=1.600.000

  53. mau nanya nih. bagaimana cara itung kapasitas CC motor? adanya khan spek watt, volt, dari situ bisa ketahuan ampere nya juga.

    lalu untuk ‘pasar seni bali’, speed dibuat 90km/hour apa tidak melanggar kategori sepeda listrik hehe..

    untuk orang yang mengerti undang2 : berapa CC motor dan kecepatan maksimum kendaraan supaya tidak perlu memakai STNK dan SIM?

    Tengkiu bro n sis
    GO GREEN !!

  54. Semua ada kelebihan dan kekurangan. jalan kakipun ada kelebihan dan kekurangan. jadi kalo bingung istikhoroh dulu aja sebelum beli motor listrik.

  55. Siapa bilang umurnya cm 2 tahun??
    pny gw udh 3 taun msh baek2 aja..

    repot sedikit buat kelestarian alam apa susahnya

    yg bs dilakuin manusia cm mentingin perut sendiri si…

    kecewa gue…

  56. saya pakai sepeda listrik yg dah berumur 2 tahunan dan alhamdulillah blum ada spare part pun yg minta ganti, listrik per bulan pun hanya naik gak sampai 10rb jadi saya rasakan slama ini pakai sepeda listrik suangat hemat n bebas polusi,karena sy jg punya motor jd klo sy hitung biaya tuk perawatan motor kalo sy terapkan pada sepeda listrik tuh bisa tuk beli motor sekelas 80an je he he he

  57. tuk lebih akurat menghitungnya saya sarankan mas pakai sepeda listrik juga n jgn mengira2 / klo gak ada bisa pnjam sepedaku, gmn?

  58. Iya aku punya sepeda listrik juga nganggur sebab baterainya 1 seharga Rp 370 000. Empat- empatnya rusak. Sudah ganti eh baru tiga bulan karena jarang dipakai soak lagi empat-empatnya. Ya akhirnya masuk gudang. Maunya ngirit jadi ngorot apalagi suku cadang seperti ban dalam sulit di dapat.

  59. ingat pepatah org jw”ono rego ono rupo” jd kl bli brg apapun trmsk speda listrik yg sdah terjmin kualitasny, mahl dikit tp terbukti lbih bagus kualtasny,lbih awet battreiny m partny n bli jg dri showroom terprcy bkn d tko speda umum yg cm mngndlkn sg kuantitas pnjualm bukn kualitasny, ini trbkti sy pnya speda trekko dah brumur 2th lebih type nexus yg hrgny plng tnggi semerkny tp type ini sy membuktikan sndiri cukup tangguh, sy mngndarainy dg istri d 2 anak kecil sy d membawa tas ransel bekal bisa lari 45km/j d kl sndirian bs 53km/j tuk jarak tempuh 70an km d alkamdulilah blum ad sparepart pun yg diganti termasuk batterainy. ini bkn promosi lho tp knyataan, jd sy srnkn tk beli speda yg benar2 teruji

  60. speda listrik ada 2 type : type yg ad pedalny d type semi motor tak ada pedalny tp kelemahanny kl batterai habis saat prjalanan mau tdk mau hrs nuntun tp pny kelbihn pd tarikan yg kuat, batterai awet sampai tahunan beda dg type sepeda listrik yg ada pedalny tp kelemahanny tarikan mlempem d batterai cepat terbakar d tdk awet jd sering gnti batterai yg ckp mahal, kec ny pun cma sampai 25~35km/j d jarak tempuh yg tdk jauh, tuk tarikan awalny hrs d bantu dg genjotan pedal kl tdk batterainy akn cepat terbakar kr tak kuat mnahan beban tarikan awalny

  61. wah klo speda listrik dpke di daerah saya yang geografisnya pegunungan, kayaknya tidak cocok masih mendingan c70 :D

  62. Wah….wah….wah….jadi tambah posing aku bc postingan diatas ….karena ada rencana sy mau jual mtr Mx trus tak pakai buat beli spd listik…tapi kira kira dipakai buat bonceng bertiga kuat gak ya….(sy dan 2 ank sy beban total sktr 100kg)
    Trus yang lebih cocok buat keperluan sy trsbut type model apa ya…..jarak tempuh dari rmh kekantor 6km……jalanan agak nanjak dikit….kemiringan sekitar 30 – 40an…serius sy mau beli…sy tinggal di jpr….

  63. untuk daerah yg contur ga bersahabat -spt Jayapura (sy pernah tinggal disana), sebaiknya jangan jadikan spd listrik sebagai kendaraan utama -ntar kecewa! lebih baik untuk jarak dekat antar-jemput sekolah, sekitar lingkungan perumahan masih boleh lah…

    untuk menjadikan spd listrik sebagai kendaraan utama sepertinya harus menunggu beberapa tahun ke depan, teknologi sebenarnya sudah ada yang ok dengan tenaga yg bahkan bersaing dengan motor bakar, namun harganya masih amat sangat mahal!

  64. Demi bumi tercinta aku golongan Work to Bike ingin pake speda listrik. Masih pigin sih, maklum.

  65. [...] Yg bikin perbandingan keekonomian (di commentnya) : mulyanto [...]

  66. maaf mau ikut nimbrung,.
    bagi yang berminat membeli betrix, saya mau jual betrix tipe sky plus warna hijau, tipe terbaru.
    untuk harga baru 5.980.000, saya mau jual 3.250.000
    dijual karena sedang butuh uang.
    berminat (022)70075644

  67. Klo mao dcuci,konslet ga ya? Trz klo ada banjir ato genangan?

  68. Halah…punx gw 48volt 350watt ban 10″ speed maks 37km/jm dah hmpir 3 taon baik2 az tuh, tiap hri dpake jarak rata2 10km n hmpir tiap hri d charge rekening listrik cm nambah 10rb-an per bln. So what do you think…?????

  69. motor bebek 1 liter untuk 50km? gak salah tuh? seirit-iritnya motor bebek juga paling 1:30. itu dapet angka 1:50 darimana? bukannya motor tua lebih boros ya?

    klo mau yang paling hemat ya jalan kaki, cuma modal sendal dan atau sepatu. hehehehe. lebih sehat karena berolahraga. lebih ramah lingkungan karena gak ada limbah karet, besi, bahan kimia, plastik atau gas seperti yang dihasilkan sepeda, sepeda listrik maupun sepeda motor. kan pembangkit tenaga listrik kita juga masih berbasis bahan bakar, jadi sebenernya sama aja, cuma beda di kuantitas polusinya. klo mau yang bener2 minim biaya ya dengan menggunakan berkat yang tuhan anugrahkan tapi jarang digunakan, yaitu satu set lengkap bio-engine bernama kaki.

  70. [...] Yg bikin perbandingan keekonomian (di commentnya) : mulyanto [...]

  71. wuaduh …. jadi tambah puyeng ,… niat go green sih tapi ????

    mo tanya deh sama yg udah pake sepeda listrik , kan rata2 sepeda listrik lebih berat dari sepeda biasa krn ada banyak pernak pernik , kaya baterai dll nya ….

    kira2 kalau sampai baterei habis di jalanan , trus musti di kayuh jadi kaya sepeda …. gimana ? berat sekali apa gak mengayuhnya ? tau2 sampai rumah kaki sudah pegal dan betis berubah kaya talas bogor lagi ….

    komentar dong buat yg udah pake kasih info nya , txs deh sebelumnya ..

    • Nggak usah puyeng, beli saja deh. Harga battere/aki sekarang makin murah kok.

  72. Emm aku sebenernya pingin banget bli sepeda listrik tapi yang bentuknya motor….. aku juga lagi berusaha nabung nihh…. klo di jogja dimana ya dealernya? klo tak pikir pikir lok sepeda motor yang harus ngluarin biaya mpek 1 jutaan buat bli bensin dan harus kluar saat itu juga… tapi lok sepeda listrik kan gak setiap hari bli batre jadi selama 1 tahun bisa nabung buat bli baterenya kan .. N katanya tadi ada yang mpek 2 tahun…. kayaknya lbih irit, nyaman, aman pkek sepeda listrik.. toh lok kita udah punya bakalan biasa aja

  73. baca di http://sihawam.blogspot.com/2010/09/sepeda-listrik-ditilang.html#links

  74. waduh terus terang masih gak ngerti ama hitungan mana hematnya,, tapi seh aq masih pengen nyoba pake sepeda listrik,, katanya kan bebas polusi,,, tapi di daerah tempat tinggalku gak da dealernya,,
    aku tinggal diaceh

  75. supaya fair dan cara ngitungnya jelas mending lihat di sini http://www.shvoong.com/exact-sciences/engineering/2031871-komparasi-batre-sla-dan-lithium/

    http://id.shvoong.com/lifestyle/hobbies/2071334-berapa-tahun-umur-batre-lead/

  76. aku jg pengin tapi di pacitan blm ada dialer setengah taun yg lalu aku tlf ke dialer yg ada di jawa timur tepatnya suarabya , tapi dia tak sanggup kirim . Adakah dialer yg bisa kirim ke daerah saya di pacitan- kec ngadirojo/ lorok

  77. DIJUAL SEGERA SEPEDA LISTRIK MERK BETRIX ICE GREEN( MODEL SEPERTI SEPEDA).HARGA 2,5 JUTA. KONDISI MULUS. BATRE ADA 2 BUAH. SEGERA. LOKASI JOGJAKARTA. TELPON : 085-643-037-037

    • mau…. mau…. boleh kurang gak trus kirim ke cirebon bisa gak.

  78. berapa besar efek yg di timbulkan untuk konsumsi minyak bumi. brp tahun recovery yg dibutuhkan untuk minyak. klo listrik coba cari charger yg pake solar sell cuma 300rb dan umurnya bs bertahun2 tnp merusak ekosistem,,,…. :D

    Go green

  79. yang jelas sepeda listrik lebih ramah lingkungan

  80. Bagi teman2 yang sedang mau beli motor listrik baru/second, atau ingin service motor listrik, atau butuh sparepart motor listrik..bisa hubungi:

    Tlp. (021) 9156 8386 / 0813 1423 2808 (jabodetabek)

    ( Sales – Service – Spare part )

    Trim’s ^_^

    • nice info….di bookmark dulu ah..

  81. Setahu saya, di negara maju sepeda listrik digunakan untuk menekan polusi CO2 untuk memperlambat global warming. Tapi di negara tertinggal seperti negara kita, belum cocok sepeda listrik ini karena kita masih hitung2 duit. Saya rasa sepeda listrik nggak cocok di Indonesia, cocoknya di negara2 maju saja. Kita lebih suka pakai yang murah, dan nggak peduli apa itu global warming dan tetek bengeknya. Satu pulau dari nusantara kita kerendam air laut pun apa peduli kita toh? Yang penting makan 3 kali sehari. Kalaupun kita pakai sepeda listrik untuk menekan laju CO2, buat apa? Wong orang lain juga nggak peduli sama kandungan CO2 di indonesia. Kenapa kita harus ikut pusing dengan go green dan segala macamnya? Nggak perlu lah mikirin global warming, apaan itu. Pakai motor saja beres, bensin banyak.. Kota penuh CO2 peduli setan lah, emang gw pikirin?

    • cm sebagai masukan aza… sy beli motor listrik 48volt 500watt bulan Nov 2007 dan baru Bulan Nov 2011 skrg ini batery sudah cepet abis mskipun charge full. Dgn asumsi charge 2 hari skali, dalam sbulan rekening listrik brtambah 10ribu sampai 15ribu dgn penggunaan jarak kira2 5Km kecepatan rata rata 30Km/jam tiap hari. Tp sy g mau sebtin Merknya nanti dikira jualan hehehe… gtu aja curhat saya. Trims.

      • trims banget atas share=nya.

  82. mb nova andai di ksh taupun merk itupn blm tntu menaikn daya beli…. bukA AJA GA’ papa

    • sy pke VIP punya E-Moto mas, malah sy rencana pgn molis sy upgrade speednya biar bs lebih dari 50 km/jam, ada gk yang tau caranya? tp ngemeng-ngemeng sy laki tulen mas bro hehehe… nah skrg sy mw cari batrenya nih mungkin temen2 ada yg tau dealer E-Moto di sby dmn ya?

  83. BAGUS DAN MENARIK NIH…..
    saya juga pingin pakai sepeda listri tapi rakit sendiri
    rencana motor penggeraknya pakai mesin bor batrai yg torsinya 200 Nm
    dan pakai aki mobil 60 amp
    kira2 menurut rekan2 yg jago listrik gmn ya?

  84. @cengwahyuni: domisili dimana ya? saya pengen merubah sepeda saya jadi sepeda listrik. Apakah pny info utk surabaya, dimana bisa pasang alat listriknya dan habis dana berapa? makasih sebelumnya… (anti-globalwarming)

  85. ha ha ha………., sebetulnya saya suka blog anda, sayang kali ini saya tidak setuju membandingkan sepeda listrik baru dengan motor bekas c70 ???

    nih pengalaman saya pakai motor bekas

    saya beli astrea grand 1991 pada tahun 1997, ternyata motor kalau sudah tua, kemungkinan besarnya dapat yang jelek, sebab alasan kenapa dijual ya itu ingin irit tanpa mau di service lagi.

    dari tahun 1997 sampai 2002 saya sudah mengelurakan biaya
    1997 beli bekas 2.7 jt <- ini duit sekarang nilainya kalikan 3 saja.
    1998 turun mesin 1.2 juta
    2000 turun mesin lagi 1.5 juta
    2001 ganti kopling 600rb
    2002 ganti karbu non ori 100rban

    yang kecil-kecil ganti tromol, ganti kampas rem sebulan sekali (ori), rem ga pernah pakem akhirnya kecelakaan dan sempat geger otak ringan,

    kompresi bocor terus, busi basah (tiap bulan ada saja terlambat kekantor)

    saking jengkelnya pernah saya tendang itu motor, dan terakhir saya kasih orang gratis, silahkan bawa pergi……..

    trus saya beli motor kharisma baru dari tahun 1993 sampai 2012, motor ini perawatannya cuma ganti oli saja, mungkin karena perawatan dari awal yang bagus jadi tidak pernah masalah.

    kesimpulannya, kendaraan tua kalau beli bekas jangan dihitung efisiesensinya, tidak fair, kalau hobi boleh deh di jalanin, tapi jangan dilihat ekonomisnya.

    (kebetulan saya juga penggemar mobil tua)

    • Kalau nyari ekonomis memang jangan service besar (turun mesin). Mending di jual saja :D . Yah komparasi sepeda listriknya sama dengan motor tua yang waras lah.

    • Nah kan jadi ada info ginian :D . Kalau ngga ada wacana “motor listrik vs motor jadul” kan ngga ada informasi dari sampeyan :D .

  86. ralat untuk kharismanya bukan tahun 1993 tapi 2003 :)

  87. jika harga bensin sudah disesuaikan dengan harga minyak dunia (subsidi hilang), akan lebih murah dengan sepeda listrik. kita tidak tolol, tapi merupakan pilihan cerdas dengan sepeda listrik. kita bisa melihat negara njepang sebagai produsen motor dan mobil bensin, dia getol menggunakan segala sesuatu berbasis elektrik

  88. di Jogja toko sepeda listrik yang model sepeda biasa termurah di mana ya?

  89. Mas kalau di jakarta dan sekitarnya dealer Trekko Nexus dimana yah

  90. Saya rakit sendiri sepeda onthel dengan KIT sepeda listrik baterai lithium. Harga Kit 2.500.000 plus sepeda baru 900.000. Peralatan ditaruh di tas seperti sepedanya Oemar Bakri. Dikayuh ringan di gas oke. Bisa untuk olah raga. Olah raga jadi gak males dan selalu semangat, kalo cape baru di gas. Badan Kita sehat orang lain juga sehat tidak kena polusi.

    • beli Kit dimana ya?? info dong. thax

  91. Saya minat motor listrik, tolong dong yang tau dealer/toko di daerah bekasi atau jaktim, minta info alamat n teleponnya. tks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: