Oleh: mulyanto | 17 Maret, 2009

Beasiswa Kuliah Gratis di ITB (Termasuk Biaya Hidup)


Dicopy dari milis :

========
Apa Itu Program “ITB Untuk Semua”?
Program “ITB Untuk Semua” adalah suatu skema penerimaan mahasiswa baru
Institut Teknologi Bandung yang secara khusus menyediakan bangku
kuliah bagi para lulusan sekolah menengah umum dari keluarga yang
tidak mampu secara ekonomi (penghasilan kedua orang tua di bawah atau
sama dengan Upah Minimum Regional setempat). Uang pendidikan, ongkos
tempat tinggal, dan biaya hidup selama menempuh kuliah di Bandung akan
didanai beasiswa “ITB Untuk Semua”. Sekitar 100 bangku kuliah
disediakan secara khusus bagi para lulusan SMU angkatan 2009 dari
keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.

Para calon penerima beasiswa akan mengikuti Penelusuran Minat, Bakat,
dan Potensi ITB (PMBP) jalur beasiswa penuh. Sebelum kuliah, para
calon yang diterima akan mengikuti masa persiapan untuk membantu
penyesuaian diri dengan suasana kuliah serta kehidupan di Bandung.

Selama kuliah, para mahasiswa program “ITB Untuk Semua” akan mendapat
pembimbing khusus untuk membantu menyelesaikan kendala studi dan
mengatasi persoalan personal yang mungkin muncul selama menempuh
kuliah di ITB. Para mahasiswa juga akan diberi kesempatan mengikuti
ceramah-ceramah inspirasional, studi banding ke lokasi-lokasi
penerapan teknologi tepat guna, dsb. Para lulusan program “ITB Untuk
Semua” diharapkan kelak akan menjadi agen perubahan di daerah asal
mereka.

========
Persyaratan
Para calon penerima beasiswa “ITB Untuk Semua” harus memenuhi
persyaratan sebagai berikut:
• Calon lulusan sekolah menengah umum pada tahun ajaran 2009 (bidang
studi IPA untuk fakultas Sains dan Teknik).
• Berasal dari keluarga yang tak mampu secara ekonomi (penghasilan
kedua orangtua di bawah Upah Minimum Regional setempat)
• Memiliki prestasi akademik yang sangat baik.
• Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah (lebih diutamakan yang
memiliki bakat memimpin)
• Mendapat rekomendasi dari kepala sekolah
• Bersedia mengikuti ujian penerimaan yang dilakukan ITB

========
Bidang Studi yang Dapat Dipilih
Fakultas/Sekolah yang dipilih oleh calon penerima beasiswa adalah sbb:
Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Fakultas Teknik Sipil dan
Lingkungan (FTSL), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik Mesin
dan Dirgantara (FTMD), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
(FTTM), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Sekolah
Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Fakultas
Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
(SITH), Sekolah Farmasi (SF), dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

========
Cara Mendaftar
Kirimkan berkas formulir pendaftaran (pada halaman terakhir leaflet
ini, boleh di-fotocopy) dengan dilengkapi dokumen sbb:
• Fotocopy halaman depan rapor SMU dan halaman-halaman nilai (dari
semester I hingga V) yang telah dilegalisir pihak sekolah
• Surat keterangan berasal dari keluarga yang secara ekonomi tak mampu
dengan ditandatangani Ketua RT/RW (Yang dimaksud keluarga yang secara
ekonomi tak mampu adalah penghasilan kedua orangtua per bulannya di
bawah atau sama dengan Upah Minimum Regional setempat. Kami akan
melakukan survey lapangan secara random untuk mengetahui kondisi
keluarga calon mahasiswa)
• Surat dukungan/referensi dari kepala sekolah
• Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang
menjelaskan mengapa pendaftar ingin mengikuti program ”ITB Untuk
Semua”
• Tulisan 1 halaman kertas A4 (boleh diketik atau tulis tangan) yang
menggambarkan kondisi keluarga pendaftar [Misalnya, menceritakan
pekerjaan orang tua, kegiatan pendaftar di luar sekolah, kondisi
masing-masing anggota keluarga, dsb]

Berkas pendaftaran lengkap dimasukkan amplop coklat berukuran besar
dan dikirim ke:

Panitia Penerimaan Beasiswa ”ITB Untuk Semua”
Direktorat Pendidikan ITB
u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa/Ketua Lembaga TPB
Gd. CCAR ITB Lt.4
Jl. Tamansari 64 Bandung

Berkas paling lambat dikirimkan pada 20 April 2009 (cap pos)

========
Ujian Penerimaan

Panitia seleksi tahap awal program ”ITB Untuk Semua” akan melakukan
penilaian berdasarkan berkas yang masuk. Penilaian meliputi:
• Kemampuan akademik
• Motivasi (dilihat dari tulisan mengapa pendaftar ingin mengikuti
program ”ITB Untuk Semua”)
• Kondisi keluarga (dilihat dari tulisan kondisi keluarga pendaftar)
• Pengujian kebenaran data yang diberikan kepada pihak sekolah

Dari hasil penilaian tersebut, panitia tahap awal akan memanggil
(melalui surat) calon-calon potensial untuk mengikuti Ujian Saringan
Masuk (USM) jalur PMBP terpusat dan wawancara di kampus ITB di
Bandung. Seluruh biaya transportasi dan akomodasi selama ujian akan
disediakan oleh ITB. Ujian ini akan berlangsung pada 29 Mei- 31 Mei
2009.

Panitia akan mengumumkan penerima beasiswa (hanya calon potensial,
yang diterima yang akan dikirimi surat) pada pertengahan bulan Juni
2009. Penerima beasiswa akan berkumpul kembali di Bandung pada akhir
bulan Juni 2009 untuk mengikuti program penyesuaian diri.

Pada bulan Agustus 2009, penerima beasiswa ”ITB Untuk Semua” mulai
mengikuti perkuliahan di ITB.

========
Formulir Pendaftaran
Isilah formulir pendaftaran ini dengan huruf kapital (huruf besar) seluruhnya.
• Nama Lengkap: …………………………….. ………….
• Jenis Kelamin: L / P
• Sekolah: …………………………….. ………….
• Alamat: …………………………….. ………….
• Nomor Telepon (jika ada) *) : ……………………………..
………….
• Nama Orang Tua: …………………………….. ………….
• Pekerjaan Orang Tua: …………………………….. ………….
• Alamat Orang Tua: …………………………….. ………….
• Nilai rapor:
Matematika Semester 1: 2: 3: 4 5: 6:
Fisika Semester 1: 2: 3: 4 5: 6:
Biologi Semester 1: 2: 3: 4 5: 6:
Kimia Semester 1: 2: 3: 4 5: 6:
• Kegiatan Ekstrakurikuler: …………………………….. ………….
• Kegiatan Lain (di luar sekolah, jika ada) :
…………………………….. ………….
• Penghasilan Orangtua (per bulan, boleh perkiraan):
…………………………….. ………….
• Alamat Sekolah: …………………………….. ………….
• Nomor Telepon Sekolah: …………………………….. ………….
• Bidang Studi (di ITB) Yang Diminati **):
…………………………….. ………….

Tanda tangan pendaftar

Tanda tangan orangtua pendaftar

Tandatangan kepala sekolah

*) Atau nomor telepon orang terdekat yang dapat dihubungi
**) Lihat di bagian Persyaratan

———- Forwarded message ———-
From: Andrianto Soekarnen
Date: 2009/3/16
Subject: [90itb] Beasiswa “ITB Untuk Semua” (Sekolah Gratis di ITB)
To: 90itb

Teman-teman alumni ITB 90,

Saya ingin memperkenalkan sebuah program beasiswa bernama: “ITB Untuk Semua”.
Beasiswa ini, di tengah semakin mahalnya pendidikan tinggi, menyediakan kursi (mudah-mudahan bisa sampai 100 buah) untuk anak-anak pandai dari keluarga tak mampu (penghasilan kedua orang tua di bawah UMR). Semua biaya (termasuk untuk ikut ujian dan hidup di Bandung) akan ditanggung beasiswa.

Ada dua cara alumni ITB, khususnya teman-teman 90, dapat terlibat dalam beasiswa ini:
1) Ikut menyebarluaskan leaflet pengumungan beasiswa “ITB Untuk Semua” sehingga bisa mencapai pelosok Tanah Air. Dengan demikian informasi ini dapat tersebar ke sebanyak mungkin anak bercita-cita tinggi, pandai, tekun, namun dari keluarga tak mampu. Leaflet dapat di-print dan disebarluaskan. (Pihak ITB sendiri akan menyebarkan leaflet versi hard copy kle sekolah-sekolah). Mohon maaf, untuk saat ini, versi teks belum ada.

2) Ikut menjadi donatur. Proposal skema donasi akan disebarluaskan kemudian.

Segitu dulu informasi dari saya. Bagi yang ingin bertanya lebih lanjut, silakan melalui forum milis ini, ke e-mail pribadi saya (aSoekarnen@gmail.com) atau lewat halaman facebook: Andrianto Soekarnen Padmadinata.

Many thanks.

Andrianto “lemet” Soekarnen
FI90

About these ads

Responses

  1. Opo iyo to mul? Padahal ndisik wae sing kuliah itb mbayar, kowe wis untung.
    Ndisik perasaan kowe kuliah neng itb malah untung, oleh keringanan spp bayar mung 10ewu trus oleh beasiswa nggo urip mben sasi…hehehe.
    Opo maneh saiki gratis, untung dobel wakakakaka

    ——————————————————————————————————
    Mulyanto :
    Aku ora tau mbayar spp mung 10 ewu. Mbayar SPP penuh terus kok, padahal 2 smt 0 sks. Oleh beasiswa alumni 100 ewu persasi thok.

    ———- Forwarded message ———-
    From: Andrianto Soekarnen
    Date: 2009/3/16
    Subject: [90itb] Beasiswa “ITB Untuk Semua” (Sekolah Gratis di ITB)
    To: 90itb

    Teman-teman alumni ITB 90,

    Saya ingin memperkenalkan sebuah program beasiswa bernama: “ITB Untuk Semua”.
    Beasiswa ini, di tengah semakin mahalnya pendidikan tinggi, menyediakan kursi (mudah-mudahan bisa sampai 100 buah) untuk anak-anak pandai dari keluarga tak mampu (penghasilan kedua orang tua di bawah UMR). Semua biaya (termasuk untuk ikut ujian dan hidup di Bandung) akan ditanggung beasiswa.

    Ada dua cara alumni ITB, khususnya teman-teman 90, dapat terlibat dalam beasiswa ini:
    1) Ikut menyebarluaskan leaflet pengumungan beasiswa “ITB Untuk Semua” sehingga bisa mencapai pelosok Tanah Air. Dengan demikian informasi ini dapat tersebar ke sebanyak mungkin anak bercita-cita tinggi, pandai, tekun, namun dari keluarga tak mampu. Leaflet dapat di-print dan disebarluaskan. (Pihak ITB sendiri akan menyebarkan leaflet versi hard copy kle sekolah-sekolah). Mohon maaf, untuk saat ini, versi teks belum ada.

    2) Ikut menjadi donatur. Proposal skema donasi akan disebarluaskan kemudian.

    Segitu dulu informasi dari saya. Bagi yang ingin bertanya lebih lanjut, silakan melalui forum milis ini, ke e-mail pribadi saya (aSoekarnen@gmail.com) atau lewat halaman facebook: Andrianto Soekarnen Padmadinata.

    Many thanks.

    Andrianto “lemet” Soekarnen
    FI90

  2. menurut saya program ini sangat bagus,dan sesuai untuk membantu anak anak kurang mampu yang memiliki bakat terpendam.mungkin tahun depan sya bisa mengikuti program ini .tapi saya sangat mengharapkan program ini terus berlanjut hingga tahun depan dan tahun seterusnya

  3. Iya, saya termasuk orang yang dulu pas di ITB dapat beasiswa macem-macem karena ngurusnya juga macem-macem, maklum wong ndeso ingin maju tapi duit kurang memadai :D. Bagus lah kalau sekarang dah bisa gratis biar banyak wong ndeso yang ingin maju bisa kuliah di ITB. Perkenalkan Mas, saya angkatan 2001.

  4. [...] ITB S1 (Termasuk Biaya Hidup) 6 04 2009 Baru dapat info dari http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/03/17/beasiswa-kuliah-gratis-di-itb-termasuk-biaya-hidup dan http://www.itbuntuksemua.com/ tentang beasiswa ITB untuk S1 bagi calon-calon mahasiswa [...]

  5. program ini bagus,insyaALLAH tahun depan jika itu bener-bener gratis saya mau daftar karna saya mau kuliah tapi keadaan yang kurang memedai dan kalo bisa bantu untuk hal itu,tolong kirim e-mail ,mengenai info lengkapnya.ke p4rwito@yahooo.com

  6. saya sangat berkeinginan untuk belajar tetapi kondisi ekonomi saya sangat memprihatinkan. Apakah ini juga berlaku untuk lulusan smk 2008?
    mohon informasinya ke moch.rozim@yahoo.com

  7. berarti skRg pEndAftarAnnya SdH d TutUp ya !!!! PadahAl Sy IngIn mEndaftAr>>>>>>>>>>>

  8. ini namanya tidak adil….karena yang diterima untuk mendaftar penerima beasiswa hanya lulusan SMA saja apakah SMK tidak bisa dapat juga. dan tolong pendaftarannya dibuka kembali karena saya sudah sangat berminat untuk mendaftar ke ITB sebab beberapa hari yang lalu ada Mahasiswa ITB yang datang ber Sosialisasi ke sekolah ku dan saya sangat tertari untuk masuk ke ITB jadi Mohon pendaftarannya dibuka kembali khusus untuk lulusan SMK. saya bisa jamin saya mampu bersaing karena saya mempunyai cita-cita tinggi yang ingin saya capai jadi tolong Siapa saja yang ada di ITB sekiranya dapat membantu saya untuk meraih Cita-cita saya itu sebab saya mungkin tidak mampu meraih cita-cita itu tampa beasiswa dari ITB yang begitu memuaskan bagi saya karena saya termaksud golongan orang kurang mampu dan sangat2x kurang mampu. terima kasih_balasannya saya tunggu secepatnya.

    • Bagi yang ingin bertanya lebih lanjut, silakan email ke aSoekarnen@gmail.com atau lewat halaman facebook: Andrianto Soekarnen Padmadinata.

      Saya cuman tukang berita doang.

  9. yah dah telat dech aq
    aq nak 08…
    pengen bgt bwt kul
    trpksa dech kerja dlu ru kul….

  10. aduwh….saya termasuk sang pemimpi yang mau kuliah di ono…ITB anu katresno, saya akan buktikan saya pasti BISA masuk ITB….ITB wait me…..anymore…pa tahun 2010 ada beasiswa lagi nggak ya????,,,, biasa saya juga sih bisa di bilang wong ndeso ingin kuliah,,,,,untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,,,poko’e ITB selalu di hati slalu di nanti,,,,

  11. Program ini bguz pisan …
    tapii hanjakal itu makh kanggo SMA …
    arii kanggo SMK mna ?
    aya teu ????????

  12. sya mau tnya kalau buat lulusan SMK jurusan kimia industri boleh pilih jurusan teknik tdk ?
    dalam program beasiswa kuliah gratis

  13. Saya ingin sekali bisa maju dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya di ITB, tapi saya tergolong kurang mampu. Saat ini saya masih duduk di kelas 11 di sebuah SMK di Batam, jurusan Teknik Informasi dengan program studi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Jika ada informasi tentang penerimaan dan beasiswa, mohon share.

    Terima kasih

    • Sebenarnya kans siswa SMK untuk kuliah di ITB sangat kecil. Bukan karena diskriminasi tapi karena memang ngga nyambung antara SMK dan program S1. Kalau buat D3 mungkin bisa nyambung (mungkin loh). Kenapa tidak nyambung?
      - kuliah s1 ITB itu lebih banyak belajar teori dan filosofi. Bekalnya antara lain matematika yang kuat, bukan skill. Contoh-nya kuliah elektro, jangan dibayangkan akan belajar merangkai dan banyak menyolder. Mungkin sampai lulus malah ngga pernah pegang solder :) . Yang dipelajari itu filosofi, modellingnya, matematikanya. Belajar antenna yah berarti belajar filosofi antenna, belajar modelling antena, belajar matematikanya. Jadi mesti kuat pengetahuan dasarnya seperti matematika, fisika, kimia dsb.
      - Sekolah di SMK lebih banyak latihan skill karena memang orientasinya siap kerja setelah lulus.

      Btw, busway.. kalau mau kuliah di ITB bagi alumni SMK lebih mudah masuk S2 ITB. Jadi kerja dulu sambil kuliah S1 di PT swasta yg bereputasi atau langsung kuliah S1 di PT swasta yg bereputasi. Setelah lulus S1, baru layak daftar S2 ITB.

      Jangan protes ke saya yah :) Bukan saya yang bikin aturan :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: