Oleh: mulyanto | 2 Mei, 2010

[F1ZR] Cara Modifikasi Kopling Manual


Berikut cara modifikasi kopling banci F1ZR menjadi kopling manual. Pada dasarnya yang dilakukan hanya mengganti clucth carrier dengan sproket/gear depan no 12 (12 mata). Yang paling sederhana gear depan langsung dipasang tanpa ada proses bubut dan las. Jadi drum hanya terjepit oleh gear 12. Kelebihan cara ini adalah proses cepat dan sederhana (seperti iklan rentenir yah :) ) dan tidak merusak. Hanya cara ini umurnya paling 20-30 km sebelum akhirnya mur yang menjepit gear kendur. Mur kendur karena mur tidak mendapat drat yang cukup karena gear terlalu tebal. Jadi kalau pakai cara ini mungkin gear-nya harus ditipiskan dulu (dibubut). Kalau bisa dibuatkan kaitan antara gear dan drum.

Cara berikutnya adalah cara yang merusak(tidak bisa direstore) seperti gambar dibawah ini :

Gear dilas permanen pada drum. Agar mur mendapat drat yang cukup, lingkar dibagian tengah drum dibubut habis.

Dengan cara ini drum terhubung kuat pada kruk-as. Jangan lupa keluarkan dulu cage, bos cage, dan pelor2-nya kemudian simpan.

Sebulan saya menggunakan kopling manual (dengan cara bubut-las), pengalaman saya adalah :
1. Top speed sama saja
2. Akselerasi malah menurun kecuali main setengah kopling dan gas dulu baru naik gigi.
3. Bahaya di saat kritis. Bayangkan ketika harus berhenti/manuver mendadak untuk menghindari tabrakan. Karena tidak terlatih dengan kopling manual malah jadi bikin kagok.
4. Ngga enak buat sambil ngerokok, apalagi kalau pake helm full face hahahahaha. Buat jalan santai/pelan juga tidak enak karena harus mengkopling ketika seher terasa ndet-ndetan. Apalagi kalau jalan macet.

Akhirnya kemarin kopling saya restore kembali ke kopling banci. Saya memakai drum-set( ada cage, bos cage dsb) bekas yang saya beli di Jatayu. Drum yang sudah dimodifikasi tidak bisa direstore. Ternyata kelas saya adalah kelas bebek hahahahahaha.

Oh yah bengkel mana yang bisa menanganinya? Semua bengkel yang mempunyai alat las bisa mengerjakannya. Copot drum dan bawa ke bengkel bubut. Sesudah itu pasang drum di kruk-as. Pasang gear dan di kecangin dengan mur. Las gear pada 2 titik. Copot kembali drum-nya, las gear pada semua kelilingnya. Pasang kembali di kruk as dan seterusnya. Berapa biayanya ?
- biaya bubut 10 rb – 20 rb
- biaya las 10 rb – 20 rb
- gear 12 10 rb
- seal kopling 10 rb.
- ongkos 30 rb – 50 rb
Lebih murah pada bengkel kecil (mekaniknya yah owner bengkel).

Jangan lupa kalau tutup mesin bagian kopling dibuka, ganti oli pakai 1 liter jangan 800 cc ! Ngga percaya? Masukin saja oli 800 cc, cek ketinggian oli di pengukur(tutup oli) pasti kurang. Tambahkan lagi 200 cc, baru penuh.

About these ads

Responses

  1. wah.. postingan bagus bro..

    ditunggu kunjung baliknya..
    http://hilmyinfo.wordpress.com/2010/05/02/yang-tertinggal-dari-demi-seni-pulusan-orang-ini-rela-ber-bugil-ria-pic-for-21-sunting/

  2. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/05/02/cara-modifikasi-kopling-manual/ Kalau kemarin-kemarin saya cerita tentang CAGE, itu yang no 7. CAGE beserta enam buah pelor-nya (pin, dowel, no membentuk suatu bearing. Yang saya nggak ngerti kenapa tidak seperti bearing konvensional saja. Kenapa harus dari fiber? [...]

  3. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/05/02/cara-modifikasi-kopling-manual/ [...]

  4. Nice artikel….
    Kalo yang full clutch modif ke non bisa gak Bro? Thanks………….Salam kenal :)

    • repot, biasanya as yang full clutch lebih pendek. Kudu ganti as-nya sama dengan as yang otomatic. Trus mesti cari drum cs, paling di loakan/pretelan.

  5. Thanks……….kudu cari bahannya dulu nih,mudah2 aja masih ada yg jual…..hehe….secara barang antik ini

  6. mas masih bingung buat kopling yang galak,sma enteng,…pkenya cman blok jupiter,stut thunder,kampas standart,,..sma mau tanya bubut brapa ya klo mau diganti kampas fr 80,..makasih sebelumnya

  7. mas, kaLo ganti kampas kopLing kira” habis berapa ?¿?

    • 1. kampas fizr 70 rb (kayaknya), 2. seal 10 rb, 3. oli mesin 30-40 rb, 4. ongkos 20-30 rb.

      • kampas 70rb itu ori apa bukan ?¿?

      • itu kampas fizr ori harga thn 2008 di jawa.

  8. mau tanya, kaLo oLi mesin yang bagus buat fizr oli apa ?¿?

    • oli yang kental, yang SAE 20-50. Misalnya ENDURO. Jangan yang racing (encer, SAE 10-40).

  9. mas motor saya f1zr tahun 97 …
    gak ada koplingnya ..

    gmana biar bisa ditambahin kopling ..
    trus brapa biaya yang mesti dikeluarin ..

    makasih mas

  10. Bda’a k0pling full clotch ma k0pling banci ap.? Cz w pnya f1zr yg full chotch

    • full clutch tidak pakai rangkaian otomatis lagi. ngga ada drum, ngga ada cage dsb. As kruk-as pendek langsung nyambung ke mangkok kopling.

  11. Brarti pnya w f1zr full clotch kya mt0r gede y. Bkan k0pling bnci kya mt0r be2k y..?

    • full clucth tapi bukan full clutch seperti motor gede atau motor sport. jadi full clutch-nya fizr ngga full clucth banget ngga macho kayak motor gede atau motor sport :) .

  12. mas speda fiz r qw kq msinnya bsa bnyi kluk” wktu sya full clutch. .!!
    ithu knpa ia mas . .???

    mkasih

    • waduh ngga tahu, belum pernah ngalami :)

    • mungkin kurk as nya yg udh mlai lari tw stang seher nya yg jaga udh agk bengkok. dulu f1zr w jga gtu, kta mekanik saya itu yg kna ..

  13. mas brow ni ane mau tanya,,, kira2 ap yang terjadi pada fizR ane, gigi porleneng bisa masuk 1-4 lancar2 aja… tapi kenapa gigi rodanya gak mau jalan,,, / nyantol ,,, jadi ya rodanya gak mau jalan mas brow,,, kira2 apa yang salah ya… tolng reperensnya mas brow sekalian

    • Kemungkinan :
      1. Cage jebol –> buka tutup bagian oli samping
      2. Kampas kopling habis –> buka tutup bagian oli samping
      3. Gigi2 transmisi rusak –> turun mesin

      Ngga ada reperens :D

  14. kang,bedanya full cluth ma yg non full cluth apy? Ktya rasioy yg no 3 jg beda.. Mhn bntuany kang.

    • wah ngga tahu, ngga pernah bongkar fizr lain.

  15. saya punya motor Vega zr apa bisa dikasih kopling manual dan dipakai buat harian

  16. Kang ,.kalow blok sehernya di bubut habis/pake satria,. . Kira2 kalo pngen lepas tenaganya ,. Apa harus ganti sama rasio’nya apa ngga,. Sama pengapian nya ,.gimana ,.makasi,.:)
    f1zr _
    full clutch

    • biasanya rasio final gearnya juga disesuaikan

  17. .mas mh tanya kalau mau bikin fiz r bisa kenceng tp msie bwat harian g5na?makasie

  18. om… mw nnya,, drum sya udah d mdif pke gear 12,,, d las pten,, msalah nya mur bwat ngencengin drum slalu kndor aja,,, pdahal udah kunceng bnget…. kra2 hrus d apa in tu om, law d las pten mur nya tkut nanti2 nyesel,,, n tkut gear yg d las lpas dri drum,,,, bles ya om…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: