Oleh: mulyanto | 18 Juni, 2008

Contoh Surat Perjanjian Hutang


Buat yang mau ngutang :) , ini contoh surat perjanjiannnya :

PERJANJIAN HUTANG PIUTANG

Pada hari ini, Kamis 32 Februari 2010, Kami yang bertanda tangan di bawah ini

1. Peyang, Badut, beralamat di jalan Satu Persatu, Bandung. Dalam hal ini bertindak untuk dan atas namanya sendiri.

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai Pihak Kesatu;

2. Penjol , Pelawak, beralamat di jalan Pelan-pelan, Bandung. Dalam hal ini bertindak untuk dan atas namanya sendiri.

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai Pihak Kedua;

Kedua belah pihak terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut :

1. Para Pihak menjamin bahwa masing-masing pihak memiliki wewenang serta kecakapan hukum untuk terikat dan berbuat sebagaimana diatur dalam perjanjian ini;

2. Bahwa pada tanggal 23 Juni 2010, Pihak Kesatu telah mengajukan pinjaman sebesar Rp. 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah) kepada Pihak Kedua;

3. Bahwa atas pengajuan Pihak Kesatu, Pihak Kedua telah menyetujui untuk meminjamkan uang tunai sebesar Rp. 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah) kepada Pihak Kesatu pada bulan Maret 2010;

4. Pihak Kesatu dan Pihak Kedua telah sepakat bahwa pembayaran pinjaman oleh Pihak Kesatu dilakukan selambatnya tanggal 36 Juli 2019.

Demikian Perjanjian hutang ini dibuat dalam rangkap dua bermeterai cukup yang masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama dan berlaku sejak ditandatangani oleh Para Pihak.

Bandung, 32 February 2010

Pihak Kesatu

Pihak Kedua

Peyang

Penjol

Saksi-saksi

Sumanto

Kadirin

Contoh lain :

Download contoh-perjanjian_saksi1.doc

About these ads

Responses

  1. mas aku mau ngopi carane piye

    • yo karek blok kabeh terus copy paste ke MS word,beres

  2. Tinggal dklik kiri, blok, klik kanan, copy. Bukan office, paste ke file *.doc.

  3. Assalamu’alaikum….
    maturnuwun yo kang infone….nyong memang isih nggolet contoh surat hutang kanggo hutang ngono ngene….
    He..he..he..
    Wassalamu’alaikum….

  4. hooo…..alah…….. dewa,,,,dewa,,,, rikane katon nge – fans karo peyang penjol…. wong banyumas.

  5. sstt… aja brisik. Rika keton wis tuwa kuwe, egin kenal peyang penjol.

  6. tolong dong pak contoh surat perjanjian yang mana peminjam dalam hal ini memberikan jaminan surat sertifikat rumah dan rumah tersebut dalam keadan kontrakan terima kasih

    • ikut ngomentari ah..:
      pertanyaan anda sama dengan pertanyaan sdr. Dei di bawah. tinggal ditambahkan pasal2 eksekusinya saja. adapaun dengan kontrakan tidak ada hubungannya. karena anda memilik kekuatan hukum untuk mengabaikan kontrakan itu, apalagi BIASANYA yang ngontrak itu gak pernah pake surat perjanjiannya. ITU KALO KITA BICARA HUKUM YA MAS….LAIN LAGI KALO BICARA HATI NURANI…Tega nggak anda ngusir orang lain yg lagi ngontrak padahal dia udah bayar penuh. jadi saran saya sabar aja sampai kontrakannya abis atau JUAL AJA RUMAH ITU diatas harga pinjaman org tersebut lalu sisanya dibalikin dan dipotong dulu untuk ganti rugi tuh org yang ngontrak karena diusir sebelum abis masa waktunya.

  7. @harris
    Maaf saya tidak punya contohnya, saya juga bukan notaris atau pengacara.

  8. iki kumpulane wong2 banyumas apa ya?? :D

  9. mas aku copy draft surat perjanjian hutangnya…
    thanks

  10. permisi…
    aku copi draftnya ya mas, makasih…

    ———————————————————————————————————————
    Mulyanto :

    Silahkan dicopy.

  11. makasih mas

  12. mas, kira-kira kalo contoh surat ini dipake untuk ngeganti barang yang ilang pake uang bisa gak ya..?
    apa bisa kalo poin-poinnya di ganti, disesuaikan sesuai kebutuhan..?

    makasih sebelumnya, saya salin ya mas.. thenkyu pisan.. :)

    • ikut ngomentari ah..: Sangat boleh dan sangat bisa mas. Gak ada masalah. Surat perjanjian itu bisa dirubah dan sangat fleksibel, yg penting baik konteks maupun kontennya dipahami dan disepakati oleh semua pihak yang bersangkutan

  13. wah, cucok ki mas.

    jadi bisa buat surat perjanjian hutang nih. maklum gi bth duit

    makasih mas

  14. sy copy ya mas…tq mas

  15. tq mas…

    tak unduh ya.. :)

    salam kenal buat semua..

  16. Pasang iklan yuk . . .

  17. la wong koyo ngono ko repot, yo toh…

  18. [...] Bagaimana agar dapat meminjam uang untuk dp rumah Anda bisa pinjam ke saudara/teman/rekan/boss/koperasi dengan skema pinjaman lunak 0 % atau dengan skema “pinjam barang” seperti diatas. Anda bisa membuat perjanjian hutang seperti di http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/06/18/440/ [...]

  19. thx ya mas..

    ^_^

  20. kalo pake jaminan barang atau surat berharga gimana cara nulisnya?

    • masukin aja di pasal2 berikutnya..
      misalkan :
      Pasal …..
      Jaminan/Agunan
      (1) Pihak pertama menyerahkan jaminan/agunan berupa………………………, dan dengan perjanjian ini Pihak kedua menyatakan telah menerima …………………..tersebut sebagai jaminan.
      (2) Pihak kedua akan mengembalikan kembali jaminan sebagaimana tersebut di ayat (1) kepada pihak pertama apabila pihak jedua telah menerima kembali sejumlah uang yang diserahkan kepada pihak pertama sebesar Rp………..

      DAN SETERUSNYA…

    • conto buat surat perjajian dengan surat yg berharga terimakasi

      • terimakasi bang ali yang baik hati

  21. numpang ngopi mas, kbtulan lagi butuh

    ==================================================
    Mulyanto :

    Silahkan.

  22. Makasih yaaa….
    atur nuhun ga pake permisi dulu
    cuma mau bilang makasii yaa

  23. makasih ya mas,
    sy ikut nyalin.

  24. ko cm 1 tok bos contoh yang lain ada gak

  25. Mohon ijin mas… kanggo ngopi. Lan matur nuwun

  26. kalau contoh surat kuasa untuk jaminan pinjamannya aa g mas…?

    kalau ada bol ya tak copy….

    thx..

    • maaf ikut ngomentari: yg anda maksud contoh “surat kuasa untuk jaminan” itu apaan mas ? kalo yang anda maksud surat kuasa untuk menjual/merupiahkan sebuah jaminan jika yang pinjam tidak melakukan kewajibannya sebagaimana perjanjian (Wanprestasi) maka clausul itu sudah bisa dimaktubkan ke dalam isi /pasal surat perjanjian hutang piutang tersebut bos. gak usah dibuat terpisah juga bisa.
      Maaf kalo saya keliru nangkep maksud ani ya..

  27. mas buati contoh surat perjanjian dong dimana orang tersebut belumjugamengembalikan uang saya . te3rimakasxih

  28. saya mohon buatin contohnyayuacz uangnya besar bgt ….

  29. ku ngopi surat nya y pak……………..

  30. Nunut ngopy ngih mas.
    Suwun,

  31. Mase, saya ikutan ngopy, Maturnuwun nggih mas,

    btw, contoh yang bahasa inggris ada ngga..?

  32. numpang copy yo mas…
    makasih…

  33. judulnya surat perjanjian hutang piutang kok penutupnya surat jual beli… piyeee tu mas-maaaas.
    bok dibaca dulu sebelum diterbitkan….

    • iya tuh..tapi perlu dihargai deh usaha dan niat baik mas mulyanto buat share info nya hehehehe

  34. mas..yang diatas dijelasin cara copy “bukan office” bener g ?pa “buka office” tanpa “n”.coz tiap copy aku suka di world..ribet kl panjang.nuhun mas

    • waduh di “del” (delete) saja atau ctrl-alt-del deh.

  35. suwun yo mas. ijin ngopy nggih.

  36. pak de, saya mau tanya sekaligus minta tolong buat kan contoh nya ya,
    saya itu kan orang katro jdi, jdi pada waktu itu saya menghutang kan uang saya kepda tmen saya sebesar 11jta, untuk modal jual beli beras, dan d janji kan tiap bulan nya saya akan mendapat uang sebanyak 500rbu stiap bulan, tpi setelah berjalan 2 bulan usaha itu mecet dan saya tidak lagi mendapat kan uang 500rb itu tersebut smpai skarang yng sdah 5 tahun ini,,,
    saya sudah capek menagih nya tpi d abaikan, mau ke hukum saya tak punya kekuatan hukum karena saya gk buat surat perjanjian dlu pda wktu itu,,,,
    trus solusi nya gmna ya pak de,
    dia seorang pns, trus kira2 surat perjanjian yang gmna biar uang tersebut bisa keluar, di kredit jga gak papa, yang penting bisa keluar.
    klo saya htung2 sih sdah mencapai 60jta itu duit nya, ,,,,,
    tolong bantuan nya ya pak de, begini lah nasib orang katrok di negeri ini,,,

    • saran saya sebaiknya anda sebisa mungkin dibicarakan dulu secara lisan dan baik-baik samapai diperoleh kesepakatan bersama. setelah itu baru diaktualisasikan dalam bentuk perjanjian. Misal temen anda itu bersedia mengembalikan modalnya saja (krn usahanya rugi/macet) tapi di cicil, dll. kalo surat perjanjian dapat disesuaikan asal keduabelah pihak sepakat, termasuk dipotong dari gajinya. Tapi biasanya kalo mau potong gaji itu agak susah proses dan birokrasinya mas mesti ada persetujuan dari atasan. saran saya cukup anda berdua saja lalu disertakan dengan saksi2 dari keluarga terdekat dia, misal istri/adiknya/mertuanya agar secara psikologis dia memiliki beban moril kalo sampe gak bayar2.
      itu saja masukan dari saya

  37. kira2 bsa gk klo di potong tiap dia terima gaji, tpi yang ada kekutan hukum nya gitu,,,
    tolong ya pak de, 11jta tu bgi saya besar skli,,,,

    atas bntuannya saya ucapkan terima kasih bnyak pak de,,,,,,

  38. ok mas ijin ngopy

  39. Aku minta ijin ngopy contoh suratnya mas, ya…

  40. Paragraf terakhir koq nyasar jadi Surat Perjanjian Jual-Beli ?
    :D

    • betul-betul..kayaknya mas mulyanto keliru nulis

  41. ijin ngopi juragan…

  42. tanya mas…maklum sy cuma makelar. yang lebih tepat materainya di tempelkan di phak mana ?

    matur suwun sak derenge..

    • materai diletakan di pihak yang meminjam dong

  43. pa’e aku melu ngopy yo…
    matur suwun… :D

  44. hatur nuhun anu saageung2na tos dipasihan nyontek….heheee

  45. thanks mas…………

  46. mas mul.. mohon maaf, saya bingung,,,,

    ” pembayaran palling lambat Juli 2009″

    akan tetapi perjanjian dibuat tanggal “Februari 2010″

    itu yang bener gimana?? apakah salah tahun atau memang begitu (perjanjian dibuat sesudah pembayaran paling lambat,,

    hehe maaf, matur nuhun

  47. nuwun2

  48. nyuwon sewu kulo bade ngunduh ng’geh mas…matur huhun sanget

  49. Mas, Buatin Contoh Surat Perjajnian Hutang Yang Bener nya Dunk.. Thanks

  50. ikut copas ya mas…. maturnuwun…

  51. tanpa ada notaris apa bisa di ajukan ke pengadilan jk salah satunya melakukan wan prestasi. walaupun sudah ada saksi dan pakai tanda tangan di bwh materai

    • tetep bisa diajukan ke pengadilan mas..

  52. mas copy paste ya…trim’s

  53. saya candra
    saya mau mnta bantuan pemikiran ni pak…..
    8 bln lalu saya menitipkan uang sebesar 140jt dgn rekan saya & saya mengunakan surat perjanjian…
    pada penitipan uang iotu bunyiny,pihak kedua akan mengembalikan uang pihak pertama apabila pihak pertama merasa dirugikan,dan pihak kedua akan mengembalikan uang yg dititipkan pihak pertama

    nah ternyata samapai skrng pihakl kedua blm juga me nepatin janjinya.bahkan ia lari2 & bersembunyi seakan lari dr asalah
    kita da coba suratin secara keluarga sebanyak 6x tapi blm juga ada responya
    menurut bapak gimana langkah yg harus saya tempuh?dan dr sudut pandang hukumnya bagaimana pak?

    • mohon diberi solusi pak…karna saya kurang paham mengenai hukum,,

      • maaf saya bukan pengacara atau sarjana hukum. kalau mau cari solusi yah tanya ke pengacara.

      • kalo perjanjiannya uang titipan sebenarnya anda dapat mudah melakukan penetrasi secara psikologis mas. Soalnya uang titipan yang tidak dikembalikan itu masuk pada tindakan pidana. Kalo perjanjiannya “pinjaman” maka hukumannya perdata. Tindakan pidana itu lebih berat hukumannya dibandingkan perdata. dan pidana itu gak bisa ditarik kalo laporannya sudah masuk pengadilan. Lain halnya dengan perdata laporannya bisa ditarik / dibatalkan kembali selama belum ada keputusan hakim.

    • bagaimana ceritanya/kronologinya sampai anda bisa menitipkan uang sejumlah itu ?

  54. alhamdulillah
    thanks mas

  55. MAaf mas mulyanto saya jadi banyak ngomentarin “tamu2″ anda. emangnya ini blog saya ? he3

    • Hehehe ngga apa2 kok, saya malah seneng kalau ada komentar2 yg menambah info dan memberikan pilihan solusi :).

  56. ijin co pas mas..

  57. Singkarep ta ijine kopi
    mung karep matur nuwun
    hapunten bilih lepat tulis na
    sing ngartos we nya.. da bahasane sim kuring
    ora bisa boso jowo

  58. klo surat penghapusan hutang ada gak mas?

  59. pak de, tlng buatin contoh srt perjanjian mengenai jual beli tanah pertapakan (kavlingan) secara kredit dgn memakai uang muka, misalnya saya mau menjual tanah saya dengan cara dikaplingkan secara lunas dan kredit, tapi dgn cara kredit ini kita membuat sangsi yakni apabila dalam masa 3 ( tiga) bulan kreditny tidak dibayar maka saya akan menarik/membatalkan perjanjian tersebut tanpa terlebih dahulu memminta persetujuan komsumen. tolonh ya pak de

    • sorry bos.. bukan ahli bikin surat2 perjanjian. Tanya ke notaris atau beli buku contoh2 surat2 perjanjian di toko buku.

  60. mas….minta tolong dong surat perjanjian kesanggupan bayar hutang, terima kasih

  61. tengok juga nui jangan lupa pada mampir ke blog aku ya ada $10 bonus buat anggota baru

  62. Trus saya nanya dong, saya mau buat surat perjajian, Nah kronologisnya begini,sekitar 4 bulan lalu,terjadi sy transaksi jual beli barang dg teman kenal baik, nilai hampir 70 jtan, dg kesepakatan lisan dg pembayaran 1 minggu setelah transaksi dan barang di angkat di bayar 50%,trus 1 minggu lagi/2minggu stlh barang di angkat byr lagi 50%/lunas. Ternyata pembayaran tdk sesuai janjinya. 1 minggu stlh transaksi,di bayar 35%/25jt, sisanya tempo 1 minggu lagi. Ternyata tidak ada pembayaran sampai sekarang. Semenjak itu selalu janji dan tidak di tepati/bohong. Bahkan terakhir janji tgl 7 blh 4 th 2013 nanti di bayar. Nah dg janji terakhir ini sy mau buat surat perjanjian,bahkan dia mengusulkan,mau menanda tangani surat perjajian untuk memastikan janjinya. Nah Pertanyaan saya,1).bisakah surat perjanjian ini menyusul di buat? 2). judulnya surat jual beli apa hutang piutag ? Tlg bantu saya agar saya tidak terjebak pada kesalahan bila sampai ke jalur hukum nanti,sebab si dia paham betul soal politik dan hukum.

    • nanya yah ke pengacara/ahli hukum dong :D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: