Oleh: mulyanto | 11 Januari, 2009

Ngoprek Lampu Hemat Energi (LHE)


Gemes dengan LHE yang umurnya 1 bulan, saya coba ngoprek LHE yang mati. LHE yang mati bisa dipakai lagi asal yang mati neon-nya, bukan rangkaian elektriknya. Neon yang mati bisa diganti dengan neon biasa 10 watt. Sebenarnya harapan hidup LHE yang 5 ribuan memang cuman 3 bulan. Karena LHE yang mahal, yang 20 – 30 ribuan (10 – 20 watt) pun hanya memberikan garansi 1 tahun.

1. Buka casing LHE, congkel dengan obeng :

lhe01

2. Copot neon yang mati, ada 4 port/titik yaitu P1, P2, P3, dan P4.

lhe02

3. Solder dengan kabel untuk sambungan dengan neon 10 watt.

lhe03

lhe04

lhe05

Rangkaian elektrik dan casing untuk neon sebenarnya juga tersedia, harganya 14 ribu untuk 10 watt. Nyala neon elektrik oprekan ini memang tidak seterang neon yang menggunakan trafo, tapi lebih terang dari LHE asli (untuk watt yang sama). Dan neon elektrik oprekan ini mudah/langsung menyala. Saya sudah mencoba 2 buah, yang pertama menggunakan LHE mati 5 watt, yang kedua menggunakan LHE mati 15 watt. Keduanya diganti dengan neon phillips 10 watt yang harganya 6 ribu perak. Nyala keduanya sama terangnya.

Dapat info dan pengalaman dari pono :

Rangkaian elektrik balas LHE yang mati bisa diperbaiki, biasanya yang mati kapasitor milar dan transistornya. Tentu saja agar murah, gunakan kapasitor milar dan transistor bekas (misalnya pretelan dari LHE mati).

About these ads

Responses

  1. itu P1,P2,P3,P4 gak ditutupi apa gitu pak mul?
    lumayan nyut2 kalo kena sentuh.. hehe..

    ——————————————————————————————————————-
    Mulyanto :

    Yang dineon maksudnya? Dilapisi isolator bening, jadi tidak kelihatan.

  2. Weleh, pak de moel, kebetulan di rumah ada LHE nganggur, krn dah item neonya. bs di pake lg nih.
    Skalian minta oprekan ato rangkaian neon emergency lamp. Klo beli mahal, 130rb an.
    tengkiu

    ———————————————————————————————————————-
    Mulyanto:

    Sorry ngga punya rangkaian neon emergency lamp.

  3. menarik sekali ide bapak. kalo boleh saya mau tanya, kalo menggunakan rangkaian elektrik LHE 5 watt untuk neon 10 watt, kira2 konsumsi listriknya jadi 5 watt atau 10 watt pak?

    ————————————————————————————————————————–

    Mulyanto :
    1. Ini bukan ide saya, saya juga niru lampu teman.
    2. Wah saya tidak tahu apakah jadi 5 watt atau 10 watt, yg terjadi sih LHE 5 watt maupun LHE 15 watt menghasilkan nyala yang sama terangnya.

  4. Keren pak moel… Saya punya banyak lampu 5-rban kayak gini, yang bentar aja udah pada gosong.
    Bisa tahan berapa lama yah kalau diganti pakai TL kayak gini?

    ———————————————————————————————————————–
    Mulyanto :
    Lampu TL bisa tahan tahunan, ngga tahu deh umur elco, transistor dsb.

  5. eh mul, aku pernah iseng2 ginian juga. awet dan tahan lama kok. tl-nya aja yg lama2 item.

  6. saya udah nyoba. tapi baru baca belkangan.
    Biasanya kan baca dulu baru nyoba.
    nah saya gak
    udah 3 tahun lalu saya coba. cuma gak bisa nulis.
    hahaha. syukur udah ditulis di sini.
    Pak Mul adakah rangkaian untuk cas batterey untuk lampu emergensi yang simpel dan ada proteksi bila battery penuh?
    ——————————————————————————————————————-
    Mulyanto:

    Rangkaian yang ada hanya untuk accu 12 volt. Ada di http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/01/18/membuat-lampu-darurat/

  7. Saya sudah lama makai sistem kanibal ini. Memang nyalanya tidak seterang aslinya, tapi lumayan untuk penerangan dan ngirit. Rangkaian elektronik lampu yg bermerk lebih bagus nyalanya drpd produck china.

  8. pak apabila rangkaian lampu itu untuk menyulut flyback agar terjadi luncuran sinar pada flyback masuknya ke fyback dari mana apa ada penambahan komponen di rangkaian neon itu trims

    =======================================================
    Mulyanto:
    Maaf saya tidak mengerti tentang flyback.

  9. Kalau rangkaian LHE nya 5 watt, neon yg digunakan sebaiknya 5 watt, kalau digunakan neon 10 watt, rangkaian/komponen menjadi cepat panas/ tidak awet

  10. Wah… ide menarik nih, baru kepikiran sekarang. Dulu pernah ngalamin lampu TL tiba-tiba padem.. udah capek-capek beli TL.. ternyata nggak bisa nyala juga.. rupanya trafonya yang rusak. BeTe, didiemin gelap-gelapan beberapa hari sebelum akhirnya dipasang paralel mangkok lampu biasa. Lampu TL nya kebetulan masih terpasang ditempatnya.. kayaknya lebih rapi kalo ‘mesin’ LHE ini dipasang didalam casing dudukan TL

  11. mh… great.. baguslah… kepikiran mo jualan lampu plc ato tl tenaga accu buat yg suka dagang malem ato grobak2 ah….. kalo ada yg punya info , bole hub ato sms ke aku di 022 70716367 makasih sebelom nya yah
    adue

  12. Pak Mul, kalo yang mati bukan neonnya, harus diapain? soalnya aku beli yang phillips tornado 35rb, baru 2 bulan mati. Nah kayaknya yang mati elco atw starternya, mungkin ga?

  13. wah… manteb mas..
    coba awh…

  14. mas, saya mau kombinasi tapi bukan dengan lampu neon TL, tapi dengan lampu neon yang model seperti sumpit yang kaki nya hanya 2 port, bagaimana kalau merubah dari 4 port menjadi 2 port, thank’s mas.

  15. WALAH KANG MUL MURUPE YO MURUP HANING LE BRUNGSANG KUWI LO,LA NGERTI ANAKU PORA DISEBRUTI

  16. mau bg2 info tentang lampu tl. sbnrnya btlin lampu tl itu mudah kl kita tau triknya. untuk yg kaki 4 biar jd 2. km gabung aja antara p1 dan p2 sdgkn p3 dan p4 jg dgabung. walaupun lmpu tl sudah gosong,tp belum pecah,tu msh tetep bisa nyala ko. tgl kita oprek aja bgian kapasitor staternya. thx

  17. pak mul, kalo 1 LHE ke 2 neon gimana ya ? lumayan kalo LHE >25wat buat 2 neon 10watt

  18. ada yang tau ngak cara gulung trafo las
    ????

    • Seperti gulung trafo biasa, cuma diameter kawat primer minimal 2 mm dan diameter sekunder minimal 6 mm. yang mnenggunakan inti tetap ( tidak bisa digeser ) gulungan primer difariabel umtuk mengatur out put amper. out put sekunder berkisar 30 – 50 volt.

      • siipp, saya juga jadi belajar. thanks.

  19. baik itu mas mul sy dah coba lama yng 10 wat tahan 5thn sampai sekarang masih hidup tp cahayanya kurang terang dibanding tl

  20. dua jempol untuk pakde mul

  21. weleh-weleh ide hebuat tu, bisa gulung tikar pabrikannya ha…ha….ha….. aku dah nyoba ternyata mak nyosssss tenan

  22. aku dah coba kang tapi ngak nyala2 apa salah saya ya,aku punya bekas philip yg 24watt terusa kupasangin pakai philin juga 20watt yg bundar kok ngak bisa coba pakai lampu tl 10watt jg ngak bisa opone yo?

    • yah memang begitu, yang saya bikin pun ada yang ngga nyala. Kemungkinan karena rangkaian elektriknya sudah rusak.

  23. Guru, lihat dech http://www.anakunhas.com/2010/04/lampu-hemat-energi-lhe-rakitan-model.html…..
    ini baru, maknyos……
    coba dech Guru liat ttg antena di tempat yang sama….

    ini baru maknyos…
    ibarat lilin Guru…. meski kecil bisa menerangi semesta….

    Jadiiii….
    teruskan sebarkan pengalaman yang positif ke semuanya…..
    Pangeran tidak tidur lho, pasti akan membalesnya…
    (cuman nanti untuk yang prinsip, Guru harus mematenkan, ora kanggo liya-liyane, mung…

  24. saya mau nanyak complet…….komponen apa saja yg ada pada lampu LHE….sertakan dengan gambar beserta ukurannya…soalnya laen merk laen pula rangkaiannya

    terus komponen apa saja yang reing terbakar
    terima kasih……

    • wah maaf saya ngga tahu tentang rangkaian yg ada di LHE. Yang sering mati/terbakar juga ngga tahu.

  25. sekarang emang jamannya rangkaian switching ya? Hemat energi sih !

  26. kerusakan yg lazim pada komponen LHE apa?mohon diterangkan !terima kasih atas penjelasanya

  27. saya saat ini baru di PHK , tolong diberi tahu teknik untuk memperbaiki kerusakan lampu LHE secara detail.terima kasih atas bantuanya!

  28. @habib&amar: Yang sering rusak pada LHE adalah kapasitor milar 400-1kV (2 biji), atau transistor (2 biji), atau resistor fuse (1 biji), atau copotnya solderan. Nah itu aja(sangat simple), Lainnya awet banget.
    Saya sarankan perbaiki LHE yang ber-merk, karena lifetime TL lebih panjang.

  29. Laporan….

    Alhamdulillah coba rangkaian LHE bekas merek Twin Dog (9 watt) dipake untuk TL 18 watt merek Philips nyalanya bagusss…. sama dengan yang pake trafo.
    Coba dipake untuk TL 40 watt merek Chyoda dan Philips nyalanya lumayan walau sedikit lebih terang yang pake trafo.

    Di tempat kerja pake lebih dari 30 neon. Setiap bulan ada aja yang harus diganti. Mulai sekarang mau nampung LHE bekas… biar ngirit.

    Semoga Allah memberkahi shadaqah ilmu mas Mulyanto sekeluarga.

  30. disini ada yg punya lampu lhe bekas gak? yg udah pada mati. kumpulin,sini tak beli. karna saya punya bisnis service lampu. lumayan rame dit4ku. boleh hub aku lwt facebook add aja andrey.trs@gmail.com dan yg mw tanya juga silahkan. thx pak mul.

  31. maaf para juragan dan sesepuh,,,
    kalau saya bukan di perbaikin lagi untuk lampu yang rusak,,,tp di lebur,,
    jika juragan dan sesepuh ada yang punya banyak mesin lampu bekas yang sudah tidak bisa digunain,,,silakan kirim email ke saya ke ananta_indra@yahoo.com
    ada harganya limbah lampu bekasnya,,,

    • bener tuh buat dilebur? Rp 1500/perkg dapet berapa lampu tuh.
      saya punya banyak botol bekas, dari beling juga sama seperti lampu, mau ga rp 1500/kg ?

  32. pa mul misal kan rangkaian eklektrik lampu neon lebih kecil dari lampu neon TL yang mau di pasang bisa/tidak….?

  33. Untuk LHE bermerek biasanya rusak dirangkaian cek dulu P1-P2 & P3-P4 pake AVO kalo nyambung berarti bagus, untuk rangkaian biasanya rusak di R nya saja yang berfungsi sebagai fuse ada juga trnya atau fet semua ada partnya srn saya elco yg 400v ganti baru umurnya akan pjg trs stlh di pasang lubangi casingnya biar udara yang panas didlm bs keluar, usahakan lbg udara diatas krn udara panas cenderung menguap keatas biar cpt dingin….slmt mencoba semoga manfaat.

    • trims infonya.

  34. wah dapat ilmu nih…gak sia2 belajar di warnet,thanks idenya pak

  35. [...] sempat browsing-browsing lagi di om gugel masalah lampu hemat energi dan akhirnya ketemu link inihttp://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/01/11/ngoprek-lampu-hemat-energi-lhe/terus terang saya tertarik dengan artikel tersebut berhubung dirumah banyak lampu lhe mati yang [...]

  36. oh, jangan salah?(maaf, bukan takabur) aku sudah mendaur ulang banyak lampu rusak seperti TL. lebih manis lagi pakai neon model ring tergantung ukuran misal: untuk neon 10W bisa pakai yg 18-23 W ,20 w DG 45,lebih besar mesin lampu, akan lebih terang pastinya. biar lebih kokoh, gunakan kayu pipih. kayu berfungsi untuk pegangan lampu. kedua ujung kayu di tempel kan dengan neon ring lalu di ikat dengan kabel teast. kemudian bagian tengah kayu di beri lem GLUE STICK atau lem bakar. supaya lebih rapih& kokoh, coak bagian sisi plastik, bagian bawah,kemudian tempelkan. sewaktu lem masih panas. smoga bermanfaat!

  37. nice article.

  38. sip makasih mas mul…berhasil

  39. bagaimana cara mengetes rangkaian lampu lhe rusak atau baik ( komponenya )

  40. makasih pak mul…top markotop hasilnya!

  41. Huebat nih idenya pak Mul berbagi ilmu walaupun hanya sedikit tetapi sangat bermanfaat buat orang banyak, apabila LHT neonnya sudah hitam itu bisa di ganti neonnya saja dgn berbagai macam jenis dan katanya ada yang jual lampu nya saja yaitu di daerah Bekasi atau Cikarang apakah ada yang tahu tempat dan no telepon nya?

  42. Wah mantap bgt nh pak mul ide’y. Sy mw tanya pak mul klo neon’y diganti dgn led bisa gak ya pak? Klo bisa brp led n rangkaiany bgm. Terimakasih pak mul

  43. cocok banget untuk menghemat di jaman sekarang. Sy jg buka toko lampu2 rekondisi.

  44. saya buka bisnis gitu jg tp kekurangan bohlam/tabung lampunya..punya stock ga..

  45. wah buat saya yang cewek kok rumit banget ya T_T

  46. kalau R nya (fue) putus bisa gak pakai kabel langung ?

  47. Pagi Pak Mulyanto,klo rangkaian LHE neonnya yg rusak diganti led bisa gak yach .Trimakasih

    • wah ngga tahu. saya ngga tahu cara kerja rangkaian LHE.

  48. saya jual berbagai macam glass tube lampu.kalau minat tlp/sms aja di 085733011146

    • ad lmp apa.an boooooooooooooooooos

  49. Daftar Harga Grosir Lampu Jadi Full Set
    Jenis Essensial atau Jenis U :
    AGEN ECERAN
    U2 5W Semi fosfor (SF) 3500 4200
    U2 8W Semi fosfor (SF) 3800 4500
    U3 18W LOKAL 5600 6400
    U3 23W Semi fosfor (SF) 7500 8200
    U4 40W SF 15000 15500

    JENIS TORNADO SPIRAL
    SP 3T 14W SA 9000 9500
    SP. 3,5T 18 W SA 9200 9900
    SP 4T 23W SA 9500 10.200
    SP 3.5 18W LOKAL 5300 6000
    SP 4T 23W LOKAL 6500 7700

    JENIS GANI ATAU SPIRAL KECIL
    SP, 2.5 5-8W 5700 6400
    SP 3T 8-11W 6000 6800
    SP 4T 11-14W 6400 7000

    • maaf bang pengan knal lebih jauh tentang lampu

    • kalo grosir harga berapa dan minimal berapa pengambilannya. thx

    • kalo mau beli partai besar berapa ya minimalnya ?? didaerah mana ?? ada nomer yang bisa dihubungi ??

    • Bagi yg butuh lampu kosongan bisa menghubungi saya di 087751147732

    • Bagi yg butuh lampu LHE kosongan bisa menghubungi saya di 087751147732.

  50. tersedia lampu tabung baru jenis spiral dll 021-34316862( ciledug)CBD

  51. istimewa bget ya,,,,, ak jd pengen illo…..

  52. Pak Mul, dirmh a mda 2 kotak lampu spiral philip, tp udah koid. gmn cr mperbaikiny?

  53. Daftar harga spare part&bahan
    KCA;
    2U LOKAL @ Rp.1850 (1 karton isi 640)
    Tersedia 5.wat,8.wat,14.wat
    2U ORI 5WAT @Rp.4250 (1 karton isi 300)
    2U ORI 8.wat @ Rp.4500 (1 karton isi 300)
    2U ORI 11,14.wat @ Rp 4750(1 karton isi 300)
    3U LOKAL @ Rp.@Rp 4000
    3U ORI @ Rp.6600(1 karton isi 252)
    4U FOSFOR @ Rp 15.500 (1 karton isi 100)
    SPIRAL LOKAL Rp.4500
    SPIRAL ORI 3.T Rp 7.500
    3,5 & 4.T Rp 8.000
    ORI PHILIPS TORNADO Rp 9.500

    ELCO 400.V/6,8 Untuk 14-35 wat @ Rp 600
    TRANSISTOR 13003 Untuk 18&23 wat @ Rp 700
    13005 Untuk Jumbo @ Rp 1200 ( DIJAMIN ORISINIL HANOCS)

    MESIN HIDUP + CASING KOMPLIT ORI PHILIPS
    2.U 5Wat Rp 2500
    2.U 8,11 Wat Rp 3000
    2.U 14 wat Rp 3500
    3.U 18&23 Wat Rp 4500

    Nb: Harga dapat berubah-ubah tergantung stok di gudang dan permintaan pasar
    Yang berminat bisa hubungi saya di no….085647130434 (DENI)

    • alamatnya mn?

  54. bagus nih informasinya

  55. ada skema rangkaian lampu taman otomati solar sell, pake batre 3.7 volt mohon di update.tq

  56. kalo dipasang lampu led gmn pak bisa ga ya ?tq

  57. Yg butuh lampu LHE kosongan bisa menghubungi saya di 087751147732.

  58. senang ketemu blog ini, coba dulu ahhhhhhhhhhhhhh,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  59. klo mesinnya 23 wattt
    neon-nya pakai 18 watt gimna apa bisa?

    • Bisa, tp alangkah lebih baiknya elco-nya diturunin jadi 4.7 micro farat

  60. SAUDI GRESIK
    Distributor kaca Lampu LHE
    Jual berbagai tipe tabung Lampu Hemat Energi
    Harga & Kualitas Terjamin (Kualitas kurang puas bisa kembali)
    Hub. 085231733321/085706288189

  61. “SS ELECTRIC”
    Melayani pembelian kaca lampu ECER maupun GROSIR, beli berapapun kami layani.
    sedia komponen Elco, TR 13001, 13003, 13005, 13007, 13009 merk ST, kualitas terjamin.
    Mesin hidup philip 2u 3u hidup tinggal rangkai.

    Jl. Lingkar Kudus-Jepara (belakang PT PURA)
    Dk Kencing, Jati Kulon 5/4, Jati, KABUPATEN KUDUS.
    Hp. 0856 40000 219 (PANCA)

    BISA ANTAR SAMPAI DEPAN RUMAH ANDA UNTUK WILAYAH
    - KUDUS
    - DEMAK
    - SEMARANG
    - UNGARAN
    - AMBARAWA
    - SALATIGA
    - BOYOLALI
    - KLATEN
    - SOLO
    - BOYOLALI
    - PURWODADI

    ONGKOS KIRIM GRAAAAATIIIISSSSSSS…!!!!

  62. Neon itukan setiap ujung pny 2kaki nah saya mw tnya gmn pasang p1,p2,p3,p4 itu apa p1 disbelah’y p2 lalu p3 dipasang yg ujung’y n p4 dipasang juga disebelah’y?lalu jika ada kesalahan pada pemasang itu apakah neon’y akan terbakar?

  63. bagus idenya… tp bahaya kayax ngeliat ujung2 neonx hehehe tp okelah

  64. Very good blog post. I definitely love this site. Keep it up!

  65. Jual kaca tabung lampu,5w,8w,14w,18w,23w,35w,45,w,65w model U dan tornado
    yang Wilayah : Kab. Batang, Pekalongan, Kendal, Pemalang, alamatku : clapar subah,
    kab batang jawa tengah. mas Han hub. 087836685168, pin BB : 20b2ca77.blog:tabunglampu.blogspot.com
    produk lain : sukamurah.com Belanja jual baju batik pekalongan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: