Oleh: mulyanto | 18 Januari, 2009

Membuat Lampu Darurat


Entah sudah berapa kali, saat saya sedang bekerja dikantor dimalam hari, istri telepon ” mas listrik mati, lilin habis.. takut ” . Akhirnya saya putuskan membuat sistem lampu(listrik) darurat. Dengan mengandalkan accu mobil bekas, saya buat sistem lampu(listrik) darurat yang :
1. Otomatis men-charge accu jika setrum accu kurang.
2. Otomatis menyalakan lampu jika listrik mati.

Saya pergi ke toko TULUS di Jaya plaza menanyakan apakah ada rangkaian tersebut. Ternyata ada, kit ini berkode TL-505 seharga Rp 48 ribu (tanpa trafo, harga travo 1 A Rp 20 ribu). Tinggal rakit dan solder saja. Sebenarnya lampu darurat yang sudah ada juga ada, tinggal pakai saja. Yang memakai TL bundar 22 watt harganya 95 ribu, yang memakai TL 2 x 10 watt harganya 105 ribu. Tapi kelemahannya :
1. Batere/accu dicharge manual, nyala-nya juga tida otomatis.
2. Umur nyala-nya juga pendek, mungkin 1-2 jam saja
3. Tidak bisa dikembangkan jadi suatu sistem/jarungan darurat, misalnya dihubungkan dengan inverter.

Berikut gambar rangkaiannya :
rangkaian-tl-5054

Download gambar rangkaian

Dan daftar komponennya :

R1 2.2 K
R2,4,7 1 K
R3,12 270
R5,8 220 K
R6 47 K
R9 1 OHM 5 WATT
R10 2X 120
R11 820
R13 47 OHM 2 WATT
R14 10 K
VR (TRIMPOT) 5 K
C1 220uF 16 V
C2,4 0.1uF 100 V
C3 100uF 25 V
C5 470uF 16 V
TR C1061
SCR1,2,3 EC103D/C-203
SCR4 T-103
D1 1N5402
D2,4,7 1N4148
D3 LED
D5 1N4002
D6 ZD 6V2
T1 SEKUNDER 0-15 V 1A
T2 T-20
RELAY 12 V

kit-tl-505

Semua komponen tersedia dimana-mana, kecuali T2 (T-20) sepertinya hanya tersedia di TULUS Bandung. Saya tidak tahu tentang spesifikasi T2 ini. Jadi kalau anda tidak bisa membeli T2 atau membuatnya, sebaiknya tidak usah pakai rangkaian TL DC ini. Ganti saja dengan rangkaian LED ultra bright (super). Rangkaian ini merupakan rangkaian LED diseri R (470 ohm – 1 K).Buatlah beberapa rangkaian LED-R ini kemudian diparallel. Sebaiknya jangan menggunakan rangkaian seri LED, karena jika tegangan accu jatuh hingga 7 volt maka 3 buah LED yang diseri akan menyala sangat redup. LED

Untuk menghitung berapa tepatnya nilai R yang dibutuhkan untuk rangkaian seri/parallel silahkan gunakan kalkulator di superbrightleds dot com/led_info.htm

Akhirnya rangkaian saya modifikasi, ternyata neon-nya menyedot arus cukup besar 600-700 mA !. Akhirnya saya modifikasi untuk pilihan auto, hanya rangkaian LED-R saja yang menyala. 4 buah LED-R sudah menyamai lampu pijar 5 watt, dengan konsumsi arus 50 – 100 mA . Cukup untuk penerangan tidur, bukan untuk baca-tulis.

Untuk membuat rangkaian LED bisa pakai wizard led.linear1.org/led.wiz

Contoh untuk LED 3 buah :

led3-smal

led3-smal image copyright © 2001-2004 Rob ‘linear’ Arnold

Contoh untuk LED 8 buah :

led8-small

led8-small image copyright © 2001-2004 Rob ‘linear’ Arnold

UPDATED

Sistem listrik darurat ini sekarang sudah terintegrasi dengan sistem alarm. 2 buah alarm yang memindai tubuh manusia disupply oleh sistem ini. Oh yah, lampu darurat ini juga sudah dikembangkan yang terdiri dari 16 LED menerangi ruang tengah/dapur, 10 LED menerangi kamar. Lampu2 ini otomatis menyala begitu listrik mati, dan accu tidak pernah habis/mati karena otomatis ter-charge selalu.

Responses

  1. Pengalaman:
    1. beli TL yang 12v di carrefour. Cuma 25 rb, awet dan terang. kayaknya efisiensinya lebih tinggi daripada tulus ini deh. Udah ada casing waterproof lagi, Tinggal colok ke aki 12v. Mantap.
    2. beli lampu camping (isi 36 led superbright). cuma 25 rb juga. Tinggal pake aki 6v, terang banget. Kayaknya ini yg paling efisien deh.
    Saran saya: pake yang no.2 ini saja. Memuaskan kok.

    ————————————————————————————————————————
    Mulyanto :

    Tapi kan ngga ada automatic charger-nya, juga tidak automatic nyala pas listrik njepret.

    • Lampu camping belinya dimana bos

  2. Mas moel, dimodifikasi gih, biar:
    1) aki tidak overcharge, kalau udah penuh setrum dari jala-jala putus. Kan sayang, hemat listrik dong….
    2) Rangkaian di belakang relay itu kan DC-AC converter, bisa dong diganti dengan rangkaian atau lampu lainnya, misalnya menggunakan lampu motor/mobil, hehehe, jadi terang tuh….

    ——————————————————————————————————————-
    Mulyanto :
    1). Listrik bulanan 70 ribuan, padahal yg 50 ribu itu biaya beban :p . Entar mau dilihat ngaruh banyak nggak ke bulanan.
    2). Sudah dimodifikasi kok, ditambahi rangkaian LED-R. Disambungkan ke bagian automatic pada saklar-nya. DC-AC converter ke TL cuman nyala kalau saklar on saja. OFF, LED dan TL mati. ON, TL nyala LED mati. AUTO, TL mati LED nyala.

  3. yang rangakaian modif ni aku gak mudeng? Led-R tuh rangakain terpisah ya

    ———————————————————————————————————————–
    Mulyanto :

    1. Modifikasi pada sambungan saklar. Ubah hubungan kabel-kabelnya. Digambar memang hanya ada saklar 1 induk 3 anak. Kenyataanya yang dipakai Saklar 2 induk 6 anak. Yang satu buat TL, yang satunya lagi buat LED-R .

    2. LED – R rangkaian terpisah :

    ( – ) —| R |——K|—— (+)
    resistor LED

  4. Kreatif itu lebih tinggi nilainya dan lebih memuaskan dari pada konsumtif.

  5. bisa dong tukar kirim skema elektronika yang lain.
    —————————————————————————————————————-
    Mulyanto :

    Wah saya tidak punya koleksi skema elektronik.

  6. di mana ya beli led yang gituan
    kalo beli jadi lednya pendek,
    tapi kalo beli di toko kok lebih panjang ya… apa bedanya ?
    bisa sama kah fungsinya ?
    di mana bisa pesan /beli dan berapa harganya?
    tolong saya di NTB
    dompu

    ————————————————————————————————————-
    Mulyanto:

    Led pendek maksudnya biar cahayanya menyebar lebih luas. Led panjang lebih fokus dan sebaran cahayanya tidak luas. Pakai led panjang ga masalah kok, tinggal diatur sudut2 tiap led agar menghasilkan sebaran cahaya yang luas.

  7. Mas…mas foto sirkuit terlalu terang, jadinya gak kelihatan banget. piye jal….

  8. mas kalo saya mo buat lampu penerang jalan, dgn solar modul, n daya yg dipake harus kurang dri 30W.
    kira2 pake Led bisa terang gak y, mngingat lampu penerang jalan it kan butuh cahaya yg terang…

    saya juga m menggunakan rangkaian LED nya seri-paralel, perlu reflector jg tidak y?
    n LED seperti ap yg cocok untuk dipakai pada aplikasi Automatic Solar Street Light ini…

    ===========================================================
    Mulyanto :
    Reflektor perlu karena sebaran led aslinya memang tidak luas. Jadi untuk penerangan ruangan dan jalan perlu reflektor.

    Apakah cukup terang atau tidak? Saya kira tergantung lingkungannya. Kalau lingkungannya gelap gulita (tiada listrik, listrik mati) saya kira belasan/puluhan LED akan cukup terang. Tapi kalau lingkungannya banyak lampu listrik (apalagi neon) yah terangnya tidak terasa.

  9. reflektornya pake alumunium aja kali yang murah ato seng, tapi karatan ya….

    menurut lampu yang di toko itu lampu led 30 dengan aki 6volt kecil kering, dapat nyala 50jam.
    nah mau pake berapa lednya tinggal kalikan saja ya.. cara ngitungnya.
    bagus tuh lampu jalan pake itu terutama yang di pelosok jauh dari jaringan listrik
    tapi keamanan juga jauh lebih penting ya…..

    =======================================================
    Mulyanto :

    Reflektornya bisa pakai onderdil reflektor lampu mobil/motor. Biar murah pakai yang bekas atau yang imitasi.

  10. mas..
    itu kan pake lampu senter ya..
    mau tanyak ni gmn klu buat lampudarurat ny itu langsung bisa menyalakan 4 sampe 5 lampu rumah kita dengan menggunakan aki gtu.
    bisa pa gak ya.
    klu bisa kirim dunk cara2 nya juga rangkaian dan daftar komponen nya.
    biz ny di tempat aku sering mati lampu.ya gak bisa kerja dibuat ya.

    • pakai saja UPS yang buat komputer. Cuman output UPS dipasang lampu2.

      • Pak mulyono minta alamat email bapak boleh..
        nie saya ada pengarapan untuk membuat lampu emergency yang seperti abang deskripsikan.
        kirim ke email saya yahh.. batmen.hendra@yahoo.co.id
        makasihh…

      • mulyono@gmail.com

      • Iya betul mas tapi UPS mahal mas.. hehehehe

  11. bals ke email ya

  12. Untuk mas deni: memang lampu listrik PLN kita hanya baru sampe di sini. Bagaimana kalu kita sedikit usaha kreatif buat genset sederhana dengan alat seadanya , ada ceritanya di http://hobyelektro.blogspot.com

  13. Mas Mul, gimana ya… rangkaian lampu hemat energi itu kan 220, didalamnya ada rangkaian , gimana modifikasi rangkaiannya biar bisa di catu pake DC 12 Volt saja. Bagian mana saja yang di kecilin ya…….

    • wah maaf saya ngga ngerti cara kerja LHE apalagi itung-itungannya.

  14. mas.mau nanya nih..
    altenator itu kan mengeluarkan arus DC..
    apa arus listrik itu bisa saya langsung sambung ke emergency lamp ??
    apa tidak rusak??
    trimakasih

    • skema kerja nya dari
      putaran poros ( sepeda ) -> altenator -> lampu darurat

  15. Disambung langsung ke lampu? Lampu LED/bohlam pijar? Kalau lampu led/bohlam pija, ngga apa-apa. Tapi kalau ada batere-nya yah jangan. Gunakan dioda dan kapasitor atau rangkaian regulator untuk rangkaian penyearah.

    putaran poros ( sepeda ) -> altenator -> rangkaian penyearah –> lampu darurat

  16. pas lagi browsing saya ketemu rangkaian lampu penerangan darurat model lainya coba ke sini deh.. mas http://lowoijo2.blogspot.com/2009/07/membuat-lampu-penerangan-darurat.html

  17. Mas mau tanya untuk TLnya yang biasa dipakai maksudnya AC apa yang TL DC ? Matur nuwun

  18. duhhh mo nanyak ni T2 nya primer n skunder nya berapa ohm yaaa? kirim ke email ya jwbn nya occ thanks b4

  19. Ass. Mas Mul, saya mau tanya cara membuat converter Listrik pada saat mati secar auto listrik yang lansgung? cerita sedikit yach. begini teman saya buat converter tsb dengan aki mobil untuk nyalain lampu 5 titik lebih kalo boleh atau kitnya gimana kalo buat kira2 harganya berapa sih. itu dulu Mas terima kasih jawabannya. Salam kenal T.Riadi Mataram

  20. sy salu sm anda,tulisannya sm dengan judul blog nya Wong nDeso yang Katro.pas bgt

  21. mas moel,mo tny nih..kira2 kontrol lmpu redup terang dengan saklar tunggal gmn yah..spesifikasi sbb: 1 saklar tunggal,2 lampu dan 1 saklar tukar

  22. Klo buat lampu darurat dari LED yg dihubungkan ke Line Telepon gimana yah rangkaianx…???

    Jd source listrikx gratis gak perlu pke accu, soalx pernah liat di Youtube…

  23. Pa mulyanto,kalo saya terima jadi dari bpk.harga brp pa?

    • hahahaha. Memang terpikir untuk memproduksinya, tapi harganya bisa 200 ribuan :) .

      • Hallo Bos, malam saya agus dari Jepara kota ukir Jawa tengah, Saya sudah membuat Pemancar TV anda Alhamdulillah Hasilnya memuaskan ……… di belakang saya tambahi final C 1971 hasilnya malah joos, tapi sy belum punya Antenya kalau boleh anten sistem apa yang cocok dengan pemancar dari anda …………..

  24. wah ternyata kita punya hobby yang sama mas.. sama2 suka elktronika… ni jg saya project untuk pengerjaan LED mobil pesanann….ngomong2 skrng kerjanya di mana mas…?

    • sekarang kerja di peternakan serangga nih.

  25. Saya masih belum ngerti kenapa pada rangkaian seri masih dipasang resistor?
    Disini saya sudah buat untuk lighting kamera 2 buah menggunakan LED SB seri 3 biji dan seri 4 biji pararel 17 dengan menggunakan aki kering 12V/7,2 Ah :)

    • yah karena LED itu punya batasan arus kalau mau umurnya panjang. Ngga pake resistor juga ngga apa2, paling cepat modar saja.

  26. saya salut ama anda, karna anda bisa membuat
    lampu cadangan

  27. Ini yang kucari yang akan ku tanyakan. saya beli lampu emergensi di toko berbagai merek ku coba tapi ga tahan lama, ga ada 2 jam neon modar alias batre tekor. nah aku mau coba ganti lampunya dengan led yang banyak biar tuerang (misalnya 100 led). untuk itu bagaimana cara nyambungnya dan bahannya apa?. sebagai info emergensi saya punya batre CMOS dan ada juga Panasonic semuanya 6 volt. Tengkyu mbah Mul

  28. mas yang sory dari daftar komponennya ada yang kurang R8 nya ukuran berapa, soalnya kalau mau buat sendiri kalau masih kira2 takut mas,

    makasih sebelumnya, dan cepat dijawabya.

  29. mas….
    akinya tu 6 ampere ya??
    klo kita pake yang 12 juga tapi 50 Ah….
    apa bedanya???
    trims…

    • Ngga masalah kalau pake 50 Ah. Saya malah pakai aki mobil (bekas), ngga tau brapa amperenya.

  30. mas…
    bisa jelaskan diskripsi kerjanya ga????
    aku masih blum ngerti…..
    kirim ke email ku aja mas….
    trima kasih

  31. ma’af pak mul..saya mau tanya:
    bangunan 6×14 tinggi 3 m, 2 lantai,bahan apa saja yg d butuhkn dan kira2 habisny berapa??? mohon sarannya..terima kasih salam kenal dari saya

    • Saya juga minta maaf ngga bisa jawab :) .

  32. Kang Mul, saya butuh rangkaian inverter output 500 watt, ada gak kang, klo ada tolongin saya kirimin rangkainnya, ke email saya : larso@telkom.net

    Terima kasih sebelumnya

  33. postingan ini kok sama persis dengan tulisan yang ada di http://www.forumbebas.com/post-1123874.html ?

    • http://www.forumbebas.com/post-1123874.html adalah copy paste dari tulisan ini, disitu kan sudah ditulis sumbernya dari sini. Tulisan itu dipost oleh The Rock Jenderal Besar pada 19 November 2009 jam 00.31. Sementara tulisan ini dipublish pada 18 Januari 2009 jam 16:59.

      Revisions

      * 23 October, 2009 @ 18:15 by mulyanto
      * 23 October, 2009 @ 18:14 [Autosave] by mulyanto
      * 5 February, 2009 @ 11:25 by mulyanto
      * 23 January, 2009 @ 15:18 by mulyanto
      * 20 January, 2009 @ 20:20 by mulyanto
      * 19 January, 2009 @ 22:13 by mulyanto
      * 19 January, 2009 @ 15:05 by mulyanto

      Barang yang difoto juga ada dirumah saya :) .

  34. Saya punya rangkaian TL DC yang lebih sederhana mas.

  35. Om, klo led yg bright putih kinten2 hargana brapaan ya om..? D si tulus ada ga ya?

    =================================================
    Mulyanto :

    Sekitar Rp 700 perbijinya. Dulu pernah beli di luar toko Tulus, harganya 1000 perak perbiji.

  36. Kalo masalah harga LED paling murah di China lho……., Tapi ini adalamat chatting yanto_gintemultimedia@yahoo.com melayani / jualan Led dari yang pendek, putih merah dan yang 5wattan juga. dijamin murah sekali. 500per biji bagaimana ? tapi pesennya minimal 100 biji. Bagaimana ?????

  37. Punten kang naros deui….
    Ini th yang lampu emergensi yng pake led th dikasih tegangan accu 12V??
    saia mash belum ngerti kang uy…. gak bakalan mati LEd dikasih tegangan segede ituh, apalagi arus nyah yng guede dari accu… klo gk salah pan kebutuhan supply LEd tuh kisaran 1-4,5V … nyuhunken penjelasan kang… maklum saia baru belajar… takut mbeletuk LED na…
    tpi, punten juga iyeu teh rada nyayahoanan… makana nyuhunken elmu ajah ti master…. Heuheuheu… :-)

    ==========================================

    Mulyanto :

    Yang bikin LED bletak itu arus bukan tegangan. Makanya digunakan resistor untuk membatasi arus, misalnya dibatasi pada 50 mA.

  38. Mau tanya nih om Mul…ntu KIT TL-505 apa hanya ada di bandung (khususnya di TULUS) doang?
    di luar kota Bandung ada gak ya….???
    trus tuh trafo pake yang model CT ya?

    makasih banyak atas jwbnnya

    • Wah saya tidak tahu ttg penjualan KIT TULUS di luar bandung.

  39. mas saya mau tanya bagaimana cara membuat lampu tidur otomati.

  40. pengetahuan terbaik yg pernah saya baca!!!
    LANJUTKAN………….

  41. Guru, aku kan pingin punya alat yang otomatis yang dapat menyalakan lampu, kipas angin maupun TV disaat listrik mati seperti yang Guru punya, untuk membuatnya pasti aku akan ngalami banyak kesulitan, nah kalo terima yang udah jadi dari Guru berapa harganya? (yang jelas saat listik mati, lampu, kipas angin dan tv masih bisa kita nikmati, kan enak).

    kabari aku ya Guru.
    thx

    • Maaf saya ngga jualan.

  42. Sorri Guru, bukannya saya minta apalagi nuduh Guru jualan, bukan itu Guru…… saya suka elektronika (bongkar tapi gak bisa masang, heuheuheuheu….) tapi saat dihadapin ama kumparan (trafo), nyerah dech saya apalagi kalo bikin sendiri…. nah daripada pusing dan bingung maka saya minta Guru untuk membuatnya (saya terima jadi) tinggal kita kalkulasi berapa yang mesti saya keluarkan (sebelumnyanya kan harus tahu berapa yang harus dikeluarkan supaya tahu dana yg dibutuhkan, hehehe…)

    makanya Guru di komentar saya lain kan saya minta no telpon yang bisa dikontak, salah satunya untuk menanyakan hal ini.

    okaylah Guru, matur nuwun banget lho…..
    Bravo Guru Moel…

  43. best!!!!!!!!!!!

  44. pak mul, itu aki yang di rangkaian kan aki motor, apakah bisa kita menggunakan aki mobil?
    tolong pengajarannya.

    thanks

    • Bisa pakai aki basah apa saja, yang penting 12 volt. Saya pakai aki mobil 12 volt.

  45. Mas Mul, saya punya lampu emergency c-mos dari pabrik yang udah soak akinya, saya coba lihat rupanya aki 6 volt, sementara saya juga punya aki mobil bekas 12V 50Ah. gimana ya caranya supaya kedua2nya bisa dimanfaatkan? ada tambahan komponen, atau rangkaian lain gak? yang jelas kalo disambung langsung pasti gak bisa khan?

    • paling gampang dan murah yah beli aki motor 6 volt.

      • ya…h maksud saya khan supaya aki mobilnya juga bisa sekalian dimanfaatkan, kan sayang juga kalo gak dipake, aki dengan kapasitas besar bisa nyimpan arus yang lebih lama, kalo masalah beli aki, mending beli aki kering khusus untuk emergency ada kok yang jual cuma 40 rb, dan yang bagusnya 80 rb.

      • Kalau mau pakai aki 12 volt :
        1. Bikin rangkaian baru (lebih gampang)
        2. Modifikasi rangkaian lama, rangkaian lama yg di pcb itu digambar. Dipelajari, bisa nggak dimodifikasi? Gimana modifikasinya? Yang jelas modifikasinya tidak bisa sekedar menambahkan konverter 6 v ke 12 v (dan sebaliknya). Kan ini rangkaian charger bukan power supply.

  46. kang mul, kalau lednya aku pakai dengan yang luxeon, bagaimana ya caranya, atau bentuk rangkaiannya?

    nuhun bin suwun ya….

    • luxeon apa yah ?

      • saya browsing kang, kan ada tuh jenis-jenis led, yang super, juga ultra, naaa, ini ada yang namanya led luxeon, kaya senter philips yang satu lampu tapi terangnya luar biasa….

  47. Buat skema , Lampu LED yang sumber arusnya 220 Volt, untuk penerangan rumah biar hemat energi

    • loh ada kok, mau 1000 volt atau 10000 volt, atau pake 100 LED.. sudah ada semua.

  48. kang mul, mau tanya lagi boleh kan?
    sesuai link yang diberikan http://led.linear1.org/led.wiz, saya masukkan:
    sumber tegaga 12v
    tegangan dioda 3.2v
    daya dioda 20ma
    jumlah led 18
    ternyata butuh 7 R 120ohm 1/4watt
    apakah bisa digabungkan 7 R sehingga cukup beli 1 R, kalau bisa bagaimana cara menghitungnya?
    terima kasih atas pencerahannya

    • Sebenarnya itungannya begini :
      tegangan 3 buah LED 3.2 volt (VL) = 3 x 3.2 volt = 9.6 volt
      tegangan pada R (VR) = 12 – VL = 12 – 9.6 = 2.4 volt
      nilai R = VR/20 mA = 2.4/0.02 A = 120 ohm

      kalau 6 buah R mau dijadikan satu, perhitungannya :

      R = VR /(6 x 0.02) = 20 ohm
      Daya = VR x (6 x 0.02) = 0.288 watt.

      Jadi dibutuhkan Resistor 20 ohm 1/2 watt.

  49. mas tolong kasih tau komponen resistor led C828 nya

    • resistor led C828 ?? yang mana yah?? salah kamar yah?

  50. kang kalo beli atau sampean yg ngerakitkan bisa ndak?kita buat asrama di pesantren..kami di Kaltim.
    oy gan kalo bs kita YM supaya enak jlasinnya.
    makasih banyak kang mul….

    • wong petunjuk gratisan begini saja dikomplain apalagi kalau jualan? hahahahahaha. Saya kira petunjuk sudah lengkap lenkip, silahkan pelajari juga pertanyaan2/komentar2 yang ada. Yang namanya belajar yah biasa ngga sekali baca langsung ngerti. Butuh berkali-kali baca, dipikir2 ulang2 baru ngerti. Mungkin minggu depan atau bulan depan baru ngerti.

  51. timbang repot mending pake UPS komputer bekas.pasti awet palagi pake lampu 15 watt hehehe..mantabz……udah ada aki+charger.hehehehe….

    • Boro2 ups bekas + lampu 15 watt. Ane udah nyoba UPS baru + lampu 5 watt… ngga ada 30 menit sudah mampus. Kan ada overheat.

  52. klo untuk emegensi bisa pake aki 12v untk motor dengan lampu neon 10w 220v.dengan sebuah rangkain inverter 12v dc ke 220 v ac.cukup terang sekali mampu bertahan 4 jam.klo maw beli rangkaiyan elktroniknya bole hub ke
    081 220089061.lebih lama nyalanya pake lampu led putih mampu bertahan 24 jam udah di coba.

  53. ijin membaca mas

  54. Bravo!!! Tambah pengetahuan dan sangat bermanfaat.. Tengkiu Bro

  55. pak bs ga ya ane nitip bapak bliin kit dan trafo.tolong pak butuh bgt ni.ongkir dan ongkos jalan biar ane yg tanggung pak.

    • sorry bos, ngga bisa.

  56. help me please…
    Posisi ane jauh dan udik pak di ntt jd agak susah cari yg beginian.
    Trafonya tipe ct apa nol?

    • ct / non ct bisa dipakai.

  57. pak kalo bs tolong minta no telp tokonya ya,sapa tau ada rekan2 lain di luar daerah yg juga mau untuk membeli rangkaian ini,jd biar langsung menghubungi tokonya aja.

    • silahkan telp 022-108, tanya no telp toko TULUS yg ada di Jaya Plaza Bandung.

  58. pak numpang tanya kira-kira bisa di jelasin nga berapa intensitasnya untuk tiap2 jenis lampu LED………………?

  59. pak mul kitakan inovator lanjutkan trus inovasi kita tiada henti jangan hiraukan sifat konsumtif yg bisanya ngomong tok…

  60. mas mul, salam kenal, sy punya lampu emergency energizer 6 volt dengan lampu TL, gimana biar bisa menggunakan lampu LED ya mas mul? kalau pakai 20 lampu led, tahannya pake yang berapa ya mas mul, maaf sy baru belajar elektor
    makasih

  61. permisi pak,numpang tanya rumus buat menghitung besar resistor buat rangkaian led yang dipararel.rencananya input 4.5v dan 100 led dipararel

  62. biasanya led calc yang ada di website2 hanya mampu menghitung ampe 32 led aja

    • yah gampang, sebuah lampu 100 led kan sama saja dengan 4 buah lampu 25 LED :D .

  63. aku kurang mengerti jawaban bapak.tolong diperjelas
    jadi rencananya 100bh led tersebut hanya menggunakan 1bh resistor.tolong dibantu pak
    input 4.5v
    led putih 5mm

    • nggak mungkin cuman pakai 1 bh resistor. Input = 4,5 volt, tegangan maju led putih 5mm =3,3 volt, arus 20 mA. Sebuah led saja butuh resistor 68 ohm. 10 led pakai resistor 6,8 ohm. 100 LED yah pakai 10 buah resistor 6,8 ohm. Pakai 100 LED mestinya pakai mikrokontroler buat ngatur nyala lampu gantian. Nyalannya gantian tapi kelihatannya bareng, Sorry cuma segitu saja bisa bantu.

  64. kalo inputnya 12 ato 15 v kira2 bs ga ya menggunakan 1 resistor.sory pak merepotkan byk yg blm ngerti.kalo rumus buat itung led pararelnya gmana pak.terima kasih

  65. mas bisa mnta referensi@ gk??? al@ ane prlu x ne…. sxan dasar teori…. mhon bntuan agan2 smua….

  66. mas mo minta pencerahan.
    kalau lampu Led nya di seri sebanyak 40 buah, nilai R nya berapa mas ? tegangan menggunakan 12 volt dari aki motor?
    tolong bantu saya mas.
    terima kasih.
    NB: tolong kirim ke E-mail saya mas thnk.

  67. wah ngga bisa 40 led diseri. Yang bisa 2 led seri terus diseri 220 ohm. Bikin seri ini 20 buah terus diparalel.

    –LED–LED– R— dibikin 20 buah terus diparallel 20 rangkaian seri ini.

    Kalau ngga ngerti, tanya ke tukang servis radio/tv :)

  68. Maaf saya mau nanya. Saya kan punya lampu piliph jari, 18 watt, seandainya rangkaian yg di dalamnya saya buang saya ganti ragkaian dc bisa ngak? Kalo bisa tolong imail, trimakasi.

    • maaf saya tidak tahu rangkaian dc untuk piliph jari.

  69. mas mul, punya info yg jualan bohlam lampu LHE ga..saya kekurangan bahan bakunya nih, kehabisan bohlamnya..mksh.

    • wah ngga tahu saya. terima kasih kembali.

  70. Mas mul. punya ide nih…. Dari cara kerja lampu hemat energi yang jari/spiral yaitu AC–DC–AC–Lampu , dengan sistim inverter diatas pada rangkaian LHE saya berniat memakai aki untuk menyalakan lampu tsb dengan cara modifikasi pada modul DC–AC–Lampu. Apa hal ini bisa.

  71. kok nyasar kesini..?! Tp ga pa palah, kbetulan sy lagi perlu lampu buat jualan keliling, salam knal mas yo… Skalian mau nanya, kalau led 3 volt trus pake batre hp, perlu R ga? Maaf ya mas ngerepotin trm kasi

    • kalau mau led-nya awet yah pakai R, ngga pake juga ngga apa2.. ngga langsung mati.

      • hatur nuhun mas infonya, thx banyk, sy ingin 30 led tapi Rnya pengen pake 3 atau 5 dgn aki 12 vol, kira brp ohm, mhn penjelasannya

  72. aku pake led aja,,pake rangkaian TL elektronik BOROS aki
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/27/megison-sudah-tua/

    • punyaku juga sudah diganti led semua.

    • rangkaian TL tu yg bgmn? Maklum sy cuma mengenyam SD saja, R Aja sy baru tau

      • yah yg ada di skema diatas.

  73. hatur nuhun mas infonya, thx banyk, sy ingin 30 led tapi Rnya pengen pake 3 atau 5 dgn aki 12 vol, kira2 brp ohm, mhn penjelasannya

    • LED diparalel :
      Tegangan pada tiap led = 12 vol – 3,3 volt = 8.7

      1 led -> arus 50 mA
      6 led -> arus 50 mA x 6 = 300 mA
      R untuk 10 led = 8.7 : 300 mA = 0.029 K = 29 ohm 5 watt

      10 led -> arus 50 mA x 10 = 500 mA
      R untuk 10 led = 8.7 : 500 mA = 0.0174 K = 17,4 ohm 5 watt

      Tinggal digandakan rangkaian led dan R-nya. Kalau pakai 3 buah R berari ada 3 rangkaian LED-R (10 led diparallel, terus diseri R 17.4 ohm 5 watt).
      Kalau pakai 5 buah R berari ada 5 rangkaian LED-R (6 led diparallel, terus diseri R 29 ohm 5 watt).

      Tentu saja dipasaran tidak ada R yg nilainya 29 ohm atau 17,4 ohm, cari nilai R yg paling mendekati.

  74. suwun mas mul, setelah sy baca smua artikel ini, rupanya 10 led bisa pake 1 R, kapan2 sy mau tanya lagi mas yo…!? Jgn kapok ditanya saya mas, sy cuma ingt ppatah, malu brtanya sesat d jaln

  75. bang mul ,, kalo aki nya 12v 5 A pakek trafo apa ??

    • Trafo 500mA – 1 A

      • Kalau led blue (430 nm) yg bgmana? Kalau led sebesar yg ada d korek berdiameter brp? Sy punya led 2 warna merah biru sebesar yg ada dikorek kira sbraha volt, juga beli warna blue lebih kecil dr yg ada dkorek cuma ga tau ukuranya, mhn pnjelasanya, hatur nhun bnyk

      • waduh ngga tahu tentang led blue (430 nm dsb. Selama ini yah cuman pakai led putih saja.

  76. terima kasih bang …

    • Hatur nuhun kang, alhamdulillah abdi tos ngdamel led input 3.7 & 12 vol, kalau sy ga nyasar kmari mungkin gerobak sate masi pake lmpu TL tea, hatur nuhun lagi kang, ntar kang mul kalau maen k Madura sy kasi sate gratis

  77. Trims saya akan coba merangkainya

  78. kalo lampunya ga kuat nyala lama itu biasanya knp pak,,padahal charger standbay trs..

  79. lebih mudah membeli lampu emergency yg praktis karena otomatis nyala dan otomatis chas. ada remotenya juga. silahkan cekidot di http://toko-zaenal.blogspot.com

  80. Boleh jg…


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

