Oleh: mulyanto | 10 Mei, 2008

[Bangunan] Rumus Pasang Tembok


Dari http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/05/09/cara-katro-menghitung-material-tembok/,
dapat diturunkan rumus katro menghitung biaya pasang tembok (tanpa sloof-kolom-ringbalok, tanpa pondasi).

Diketahui biaya minimal untuk luas 10 m x 3 m = 30 m2 adalah Rp 2.360.000 maka dapat ditentukan secara katro biaya minimal pasang tembok per m2 adalah = Rp 79.000. Kemudian tambahkan overhead sekitar 50 % sehingga menjadi Rp 120 ribu

Berapakah biaya sloof-kolom-ringbalok per 3 m?
Dengan ring/begel ukuran 10/15 maka penampang cor luasnya adalah 15 cm x 20 cm = 0.03 m2.
volume total adalah (panjang sloof + panjang kolom + panjang ringbalok) x 0.03 = (3 + 3 + 3) x 0.03 = 0.27 m3.

volume semen = 0.27/6 = 0.045 m3 = 0.045/0.0332 = 1.36 zak semen 50 kg = Rp 57 ribu.
volume batu split = 0.09 m3 = 0.09 x Rp 100 ribu = 9 ribu
volume pasir cor = 0.135 m3 = 0.135 x Rp 160 ribu = 22 ribu
papan cor = 4 x 9 ribu = Rp 36 ribu
besi = 3 x 50 ribu = 150 ribu

Total = 274 ribu rupiah
ditambah overhead sekitar 50% = Rp 410 ribu (belum termasuk biaya tukang).

Berapakah biaya material pondasi?
Misalnya lebar pondasi 60 cm dan tinggi juga 60 cm maka luas penampang = (20 x 60) + 2 x (20 x 60)/2 = 0.24 m2.
volume pondasi per m panjang adalah 0.24 m3.
Asumsi volume pondasi terdiri dari 30 % adonan 70 % batu.
Biaya batu per m = 0.7 x 0.24 x 80 ribu = 14 ribu
biaya pasir pasang = 0.3/5 x 4 x 0.24 x 100 ribu = 8 ribu
biaya semen = (0.3/5 x 0.24)/0.0332 = 0.433 zak semen 50 kg = Rp 19 ribu

Total biaya pondasi per m2 (tanpa biaya kuli dan paku,benang dll) ditambah sekitar 50 % overhead adalah = Rp 60 ribu.

Misalkan tembok berukuran 40 x 2.5 m maka biaya minimalnya adalah :
Pasangan tembok = 40 x 2.5 x 120 ribu = Rp 8 juta(tanpa overhead) hingga 12 juta(dgn overhead 50%).
Sloof-kolom-ringbalok = (40/3) x biaya Sloof-kolom-ringbalok per 3m = Rp 5,5 juta(tanpa overhead) hingga 8 juta(dgn overhead 50%)
Biaya pondasi = (40 x pondasi per m) + 3 hari kerja = Rp 1,975 (tanpa overhead) hingga 2,775 juta(dgn overhead 50%).

Biaya minimal adalah Rp 15.475 juta

Jumlah Semen (42 ribu perzak) adalah : 70 + 18 + 17 = 105 zak.

Untuk adonan tebal 3 cm dan perbandingan semen : pasir = 1:4 bagi pasangan bata maka jumlah bata menurun, jumlah semen turun, jumlah pasir naik dan biaya pasang bata per m2 pun turun hingga Rp 70 ribu perm2. Biaya total untuk ini adalah Rp 14.475

Juniarso G. Hadi memberikan cara hitung yang berbeda (sory ndung tidak saya ping back, biar tidak rame :) ):

tembok = 40 x 2,5 m = 100 m2
bahan :
– bata merah kecil = 100 x 70 = 7000 x 250 = 1.750.000
– semen@50kg = 100 x 0,25 = 25 sak x 41500 = 1.037.500
– pasir = 100 x 0.05 = 5 m3 x 180.000 = 900.000
– upah pasang bata + beton = 100 x 25000 = 2.500.000
– bahan beton sloop, kolom, ringbalk 10/15 = 2,7 m3 x 2.000.000 = 5.400.000
– galian + pondasi batu kali = 40 x 0,5 x 0,5 x 300.000 = 3.000.000
– total budget = 15.307.500

Responses

  1. [...] Bagaimana menhitung material/biaya tembok, besi dan sloof ada di : http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/05/09/cara-katro-menghitung-material-tembok/ dan http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/05/10/rumus-pasang-tembok/ [...]

  2. wah ternyata namanya aja yg katro btw gw jadi lebih tau.thnx atas pencerahanya..

  3. @om mandor
    “dont judge the book by the title” hehehehe.

  4. wah tertarik nih…..akurat kayaknya.
    Tanya mas:
    kalo kita mo bikin pondasi sampai pasang bata, butuh biaya berapa?
    ukuran tanah : 5×6 m.
    dibagi 4 ruangan, masing2 uk 2.5 x 3 m.
    rencana akan pasang bata setinggi tinggi 3 m.
    dan yang akan di pasang bata hanya 3 sisi ( 5+6+5) x 3m.
    Kira2 habis berapa ya?
    Tolong ya mas…
    thanks.

  5. Ukuran tembok ( 5+6+5) x 3m maka biaya minimalnya adalah :
    Pasangan tembok = 16 x 3 x 120 ribu = Rp 5.760 juta.

    Sloof-kolom-ringbalok = (16/3) x biaya Sloof-kolom-ringbalok per 3m = 16/3 x 410 ribu = Rp 2.187 juta

    Biaya pondasi = (16 x pondasi per m) = 16 x 60 ribu = Rp 960 ribu.

    Total = Rp 8.907 juta, belum termasuk biaya tukang dsb.

    TAPI, sekarang harga material terus naik. Pasir telah naik 10 %, semen telah naik 25 %, besi telah naik 100% !. Jadi hitungan diatas sudah tidak valid. Harga material tiap daerah juga beda. Mestinya anda survei dulu harga material di daerah anda, kemudian perbaiki(revisi) rumusnya.

    Hitungan tidak saya revisi karena harga terus naik tiap hari, cape deh….

  6. OK Thanks , banyak. Sekarang lagi ku borongkan ke orang. pondasi, kolom dan pasang bata setinggi 1.5 m seharga 5.5 jt.
    smoga gak kemahalan.
    Masih ada rencana pasang pata sampai penuh atas,kasih ring balok, cor diatas kamar mandi buat tangki air dan pasang atap genteng. Gak tau nih ,,,kira2 habis berapa…
    thanks ya bos

  7. kayaknya ngga kemahalan. Bagus itu, secara bertahap. Yang penting harus sabar, jangan memaksakan diri. Selamat deh.

  8. Dah selesai sampai ring balok atas dan dak, diborong 14 juta, sesua itungan bos mul….

    Sekarang rencana mo bikin atap pake genteng beton. Bagian belakang naik sekitar 175 cm, miring ke tengah. Plester kamar mandi 2×1.5 m, keramik dinding tinggi 1.5 m, keramik lantai, closet duduk, pintu fiber dan dudukan kompor sepanjang 3m belum di keramik,,,,, total dia minta 18 jt.
    Piye ki Bos? Mahal gak?

  9. Wah itu ada tahap finishing yah :
    -keramik dinding, keramik lantai, pintu fiber dsb.

    kalau finishing ngga accountable :) . Yah coba yang diborongkan yang bisa dihitung saja. Pasang keramik 30×30 untuk lantai 3 m x 3m cukup sehari oleh 2 orang.

    -genteng beton memang mahal. Loh bukannya udah di dak?. Genteng beton juga bikin mahal kayunya, kudu kuat balok dan rengnya. Coba dihitung brapa gentengnnya, berapa balok2 dan rengnya.

  10. hebat ki, mas Katrok. bisa jadi kerja sampingan konsultan bangunan nih… hehehehe….

  11. tolong dong itungkan jumlah luas bangunan 90m2 jadi saya butuh berapa genteng dan jumlah reng dan usuk nya.

  12. saya mau borongin bikin tembok panjang 13 m dan tinggi 3 m, dia minta harga 8,5 juta. mahal gak mas?
    tq.

    ————————————————————————————————————————————-
    Mulyanto:

    Wah saya ngga tahu mahal murahnya. Saya kan ngga tahu berapa harga material dan ongkos tukang ditempat anda. Silahkan dihitung sendiri yah :) .

  13. heloo mas .saya mau bikin rumah kos yang panjang X lebar
    15 x 6 m dan akan saya jadikan 10 kamar lenkap kamar mandi ukuran 1.5 x 1.5 m berapa ya kira kira dana yang harus saya sediakan termasuk ongkos tukang .borongan tukang kerja nya berapa dan material nya berapa ..
    perkiraan uang yang harus saya sediakan ,tembok batako dan bahan kelas dua thanks

  14. eh lupa saya itu bangunan bertingkat mas rumah kos kosan thanks

    ——————————————————————————————————————–
    Mulyanto:

    waduh saya bukan kontraktor cuman tukang rumus doang, nanti kalau salah hitung bisa-bisa dimarahi kontraktor beneran.

  15. maaf mas katro ikutan y. saya ada rencana bangun rumah dengan ukuran rumah mas katro tapi yang jadi masalah kamarnya saya rencana ada 4 uk 3×3 maklum mas banyak saudara yang 1 besar uk 5×5 karna ada kamar d dalam.
    ada 2 kamar mandi tapi saya bingung mau uk berapa……..mohon saran y mas.

    kira kira untuk ukuran ini rumusnya gimana y?mohon petunjuk karna ibu saya mau bayar tukang sama ladennya saja katanya dan sementara saya juga gak tahu gaji mereka hehehehe……….maklum oon
    Tong sekali ya masssssss karna saya pusingggggggg g ada padanol

    terima kasih atas bantuannya

    • @ Erna R

      Wah musti digambar dulu layout-nya (Tata letak ruangnya). Setelah digambar denah rumahnya baru dihitung berapa panjang total temboknya? Berapa panjang total pondasinya? Berapa panjang sloof/ringbalok-nya? Berapa kolomnya?.
      Kalau ngga ada panadol, bisa dicoba minum baygon hahahahaha becanda. Kalau dihitung-hitung sih 4 x 3 x 3 = 36, 5 x 5 = 25. Sudah 61 m2. Ditambah ruang tamu, ruang tengah, dapur dsb, total 90 m2. Kalau 90 m2 mah udah nggak katrok namanya. Kalau dihitung 1 jt m2 aja udah 90 jt biayanya. 1 jt m2 itu udah sederhana banget. Kalau mau sedikit bagus yah 1,5 jt m2, jadi 135 jt. Nggak rugilah mbayar insinyur sipil beneran untuk desain dan pengawasan pembangunan.

    • mau bangun rumah bingung g tau gambar dan model rumah hub no ini aja 0812 5576 2288

  16. ya kalo begitu sekalian aja layoutnya dari mas katro hahahaha………..di kasih hati minta jantung ya mas.

    justru itu ibu saya gak mau pake sipil sipilan katanya nanti di bohongi hehehehe……..maklum orang jowo mas banyak tata caranya dia itu dan sangat sangat hati hati.
    kira kira kalo di daerah katapang harga tukang dan laden berapa ya mas?

    sekali lagi saya ucapkan terima kasih mas dan saya mau pake cara yang 1jt aja, gak perlu bagus yang penting ada tempat berteduh buat ibu juga saudara lain.betul ga mas???

    saya sangat beruntung ni ada mas katro dan masukannya

  17. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/05/10/rumus-pasang-tembok/ [...]

  18. mas mul aku mau nembok rumah type22/60
    di belakang untuk dapur tanah sisa panjang 6m lebar
    kiri 3m kanan 2,5m tinggi 3m budjet 3 juta kira kira
    bisa ndak yaa..rencana pake batako aja

  19. mas kalau boleh kasih pencerahan berapa jml batako,semen.asbes.ama kayunya yaaa sebab aku awam soal bangunan…biar ndak melampui budjet

    • 3 juta mungkin hanya cukup untuk membuat tembok sepanjang sekitar 8 m. Misalnya 4 x 2 m atau 3 x 3 m, dengan memanfaatkan sisi tembok belakang rumah. Belum cukup untuk atapnya. Maaf tidaj pernah pakai batako (batako atau conblock? ) .

      Saran saya sih bangun saja dulu dapur ukuran 3 x 3. Beli batu/pasir per colt. Semen juga bertahap. Sampai duit 3 juta habis, lanjutkan kalau ada duit lagi.

  20. alo salam kenal mas katro, wah namanya aj yang katro tp cermatnya…. two thumbs up!
    saya pernah liat orang nge-dag dengan bahan yang aneh, namanya keramik beton, tapi hasilnya lantai jadi sedikit cekung.
    rencananya
    saya mau bangun rumah sebelah, 4×13, dengan 2lantai setengah, lantai I saya bikin full ada kamar tidur, ruang tamu, dapur WC, full beton.
    lantai 2 plong seperti ruko, rencananya saya mau pakai gipsum saja utk sekat ruangan2 yang ada kec WC nya (kl dana ga cukup, berarti kumpul dana lagi baru sekat2 ruangan).

    saya minta sarannya mas katro ttg :
    1. dengan budget <100jt, kesampean ga ya mas 2 lantai setengah…. :( harapannya lantai 1 dah kelar dengan semua ruangannya, dan lt 2 dan 2.5 nya masih blong, ga apa2, dan genteng juga dah jadi.
    2. nge-dak nya pakai apa ya yang hemat, apakah hebel cukup handal mas? atau keramik beton?
    3. untuk tembok lantai 1 saya pakai bata merah, tp lantai sisanya, Bahan Batako.
    4. bahan semen mortar itu apa ya keunggulannya dan baiknya di pakai pas di mana??
    5. untuk atap, bahan apa yang bagus dan praktis dan HEMAT mas?

    sebelumnya, Terima kasih banyak ya mas…

    • 1). Pakai gipsum malah bisa lebih mahal dari pasangan bata :) . Gipsumnya mahal, terus butuh kerangka yang rapi. Mungkin triplek lebih murah.
      2). waduh ngga tahu deh tentang hebel atau keramik beton.
      3). Belum pernah pakai semen mortar
      4). Untuk atap yg praktis dan hemat : 1. kuda2 pakai beton, kaso/reng diganti bambu yg sudah direndam.

  21. ini bagus banget .boleh nanya gak ni mas.Mas asli orang mana?Soalnya aku pingin bangun rumah di jogja,Jika mas orang jogja boleh konsultasi dan cariin tukang heeeeee.

    Mas aku mau nanya Aku pingin buat rumah 7 x11 tingginya 3m .tinggkat atas ,setengah dibelakang 7x6m
    Nah aku mau minta tolong berapa total biaya yang harus aku sediakan dan rincian bahan,harga dan pengerjaanya berapa lama?

    minta tolong buatin denah bisa?lantai 1 Ruang tamu,ruang keluarga 3 Kamar tidur ,1 dpr and r makan .Atas 2 kmr tdr 1 kamar mandi and beranda.thanks.

    mohon kirim ke alamat email saya.Terima kasih

  22. mas….aku mau pasang keramik kamar mandi nih, hanya ga tahu ngitung kebutuhan keramiknya berapa yah? kamar mandi 1. ukurannya 2 x 2 kemudian tinggi dindingnya 1,5 . yang kamr mandi ke 2 ukurannya 1 x 2 dengan tinggi dinding 1,5 juga. berapa yang dibutuhkan kemaramiknya mas…makasih ya atas bantuannya

  23. Mas, bingung nih mau tanya rumus pondasi. Sorry kalau nanyanya rada oon. Bukan dari sipil sih. Mohon pencerahan rumus luas penampang pondasi: (20 x 60) + 2 x (20 x 60)/2 = 0.24 m2 dan nilai 20 itu dari mana ya? Trims.

    • penampang pondasi kan trapesium (bener namanya trapesium?). Itu loh segiempat 20 x 60 yang diapit dua buah segitiga yang panjang alas segitiga = 20, tinggi segitiga =60.

  24. om tolong nic bantuin aku. saat ini aku punya tanah 6 x 16 yg akan saya bangun. kira-kira berapa dan apa beterial yg dibutuhkan.
    ruang tamu 3 kamar dua 3×3 terus kamar mandi 2.5 x 1.5 kamar 2 x 2.5 dua dapur 2 x 3 dan yg di dek 6 x 10

  25. Mas.. Saya mau bertanya, saya mau bangun tembok belakang (benteng keliling) dan tembok di depan Kanan & Kiri, luas tanah belakang 4 meter x 6 meter persegi (tinggi tembok benteng keliling 3 meter), di depan luas tanah sama dengan belakang tapi hanya kanan kiri saja yang di bikin tembok setinggi 2 meter, semuanya nanti di plester halus.. hanya satu sisi di dalamnya dan di belakang luas tanah 4 x 6 meter/2 itu masih berupa tanah dan belum di semen dan saya ingin belakang rumah itu di semen. Untuk bata totalnya saya sudah mengetahui jumlahnya, yang saya mau pertanyakan.. ?
    untuk semen dan pasirnya kira2 menghabiskan berapa sak dan berapa pasir/mobil kijang?

    Terima Kasih atas bantuanya…
    Sutardi..

  26. mas minta dong rumus isi coran per kubik
    semen brp
    krikil brp
    pasir brp
    air brp

    biar pas untuk 1 m3

  27. [...] Rumus Pasang Tembok [...]

  28. wah Bagus…. neh Infonya .. boleh juga dung di bantu untuk menghitung berapa banyak batako yang harusnya dalam 1 buah bak truk…biar biaya sewa mobil sesuai dengan bujet ga mubajir nyewa truk yang kebesaran atau malah kemahalan kerena sewa mobil yang kecil karena biaya di hitung per rit.. boleh di bantu dung pak dengan contoh soalnya juga

  29. Mas aku mau nanya Aku pingin buat rumah dua lantai ukuran 7,5m x 12m tingginya 3m, lantai 1 terdiri dari garasi mobil ukuran 5mx6m, master bed room 3,75m x 4,5m
    lantai 2 terdiri dari 3 kamar tidur denah terlampir:

    Nah aku mau minta tolong estimasi total biaya yang harus aku sediakan dan rincian bahan,harga dan pengerjaanya berapa lama? thanks

  30. kang, yang pake hebel gimana ngitungnya???

    ane lagi mau bikin dapur plus nge dak 4,5 x 5 m nih
    pusing bikin RAB… minta pencerahannya dunk, kira kira apa aja yang dibutuhin

  31. Pak Mul, mhon bantuannya utk ngitung biaya ??? hrs dikeluarkan klo mw bikin dapur 240cm X 278c0 dan kamar 320cm X 240cm. Tdk perlu sampai finishing ??? mewah, cukup tembok keliling dan atap asbes. Maklum kmampuan ngambil KPR type RSSS ….(Trimksh utk sumbang saran & masukannya)
    Salam sukses slalu…

    • Total luas 2,4 x 6 = 14.4 jt. Siapkan sekitar 15 jt. Bangun tembok/dinding dulu, ngga usah sampai diplester. Terus hitung biaya atap, tanya pada tukangnya berapa kayu kaso/balok yang dibutuhkan, berapa lembar atap asbes yg dibutuhkan. Tanyakan harga di toko bangunan. Hitung upah. Uang cukup? lanjutkan :) .

  32. Pa mul, saya bangn rumah dengan luas sekitar 50 m2 & tinggi 3,2 m…sekarang masih bingung ngitung mana yg lebih efisien antara menggunakan bata merah atau hebel…bisa tolong dibantu itungin sampai pengacian tembok? tx

    • Maaf ngga bisa bantu. Hebel saja saya tidak tahu :D .

  33. mantap gan..

  34. Maamf Mas mau tnya, menurut logika Mas, perlu ga setiap sudut bangunan dan pada bagian atas akhir dinding di cor dengan memakai kerangka slub sebelum kita pasangi atap kerangka baja, terima kasih sebelumnya, maaf kalo bahasa saya tidak di mengerti oleh Mas

    • logikanya pemasangan atap kerangka baja dilakukan tukang penjual atap kerangka baja bukan oleh tukang yang bangun dinding. Kalau dinding tidak siap yah nambahi kerjaan tukang penjual atap kerangka baja. Yah kalau kerjaan tambahannya lancar tidak rumit. Jadi biar tukang penjual atap kerangka baja tidak ribet, yah dinding harus disiapkan dulu (oleh pemilik rumah). Kalau secara teknis saya tidak tahu, pemasanga kerangka slub itu apa saja saya tidak tahu :D .

  35. mas saya mau bangun tingkat, mau estimasi biaya pembuatan dindingnya,
    luas bangunan 5 x 12,5m. jumlah kamar 3 buah + 1 km mandi. ukuran kamar 2,5 x 2,5. Kalo pake bata hebel berpa biaya untuk dindingnya ya mas? tkas atas infonya.

  36. gan saya punya luas tanah buat di cor 4,5m x 6,5m tebal 15 cm rencananya kira2 habis berapa zak pc,pasir dan batu split mohon di balas ya!!!!

  37. klo rumus Mekanikal sama elektrikal bisa kasih tw saya gk mas katro,,,???

  38. Pak mulyanto nama saya theresia, dinding belakang rumah saya roboh akibat terpaan angin semalam, rencana kami mu bangun ulang panjangnya 6 meter x 5 meter, kira2 berapa yach ongkosnya u/ semen, batu,pasir, tukang dan lain-lainnya? terimakasih

  39. Pak Mulyanto, Saya Herry, ingin sekali punya rumah sendiri tapi tidak membangunnya tidak menggunakan jasa Kontraktor.
    Rencananya dua lantai. Lantai satu luasnya 92 meter dan Lantai dua 60 meter.
    Kira kira biaya yang dibututuhkan berapa dan Bagaimana menghitungnya ?
    Terima kasih banyak.

  40. saya punya tanah 5.5x14m,sy ingin membangun kos kosan uku.4x3m sbnyk 6 kamar,3 d bwh n 3 di atas,kmr mandi dalam,brp kira2 dana yg d butuhkan?trimakasih

  41. Permisi mas, saya mau adakan penelitian tentang pengembangan sumberdaya air. rencananya akan membangun embung kecil dengan ukuran: Panjang 10 Meter. Lebar 8 Meter Tinggi 2 Meter dan Ketebalan Dinding 25 Cm. kira-kira estimasi jumlah Pasir, Semen, dan Bata Merah berapa ya? dengan rasio Pasir:semen = 3:1? urgent mas. maaf. makasih ya.. blog ini sangat membantu.

    Salam Petrus.

  42. mas bos berapa biaya umumnya borongan pasng batako per m2 nya?

  43. Bapak/Ibu yang terhormat saya berencana membangun rumah dengan ukuran 11X15M+3X3M garasi (semuanya luasnya175M). Komposisinya: Kamar tidur 4. Kamar Mandi 3 (dua dikamar tidur, satu kamar mandi umum). Ruang Tamu.Ruang Belajar.Ruang keluarga. RuangMakan. Mushalla.Gudang.Garasi dan teras. Minimalis. minimal berapa dana yang harus saya persiapkan ya… Terima Kasih Infonya Bapak/Ibu.

  44. mas mau tanya,kira kira butuh semen berapa zak untuk bangunan bertingkat 2 dengan luas keseluruhan 90 meterpersegi,karena menurut pemborong saya,kira kira dibutuhkan 190 zak,apa itu cukup?

  45. mas mandor mau minta solusix ,rencananya saya mau bangun rumah ukuran 5mx6m dua kamar ukuran kamarnya 2,5mx 3m dan dg satu ruang tamu dan saya pakai bataco tampa tiang beton dan saya pake gunung gunungan di atas brapa kira di habiskan bataco dan saya mau pake atap memanjang rencananya kira2 berapa brapa atap asbes yg di butuhkan, dan utk tembok berapa semen juga di habiskan

  46. mas mau tanya donk, klo tips untuk membangun pagar tembok setinggi 5 meter dengan material menggunakan batako semen, kira-kira tipsnya apa yahh supaya kuat. apa dengan menggunakan sloof di setiap 3 meter sudah cukup kuat..? Atau ada tambahan lagi.
    thanks

  47. Nampaknya banyak pertanyaan belum kejawab nih….?

  48. numpang share yah,,,, silahkan kinjungi http://www.atapgalvalume.com untuk yang menginginkan atap dengan kwalitas yang bagus. thanks….

  49. JIKA BANGUN LUASNYA 7X6 DI MENGUNAKAN
    1.TEMBOK BATU BATA
    2.KUSEN JD1 L=60 T=150
    3.KUSEN JDB 1 L=120 T=150
    4PINTU P1= L90 T=220
    5 PINTU P2= L=80 T=200
    ATAP GENTENG

  50. untuk membangun tembok setinggi 3m,luas tanah kira2 12m persegi itu kira2 butuh berapa hari mas??
    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

