Oleh: mulyanto | 12 April, 2009

[F1ZR] Ganti Kampas Kopling FR


Performa kopling selama perjalanan bdg-bms kemarin sangatlah lemot. Pindah gigi dan tancap gas, mesin meraung tapi akselerasi kecepatan sangat lemot. Sabtu siang kemarin kuputuskan untuk ganti kampas kopling. Yah si katro ini sudah tua, udah saatnya servis besar. Alih-alih memakai kampas kopling FIZR yang original, saya pakai kampas kopling Suzuki FR 80. Hehehehe anda pasti bingung tentang Suzuki FR 80, motor apakah itu???

Itu motor jadul saya jaman SMA… 20 tahun lalu! . Amazing bukan. Masih ada original parts dari motor yang berhenti diproduksi belasan tahun lalu ! Harganya juga bukan main, kampas kopling Suzuki FR 80 original harganya 45 ribu perbuah. Yang dipakai ada 5 buah, total 225 ribu satu set-nya.. Sebuah bengkel di Sindang Laya Bandung malah pasang harga 300 ribu untuk satu set. Padahal kampas kopling FIZR yang original hanya 20 ribu perbuah atau 100 ribu satu set-nya. Kampas kopling FR 80 dari Indoparts malah cuman 70 ribu satu-setnya. Karena kampas kopling Suzuki FR 80 ukurannya lebih besar, sekitar 2 kali lebih lebar, maka rumah kopling harus dibubut. Masuk bengkel jam 12 siang, keluar dari bengkel jam 6 sore!.

Berikut biaya detail-nya :

1 5 bh kampas kopling Suzuki FR 80 225 ribu
2 Bubut dan seal 40 ribu
3 Oli Mesin Enduro 27 ribu
4 Ongkos 25 ribu
Total 317 ribu

kopling-fr-11

plat-kopling

Nah ternyata sang mekanik di pbg ternyata pekok. Kenapa? Karena yang dibubut rumah koplingnya sehingga plat kopling tidak cukup mencengkeram rumah kopling seperti aslinya. Pada gambar diatas terlihat ada space antara plat kopling dan rumah kopling. Seharusnya yang dibubut adalah kampas koplingnya supaya bisa masuk ke rumah kopling.

Jangan lupa kalau tutup blok bagian kopling dibuka, maka oli baru yang dimasukan adalah 1 liter bukan 800 cc. Kalau cuman 800 cc dijamin tak lama kemudian laher kruk-as kena/rusak. Buntutnya turun mesin :p .

Update :

Tutup oli dan pengukur ketinggian oli

- ketinggian oli adalah 6 cm dari bawah tutup oli
- cek oli saat mesin dingin dan motor distandar tengah

About these ads

Responses

  1. eh Mul, emang ada kelebihan apa si kampas kopling fr80 dibanding yang lain? Sampe2 nekat gitu ganti kampas ke fr80. heheh

    ————————————————————————————————
    Mulyanto :

    Banyak yang bilang, baik di forum kaskus maupun di bengkel2, kalau pakai kampas kopling fr80 penyaluran tenaga-nya lebih sempurna. Terus aku ingat jaman dahulu pake fr80, masuk gigi 1 trus full throtlle.. standing deh. Wah jaman itu aku bisa jalan standing sampai 100 m. Spakbor belakang sampai rusak, suka kandas ke aspal. Wah jaman segitu belum ada aliran freestyle.

  2. mau tanya mas kalo rumah kampas kopling da aus sekita 1 mili, gimana , n kalo fr80 di ganti ke kampasnya honda legenda 2 bisa , gak n tunjukin cara pasang nya yyang paling top, supaya tarikan makin enjoy . cepat, trus irit

  3. n aku mau tanya lagi,, motorku tu honda legenda 2.
    n kalo mau ganti piston yang lebih besar gimn, n ntr efeknya juga gimana

  4. mas motorku alfa 2R ad troubl nich:
    1.ganti kampas kpling FR bisa gk caranya gmn?
    2. ganti piston ymh RX s 53mm ngacir gk?
    3. pengapian diganti F1ZR sama gk?
    kira2 budgetnya brapa ya mas? please n thankssss

  5. untuk F1ZR, menurut pengalamanku sih pake FR ga terlalu pengaruh, sama aja dengan kampas kopling standart, malahan pake FR ribet pas gantinya apalagi klo ngerobahnya ga presisi. aku sih pake kampas kopling standart malahan bukan yg orisinil, kuat di pake balapan road race n liar,klo pake yg orisinil untuk yg suka ‘nyelep”/setengah kopling bikin rumah koplingnya bergerigi (material rumah kopling kalah sm material kampas koplingnya) efeknya kopling susar free n selip, lagian kampas orisinil mahal.

  6. buat yamaha alfa apa sama cara pemasangannya dengan f1zr

  7. mas bsa gk suzuki shamas di ganti kampas kopling FR?
    trz gimana cara pemasangan nya?

  8. lah,,klo yg dibubut kampas koplingnya sama aja donk,,,kyk standar,,,

    • yah ngga dong, cuman dibubut sedikit saja, cuman dibuang beberapa mili saja. Tapi memang repot kalau ganti kampas lagi, yg standard ngga bisa masuk, yg FR harus dibubut dulu hahahahaha.

  9. punya gue sama kyk punya loe,,,,
    dibubut rumah koplingnya,,,
    mending gitu bro,,emang yg dicari kan ketebelan en luas penampang kampas koplingnya,,,
    emang plat koplingnya nge gap,,,
    gimana klo platnya diganti skalian sama FR,,,bisa ga ya bro,,bro dulu deh yg eksperimen,,,ntar gue blakangan,,,hehehe,,
    abis ganti FR gue mo ganti per kopling racing punya satria f,,,bagus katanya,,

  10. mas mtor qYU sAtria 2 tak TAHUn 2003.d gANTI
    KAmPAS KOPlING_Y SuzUki fR,TaRIKN_Y Enk g?

  11. kata yg udah udah sih ampuh dah pake FR,
    jadi pengen,klo ada budjetnya w bikin lumayan buat mtor standaran w.

  12. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/04/12/ganti-kampas-kopling-fr/ [...]

  13. mas
    mtr qu f1zr cw thn 25
    udah pakai kmpas fr lmyan tarikan nya untuk trck lurus
    mw tanya
    rmh kopling nya udah dibubut
    ttp aja geser mas
    gmna mas??/

    • Apanya yang geser?

  14. mas saya mau tanya,.
    klo F1zr pake kampas kopling FR apakah tarikannya lebih bertenaga???
    apa efek sampingnya??
    terimakasih mas..

    • Iyah terasa sentakannya saat pindah gigi/kopling masuk.

  15. mas mtr q jupiter z 2002, klo d gnti kmpsnya pake fr, sbrp pngruh gesekan koplingnya?

    n klo mtr q sehernya d gnti dngan kaze over size 100 bgus ga performanya?

    • 1. Ngga tahu jupiter z 2002 bisa diganti kopling FR
      2. Ngga pengalaman ganti seher jupiter z 2002 pake kaze
      yang jelas ngga pengalaman sama jupiter z, bukan bengkel sih

  16. mas klo pake per kopling rx-king untuk motor f1zr gimana mas?
    efek sampingnya apa mas??
    trs klo ganti pake kampas kopling FR, efek sampingnya ada ga mas??
    sebelumnya terimakasih

  17. mas saya pya fizr thn 2003 knpa klo gi2 4 ya lembek sdangkan gi2 3ya knceng

    • sproket/gear belakang-depan ukurannya brapa?

    • makasi bos……..tar saya coba.bos pake main jet pilot jet ukuran berapa klo fizr saya oversais 100

  18. depan14 belakang36

    • oh pantes. Kekecilan sproket belakangnya, ganti dengan 37-39. Kalau nggak yah bore up dan ganti businya dengan busi TDR. Kalau apinya kecil, ganti coilnya dengan coil racing.

  19. numpang ngobrol bos…
    aq juga udah ada niat buat pake kampas FR,,motor q f1zr 2t(2000)
    aku mau tanya:
    1.bagus mana dengan kampas daytona f1zr(pakem yang mana?)
    2,bagus mana busi tdr ma Ngk racing?

    • 1. Belum pernah nyoba kampas daytona, tapi mendingan jangan pakai FR. repot nantinya kalau abis lagi, mesti nyari kampas FR lagi.
      2. Bagusan busi TDR, ada ulasannya di :
      http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/03/13/tua-tua-keladi/

      • emang kenApa mas kalo pake FR?bukanya lebih pakem?membran buat F1zr apa mas yang bagus+hargannya?

      • 1). repot kalau nanti ganti lagi. 2). per2 yang nempel dikampas asli jadi tidak bisa dipasang lagi. Kalau pakemnya sih iyah terasa banget sentakannya. Wah kalau membran saya ngga tahu.

  20. numpng tny om,. beda g kjutan kampas fr orginal dgn indopart? u/ mtor f1zr

  21. kok lama blas ya boooos

    • mas mau tya pilot & main jet ukuran berapa klo utuk fizr over saiz 100….yg ajib.

  22. mas yanto kok pya agil gak d blz

  23. pertanyaan q blom d jawab: beda g sentakan antara kampas fr orginal dgn fr indoparts?

    • Belum pernah pakai fr indoparts, jadi ngga tahu bedanya.

  24. kl antara kampas SGP dgn FR cocok& bgus yg mn? untuk motor f1zr

    • SGP ? Suzuki Genuine Part?

      • y,. bgusn yg mn om? oh iy om kl krbu king bgus ny pke mainjet pilot jet ukurng brp,.?? untk mtor fiz1r kohar

  25. bos,sya mau nanya.
    kalau honda C 70,,bisa ga kampas kopling nya pake FR 80,,,?
    g mna kira2 bozz,,,, makasih.

    • wah ngga tahu.

  26. Om, ane pakai F1ZR 2004, koplingnya th udh selip, susah free.. Mau tanya, ntu d gantinya mesti apanya? Plat nya (yg dr besinya), atw kanfasnya saja..
    Trimakasih..

    • kampasnya saja.

  27. mau tanya boos…?kpas fr buat motor grastrack bagus gak yaah…..?sama perbandingan gir yang bagus buat grastrack…..motor aku fizr……?mksih.

    • maaf boss, ngga pengalaman motor grasstrack.

  28. mas mul kalow rumah kanpas kopling sudah goyang itu apanya yg rusak yah…?

    • karetnya, ada dibagian belakang rumah kopling. biasanya kalau bengkel-nya punya bengkel bubut, yg ngerjain bengkel bubut-nya.

  29. bukan itu mas yg goyang….(baru dipress ditukan bubut)goyannganya itu AS dgn rumah kampas yg dibossnya yg warna kuning tembaga gitu….

  30. Itu,klahar nya bagian dalam.

  31. apa klaharx itu bisa diganti mas…..???

  32. kampas FR itu cocok bagi orang yang suka ber tenaga tinggi seperti di serkuit balap. 123 lompat2. Aku juga pake kampas FR 80 untuk motor fizr balap ku

    • platnya di ganti gak mas…

  33. fiz th 2000,jga sama apah??? brarti yg di bubut kampasnya

    • iyah

      • pak

  34. lo kmpasnya bkn orinya FR GMN

  35. ANDA punya bengkel apah

  36. Om aq punya motor fizr kusus road race kenapa ya kalau uda panas mesin dan uda sampai kecepatang tinggi mesin langsung berhenti langsung stop. Biasa uda hampir 9juta tpi tetap tidak normal larinya. Aq uda ganti kampas FR80 aq korek rumah kopling dan aq pake per Rx king.

  37. omm bGAimana Cra brtulin pompa oli FiZr yang uda mati…

    • Wah belum pernah betulin pompa oli yg rusak.

  38. sore pak………

    f1 96 saya kalo masuk gigi 2 susah bgt pak, suka macet knp y pak….

    kenapa y pak, mksih info’a y pak…….

    • wah ngga tahu, mesti diperiksa bengkel tuh.

  39. plat kampasnya di ganti gak mas,,,,

  40. ne motor f1z R thn 97 ksayang qu mw tambahnyolok aja di jln raya,, biar ga dkjar pak pos,,,
    1.gmana cra x tmbh kcptan smpai 120cc
    2.yg paling top x apyg hrus di ganti,,{ngmong2 kmpas x jg ud gak pernh di kasi yg bru,, hehehe}
    3.busi n koil x yg srasi pke puxa mtor ap???

  41. Nih q pingen membuat kmpas fr untuk mntor q jupiter kalo g penak q buang jaaa

  42. fiz r khu udah 5 thun msih mulus aja tuh…

  43. lebi baik lagi klu gk lemot pakek satria 2T…..

  44. Mas..z mW TANYa.??mtor z rx spesial,klw kmpas koplenx nda d!tambah 1 nda maju/jalu,tpi klw d!tmbh mtorx teriak klw gas tngg! Tpi ngak lari..apax yh..??

  45. mas,,,
    cara bubut prodo kopling FR gmna?

    • prodo apa tuh? cara bubut yah tukang bubut yg tahu.

  46. Pak Mulyanto…..salam kenal,nama saya Welly.
    Saya punya F1ZR keluaran 2003.
    Karena nya saya jadi senang baca blog ini.

    Saya mau bertanya beberapa hal.
    Kalo tidak merepotkan,mohon dijawab ya,hehe.
    Sekitar 1-2 minggu lalu saya mengganti kampas kopling motor saya dengan yang originalnya juga. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Berapa oli yang perlu diisi ke motor saya ?
    2. Kapan waktu yang pas untuk mengecek oli motor saya.
    Agar tahu tingkat oli nya yang benar.
    Karena ketika masih dingin saya cek, batasnya pas.
    Namun setelah mesin dipakai /sudah panas, batasnya jadi kurang 1/4.
    Jadi saya tambah sampai lagi.
    Yang nomor 2 ini sangat penting buat saya.
    Karena sehabis ganti kampas saya takut2 juga olinya kurang.
    Namun saya bingung kapan waktu yang pas untuk olinya,hehe.

    Maaf yang kalo pertanyaan saya panjang.
    Maklum saya pas SMA kelas 3 ini baru dikasih motor F1ZR ini,hehe.
    Thx

    • 1. kalau habis ganti kampas kopling yah gantinya 1 liter. Cek saja ketinggian olinya.
      2. Cek oli yah pas mesin dingin, kalau panas yah olinya nempel kemana-mana.

      • Oh….begitu Pak.
        Thx jawabannya.
        Hanya saja,knapa dimotor saya 800cc sudah cukup olinya Pak.
        Padahal habis ganti kampas kopling.
        Itu juga pas dingin ngeceknya

      • wah saya tidak tahu, yakin itu tutup olinya orisinil fizr? Jangan2 pakai tutup oli vega/jupiter :) .

      • yakin Pak…..hehe.
        ada tulisan 3AY sih kl ga slh.
        kira2 itu tanda orisinalnya bukan ya?
        hehe

      • Oya…..satu lagi.
        bagusnya mengecek oli mesin pas motor lagi posisi pakai standar samping atau standar tengah ya Pak?

      • - ketinggian oli adalah 6 cm dari bawah tutup oli
        - cek oli saat mesin dingin dan motor distandar tengah

  47. Om saya mau nanya ni, mhn d jwb yo!….
    Tdi sya bngkar msin fiz r, jdi bak pembungkus kmpas koplingnya peca dikit, yang pertanyaannya adalah di gnti apa tidak tmpatnya tu?

  48. bos mau naya klo kampas fr di pasang di vega thun 2005 ngrubah apa aja y bos????

    • sorry bos, ngga pengalaman megang vega.

      • mas mul cara ngurutin plat kopling yg bener gimana dan tiga pegas kecil yang nyantol di plat itu untuk apa cz punyaku putus satu pegasnya

      • wah ngga tahu saya. pakai kampas fr yah ngga pake pegas lagi.

  49. Mas Mulyanto…kalo ngatain org jgn sembarangan…pake kata” PEKOK…lha memang sampean lebih pinter..??
    “Jangan lupa kalau tutup blok bagian kopling dibuka, maka oli baru yang dimasukan adalah 1 liter bukan 800 cc. Kalau cuman 800 cc dijamin tak lama kemudian laher kruk-as kena/rusak. Buntutnya turun mesin…ini kutipan tulisan sampean di atas….
    Laher kruk as dan kruk as itu pelumasannya pake oli samping mas,bukan oli mesin dgn kapasitas 1000cc…nah siapa yg lebih PEKOK…???

    • Tetap PEKOK, biarpun bearing kruk as dilumasi oli samping. Oli mesin tetep kurang! Jadi pekok. Saya lebih pintar? Iyah, masalah buat kamu? waakakaka.

      • bagi gw gak masalah…
        Nah ternyata sang mekanik di pbg ternyata pekok. Kenapa? Karena yang dibubut rumah koplingnya sehingga plat kopling tidak cukup mencengkeram rumah kopling seperti aslinya. Pada gambar diatas terlihat ada space antara plat kopling dan rumah kopling. Seharusnya yang dibubut adalah kampas koplingnya supaya bisa masuk ke rumah kopling.”
        nah,,,sekarang apa tujuan kita ganti kampas kopling FR..?? tujuan kita adalah mencari alternatif kampas yg mempunyai permukaan yg lbh lebar dari standar F1ZR,lha kalo yg dibubut kampasnya…lebih baik gk usah ganti kampas FR…
        dan satu…di bagian lain dari blog ini…cara hitung rasio kompresi aja…lu masih salah..gw jg gk bilang gw lbh pinter dari lu…

      • kampas FR dibubut sedikit, rumah koplingnya juga dibubut sedikit. Jadi per kampasnya bisa dipasang lagi. Saya juga ngga bilang saya lebih pinter dari anda. Btw, memangnya anda tahu montir yang nggarap ini? Terakhir dia ngorek/ngetune motor saya malah jadi ngga bisa lari, nih hasil karyanya :

        http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/12/23/f1zr-salah-satu-penyebab-f1zr-tidak-bisa-lari-kencang/

    • Yang dilumasi oli samping itu needle bearing small end & big end, yang main bearing(klaher dudukan crank shaft) yang saya ceritakan itu dilumasi oli tarnsmisi.

      • klaher dudukan crank shaft menurut sampean dilumasi oli transmisi..sekarang apa fungsi dari seal di samping klaher dudukan crank shaft..??,fungsinya selain utk menahan kompresi primer di crankcase jg untuk menahan oli transmisi supaya tdk masuk crankcase,sehingga tidak terbawa ke ruang bakar.Oli mesin(oli transmisi) di motor 2tak hanya melumasi gear primer,skunder,kampas kopling,gigi rasio…

      • Faktanya :
        1. Mesin dibelah, klaher kering gosong hitam, tapi boring dan seher basah oleh oli samping. Kalau katanya dilumasi oli samping.. kenapa kering gosong kayak kebakar begitu? Overheat? Kenapa overheat? Apa karena juga oli transmisinya kering.

        2. Biasa pakai oli enduro 20w-50, top speed cuman 120 km/jam. Kenapa begitu ganti pakai HX3 20w-50 (oli mobil yang katanya bisa bikin kampas selip) malah jadi gampang dapat top speed cuman 120 km/jam? Padahal oli transmisi cuman melumasi gear primer,skunder,kampas kopling,gigi rasio? Kok bisa bikin nambah kenceng?

  50. mas mau tanya, kalo kampas koplinga mau abis itu tandanya apa( suara mesin ato apa gitu)? Nah motorku fizr 2003, penggunaan jarang. seingatku belum pernah ganti kampas kopling. lalu ceritanya kemarin malam motorku dipinjam, kata dia udah gak narik kopling nya, dibawa kebengkel kata orang bengkel kampas remnya satu abis, gak tau deh diganti pake abal2 ato apa. bagusnya aku bawa ke dealer ato gmn? lalu kalo tali kopling itu pake terus aja yah, ada gak tanda kalo mau putus talinya? thanks.

    • 1. Tanda kampas kopling habis :
      - tarikan telat, gas sudah penuh.. lambat nambah kecepatannya
      - loyo buat ngebut, kalau habis bis malah motor ngga mau maju
      2. Ganti kampas kopling bisa di bengkel mana saja, pakai saja kopling aslinya ngga usah modif pakai FR.

  51. mau nanya gan..klo laher kruk as rusak apakah membuat mesin jdi panas berlebihan.motor ane jupiter z 2,,9

  52. maz mau nanya apa bisa ganty cdi yang tdk standart bisa merubah kecepata

  53. mas mtor q force 1 udh q psangin kopling tp sblah kiri,,,dan baru2 ni aq gnti komplingnya sma fizr ama kampasx jg dgnti ama FR kq jlnnya sma aja kya sblm q gnti bak ma kampas koplingnya …???
    mhn pnjasanya.

  54. . broow sy mw tny,, motor king ane udah tak kasih karbu rgr..kok lari nya ma aj ya ??.

    yang bagus cuma kenalpot nya aj…

    motor king ane aj klah ma jupiter mx..

    pdhal jupiter mx nya udah tak salip jauh kok bisa nyelip ya..

    pdhal motor ane udh tak gas poll..

  55. […] Tentang Kopling ————————————————————- Ganti kampas kopling FR […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: