Oleh: mulyanto | 27 April, 2009

[F1ZR] Cara Kerja Kopling Non Full Clutch


Yang dimaksud kopling non full clutch adalah kopling biasa yang ada di motor bebek. Kopling ini biasanya tidak memerlukan tuas kopling pada setang. Kalaupun ada, tuas kopling ini hanya bertugas meringankan saja. Kopling ini sering disebut sebagai kopling ganda atau kopling banci.

Pernahkah anda berpikir disaat motor dalam keadaan hidup dan berhenti tapi gigi masuk? Dimanakah aliran transmisi berputar? Kalau pada motor full clucth, kondisi ini akan tidak terjadi. Karena mesin langsung mati. Mengapa mesin mati ? Karena putaran magnet berhenti disebabkan poros kruk-as berhenti. Poros kruk-as berhenti karena tertahan kopling yang berhenti putar. Kopling berhenti berputar karena tertahan oleh gigi2 transmisi yang berhenti.

Pada motor bebek, motor tetap bisa hidup walau gigi masuk dan dalam keadaan berhenti. Kenapa yah? Dimanakah terputusnya aliran putaran mesin???

skema-kopling

Pada keadaan hidup berarti poros kruk as berputar. Putaran kruk-as ini (lihat gambar diatas) memutar “clutch carrier assy” yang no 11. Somehow pada rpm rendah “clutch carrier assy” tidak memutar drum tapi pada rpm tinggi “clutch carrier assy” akan memutar drum. Drum selanjutnya memutar gear primary drive yang no 1. Gear ini akan memutar mangkuk kopling melalui primary driven gear yang no 16. Mangkuk kopling memutar 5 buah kampas kopling ( no 19). 5 buah kampas kopling ini menjepit 4 buah plat kopling(no 18). Kampas kopling menjepit plat kopling karena tertekan oleh tutup mangkuk kopling (no 20) yang tertekan oleh per (no 21) . Jadi putaran kampas kopling akhirnya memutar plat kopling. Plat kopling akhirnya memutar rumah kopling (Boss, clutch no 17). Rumah kopling inilah yang pada akhirnya memutar gigi-gigi penggerak roda.

Nah yang saya masih bingung adalah :

Somehow pada rpm rendah “clutch carrier assy” tidak memutar drum tapi pada rpm tinggi “clutch carrier assy” akan memutar drum.

Saya tidak melihat adanya tuas untuk “memekarkan” clutch carrier assy sehingga menempel drum dengan ketat/keras. Kembali ke peristiwa yang terjadi, motor dengan gigi masuk tetap hidup dan berhenti asal bukaan gas rendah atau rpm rendah. Jika gas dibuka maka motor mulai berjalan atau clutch carrier assy mulai memutar drum. Jadi sepertinya clutch carrier assy itu sensitif dengan rpm. Sepertinya mekarnya clutch carrier assy disebabkan oleh gaya sentrifugal dari putaran kruk-as !.

Terus bagaimana kalau mesin mati tapi kunci kontak on kemudian didorong dan dimasukan pada gigi 3 atau gigi 4 kok bisa menghidupkan mesin? Bukankah dalam keadaan mati poros kruk-as tidak berputar sehingga clutch carrier assy tidak mekar? Nah loh? Penjelasan logisnya adalah magnet terpasang pada poros as melalui semacam fly-wheel dan magnet juga terhubung dengan gear-gear penggerak roda (bukan final gear yah).

Apa sih gunanya tuas kopling yang disetang? Tuas kopling gunanya adalah untuk menarik pin no 30 yang menarik tutup mangkuk kopling (no 20) yang akhirnya melepas jepitan kampas kopling terhadap plat kopling. Sehingga transmisi terputus. Pada kopling ganda atau kopling banci mekanisme ini hanya meringankan injakan kaki pada pedal operan gigi.

Bagaimana dengan mekanisme full clutch? Mekanisme full clutch dibentuk dengan menghubungkan mati poros kruk-as dengan gear primary drive (no 1). Misalnya dengan mereplace clutch carrier assy dengan final gear depan ukuran 13 -15. Gear ini akan menjepit langsung drum. Kelemahan dari cara ini adalah gear replacement ini bisa kendor tak kuat lagi menjepit drum. Akhirnya transmisi terputus karena drum tidak berputar. Inilah masalah yang saya hadapi kemaren sehingga harus menuntun motor sejauh 2 km. Tentang modifikasi kopling manual bisa dibaca di :

http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/05/02/cara-modifikasi-kopling-manual/

Kalau kemarin-kemarin saya cerita tentang CAGE, itu yang no 7. CAGE beserta enam buah pelor-nya (pin, dowel, no 8) membentuk suatu bearing. Yang saya nggak ngerti kenapa tidak seperti bearing konvensional saja. Kenapa harus dari fiber?

CAGE dkk tidak berbentuk seperti bearing konvensional karena dowelnya supaya bisa bergerak keluar masuk. Wadah CAGE pada drum membentuk hampir segitiga pada tiap pelurunya. Kalau drum bergerak searah jarum jam maka dowel terjepit drum dan bos CAGE. Akibatnya bos CAGE memutar kruk-as dan menggerakan seher. Sepertinya ini terjadi saat motor dihidupkan. Pada saat mesin hidup, kruk as berputar searah jarum jam dan membawa pelor/dowel bergerak ke kanan ke arah ruang yang leluasa dan tidak terjepit drum.

Quiz selanjutnya? Jika crankcase kopling (tutup mesin bagian kopling) dibongkar, berapakah volume oli mesin yang diisikan kembali ? 800 cc ataukah 1 liter?

Semua mekanik berkata 800 cc! Alasannya kalau 1 liter nanti kopling selip. Saya coba search di google tapi tidak mendapat jawabnya untuk fizr (yang ada untuk karisma). Saya lihat mur kuras oli berada di ruang kruk-as dan lobang aliran oli antara ruang kopling dan ruang kruk-as tidak terletak di dasar. Jadi saat menguras oli lewat lobang mur, sebenarnya tidak semua oli di ruang kopling terkuras. Kemudian saya ingat ada pengukur oil level yang juga merupakan tutup lobang pengisian oli. Dan benar jika hanya diisi 800 cc, oil level pada keadaan terendah ! Setelah saya tambahi 200 cc baru oil level menyatakan oli penuh (bukan kepenuhan) !.

Terus apa hubungannya kopling dengan wimax? Jiahhhhh…….

About these ads

Responses

  1. Berarti kalo sepeda motor diisi oli 1 liter tidak masalah ya?
    Oya kalo oli yang dipake tidak khusus buat sepeda motor (enduro), tapi oli biasa (fastron) apakah bisa menyebabkan selip di kopling?
    Ciri2 oli yg udah harus ganti gimana sih? soalnya fastron udah ku isi setahun lalu, sekarang kok masih bagus2 saja. Artinya olinya masih normal, kalo dicoba pake tangan masih berfungsi sbg pelumas. Jadi curiga nih, jangan2 metode deteksi oli-nya yang salah ya.

    =============================================================
    Mulyanto :
    Kalau diisi 1 liter buat penggantian reguler yah jadi masalah karena jadi kelebihan. 1 liter itu kan khusus yang turun mesin atau kalau cover crankcase kopling-nya dibongkar. Kalau cuman ganti olie biasa yah pakai 800 cc dong. Ciri-ciri oli yang harus diganti biasanya yah kopling selip. Tapi kalau pakai-nya alon-alon yah mungkin ngga terasa selipnya :D . Enduro itu Mineral Based 20W-50 , Enduro Racing 15W-20 Fastron itu Full Synthetic ada yang 10W-40. Pakai fastron di 4 10W-40 tak ngga masalah, kalau di 2 tak jangan deh. Untuk 2 tak saya selalu pakai yang 20W-50 karena 2 tak kan lebih panas dan rpm-nya lebih tinggi. Fastron umurnya bisa 15.000 km, kalau buat setahun jatunya 1250 km perbulan. Pantes masih awet olie motormu. Mendingan jangan pelit ganti olie. Khawatirnya mesinnya yang kena malah turun mesin. Periksa lagi tuh oil levelnya, apa masih penuh??

  2. Serius nih bro, Fastron Synthetic Oil 10w-40 (stiker hijau) bisa dipake di motor 4-tak?

    Soalnya ada yang bilang bisa (lwt pengalaman kk sepupu yg pake di supra dan beberapa comment di milis) tapi ada juga yang bilang jangan (milis maupun artikel). Sedangkan saya sendiri berniat mencoba di Astrea Grand korekan 108cc yg sebelumnya pake Shell VSX.

    Pertanyaan yang lebih spesifik:

    1. Secara teknis, apakah oli Fastron tidak merusak kopling akibat formulanya yang berbeda dengan oli khusus motor? Ada yang bilang bahwa formula oli mobil bikin larut kampas kopling sistem wet-clutch (waduh!).

    2. Berapa Km umur pakai yang disarankan untuk penggunaan Fastron 10w-40 pada motor 4 tak korekan yg dipakai harian pp 50km? saya sblmnya disarankan ganti tiap bulan dgn asumsi jarak tempuh 800~1000an km/bln.

    Thx atas jawabannya Bro.

    =========================================================================
    Mulyanto:
    1. Wah ngga tahu masalah larut-melarut kopling. Mendingan baca spek olie-nya bisa ngga buat motor atau tanya/email ke pertamina.
    2. Waduh bukan pakar olie apalagi fastron, yah tinggal dihitung saja. Tiap hari pp 50 km, sebulan sekitar 1250 km, kalau umur olie 15000 km wah kayaknya keborosan tuh. Kalau saya sih ngga tergantung berapa km. Tergantung rasanya saja, kalau mesin terasa ngga enak atau kopling sudah gampang meleset yah ganti olie walau umurnya masih muda. Rajin periksa volume oli saja, jangan sampai kekurangan.

  3. Slam knl aja ?
    Q nanda di pekalongan mau tanya Q puny mtr smash Th 2005,,,,gamana kl mtr Q 2 di kasih kpoling tangan pa bisa merusask motor????
    n sblum nya mksaih…..bls y

    ==========================================================
    Mulyanto :

    Wah saya tidak tahu tentang bagan kopling smash jadi maaf tidak bisa komentar. Kalau awalnya tidak ada kopling tangan terus ditambahin kopling tangan berarti :
    1. Mengganti mangkok kopling dan rumah kopling, jadi ada tuas manualnya.
    2. Berarti memodifikasi/mengganti cover crankcase di bagian kopling.

    Perkara rusak atau tidaknya tergantung cara modifikasinya.

  4. [...] Cara Kerja Kopling Non Full Clutch [...]

  5. Trus klo gt gmna dong bkin kopling suntikan d supra x 125,atw gmna crax biar kopling cb 100 pnya ane biar tambah responsif.

    • halo bro :
      lebih bae supra 125 ente di pasang kopling permanen sekalian, soal’a kopling suntikan malah gampang bermasalah broo …
      untuk mtor cB ente gampang ente cukup cari per kopling yang lebih keras dari per kopling standar CB banyaak terjual di pasaran bro, jangan lupa kompresi boleh di bwat lebih padat lagi . ok

      sekian informasi dr ane …

  6. Salam kenal cak Mul,
    Kemaren aku servis di AHASS utk motor blade(baru servis ke3 km 3600an)+ganti oli AHM (yang baru tuh, ini yang k2).
    Cuma yang jadi pertanyaan saat motor dinyalain, kemudian gas diplintir, pada saat menjelang stasioner ada bunyi “tek tek tek” 2 atau 3 kali gitu.
    Tadi pagi aku bawa ke bengkel lagi (rencana sih complain), tapi katanya “oh gppitu, karena itu bunyi kopling ganda, memang kadang ada yang bunyi ada yang ngga”, karena kurang paham mesin meskipun saya sebenarnya kurang puas ya saya ooo in aja, sembari dalam hati saya bilang “ntar nyari2 di internet ah”
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah benar kopling ganda yang bersuara tek tek itu tidak ada masalah ?
    2. Yang tidak masalah , sebenarnya mana yang lebih baik brbunyi atau tidak ?
    3. Gimana cara menghilangkan bunyi tsb.
    4. Apakh akan berdampak pada kondisi mesin apabila dalam jangka waktu yang lama ?
    Suwun.
    Saking OKA-Cikarang

  7. q pake smash 2005,kemaren q buat jadi kopling manual.pertanyaannya : 1.apakah jika smash dibikin kopling manual plat koplingnya bakal awet ? 2.bagusnya kopling sentrifugalnya direplace sama bos jedek ataw tetep di pasang tapi fungsinya dimatiin ?tenaga/akselerasinya gedean mana ?atau musti dikasih balancer beratnya berapa gram ? 3.Oli enduro SAE20W-50 bisa buat berapa kilometer ?aku biasanya melakukan penggantian setiap 4000 km.

    • slam kenaL :
      untuk mtor smash ente tergantung pemakaian brad klw masalah plat kopling boros enggak nya !!!
      klw gx penting2 banget tarik hendel kopling ya gunakan seperlunya…nah’ masalah otomatis jedek ente lebih bae kampas kopling sentrifugalnya terpasang ,soalnya kampas tersebut akan memberi efek putaran mesin menjadi panjang mantap di putaran ujungnya ketimbang di kosongkan hresponsif saat awal aja ….di karnakan kurang membalance di sektor kruk’as .

      sekian info

      • trims infonya, bro.

  8. mau tanya kenapa pada tarikan rendah mesin motor bunyi klek2,apa dari gier depan,apa dari primery driven gear oglag?..

  9. mau tanya sy pernah ganti plat kopling dan karet lima buah di motor honda supra fit,kok ada suara kaya kipas angin?..

  10. ==[ Saya tidak melihat adanya tuas untuk “memekarkan” clutch carrier assy sehingga menempel drum dengan ketat/keras. ]==

    Tuasnya ya gaya sentrifugal itu bro. Clutch carrier assy terdiri dari Kampas sepatu (no.12) dan Per Sepatu (No.11) gaya sentrifugal menyebabkan per melar dan kampas sepatu nempel ketat di drum.

    Logika gaya sentrifugal: coba bro ikat sepatu di tali karet, terus putar2 pake tangan, makin kenceng putarannya maka tuh tali karet makin melar

    Tali karet = Per
    Sepatu = Kampas

    • iyah bro, kan sudah saya tulis selanjutnya :

      Jika gas dibuka maka motor mulai berjalan atau clutch carrier assy mulai memutar drum. Jadi sepertinya clutch carrier assy itu sensitif dengan rpm. Sepertinya mekarnya clutch carrier assy disebabkan oleh gaya sentrifugal dari putaran kruk-as !.

  11. mau tanya ni mas bos,,,

    1. masalah pemasangan sususan kopling dan plat termasuk ring ring’nya.
    2. no 23 dan 27 ..ada penjelasannya tdak.
    3. saya mencoba pasang koling suntik honda grand.masalah na,kopling kami tarik,,di SELA ngelos,,tetapi tdak bisa pree..saat masuk gigi(loncat or tdak brfungsi).

    kami menunga kami salah pemasangan ring di antara plat unit kopling,,

    maaf klo pertanyaan rada banyak dan tidak begitu jelas,,maklum msh newbie…

    mhon bantuannya,,all

  12. slm knal y???
    mw nanya ney, maaf sblm’a klo bnyak:

    1. knp y motor supra v sya kok sring selip koplingnya? padahal kanvas n per’a udah diganti? tp gnti sendiri sich, mungkin slah x y saat pemasangannya?

    2. mw tw dunk urutan isi dari bak kopling motor supra v? truz di blakang t4 kanvas kpling sebener’a da ring atau g y?

    3. kenapa y saat gigi pree, tp jln’a seret bgt, n biasanya klo masuk gigi kopling di tekan jln’a enak tp ini kok berat bgt kadang2 susah bgt di dorrongnya?

    mohon bantuannya y….maklum masih pemula soal bongkar kopling…
    klo bs kirimin lewat email…

    makasih…

  13. Ikut nanya ya mas.. Motorku yamaha F1 ZHE th 2004.. Klo koplingnya di ubah jadi full clutch (kopling manual) bs g sih? Soalnya motorku ini tipe kopling ganda/banci.. Kira2 nguras duit brp? Bengkelny dmn? Thanks y..

  14. [...] CAGE hehehehehe. Yah CAGE ini memang penyakit lama si katro. Kebetulan saya lumayan pengalaman dan knowledge tentang mesin. Solusinya ada dua, 1. mengganti CAGE, 2. Melepas CAGE-roda gila, dibuat full clutch. [...]

  15. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/04/27/cara-kerja-kopling-non-full-clutch/ [...]

  16. motor saya F1ZR tapi ada suara di mesin seperti suara stang yang haus, sudah saya cek, stang normal, klahar , central crake as semua normal tetapi suara itu dibagian kopling sedangkan kopling normal. saya bingung tolong bantuannya bagian sebelah mana dari kopling tersebut yang haus??? dan apa penyebabnya.

    • Kemungkinannya : 1). Karet dibelakang rumah kopling sudah kendor. 2) Cage 3) dibagian kipas.

  17. Motor saya jupiter z
    setelah hbz diservis dbengkel jdi da mslah,
    setiap ngrani porsnel jdi nggereng,tp kalo menambahkan gigi jdi mulus..
    Ap sebab dan solusinya gmna

    • 1. Servis ringan? bagian kopling diservis?
      2. “ngrani” apa yah?
      3. Pakai tuas perslening? Dimodifikasi pakai tambahan tuas perslening?

  18. Slam knl,nmuku diva,mtr ku f1z-r ’00 klo di uda hdp rpmx tdk mo trn wlaupn uda di longgrkan jrm gasx,thnks ats infox

    • kabel gas-nya mungkin sudah macet. Atau pegas di karbu sudah tidak keras. oh yah biasanya pegas chuck sudah karatan dan patah, ini menyebabkan chuck tidak menutup.

  19. tanya om,,,klo motor vega th o6,,d buat kopling manual,,kira2 lebih awet mna ya ,,dgn,, dgn kplng otomatis,standar,,,

    • salam kenal bro :
      asal perakitan kopling manual ente terpasang dengan baik dan cara pakainya juga baik jauh dari resiko bread….

  20. motor grand saat masuk gigi tiga untuk jalan seperti akan lepas, terdebgar bunyi kratak, masuk lagi, jalan dan begitu lagi kenapa ya…

  21. mesin saya kok bunyi brisik iia mas
    tapi pas di tarik kopling ga bunyi
    tapi di lepas bunyi lagi

    kenapa iia ???
    dan harus gimana cara ngatasinnya ??

    • wah kalau itu ngga tahu.

  22. Kox gambarnya tidak ada? Aku habis ganti kampas kopling, kok ada suara klek2 dan ngur.tapi sebelum di ganti tidak ada suara itu?

  23. mas, mo nny y, motor saya smash 110, kmren baru gnt kampas kopling ganda sama mangkok2nya truz bu2t rumah koplingnya jg karena sudah gk beres pernya, nah setelah 2 hari dipake malah keluar bunyi tok2 gt klo di rpm rendah. knp tuh y suaranya makin parah klo mesin panas. mohon pencerahannya mas.

    thx before

  24. kang mul… aku arep elu usul iki,,, bedone fizR full cluth karo ora iku opoyo? kok jare arek2 jare seng full cluth rasionya wes semi racing,,, opo bener kang,,,,

    • wah saya ngga tahu itu. Yang saya pernah dengar, fizr full clutch versi milllenium (yg hitam), rasio gigi 3 -nya lebih dekat ke gigi 4. Cuman ngerti itu thok.

  25. [...] Cara Kerja Kopling Non Full Clutch [...]

  26. mtr say jupe burung hantu pasg kopling manual,,tp suaranya klo lepas handle kopling kok rantai berisik,,seperti tertahan d per koplingnya,saya sdh menggnti kmpas kopling n per kopling yg baru,,n gi2 tarik baru,,tp mc aja berisik d rantainya

  27. monya mas saya punya vega th 2008.minggu lalu motor saya dh abis turun mesin yang diganti : stang saher,kampas kopling,piston,ring saher,laher gir.sehabis service motor terasa berat tarikannya dari gigi 2 ke 3.klw pas tanjakan 30″ bener2 terasa g ada tenaga di pakek gigi 2.gasnya pun berat klw di tarik ke 2 ke 3.minta solusinya mas tks.

    • Maaf saya ngga pernah ngoprek 4 tak.

  28. mas maaf nanya sedikit, jumlah gigi primer dan sekunder yamaha force-1 berapa ??????

    pliss d bantu mas…………………..
    buat tugas sekolah

    • mana saya tahu, saya ngga sekolah otomotif.

  29. gan mul saya mo nanya kalo yang jual sapre part ori f1zr dimana ya seperti cylinder blok, karburator dll

    • Coba nyari di bengkel resmi yamaha di kota2 kecil di jawa

  30. gan numpang tanya kalo force1 taun 1996 bikin kopling manual yang dibongkar bak sebelah kanan apa kiri?

  31. Gan tolong bantu aku dong… Gimana cara membuat Kopling sebelah kiri motor Force1. TKS…..

  32. manggut2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: