Oleh: mulyanto | 15 Juni, 2009

Misteri Tol Cipularang – Bandung KM 68-72 (dan KM 90-101)


DISCLAIMER:
1. Tulisan berikut bukan tulisan asli Mulyanto
2. Tulisan ini dikutip lengkap dari milis, jika ada sumber aslinya mohon diinformasikan ke Mulyanto

Tol Cipularang – Bandung
Tidak ada salahnya lebih berhati hati……..

Cerita 1
Tadi jam 22.00 dape SMS dari temen yang pulang ke Bandung via Cipularang, kalo di KM 70-an (deket waduk Jatiluhur)
ada KIA Visto silver B 8878 xx yang posisinya ada di depan dia, tiba-tiba mengerem mendadak dan terguling di jalur sebelah kanan.

Padahal siangnya baru rame-rame membahas imel horor dari milis luar yang isinya sbb :

Mo nambahin, ati2 kalo mo jalan malem di Cipularang, terutama setelah waduk jatiluhur ke arah Bandung .
Ada mobil misterius ngedim2. Pengalaman saya waktu itu mo bailk ke Jakarta lewat Cipularang malem hari.
Saat itu saya di jalur kanan, tiba2 dari belakang ada mobil ngedim2. Abis itu saya minggir ke kiri ngasih jalan,
eh itu mobil ikutan ke kiri juga sambil tetep ngedim2.

Karena kesel saya bejek mobil saya, eh dia ikut2an kenceng juga. Tetep dia masih ngedim2 juga..
Karena kesel di dim mulu, saya intip dari spion tengah itu mobil apa sih, eh sehabis ngintip spion tengah,
saya terus liat jalan di depan, udah ada buntut truk tinggal beberapa ratus meter lagi.
Kaget saya rem abis. Untung gak ngguling. Abis ngerem saya intip spion tengah, mobil tadi udah nggak ada lagi..
Saya salip truk ternyata kendaran yang ada cuman mobil saya ama truk tadi.
Depan gelap nggak ada mobil sama sekali huaaaa… serem abis. Abis itu merinding abis.
Saya cerita ke kakak yang lagi kuliah di Bandung , dia ternyata juga pernah ngalamin kejadian yang kayak gt…


Cerita 2

Saya ingin berbagi cerita ini kejadian yang terjadi pada hari ke 4 lebaran,
temen saya bersama om dan tantenya pergi dari Jakarta menuju Bandung melewati Tol Cipularang pada siang hari….
pada kecepatan 60Km/jm melewati KM 69, 70 tiba-tiba si sopir yg kebetulan omnya sendiri yang membawa kendaraan
(mobil panther baru) seperti tidak sadarkan diri dan mengacu kendaraan semakin kencang sehingga kendaraan tersebut
tidak stabil lalu membentur trotoar dan terbalik, pada waktu kejadian di dalam mobil tantenya sudah mengingatkan
utk memelankan kendaraan namun semakin kencang membawanya sehingga terjadilah kecelakaan tersebut

Untungnya tidak ada yg terluka parah walaupun mobil tersebut keadaannya rusak berat dan kejadian terjadi di KM 72,
kendaraan yg berada dibelakangnya bisa mengerem (mobil honda CRV) kemudian sipengemudi kendaraan tersebut
turun dari mobil, anehnya si pengemudi menyalami om temen saya dan berkata “selamat pak untung tidak apa2,
saya juga sempat hilang sebentar namun krn melihat kndraan bpk saya kaget dan mengerem”.

Setelah beberapa lama pihak Jasa Marga datang, lalu anehnya lagi mereka berkata “untung bapak di KM 72
kl di KM 68 pasti bapak sudah lewat kali sebelumnya ada 2 kecelakan di KM 68 meninggal,
memang daerah rawan di 68-72 pak sebaiknya di KM ini lebih berhati-hati dan jangan sampe pikiran kosong”,
percaya atau tidak dan bukannya menakut2ti tapi ini kejadian sungguhan jadi teman2 dr arah Jakarta menuju Bandung
melewati Tol Cipularang lebih baik berhati-hati pada KM 68-76.

Cerita 3

Pada suatu hari ada sekeluarga pergi ke bandung.Keluarga tersebut terdiri dari ayah,ibu dan 1 orang anak yg masih berumur 8 thn an.
Mereka berangkat dari jakarta sekitar jam 9 an,malam sabtu.Nah tiba2 anaknya kebelet kencing ampe aduh2an..

Bapaknya bilang “udah nanti aja pas di pintu tol,dsini gelaap!”.

tp krn anaknya gk kuat,berhentilah mereka. lalu turunlah anak itu,sambil ibunya bilang
“jgn jauh2 y nak..” , iya.. saud si anak”

Tp kedua org tuanya merasa kok anak ini smakin jauh dan menjauh jalannya..
“eh jangan jauh2..,d depan mobil aja!” kata si ibu. lalu saud anaknya..iya mah..!”

lalu tak lama kemudian anak itu..balik k mobilnya dan duduk d belakang,sambil ayahnya bilang…
“kamu nih gimana sih..,kencing kok jauh2 amat..”
“malu pah..,diliat orang”

Setelah mereka sampai di bandung ,orang tuanya melakukan aktifitas biasa selama 2 hari hingga hr minggu.
kaya belanja,makan, mandi,tidur dll pokoknya liburan lah. tp dsela2 liburan mereka,orangtuanya rada2
melihat kejanggalan dr anaknya.Yg biasa anaknya ingin berenang d hotel,ini tidak.
Dan anaknya terlihat murung,pucat dan berubah jd diem..tidak seperti biasanya.

“kamu sakit..??” tanya si ibu,tp anaknya dieeemm aja…

Akhirnya ayahnya memutuskan untuk pulang k jakarta , dr rencana sebelumnya hingga hari senen,akhirnya pulang
hari minggu.Di dalam perjalanan pulang sekitar jam 10 an…kembali si anak kebelet kencing sampe aduh2an…

“aduh pah..kencing. .,papah kenciiing..” kata si anak

Akhirnya mereka berhentilah kembali.Anehnya mereka berhenti di KM yg sama seperti anaknya kencing sebelumnya,
hanya saja di jalur yg berbeda.Tetapi kali ini si anak tidak balik2 k mobil..,sehingga membuat bingung orang tuanya.
Setelah mereka menunggu 1 jam di pinggir tol,akhirnya mereka melapor k petugas melalui no.tlp pengaduan tol.
Dalam percakapannya di tlp,petugas memberikan ciri2 pakaian si anak tersebut… dan ternyata benar!.
Akhirnya kedua orang tua tersebut langsung menuju pos tersebut,sambil ter heran2..

“kok bisa ada dsanaaa..,saud ayahnya..”

sesampainya di pos, ibunya langsung memeluk erat anaknya..dan memarahinya
“kamu kemana sih! kok tiba2 dsini..”

“loh..! mamah yang kemana aja…aku ditinggal,aku teriak2 mamah gk denger..!” sambil nangis..

And guess what..!, Petugas polisi berkata..

“bu jangan dimarahi bu,anak ibu sudah di kantor kami selama 2 hari sejak hari jumat malam..”

seketika ibu dan ayahnya duduk lemas dan saling memandang..

Ternyata pada waktu anaknya kencing dalam perjalanan ke bandung ,
dia hanya kencing di samping kiri mobil di balik pintu belakang,
tetapi ibu dan ayahnya melihat dia berjalan di depan mobil dan menjauh..,
setelah balik anak yg masih kencing ditinggal begitu saja..sampai anaknya teriak2 tp tidak terdengar..

“Pertanyaannya, lalu siapa yang ikut ke bandung ???”

Cerita 4

Saat itu tanggal 1 Juni 2008. Gue dan istri, Herman “Wong”(band tahun 97an), anak (usia 5th)
dan istrinya, gingin (operator Qubu Studio,Bdg) berangkat menuju Jakarta dari Bandung menuju Sony BMG Jakarta,
selama perjalanan dari Bandung alhamdullilah tidak ada masalah.

Kita di Sony sampai pukul 16.30. Beres di Sony BMG, kita langsung masuk tol DalKot dan menuju Cikampek,
sampai Km 63 gue terima telpon dari Produser Kalamoa Band, menanyakan progress. Gue bilang gue lagi nyetir
dan gue serahin ke bini gue, dia ngobrol dan menanyakan sdh dimana? kata bini gue km 64, trus gue liat, emang betul.
Pembicaraan langsung beralih ke herman, dlm hitungan kurang lebih 10 detik saja berakhir.
Saat itu Herman mencium bau anyir dan berkata :”kok bau darah ya? gue noleh ke belakang,trus gue bilang,knapa?
Gingin trus ngomong ke anaknya herman :”tuh liat ada kereta!”(Gingin duduk dibelakang).

Gue Kaget dan sadar kan sepanjang km 64 ga ada REL di kanan (kalo dari arah jkt) memang sekelebat gue liat bayangan kreta…
Pas gue sadar, didepan gue ada truk warna hitam, besar banget,tapi kayak siluet, disamping gue truk fuso dan dibelakang
ada truk gandeng sibuk ngedim2 dan nglakson gue,karena ternyata gue sudah berada di jalur berlawanan.
Si truk gandeng udah kagok, langsung nyalip di antara truk fuso dan gue, sementara gue sibuk buang gas untuk
menyeimbangkan kecepatan agar keburu masuk kembali ke jalur seharusnya sebelum dihantam truk hitam itu.

Alhamdullilah berhasil, kita semua selamat, dan pas gue liat gue ada di km 70.
Semua pada kayak orang bego, bingung belokan ke bandung di km 67nya kemana???
Pas gue liat jam menunjukkan pukul 18.00 tepat.. DALAM 10 DTK gue lompat 6 kilometer, Sumpah ga masuk akal…

Gue langsung nanya ama orang diloket tol, ini dimana? dia malah bingung ngeliatin gue dan anak2 …
Astagfirullah. ..sumpah menyeramkan. …Besoknya gue telpon teman gue wartawan, ternyata memang
sering kejadian seperti itu di antara km64-70 tepatnya, dan selalu berakhir dengan kecelakaan maut…

Berhati-hatilah rekan2 semua…banyak rahasia alam di dunia ini yang tidak masuk akal, termasuk dimensi dan waktu…
Bagi yang sering lewat sana dan sama sekali tidak mengalaminya, mudah2an memang tidak akan mengalaminya. ..
karena sumpah…menyeramka n sekali….

Buat temen-temen yang suka mondar-mandir Jakarta-Bandung lewat Cipularang,
mau percaya atau tidak, itu terserah kepada nalar anda sendiri untuk mencernanya.
Ada yang punya pengalaman serupa ???

Cerita 5 (sumbangan dari hamba berdoa)

riend gue tambahin dua pengalaman aneh pribadi gue di tol cipularang. Pengalaman aneh pertama gue saat perjalanan Bandung-Bekasi PP sendirian pake kijang dinas. Berangkat dari Bandung ke Bekasi Kondisi siang hari tidak ada masalah apa-apa, nah saat pulangnya dari Bekasi ke Bandung masuk tol cipularang kondisi sudah malam hari, Gue gak perhatiin udah di KM berapa kondisi jalan searah sepi cuman gue sendiri. Lamat-lamat tercium bau harum dan makin lama makin pekat, gue pikir krn alam masih asri maka pohon dipinggir jalan yang berbunga harumnya menyebar, untuk lebih menikmati aroma harum langsung dari udara luar lalu kaca jendela gue buka, aneh udara luar tidak berbau harum tapi harumnya tetap pekat di dalam mobil. Gue langsung baca Alfatihah, ayat Qursy, AlIkhlas, Alfalaq, Annas, dzikir, berulang-ulang, dgn keyakinan Allah pasti memberikan perlindungan. Tiba-tiba bau harum langsung berganti jadi bau bangkai busuk sampai pengin muntah, gue tetap berdoa berulang-ulang dgn suara dikeraskan sambil konsentrasi menyetir, tiba-tiba terdengar gonggongan anjing sambil menggeram sangat keras berulang-ulang di belakang mobil, gue sempat ngeri tapi gue tetap yakin tidak ada anjing dan Allah pasti melindungi, sekilas gue berpikir kalau ada mobil yang gue salip atau ada mobil yang menyalip gue maka sorot lampu depannya bisa gue manfaatkan mengamati kondisi dibelakang mobil lewat spion. Terkabul, samar-samar di depan terlihat bak belakang mobil truk yang akan tersusul, gue kasih dim untuk disalip dari sisi kanan. Setelah mobil truk tersalip seketika bau bangkai dan gonggongan anjing langsung hilang, memanfaatkan sorot lampu truk mengamati di belakang mobil memang tidak ada apa-apa. Alhamdulillah mobil melaju aman ke Bandung sambil gue terus berdoa.
Pengalaman aneh ke-2 saat gue sekeluarga pulang dari Bekasi Ke Bandung membawa mobil sedan pribadi, berangkat dari Bekasi habis selesai sholat maghrib, masuk tol cipularang sudah gelap, setelah beberapa lama di tol cipularang saat jalan menanjak dan sangat sepi tiba-tiba mesin mati, menggunakan sisa kecepatan mobil gue pinggirkan lalu berhenti dan pasang handrem, sambil berpikir penyebab mesin mati, padahal sebelum berangkat semua sudah diperiksa, oli, busi, air radiator, bensin. Tiba-tiba gue sadar entah di KM berapa gue gak perhatiin tapi suasana sekitarnya mirip pengalaman aneh pertama, seluruh keluarga gue ajak berdoa dan tetap di dalam mobil menunggu ada mobil yang menyalip dan melaporkan ke petugas terdekat, yah gue emang gak pernah mencatat nomor telepon petugas tol. Emang ada mobil menyalip dan agak mengurangi kecepatan walau tidak berhenti, gue lega berarti ada yang lihat, setelah beberapa mobil menyalip gue coba lagi starter mobil… hlo bisa… alhamdulillah mobil jalan dan melewati tanjakan, tapi ditanjakan berikutnya mesin mati lagi walaupun sudah gue antisipasi pakai gigi dua bahkan gigi satu, gue sekeluarga berdoa terus, ada naluri jangan keluar dari mobil kalau udah ada mobil lain yang menyalip coba hidupkan mesin lagi, setelah benar ada mobil lain menyalip gue coba lagi starter mobil… hlo bisa lagi… mobil jalan lagi berhasil melewati tanjakan tapi ditanjakan berikutnya mesin mati lagi, kejadian ini berulang-ulang sampai ketemu rest area. Di lokasi rest area mobil gue periksa normal, indikator bensin masih mendekati full, gue coba isi di SPBU hanya mampu masuk 14 liter berarti bensin memang masih full. Sambil berdoa perjalanan dilanjutkan ke Bandung dengan keyakinan Allah Pasti melindungi dari kejahatan mahluk apapun, Alhamdulillah setelah itu mobil tetap normal dan lancar walau berkali-kali melewati tanjakan dan turunan sampai tiba di Bandung dengan selamat. Gue sekarang sudah pindah ke Madiun – Jawa Timur dan tidak lagi menyusuri tol cipularang, mengingat kejadian aneh tersebut gue sekeluarga setiap berpergian kemanapun selalu berdoa dan berdzikir sepanjang perjalanan. So sobat-sobat berdoalah dimanapun berada memohon perlindungan Allah, karena hanya Allah Maha pelindung dari kejahatan mahluk apapun.

Cerita 6 Sumbangan dari Andi Soka

Bro,allhamdullillah gw cuma punya satu pengalaman yang sangat gak masuk diakal ; pada suatu malam gw pergi kebandung sama Rendi sepupu gw,kita brangkat dari bekasi jam 21.30.kita mampir di pom bensin tuk ngisi bensin dan makan KFC dulu. stelah smua dah selesai kita melanjutkan perjalanan.dipertengahan jalan rendi pesan sama gw kalo gw bawa mobilnya hati2 krn dia dah ngantuk mau tidur dan minta dibangunin kalo dah sampe pesteur.didalam perjalanan gw sendirian aja yang melek. singkat cerita pada saat sampe km 94 gw ngotak – ngatik tepe untuk dengerin radio karena CD dan kasetnya rusak dimobil tersebut dan yang bisa cuma radio aja.sebelum gw ngotak – ngatik gelombang radio gw yakin bener kalo depan blakang kanan kiri gw kosong gak ada mobil alias cuma mobil gw doang.gak tau kenapa tiba2 lampu sen kanan gw nyala sendiri dan pada saat bersamaan ada mobil melaju dgn kencang banget sbelah kanan lalu dengan reflek gw banting stir kekiri. allhandullillah gw bisa menyeimbangin mobil tersebut.disitu gw mulai istigfar dan baru gw inget kalo disebelah kanan gw ada suatu bukit dan gw yakini itu adlh makam kramat buat penyugihan karena diantara bukit itu ada tangga yang sangat panjang dan curam. itulah pengalaman gw lewat tol cipularang dan gw saranin kalo lewat daerah tersebut elo2 harus pada hati2 apalagi elo2 pada jalan malam. thx bro…… waspadalah – waspadalah……….

Update 4 september 2011

Dari fb teman(Tri Bowo Hermawan) :

Ok deh pak haji…., berhubung gw dah pindah ke sby dan dah nggak sering lewat situ…, gw cerita pengalaman pribadi gw aja ya…., tepatnya tahun 2009 hari dan tanggalnya gw lupa yang jelas pas gw baru balik sendirian dari surabaya landing di cengkareng jam 9 malam terus saya ke kantor rawamangun ambil kendaraan sekitar jam 11-an malam langsung ke bandung…., dan saat itu langsung saya trabas habis ke bandung (kecepatan rata2 lebih kurang 100 km/jam) ndak brenti di rest area….., memasuki km 90-an dah mulai terasa tuh kantuk tapi gw tahan sambil nyetel mp3 rock kenceng2 biar bisa melawan kantuk…, nah pas memasuki km 100 pas memasuki jembatan seklebatan gw lihat kayak ada orang yang mau nyebrang jalan……, tadinya gw mau injak rem sepersekian detik kemudian akhirnya gw putusin tetep tancap gas dan tidak jadi nginjak rem……, selepas lewat situ buluk kuduk berdiri terus nyampe exit tol buah batu……, semenjak kejadian itu gw kapok trabas habis dari jakarta……

sumber gambar : inilahjabar.com/read/detail/1771344/jasa-marga-bantah-km-96-cipularang-rawan-laka

Tambahan dari milis :

Dari tetangga :

INFO dr sebelah n pls correct :
….berdasarkan pengalaman pribadi dan berita kecelakaan Saiful Jamil kemarin. Mohon rekan2 sangat berhati2 di Jalan Tol Cipularang KM 90 – 101 begitupun sebaliknya. Kalo di perhatikan kontur jalan di km 90-101 tol cipularang posisi handling mobil (sedan / suv & mpv)cenderung jadi berubah drastis, entah karena aerodynamic / kondisi wind landscape (kalo kata supir travel sih “ghoib” wtf deh ya, lillahi ta ala), kendaraan tanpa dilengkapi vitur stabilizer dan (mostly Japanesse &Korean brand) bawaannya seperti mau understeer dan oversteer (speed average 80 – 100km/h). Rekan2 senior menduga bahwa pada saat speed tinggi dengan sudut jalan menurun 30 derajat, hampir semua mobil mengalami pergeseran center of gravitation. Sehingga oleng dan kehilangan keseimbangan. Itulah penting nya vitur ESP (Electronic Stabilizer Perform) ada di setiap kendaraan (sayang nya cuma European & American brand yg sudah dilengkapi ESP)Alangkah baiknya rekan2 “angkat gas” di km 90 – 101 – begitu pun sebaliknya – jalan Tol Cipularang dan melaluinya dengan speed average 50-60 km/h. (Stay di jalur tengah lebih baik)Tips : Jangan melebihi kecepatan 100km/h di jalan km 90-101, kalaupun lebih dan mengalami kecelakaan, anda akan sulit sekali dan tidak akan mendapat pembenaran dari pihak siapa-pun dan kapan-pun.Take care guys

Rgds,
Larasati TK85

Benar, lebih baik angkat gas daripada mengerem sambil berbelok. Bisa kehilangan traksi dan kehilangan kendali. Kalaupun mau mengerem sebaiknya jauh2 sebelumnya ketika masih lurus.

Cuma sedikit komentar:

Kecuali sedang sendirian, jangan di jalur tengah ya, kasian pengendara lain. Tetaplah dijalur anda. Kalau lagi sendirian dan dapet apexnya sih sebenarnya bisa 140 juga disitu. Yang ini jangan ditiru.

Salam,

Akhyar

Salaamun **!
Utk menceknya, larikan kendaraan anda 70km/jam di tikungan (ke kiri or
kanan) turunan itu dan lepas pegangan di setir! Kalau mobilnya tak mengikuti
tikungan tersebut dan berlawanan maka konstruksinya buruk! Saya sudah
mencobanya berkali-kali! Belum lagi permukaan aspalnya “bumpy”!
Di situ, bila anda nyupir Avanza/Xenia atau yg bentuknya seperti “roti”,
jangan larikan di atas 90km/jam! Bisa terbalik!
I disagree with Prof.Ofyar’s statement @MetroTV last night!
waSalamun **!
Z.Pontoh

Daftar kecelakaan Cipularang :

12 Apr 2010 – … pada beberapa potensi yang sangat mendukung terjadinya kecelakaan. … Ciputat Macet · Truk & Mobil Tangki Ciuman di KM 93 Cipularang Arah Bandung …

17 Sep 2010
Mobil travel yang mengalami kecelakaan di Tol Cipularang km 87 ternyata dari Cipaganti Travel. Mobil yang ditumpangi delapan orang termasuk sopir itu …

24 Sep 2010
Kecelakaan lalu lintas terjadi di KM 73 Tol Cipularang yang mengarah menuju Bandung, Jawa Barat. Pengemudi Suzuki Carry pick up dengan nopol D 8950 DI

23 Dec 2010
Terjadi insiden kecelakaan lalu lintas di kilometer 93 Tol Cipularang yang menuju arah Jakarta. Akibat kecelakaan ini, arus lalu lintas menuju Jakarta macet …

21 Feb 2011
Minibus travel yang mengalami tabrakan beruntun di KM 100 Tol Cipularang … Berdasarkan informasi dari Sentra Informasi Jasa Marga, kecelakaan terjadi

27 Apr 2011
Kijang Tabrak Truk di Tol Cipularang, 1 Orang Tewas & 5 Luka. Kecelakaan terjadi di KM 88500 Tol Cipularang arah Bandung. Sebuah Toyota Kijang …

5 Aug 2011
Kecelakaan terjadi di KM 88500 Tol Cipularang. Sebuah Toyota Kijang menabrak truk di tol tersebut. 1 Orang tewas dan 5 orang luka-luka akibat kecelakaan itu.

Sabtu 3 September 2011
Istri artis sekaligus pedangdut Saipul Jamil, Virginia Anggraeni, yang baru dinikahi pada Maret 2011 lalu, tewas dalam kecelakaan lalu lintas di jalan Tol Cipularang Km 97, Sabtu

Rabu 7 september 2011

http://www.detiknews.com/read/2011/09/07/083347/1717035/10/?992204topnews

Purwakarta – Sebuah kecelakaan maut terjadi di tol Cipularang KM 93 mengarah ke Jakarta. Sebuah mobil bermuatan 18 orang celaka hingga menewaskan 6 orang dan melukai 3 orang. Saat ini korban berada di RS Efarina Etaham, Purwakarta, Jawa Barat.

“Informasi yang kami terima, kendaraannya seperti mobil travel, menabrak pembatas jalan,” kata Deden, bagian sekuriti RS Efarina Etaham, kepada detikcom lewat telepon, Rabu (7/9/2011). Deden menuturkan, para korban dibawa ke RS sekitar pukul 06.00 WIB.

About these ads

Responses

  1. ih pada horror uy ceritanya, padahal saya sering PP jakarta – bandung lewat cikarang :D

    di tunggu lagi cerita lainnya yah :D

    http://dimas347.wordpress.com

    • keluargaku yang di jakarta juga sering lewat situ, ihhhh serem

    • kalo gitu pasti ad sesuatu yg bikin masalah di tol cipularang entah mahluk gaib atau sesuatu tapi yg penting selamat jangan sampe kecelakaan

  2. nice stories,not bad eventhougt that story true or not u must have data for that,

  3. Alhamdullilah bg mereka yg selamat smg senantiasa dlm perlindungan Allah SWT.biarlah ttp menjadi misteri dan dlm setiap perjalanan smg kita tak pernah dlm kondisi hilang pikiran

  4. sumpah, parno gw

  5. pak coba buat coding algoritma alatnya Ghostbusters. Konon orang Rusia sudah mengembangkan alat cari minyak pake antena low frequency. Masak cari hantu nggak bisa, hehehe
    Lumayan kalau bisa mass production chipnya, kasih antenna LF itu, pasti laku… Masalahnya cuma di kalibrasinya… :-P

  6. kurang kerjaan, nih orang! ngarang2 cerita misteri tol cipularang. semua itu bohong. masa dari hasil search di google semua cerita itu isinya semua sama. cerita itu iseng dikarang seseorang lalu disebar untuk menimbulkan kepanikan.

  7. yg tdk pernah mengalami peristiwa ganjil pasti rata -rata kurang kerjaan/ bohong, mungkin kalau tdk percaya bisa langsung ke petugas jalan tol cipularang. pasti langsung mendapat jawaban yg tdk terduga. txs

  8. BOHONG BANGET NIH CERITA!!!!

    saya pulang pergi seminggu sekali sudah 1,5 tahun pake mobil sendiri ato rame2, jam berapapun pulangnya dah pernah, dan gak pernah ada masalah tu…

    di km 90-120 tu pas enak2nya untuk ngebut. Top speed baru 140KM/Jam :D, blom nyoba lebih.

    yang bener tu di KM 68-72 banyak kambing yang ketabrak pas nyebrang. cos orang2 pada ngebut, dan kambingnya gak nunggu lampu merah buat nyebrang. v(^_^).

    klo pun ceritanya bener, coba sebutkan nama orang yang mengalaminya, tanggal brp dsb. Paling ini cerita2 yang dikarang buat acara misteri di radio2.

    • jangan takabur bung jadi manusia .. belum tentu yg terjadi pada orang lain akan terjadi pada kita jg. apalagi yg buruk2 kita berharap ga terjadi sama diri sendiri .. masa ente mau dikasi bukti dulu baru percaya .. ente mau ngerasain jg hal buruknya ?? pake sgala pamer topspeed pula .. kayak anak kecil saja ga ngerti baik buruknya pake topspeed topspeed-an segala .. lebih baik mencegah daripada mengobati/mengalami .. ya ga ??

    • gw doa’n lo spy ngalam’n kejadian2 d atas spy lo bisa percaya klo alam ghaib tuh emang ada,jd orng jngn takabur..
      selamat merasakan…

    • tau tu org di ksh tau malah di kra crta bhong,,org2 kya gtu emng hrs ngalami y biar dy percaya bhwa alm gaib tu emng ad

  9. bohong ato nggak, nggak ada salahnya kalo kita ambil cerita di atas sbg peringatan untuk selalu berhati2 dlm perjalanan. Nggak rugi khan klo berhati2??

  10. zzzzzzzz………….

    saya sering PP ke bandung bawa mobil sendiri kebetulan punya saudara banyak di bandung. tapi alhamdulillah belum pernah mengalami kecelakaan.
    tapi pernah 1 kali ketika saya sedang nyetir pada siang hari saya sangat ngantuk dan beberapa detik tertidur pas bangun udah ada truck dan saya pindah jalur yang tadinya di kanan sekarang di kiri. tapi itu murni kesalahan saya karna saya ketiduran bukan karena ada gangguan dari alam lain.

    percaya aja sama allah, pasti semua urusan kita di lancarkan. ^_^

  11. Salam kenal,

    Boleh ga, alamat website ini aq post ke facebook supaya temen-temenku tahu?

    Terima kasih

  12. gw seminggu sekali pp bdg-jkt dan selalu lewat cipularang alhamdulillah tdk pernah meneukan yg aneh itu. mlahan jalan cipularan aku jadikan ajang ngebut sekalian ngetes mobil n skill, top speed pernah smpe 200km/jam n rekor bdg-jkt tercepat 1jam perginya jm. 3 subuh…..

  13. Mang bisa aja bener. Cuma yang jadi masalah doa ga pas mo pegi? Kalo udah doa seh sante aja, hidup U di tangan Tuhan, kalo dia blom mo panggil U ya ga bakal mati2, setan jg ga bisa apa2. Hahaha…

  14. Ambil aja hikmah dari cerita itu, emang hidup mati ditentukan Allah, intinya lebih berhati-hati dalam perjalanan kita, kan semua jadi selamat okeeeeee

  15. kalo hantu kambing yang sering pada mati ketabrak di situ ada nggak? jangan2 yang bawa mobil ngedim2 tu hantu kambing ya?
    hehehe..
    dah ah, ga usah takut.Emang setan itu ada..dan kerjaan alias job description dia emang baut eh buat ngganggu manusia, usil, and nakut2in..kalo kita takut, berarti sukses deh proyek tol cipularangnya si setan..alamat bakalan beli rumah di cikarang and ganti mobil baru tuh si setan!ya ngga bos?

  16. Selalu ingat Allah !!!

  17. Hiiiyyy serem juga ya..
    Padahal aku juga tiap minggu pulang ke bandung dari jakarta..biasanya hari jum’at sore start dari jakarta..kadang sendirian bawa mobil..

    Tetapi kawan semua itu kita serahkan kepada yg di atas yaitu Tuhan Yang Maha Kuasa atas segalanya..berdo’a lah sebelum berangkat ..Insya Alloh kita dapat perlindungan Nya..Amien.

  18. makanya…selalu ingt ma yg diatas…jgn terlalu percaya ma yg nmny setan walopun mreka emang ada…lok ketemu..tantangin skalian…lok kita takut…kita bakal dibikin balbalan ma mreka.

  19. Friend gue tambahin dua pengalaman aneh pribadi gue di tol cipularang. Pengalaman aneh pertama gue saat perjalanan Bandung-Bekasi PP sendirian pake kijang dinas. Berangkat dari Bandung ke Bekasi Kondisi siang hari tidak ada masalah apa-apa, nah saat pulangnya dari Bekasi ke Bandung masuk tol cipularang kondisi sudah malam hari, Gue gak perhatiin udah di KM berapa kondisi jalan searah sepi cuman gue sendiri. Lamat-lamat tercium bau harum dan makin lama makin pekat, gue pikir krn alam masih asri maka pohon dipinggir jalan yang berbunga harumnya menyebar, untuk lebih menikmati aroma harum langsung dari udara luar lalu kaca jendela gue buka, aneh udara luar tidak berbau harum tapi harumnya tetap pekat di dalam mobil. Gue langsung baca Alfatihah, ayat Qursy, AlIkhlas, Alfalaq, Annas, dzikir, berulang-ulang, dgn keyakinan Allah pasti memberikan perlindungan. Tiba-tiba bau harum langsung berganti jadi bau bangkai busuk sampai pengin muntah, gue tetap berdoa berulang-ulang dgn suara dikeraskan sambil konsentrasi menyetir, tiba-tiba terdengar gonggongan anjing sambil menggeram sangat keras berulang-ulang di belakang mobil, gue sempat ngeri tapi gue tetap yakin tidak ada anjing dan Allah pasti melindungi, sekilas gue berpikir kalau ada mobil yang gue salip atau ada mobil yang menyalip gue maka sorot lampu depannya bisa gue manfaatkan mengamati kondisi dibelakang mobil lewat spion. Terkabul, samar-samar di depan terlihat bak belakang mobil truk yang akan tersusul, gue kasih dim untuk disalip dari sisi kanan. Setelah mobil truk tersalip seketika bau bangkai dan gonggongan anjing langsung hilang, memanfaatkan sorot lampu truk mengamati di belakang mobil memang tidak ada apa-apa. Alhamdulillah mobil melaju aman ke Bandung sambil gue terus berdoa.
    Pengalaman aneh ke-2 saat gue sekeluarga pulang dari Bekasi Ke Bandung membawa mobil sedan pribadi, berangkat dari Bekasi habis selesai sholat maghrib, masuk tol cipularang sudah gelap, setelah beberapa lama di tol cipularang saat jalan menanjak dan sangat sepi tiba-tiba mesin mati, menggunakan sisa kecepatan mobil gue pinggirkan lalu berhenti dan pasang handrem, sambil berpikir penyebab mesin mati, padahal sebelum berangkat semua sudah diperiksa, oli, busi, air radiator, bensin. Tiba-tiba gue sadar entah di KM berapa gue gak perhatiin tapi suasana sekitarnya mirip pengalaman aneh pertama, seluruh keluarga gue ajak berdoa dan tetap di dalam mobil menunggu ada mobil yang menyalip dan melaporkan ke petugas terdekat, yah gue emang gak pernah mencatat nomor telepon petugas tol. Emang ada mobil menyalip dan agak mengurangi kecepatan walau tidak berhenti, gue lega berarti ada yang lihat, setelah beberapa mobil menyalip gue coba lagi starter mobil… hlo bisa… alhamdulillah mobil jalan dan melewati tanjakan, tapi ditanjakan berikutnya mesin mati lagi walaupun sudah gue antisipasi pakai gigi dua bahkan gigi satu, gue sekeluarga berdoa terus, ada naluri jangan keluar dari mobil kalau udah ada mobil lain yang menyalip coba hidupkan mesin lagi, setelah benar ada mobil lain menyalip gue coba lagi starter mobil… hlo bisa lagi… mobil jalan lagi berhasil melewati tanjakan tapi ditanjakan berikutnya mesin mati lagi, kejadian ini berulang-ulang sampai ketemu rest area. Di lokasi rest area mobil gue periksa normal, indikator bensin masih mendekati full, gue coba isi di SPBU hanya mampu masuk 14 liter berarti bensin memang masih full. Sambil berdoa perjalanan dilanjutkan ke Bandung dengan keyakinan Allah Pasti melindungi dari kejahatan mahluk apapun, Alhamdulillah setelah itu mobil tetap normal dan lancar walau berkali-kali melewati tanjakan dan turunan sampai tiba di Bandung dengan selamat. Gue sekarang sudah pindah ke Madiun – Jawa Timur dan tidak lagi menyusuri tol cipularang, mengingat kejadian aneh tersebut gue sekeluarga setiap berpergian kemanapun selalu berdoa dan berdzikir sepanjang perjalanan. So sobat-sobat berdoalah dimanapun berada memohon perlindungan Allah, karena hanya Allah Maha pelindung dari kejahatan mahluk apapun.

    • Terima kasih atas sharingnya. Perjalanan malam memang berbahaya.

    • kejadiannya emang bener ada katanya di jembatan cipularang……ada pekerja yg terkubur…..

  20. Untuk dimengerti untuk saat ini, setan masih punya kuasa besar atas dunia ini sampai batas yg telah ditentukan. Lihatlah berapa banyak bencana,kejahatan yg terjadi terus menerus. Maka kenalilah Tuhanmu secara menyeluruh, pasti kamu bisa mengcounter kuasa setan…!

    • setan itu diciptakan untuk menggoda manusia jadi kita harus percaya pada tuhan kita,setan tidak menguasai dunia yang menguasai dunia adalah tuhan masing masing (agama)jika kta berani padanya dia yg akan takut pada manusia jika kta minta pertolongan kpd tuhan kita masing masing pasti tuhan kta akan mengabulkan supaya kta dilindungi. dari hal seperti itu.

  21. biasa aja paling boong !!!!!!!!!!!!!!

  22. emang kejadiannya bener ada???? di tol cipularang ada misteri apa aja????

  23. smoga yg pp jakarta-Bandung smuanya slamat amin……….

  24. seremm gila ,,
    jadii takutt lewatt cipularang ,,,

  25. kita harus percaya klo tuhan itu ada dan kta harus ingat namanya terus dalam hati jangan terlalu percaya sm begituan

  26. thx ya teman atas info’a, & smoga sllu tetap dilindungi bagi teman2 yang sring menggunakan jalan tol cipularang.

  27. udd lah gk ush di bhs

  28. asal banyak berzikir ueh

  29. semua nya itu harus di yakinin hati yang bersih maksud hati yang bersih kita harus percaya pada tuhan kita jangan samapai lupa berzikir seperti sebelum masuk ke km 68 – 72dngan membaca “assalamuaialaikum” dan baca ayat…

  30. saya juga mau bagi info, tapi ini gak mistis, ini kasus kriminal yg saya alami sendiri, di rest area km72 (daerah purwakarta), dari arah cikampek-bandung, setelah isi bensin saya hendak ke toilet dan parkir di kantin/food court yg berada sebelah kiri dari pintu masuk rest area tsb. Selang 5mnt setelah saya selesai dr toilet dan kembali ke mobil, ternyata kaca jendela mobil belakang sebelah kanan sudah pecah dan barang2 saya semua raib. Di sana hanya ada dua mobil, mobil saya dan mobil inova hitam penumpang nya 1 keluarga, jadi tidak mungkin merea yang melakukan, saya curiga kpd orang2 yg sedang duduk di kantin tsb, karena ketika saya panik minta tolong reaksi mereka menurut saya aneh dan sangat mencurigakan, saya bertanya (lebih tepat menuduh) kpd mrk yg ada di tempat apakah mengambil atau mengetahui dmn barang2 saya mereka hanya diam, logikanya kalau mereka merasa tdk bersalah mereka membela diri atau setidaknya bilang tidak tahu, tapi anehnya mereka hanya diam bahkan menunduk. ketika security datang mereka pun juga menjelaskan kejadian ini sering terjadi tapi pelaku tidak pernah terdeteksi. Saya yakin pelaku memang orang yang sering nongkrong di kantin itu, mencari korban dan pedagang disana bersekongkol atau mungkin takut dengan preman itu. Sayang sekali rest area tsb tidak di tunjang dengan pengamanan yg cukup (security hanya 6 orang untuk wilayah seluas itu, dan kantin tsb tdk ada yg jaga saat itu) juga tidak ada CCTV (hari gini gak pake CCTV?). Saya sadar ini cobaan dr tuhan, saya cuma ingin kejadian ini tidak menimpa orang lain, menghimbau kpd pengendara lain dan juga pengelola rest area tsb untuk lebih meningkatkan keamanan. terima kasih

    • iyah kelihatannya mereka mengincar pengendara wanita sendirian yang lemah. Kalau SPBU-nya tidak concern, sebaiknya SPBU itu dipublikasikan saja di media-media.

  31. saya telah mengalami kejadian ini , setelah sampai bandung saya 1minggu demam ……

    hantu di tol cipularang iseng abissssssssss !!!!

    • tw tuh mereka kan tempat tinggalnya di kuburan kok bisa ganggu manusia yah?? Apa pun masalahnya percayalah pada tuhan!!

      • bukan di kuburan kalee…. kalo di kuburan seh yg ud pd meninggal….

  32. dr jaman Rosul pun tahyul memang ada..tapi Nabi Muhamad melarang umatnya percaya akan tahyul..Musrik..mendekatkan pada Syrik karena itu pekerjaan Syaitan..Kalo percaya = bukan umat nabi Muhamad ( cukp tegas dan masuk akal )

  33. Bro,allhamdullillah gw cuma punya satu pengalaman yang sangat gak masuk diakal ; pada suatu malam gw pergi kebandung sama Rendi sepupu gw,kita brangkat dari bekasi jam 21.30.kita mampir di pom bensin tuk ngisi bensin dan makan KFC dulu. stelah smua dah selesai kita melanjutkan perjalanan.dipertengahan jalan rendi pesan sama gw kalo gw bawa mobilnya hati2 krn dia dah ngantuk mau tidur dan minta dibangunin kalo dah sampe pesteur.didalam perjalanan gw sendirian aja yang melek. singkat cerita pada saat sampe km 94 gw ngotak – ngatik tepe untuk dengerin radio karena CD dan kasetnya rusak dimobil tersebut dan yang bisa cuma radio aja.sebelum gw ngotak – ngatik gelombang radio gw yakin bener kalo depan blakang kanan kiri gw kosong gak ada mobil alias cuma mobil gw doang.gak tau kenapa tiba2 lampu sen kanan gw nyala sendiri dan pada saat bersamaan ada mobil melaju dgn kencang banget sbelah kanan lalu dengan reflek gw banting stir kekiri. allhandullillah gw bisa menyeimbangin mobil tersebut.disitu gw mulai istigfar dan baru gw inget kalo disebelah kanan gw ada suatu bukit dan gw yakini itu adlh makam kramat buat penyugihan karena diantara bukit itu ada tangga yang sangat panjang dan curam. itulah pengalaman gw lewat tol cipularang dan gw saranin kalo lewat daerah tersebut elo2 harus pada hati2 apalagi elo2 pada jalan malam. thx bro…… waspadalah – waspadalah……….

  34. udahhhh lah percaya tuh sama allah jgn sama setan

  35. Perjalanan adl perjuangan, yg penting iman hrs & hanya pd Allah. mghadapi polemik misteri yg demikian atau yg lebih misterius pun tdk prlu khawatir

    nie do’ax: “Subhanalladzi sakharalana Hadza wa Ma Kunna Lahu Mundzirin, wainna ilaa robbina lamun qolibuun”.

    gue udh pglaman lewat cipularang, bhkan jelajah seluruh pulau Jawa-Kalimantan siang-malam sendirian, dan alhamdulillah tdk prnah ada mslh. yg trjadi justru sbaliknya, prjalanan malam terasa bagai siang, hati senantiasa tentram, mata terasa bisa melihat ke empat sisi sekaligus. perut pun mudah lapar. (bukan brlebihan, perjalanan yg slalu istimewa itu trjadi saat diawali do’a diatas lalu sambil diperjalanan baca QS. Al-Kahfi). pgalaman luar biasa ini ingin saya bagikan pd sesama petualang jalanan. bkn mksd myombongkan diri saya. hny Allah lah sumber daya dan dg selalu mngingatx prjalanan anda akn terasa indah-menyenangkan.
    to Mas Mul, thx aja polemikx & brbagi ilmunya…

  36. setau saya keanehan yg terjadi di tol cipularang .
    -. terdapat makam keramat yg sangat sangat keramat , yang di jadikan jalan tol
    -. ada pohon keramat yg tidak bisa di tebang di sebelah kiri jalan tola arah ke bandung .
    -. melintasi gunung yg di jadikan tempat pesugihan , dan tempat tsb di jadikan jalan tol .
    -. daerah tsb tidak bisa di beton , hanya bisa di aspal .

  37. tadi malam saya berangkat dari jkt ke bandung pukul 11 nyampe di Bandung pukul 2 dinihari.
    Ntar di KM berapa tiba2 saya melihat ada seorang laki-laki berdiri di kiri jalan. Dilihat dari pakaian dan perabot yang dibawa, tampaknya di adalah pedagang asongan yg menjual minuman atau rokok yang biasanya ada di jalan2 raya.

    Nah pertanyaannya, pada jam2 segitu (waktu itu sekitar pukul 1.30) kondisi begitu sepi tanpa seorang manusiapun kecuali 1 atau 2 mobil yg kebetulan lewat, dia jual dagangannya ke siapa ya? Hihihihihiihi

  38. Allah menciptakan jin dan manusia semata-mata hanya untuk beribadah kepda Allah ,mata hanya untuk beribadah kepda Allah ,

  39. Iya bener toll cipularang itu memang anker, sebetulnya wajarlah, sebelum dijadikan jalan tol, itukan dulunya gunung.. Sedangkan klo didaerah pegunungan itu sangatlaah banyak makhluk” alam lain..dengan dibangunnya jln tol,jd keberadaan mereka jd terganggu..

  40. Ada hantu belanda&jepang kurus banget,lagi di rante,keliatanya ada bendera jepang&belanda di sampingnya

  41. Ini buat yang nga percaya memang hak mereka, belum lama ini 4 hari yang lalu terjadi kecelakaan lagi di tol cipularang. Rombongan asal bogor, 3 tewas 1 kritis 1 selamat. Aneh nya yang selamat supir nya. Yang meninggal 3 orang dan salahsatu nya itu luka2 nya sangatlah menyeramkan… wajah nya habis terkikis aspal.

    Percaya ngga percaya, yang penting tetap hati2.

  42. ini untuk bukti nya :

    http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/08/21/mobil-terbalik-di-tol-cipularang-2-tewas

    cuma yang di beritakan, sebenarnya yang meninggal 3 orang.

  43. Kemaren saya kecelakaan menabrak pembatas jalan + dinding jalan tol KM 67 … mobil saya hancur berantakan … karena bapak saya berusaha menghindari mobil yang terguling didepan ..

  44. makanya kalo dijalan selalu dzikir .. kalo bisa jgn dengerin radio.. mening nge dzikir aja terus di dalam hati.. insyaalah selamat sampe tujuan dan mobil kita dilindungi oleh allah swt.

  45. yang terakhir kali menimpa keluarga saipul jamil :(

  46. kullu nafsin dzaaiqotul mauut … setiap manusia pasti akan mati .. tinggal waktu saja yg menjawabnya … istighfar meminta ampun kepada Allah dan perbanyak dzikir mengingat-Nya .. itu saja.

  47. yang penting waspada & Hati2 + jgn lupa berdoa :D

  48. Setau saya toll cipularang memang angker….dl sewaktu kuliah sempat ad studi ke area jembatan cipada klo ndak slh….. Sy lupa yg pasti dikerjain sm pt. Hk, mreka bercerita pd saat konstruksi byk mahluk halus yg muncul saat mreka mengerjakan pondasi jmbatan nya…..dan klo ndak slh mreka smpe manggil paranormal 5 org utk membantu mreka mengusir mahluk halus tsb….pcya ga prcaya itu kuasa tuhan….yg pasti hati2 aj klo lwt sana….krn dulunya tanah bukit yg msh sepi…..

  49. sereeeem.

  50. Jangan lupa baca Do’a sebelum berkendara guys

  51. Bukannya gak percaya,tp sy sndri pnh ngebut bawa black panther di sepanjang tol cipularang krn mmg niatnya wkt itu sy mau bunuh diri tp alhamdulillah,gak ada kejadian apa2.P-P jakarta – bandung sy tempuh krg dr 4 jam.
    bagi yg tidak percaya penuh dan menganggap enteng cerita mistis cipularang,itu hak anda, tp sy hny mengingatkan, jgn takabur dg “menantang” makhluk ghaib.sy sndr menyesal n ngeri krn tlh mencoba melakukan percobaan bunuh diri dg ngebut di cipularang,untung اَللّهُ msh melindungi perjalanan sy wkt itu.

  52. thx ats ceritanya,bagus…..kita ambil positif’ya aja untuk bisa lebih berhati hati di daerah km itu,kerna emang faktanya seprti itu,banyak kejadian atau kecelakaan yg terjadi di KM tersebut,mungkin banyak alasan,kontur jalan atw apapun itu yg penting itu harus motifasi kitua untuk lebih berhati hati lagi…..ok

  53. jaga kondisi ttp fit dan bnyk berdoa.. keep safety first

  54. BOHONG!!!!! cerita ke 3. zzzz silahkan baca baik2.

    ini kutipan: “Dalam percakapannya di tlp,petugas memberikan ciri2 pakaian si anak tersebut… dan ternyata benar!.
    Akhirnya kedua orang tua tersebut langsung menuju pos tersebut,sambil ter heran2..”

    masa ketahuan ciri2 pakaiannya sama dengan saat anak tersebut kencing di perjalanan berangkat? padahal sudah aktivitas selama 2 hari di bandung.. belanja,makan, mandi,tidur dll pokoknya liburan.

    2 hari ga ganti baju tuh anak? zzzz

    bikin cerita nipu harus yang hebat dongg mabro..

    • hahaha…jeli bangeut abang yang satu ini….
      setuju juragan…nich anak kayanya bau bangeut, cause 2 hari gak mandi2….hahaha

      • di ulangin lagi aja mas bacanya…
        jd yg ikut ke bandung itu (belanja,makan, mandi,tidur dll pokoknya liburan) bukan anaknya…. tapi setannya..
        gitu maksutnya…

    • yah…masuk akal juga dong. Kan yang dimaksud adalah ciri-ciri pakaian si anak dua hari yang lalu, waktu ditinggal ortunya. melaju ke Bandung…….

    • haha,,,,,,liburannya gak bawa baju ganti siih..orang kayaa lewat cipularang..

  55. setuju wat cerita ke 3, ad yg janggal..
    tappi klo untk crita yg laen mah prcya g prcya…
    al’a sy prnh ngrasain ssuATU YG aneh d KM 100 wktu lbur kuliah plang k bkasi..

  56. ehmmmm…gitu doank jiahhhhhh….
    uuuhhh takutttttttt

  57. mgkn bwt yg blm ngalamin n’ gk prcy,sm0ga z ngalamin spy prcya..yg jls gw dlu prnh ngalamin dlu ma tmn2 “RISMA”karawang,hr tu gw n tmn2 abs jln2 dri bandung mw plg ke kerawang,pas d KM70,bau bgt bunga ddlm mobil tp pas d KM72 bau bgt bangke,qt 1m0bil smpt panik,tp alhmdllh stlh qt bc2 ayat2 alqur’an smua slmt mpe krwg..

  58. setaaann…!!!

  59. Sy jg ada pngalaman pribadi di tol cipularang tepatnya km 84..wktu itu sy dr jakarta sore sy lupa pkul brapa..di km 84 mbl sy sngja berhenti krna suami sy ngantuk dn akhirnya gntian dg sy..saat itu ada bus di dpn sy..sy ambil jalur kiri..ktika sy mw ke knan nyalip itu bus ngikut ke knan..dbelakang ada mobil ngedim2 tp sy tdk smpat lht spion mbl ap yg ngedim2 dblkng sy..akhirny sy urungkn niat utk nyalip..bus ttp dknan dn sy balik ke jalur kiri lg..sketika itu sy mlihat ban bus tiba2 brgoyang sprti mw lepas..tiba2 bus itu ke jalur kiri lg..saat itu sedang gerimis..ketika sy hendak ke knan bus itu ngikut ke kanan lg..sy beranikan diri nyalip bus dr kiri sambil bc al fatihah dan ayat kursi..syukurlah akhirny selamat nyalip bus td..be carefull ya guys klo lewat tol cipularang..

  60. Saya beberapa kali dalam sebulan rutin melewati jalan tol tsb, saya cukup hapal dengan medan jalan dikm yg dibilang kebanyakan org angker. Kontur jalan yg lurus, nanjak, berbelok sangat resiko bila kecepatan mobil diatas 80km, walaupun kalo kita pake sedan ngebut diatas 120km jg rasanya ttp nyaman, tp kl lebih konsen lagi sdh ada papan peringatan kecepatan mobil maksimal 80km/jam. Bila merasa kelelahan dan kantuk sebaiknya carilah rest area terdekat dan beristirahatlah sejenak. Terlepas dari gaib atau misterinya, sebaiknya kita slalu berdoa mohon perlindungan Allah sebelum memulai berkendara, karena bahaya dan musibah adalah diluar rencana manusia..

  61. kalau di Perancis ada jembatan gantung yang di kiri kanannya dipasangi kaca besar sehingga angin ga menganggu kendaraan yang lewat, bukan cuma papan pengumuman AWAS ANGIN DARI SAMPING spt di Cipularang.
    masa pengendara yang di jalan yang harus antisipasi, sedangkan jasa marga hanya merespon dengan papan pengumuman.
    coba para ahli jalan pikirkan juga jalan keluarnya !!!

  62. Kayanya petugas jasa marga harus sewa Tim Pemburu Hantu dan Bang Napi kali yaa ! Trims tuk infonya

  63. setuju,..masukin botol tuh semua hantu cipularang!

  64. serem jga ya cipularang…tapi setau sya memang klo tempat2 kya gitu nyari tumbalnya sendiri…..klo pesugihan kan tumbalnya di reQuest sma setannya tpi biasanya klo pembangunan jalan,jembatan,dan bangunan2 bertingkat biasanya tumbalnya nyari sendiri…

  65. wow, gw ma kel. gw sering bgt-bgt-bgt lewat tol cipularang…, dan alhamdulilah ga kejadian apa2…,
    hmm…, lumayan buat info., makasih ya infonya..^^

  66. Ada beberapa hal yang menentukan keselamatan kita saat mengendarai kendaraan, antara lain: Kendaraan, Jalan, Cuaca, Pengendara sendiri dan selebihnya tentunya adalah Kuasa Allah. Bisa saja kendaraannya baik, jalanannya baik, cuacanya baik dan pengendaranya juga mengendarai dengan baik, tetapi Allah menentukan lain, misalnya mungkin saja ada kendaraan lain yang kehilangan kendali dan selanjutnya mencelakai kita.
    Pengalaman pribadi, saya juga pernah nyaris celaka ketika berkendara di TOL Jakarta – Cikampek. Boleh dibilang sekarang ini ini adalah nyawa kedua bagi saya dan teman saya. Kejadiannya sudah lama sekali, tahun 2002, jadi sebelum TOL Cipularang dibangun. Kejadiannya begini; ketika itu saya sedang dalam perjalanan dinas Jakarta menuju Cikampek bersama rekan kantor via TOL. Sampai antara Bekasi – Cikarang turun hujan gerimis. Saya yang berada di Jalur cepat dengan kecepatan 90-100 km/jam ternyata terhalang oleh Truk. Karena nggak sabar menunggu, saya coba mendahului dari sebelah kiri, namun belum sempat mendahului di jalur tersebut juga ada truk lagi dengan kecepatan lebih rendah sehingga saya harus menginjak rem untuk mengurangi kecepatan. Apa yang terjadi…. roda mobil slip, dan celakanya kok ngebanting ke kanan sehingga ujung depan mobil menuju kolong truk yang ada di samping kanan yang saya salip. Sudah terbayang mobil akan hancur masuk kolong truk. Namun dalam hati saya bertekad tidak ingin mati saat itu dan setir saya banting ke kiri, saya terbebas dari menghantam truk tapi bagian belakang mobil jadi terbanting ke kanan dan mobil terasa akan berputar, saya banting lagi stir ke kanan dstnya sehingga mobil jadi zigzag entah berapa kali sampai akhirnya kembali normal. Alhamdulillah ternyata Allah masih melindungi kami.
    Setelah itu saya jadi trauma bila mengerem kendaraan, apalagi bila jalanan basah, terasa seperti mau ngebanting ke kanan aja, walaupun mobil sudah saya spooring dan balancing. Dan di pengalaman yang lain, pernah mobil saya diseruduk dari belakang hingga hancur bagasinya karena beriringan lari kencang di jalan Purwakarta – Padalarang (bukan TOL) tiba-tiba mobil paling depan berhenti diikuti mobil-mobil di belakangnya, saya otomatis menginjak rem dan untung tidak menghantam mobil di depan walau jarak tinggal kurang lebih satu meter saja. Tapi …. bhruaakk!!!, mobil di belakang menghantam mobil saya. Bagasi melesak hingga tidak bisa dibuka. Setelah itu bertambah trauma saya, setiap mengerem mobil selalu berpikir apakah yang belakang masih punya jarak yang cukup untuk mengerem juga. Tapi Alhamdulillah saya masih sering menyetir mobil sendiri, termasuk bandung-surabaya langsung bahkan sambil tetap puasa ramadhan ketika mudik lebaran.
    Semua ini menjadi pelajaran bagi saya, dan mungkin juga bagi yang lain, bahwa ketika berkendara di jalan raya bisa saja terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu kita harus meminimalisir potensi-potensi yang bisa menyebabkan kita celaka atau mencelakai orang lain.
    Berbicara masalah TOL Cipularang, saya sebagai civil engineer di satu perusahaan transportasi, berpendapat bahwa geometri jalan TOL tersebut di beberapa titik khususnya di tikungan gometrinya kurang baik. Super elevasi atau kemiringan ke kiri/ ke kanan saat di tikungan kelihatannya kurang. Setiap kendaraan akan mendapatkan gaya sentrifugal saat kendaraan melaju kencang di tikungan. Gaya sentrifugal dengan parameter MASA (berat kendaraan) dikali KUADRAT KECEPATAN dan dibagi RADIUS (jari-jari) tikungan akan membuat kendaraan terbanting atau bahkan terguling keluar tikungan bila kurang diimbangi dengan kemiringan tikungan. Dengan kata lain semakin besar MASA (Berat Kendaran & Muatan), maka gaya sentrifugal juga semakin besar. Demikian juga semakin tinggi KECEPATAN, maka gaya sentrifugal juga semakin besar. Sedangkan untuk RADIUS adalah sebaliknya, semakin kecil radius tikungan, maka gaya sentrifugal semakin besar. Fungsi dari kemiringan tikungan ini adalah melawan gaya sentrifugal tersebut sehingga kendaraan kita tidak terlempar keluar tikungan.
    Namun pada diri manusia sebenarnya dilengkapi dengan sensor, apabila gaya sentrifugal berlebihan, akan terasa tidak nyaman pada diri kita, kita terasa terbanting ke samping. Nah saat itu seyogyanya kecepatan kendaraan diturunkan saja.
    Selanjutnya sebaiknya jangan sampai kita atau saudara kita yang telah mengalami CELAKA FISIK ditambah – tambahi dengan CELAKA AQIDAH, karena mengkait-kaitkan semuanya ini dengan hal-hal yang bersifat mistis yang akan menjerumuskan kita pada kesyirikan.

  67. Ada beberapa hal yang menentukan keselamatan kita saat mengendarai kendaraan, antara lain: Kendaraan, Jalan, Cuaca, Pengendara sendiri dan selebihnya tentunya adalah Kuasa Allah. Bisa saja kendaraannya baik, jalanannya baik, cuacanya baik dan pengendaranya juga mengendarai dengan baik, tetapi Allah menentukan lain, misalnya mungkin saja ada kendaraan lain yang kehilangan kendali dan selanjutnya mencelakai kita.
    Pengalaman pribadi, saya juga pernah nyaris celaka ketika berkendara di TOL Jakarta – Cikampek. Boleh dibilang sekarang ini ini adalah nyawa kedua bagi saya dan teman saya. Kejadiannya sudah lama sekali, tahun 2002, jadi sebelum TOL Cipularang dibangun. Kejadiannya begini; ketika itu saya sedang dalam perjalanan dinas Jakarta menuju Cikampek bersama rekan kantor via TOL. Sampai antara Bekasi – Cikarang turun hujan gerimis. Saya yang berada di Jalur cepat dengan kecepatan 90-100 km/jam ternyata terhalang oleh Truk. Karena nggak sabar menunggu, saya coba mendahului dari sebelah kiri, namun belum sempat mendahului di jalur tersebut juga ada truk lagi dengan kecepatan lebih rendah sehingga saya harus menginjak rem untuk mengurangi kecepatan. Apa yang terjadi…. roda mobil slip, dan celakanya kok ngebanting ke kanan sehingga ujung depan mobil menuju kolong truk yang ada di samping kanan yang saya salip. Sudah terbayang mobil akan hancur masuk kolong truk. Namun dalam hati saya bertekad tidak ingin mati saat itu dan setir saya banting ke kiri, saya terbebas dari menghantam truk tapi bagian belakang mobil jadi terbanting ke kanan dan mobil terasa akan berputar, saya banting lagi stir ke kanan dstnya sehingga mobil jadi zigzag entah berapa kali sampai akhirnya kembali normal. Alhamdulillah ternyata Allah masih melindungi kami.
    Setelah itu saya jadi trauma bila mengerem kendaraan, apalagi bila jalanan basah, terasa seperti mau ngebanting ke kanan aja, walaupun mobil sudah saya spooring dan balancing. Dan di pengalaman yang lain, pernah mobil saya diseruduk dari belakang hingga hancur bagasinya karena beriringan lari kencang di jalan Purwakarta – Padalarang (bukan TOL) tiba-tiba mobil paling depan berhenti diikuti mobil-mobil di belakangnya, saya otomatis menginjak rem dan untung tidak menghantam mobil di depan walau jarak tinggal kurang lebih satu meter saja. Tapi …. bhruaakk!!!, mobil di belakang menghantam mobil saya. Bagasi melesak hingga tidak bisa dibuka. Setelah itu bertambah trauma saya, setiap mengerem mobil selalu berpikir apakah yang belakang masih punya jarak yang cukup untuk mengerem juga. Tapi Alhamdulillah saya masih sering menyetir mobil sendiri, termasuk bandung-surabaya langsung bahkan sambil tetap puasa ramadhan ketika mudik lebaran.
    Semua ini menjadi pelajaran bagi saya, dan mungkin juga bagi yang lain, bahwa ketika berkendara di jalan raya bisa saja terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu kita harus meminimalisir potensi-potensi yang bisa menyebabkan kita celaka atau mencelakai orang lain.
    Berbicara masalah TOL Cipularang, saya sebagai civil engineer di satu perusahaan transportasi, berpendapat bahwa geometri jalan TOL tersebut di beberapa titik khususnya di tikungan gometrinya kurang baik. Super elevasi atau kemiringan ke kiri/ ke kanan saat di tikungan kelihatannya kurang. Setiap kendaraan akan mendapatkan gaya sentrifugal saat kendaraan melaju kencang di tikungan. Gaya sentrifugal dengan parameter MASA (berat kendaraan) dikali KUADRAT KECEPATAN dan dibagi RADIUS (jari-jari) tikungan akan membuat kendaraan terbanting atau bahkan terguling keluar tikungan bila kurang diimbangi dengan kemiringan tikungan. Dengan kata lain semakin besar MASA (Berat Kendaran & Muatan), maka gaya sentrifugal juga semakin besar. Demikian juga semakin tinggi KECEPATAN, maka gaya sentrifugal juga semakin besar. Sedangkan untuk RADIUS adalah sebaliknya, semakin kecil radius tikungan, maka gaya sentrifugal semakin besar. Fungsi dari kemiringan tikungan ini adalah melawan gaya sentrifugal tersebut sehingga kendaraan kita tidak terlempar keluar tikungan.
    Namun pada diri manusia sebenarnya dilengkapi dengan sensor, apabila gaya sentrifugal berlebihan, akan terasa tidak nyaman pada diri kita, kita terasa terbanting ke samping. Nah saat itu seyogyanya kecepatan kendaraan diturunkan saja.
    Selanjutnya sebaiknya jangan sampai kita atau saudara kita yang telah mengalami CELAKA FISIK ditambah – tambahi dengan CELAKA AQIDAH, karena mengkait-kaitkan semuanya ini dengan hal-hal yang bersifat mistis yang akan menjerumuskan kita pada kesyirikan.

  68. uih sereeeeeeeeeeeeeeeeeem bangeeeeeeeeeeeeets

  69. ikut nimbrung ah dikit..
    Kalo mau dihubungkan dengan hal-hal ghaib atau adanya mahluk lain (tp tetep mahluknya Allah SWT, jd tidak perlu khawatir, krn sm2 mahluk-Nya). setahu saya yg kebetulan orang asli wilayah/daerah KM 90-91, Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Dan kebetulan salah satu ruas jalan tol itu dulunya kebun kakek saya yg kena gusuran..jd sedikit tahu lah tntg daerah itu dulunya seperti apa dan skr pun seperti apa.. dari dulu daerah situ emang agak serem walopun sesekali saya suka maen2 juga ke situ :
    1. Kawasan gunung hejo adalah salah satu tempat yg biasa dikunjungin orang buat pesugihan..KM 90-100, yg ada pohon besarnya dipingir jalan tol..
    2. Ada sumur tua dan menurut saudara2 sy, ada beberapa orang yg meninggal karena kecebur kedalam sumur itu, dan sumur itu skr tepat berada disalah satu ruas jalan tol KM 90-91
    3. Ada makam/kuburan keramat tepat berada disalah saru ruas jalan tol..

    misteri patung kepala harimau jg sebetulnya ada ceritanya.. pun dengan batu pada salah satu sisi ruas jalan tol yg tidak bisa dipindahkan walaopun sudah di dinamit.. orang Jepang aja katanya cuma bisa geleng-geleng kepala liat hal-hal yg aneh begitu… hehe..

    Pada awal-awal pemberlakuan jalan tol Cipularang banyak orang asli yg meninggal karena keserempet atau ketabrak mobil didaerah situ, maklum biasanya kalo ke kebun kan mereka gak perlu pake nyebrang, skr pake nyebrang, jd dulu banyak banget kejadian di situ.. kalo skr c udah bisa diminimalisir krn mereka muai sadar utk menggunakan jembatan penyebrangan walopun utk nyampe jembatan penyebrangan itu mereka harus muter sejauh 500-1000 meter.

    diluar hal mistis dan kejadian2 itu, kalo menurut saya mah, yg paling dirugikan dari pembangunan ruas jalan tol cipularang itu adalah orang-orang alias warga masyarakat diruas jalan Jakarta-Purwakarta-bandung yg lama.. perekonomian masyarakatnya HANCUR karena adanya jalan tol itu.. warung peuyeum, warung makan, pom bensin, tambal ban, dll, hancur semua..sepiiiiii…pisan…

    • sipp.. sipp.. infonya :)

  70. cerita panujang misteri Tol Cipularang….

  71. untuk cerita nomor 3 itu HOAX

  72. Thanks for sharing2 yg bagus, saya jadi tertegur untuk berhati-hati, karena pengalaman saya benar2 jadi mengerikan kalo udh denger sharing kalian, saya pernah bawa kijang lsx bandung – Jakarta lewat cipularang jam 20.30 kecepatan rata2 130 km/jam top speed 165 km/jam. Saya bingung koq bisa yah ha Ada 1 Mobil pun yg menyusul saya padahal cuma kijang doank Dan perjalanan Bdg – Jkt ditempuh dalam waktu 75 menit saja sampe gerbang tol pondok gede. Ternyata saya baru tau Skr, bahwa org2 udh Pada tau kalo tol itu angker pantesan saya paling kenceng Di tol seraya yg lain berhati2, ampun deh maap yeh gw Br nyadar skr. Waktu pake lancer lebih parah lagi kec rata2 150 km/jam top speed 180 km/jam, kaya orang gila aja..sekali lagi maap yah para pengguna jalan atas kelakuan saya Hihihi. Ada sedikit tips nih buat pengguna tol, Skr jml Mobil semakin banyak Dan banyak pula yg baru bisa nyetir udh maen jejek aja Tuh gas Di tol cipularang. Nah perlu tau dikit2 Tuh apa istilah gaya sentrifugal, derajat kemiringan n wind landscape.. nah Ada tikungan maut yg panjang menurun Dan anginnya kencang Dan asik juga sih buat ngebut Di tol cipularang saya Ga tau itu km berapa Dan saya Ga pernah baca ptunjuk km berapanya yg penting ngebut dan cepet nyampe. Nah kalo dari Bdg – Jkt tikungannya ke arah kiri Tapi sebenernya jalan yg deket median jalan udh lebih tinggi posisinya daripada baju jalan, itu sebenernya utk menghindari Mobil terguling saat ngebut, nah ambil jalur kanan sambil belok sedikit demi sedikit ke arah kiri Dan Mobil Anda pasti akan ke kiri Dan saat tikungannya habis posisi Mobil anda akan Ada Di jalur lambat , itu tujuannya utk melawan gaya sentrifugal. Apabila Anda menyetir Di jalur lambat Dan menikung ke kiri dgn high speed maka tergulinglah anda karna gaya sentrifugal dekat dengan poros putaran lebih tinggi dibanding dgn sisi yg lebih jauh dari poros putaran (Di jalur dekat median jalan maksudnya). Begitu pula sebaliknya kalo belok ke kanan berarti Mobil Anda dari sisi bahu jalan belok ke kanan sedikit demi sedikit hingga pindah jalur (utk melawan gaya sentrifugal). Tapi tips ini hrus liat sikon yah , kalo penuh Mobil yah jgn ngebut…hehehe… Pokonya intinya mobil harus mempunyai kecenderungan jalan lurus untuk menghindari “mabal” Dan tiguling car… Tips ini sering saya aplikasikan juga Di jalan luar kotaan Tanpa tol Dan dua arah yg berlawanan (dulu sih belajarnya Di jalan bandung – lembang yg berkelok – kelok..Tapi semuanya harus liat sikon Dan Tanpa ragu2 Tapi ngga boleh “negong” hehehe sekian Dan terimakasih

  73. Thanks for sharing2 yg bagus, saya jadi tertegur untuk berhati-hati, karena pengalaman saya benar2 jadi mengerikan kalo udh denger sharing kalian, saya pernah bawa kijang lsx bandung – Jakarta lewat cipularang jam 20.30 kecepatan rata2 130 km/jam top speed 165 km/jam. Saya bingung koq bisa yah ha Ada 1 Mobil pun yg menyusul saya padahal cuma kijang doank Dan perjalanan Bdg – Jkt ditempuh dalam waktu 75 menit saja sampe gerbang tol pondok gede. Ternyata saya baru tau Skr, bahwa org2 udh Pada tau kalo tol itu angker pantesan saya paling kenceng Di tol seraya yg lain berhati2, ampun deh maap yeh gw Br nyadar skr. Waktu pake lancer lebih parah lagi kec rata2 150 km/jam top speed 180 km/jam, kaya orang gila aja..sekali lagi maap yah para pengguna jalan atas kelakuan saya Hihihi. Ada sedikit tips nih buat pengguna tol, Skr jml Mobil semakin banyak Dan banyak pula yg baru bisa nyetir udh maen jejek aja Tuh gas Di tol cipularang. Nah perlu tau dikit2 Tuh apa istilah gaya sentrifugal, derajat kemiringan n wind landscape.. nah Ada tikungan maut yg panjang menurun Dan anginnya kencang Dan asik juga sih buat ngebut Di tol cipularang saya Ga tau itu km berapa Dan saya Ga pernah baca ptunjuk km berapanya yg penting ngebut dan cepet nyampe. Nah kalo dari Bdg – Jkt tikungannya ke arah kiri Tapi sebenernya jalan yg deket median jalan udh lebih tinggi posisinya daripada baju jalan, itu sebenernya utk menghindari Mobil terguling saat ngebut, nah ambil jalur kanan sambil belok sedikit demi sedikit ke arah kiri Dan Mobil Anda pasti akan ke kiri Dan saat tikungannya habis posisi Mobil anda akan Ada Di jalur lambat , itu tujuannya utk melawan gaya sentrifugal. Apabila Anda menyetir Di jalur lambat Dan menikung ke kiri dgn high speed maka tergulinglah anda karna gaya sentrifugal dekat dengan poros putaran lebih tinggi dibanding dgn sisi yg lebih jauh dari poros putaran (Di jalur dekat median jalan maksudnya). Begitu pula sebaliknya kalo belok ke kanan berarti Mobil Anda dari sisi bahu jalan belok ke kanan sedikit demi sedikit hingga pindah jalur (utk melawan gaya sentrifugal). Tapi tips ini hrus liat sikon yah , kalo penuh Mobil yah jgn ngebut…hehehe… Pokonya intinya mobil harus mempunyai kecenderungan jalan lurus untuk menghindari “mabal” Dan tiguling car… Tips ini sering saya aplikasikan juga Di jalan luar kotaan Tanpa tol Dan dua arah yg berlawanan (dulu sih belajarnya Di jalan bandung – lembang yg berkelok – kelok..Tapi semuanya harus liat sikon Dan Tanpa ragu2 Tapi ngga boleh “negong” hehehe sekian Dan terimakasih

  74. Saya mau tanya aja neh. KayaknyÀ ada yg kurang ya dlm daftar kecelakaan karena pengalaman suami saya pada tgl 28 februari 2011 pas perjalanan ke bandung tepat jam 3pagi ( dalam mobil beris 3 orang termasuk suami saya ). Tiba2 telp temennya berdering itu dr mamanya yg mengabarkan travel x’trans kecelakaan kebetulan temennya itu klo tdk brg dgn suami saya akan nai travel x’trans itu jam 9 malam. Alhamdulillah ttemannya memilih brg suami saya dan saya Bersyukur suami saya berangkat jam 3 pagi bukan jam 9 malam juga

    • iyah daftar kecelakaan diatas adalah hasil search google di m.detik.com, dan tidak semua kecelakaan dimuat beritanya. Daftar lengkapnya yang punya pihak DISHUB, pengelola TOL dan kepolisian. Saya kira daftar lengkapnya jauh lebih panjang :) .

  75. memang bener….tol cipularang itu memang angker,,,5 hr lalu..tmn saya sekeluarga lewat tol km 97..tmn saya ibu dan adiknya,,melihatt ad seorang wanita baju putih duduk d pinggir tol jam 23.00 wib..sekeluarga terdiam smua

  76. [...] Sumber http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/06/15/misteri-tol-cipularang-bandung-km-68-72/ [...]

  77. ya memang opini seseorang berbeda beda,mungkin
    dgn adanya cerita dan kejadian kejadian tersebut kita dapat mengambil pengalaman dan hal yang positifnya saja..
    Thx.. :)

  78. terima kasih atas infonya

    • sama-sama :)

  79. tol cipularang kan pemandangannya bagus, keluarga ku dah lewat situ 15 kali g ada apa apa tuh…

  80. astahgfirullah robbal barooyaaa astaghfirullah minal khotoyaaa…
    istighfar saudara2ku…….
    berdo’alah pd allh dan serahkan seumanya padanya…. insaallh kta nggakkn pernah di takuti2 ibliss.. sesungguhnya iblis itu mmng ad.
    tpi klo kt sll ingt allh iblis itu akn tkut pda kita

  81. kondisi jalan tol memancing qt tanpa sadar utk memacu kendaraan……
    memang mangasyikan mengemudi di tol cipularang, namun dapat membuat pengemudi terlena…….
    terakhir aq lewat tol cipularang pada 9 sept 2012….
    faktor psikologis sangat berpengaruh….waspadalah……

  82. yg jelas berhatihati
    berdoa sblo, pergi
    emang angker (ghoib)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: