Oleh: mulyanto | 19 Maret, 2009

[Samsat] Membuat Sim Lagi


Bulan Mei depan, sim A & C saya yang dikeluarkan oleh Polres Purbalingga habis masa berlakunya. Sementara saya sudah pindah di kab bandung, KTP juga sudah KTP Kab Bandung. Untuk memperpanjang sim lama sudah tidak mungkin, keluarga saya definitely secara administratif bukan lagi penduduk kab asal.. hiks. Ternyata untuk warga kab Bandung, pembuatan sim dilakukan di Polres Soreang. Akhirnya setelah search lewat google dan google earth, ketemulah lokasi polres soreang :

polres-soreang-earth1

polres-soreang-maps

Jadi dari jln Soreang raya belok kiri ke Jl Gading Tutuka sampai persimpangan jln Soreang Banjaran, belok kiri menyusuri jln Soreang Banjaran. Lurus saja sampai pertigaan yang ada plang penunjuk arah POLRES. Belok kanan memasuki kompleks perumahan Bumi Kencana (Perumnas). Polres-nya terletak 700 m dari jln Soreang Banjaran. Oke lokasi ujian sudah diketemukan, berikutnya mencari materi ujian. Ketemu site-site berikut :

http://sugengshare.wordpress.com/2009/03/10/ujian-sim-experience-sharing/

Terima kasih pak Sugeng atas share-nya :)

Hasil googling :

Berikutnya, persiapan awal : fotokopi KTP dan alat tulis.
Yang dilakukan di polres :
1.Tes kesehatan di klinik tim dokter Polri. Fotokopi KTP 1 lembar untuk pendaftaran dan antri. Tes membaca, buta warna, berat badan, tinggi badan, dsb. Disini membayar Rp 10 ribu.
2. Belilah map warna kuning untuk pembuatan SIM baru di kios fotokopi.
3. Ke loket I untuk pendaftaran pembuatan SIM baru, kemudian menunggu tes teori/tulis. Test teori selama 20 menit dengan 30 soal. Untuk lulus, dibutuhkan jawaban betul minimal 18 dari 30 soal tersebut (60 %).
4. Jika lulus ujian teori, selanjutnya ujian praktek. Bisa memakai motor sendiri atau motor yang telah disediakan. Rintangan yang dihadapi adalah zig-zag diantara 6 tiang yang berjarak 1 m antara tiang, dan membuat angka 8. Peserta dinyatakan lulus jika melalui rintangan tanpa jatuh atau kaki menyentuh tanah.
5. Jika lulus maka selanjutnya adalah membayar foto + cetak SIM di loket yang telah ditunjukkan sebanyak Rp 75 ribu. Isi dan berikan kembali berkas-berkas, cap sidik jari kemudian ke loket selanjutnya. Menunggu untuk panggilan foto. SIM selesai setelah dicetak.

Jadi 2 hari kemarin belajar ujian teori sekitar 400-an soal sampai eneg deh. Trus kemaren latihan zigzag. Latihan pertama bikin 6 tiang yang jaraknya 1 m antar tiang. waaaa susah banget, ngga pernah lulus. Lewat 2 tiang aja gagal. Pasti ngga 1 m deh. Trus nonton video ujian sim praktek di polwitabes bandung.

wah iyah tuh nggak mungkin 1 m. Nanya ke teman lewat YM, katanya 2 meter. Trus kuukur jarak sumbu motorku, dapet 1,2 m. Honda grand teman juga 1,2 m. Supra x, 1,25 m. Mungkin jarak tiang 1,5 m ?? Kucoba 1,5 m.. bisa sih tapi masih susah. Akhirnya kucoba 1,9 m. Sukses deh, kucoba berkali-kali dgn sukse sampai luwes deh.

Nah tadi pagi aku ke polres Soreang. Pas daftar, disarankan perpanjangan sim saja. Cukup cabut berkas sim dari polres sim lama. Siipp deh, angkat jempol buat POLRI dan Polres Soreang.

Update :

Akhirnya SIM selesai dimutasi dengan proses yang cepat, mudah dan biaya sesuai dengan ketentuan resmi. Kisahnya di :

http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/05/06/sim-beres-tapi-toren-rebes/

GPS Polres Soreang: -7.037216,107.53924

About these ads

Responses

  1. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/03/19/membuat-sim-di-polres-soreang/ [...]

  2. saya udah dites praktek 2x,susah amat pak polisi toleransi beberapa kali, saya pegawai sales bingung gimana tolong pak pikirkan yah

  3. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/03/19/membuat-sim-di-polres-soreang/ [...]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: