Oleh: mulyanto | 21 Juli, 2010

Mengangkat Air Ke Toren


Saat bak sumber air dipakai yaitu pada jam 6-10 pagi dan 3-7 sore, air tidak mengalir kerumah karena level permukaan bak drop dibawah intake pipa. Jadi agar nyaman mestinya ada air yang ditampung di toren. Butuh pompa untuk mengangkat air dari 0 meter ke ketinggian 4-5 meter. Pertama yang dipikir adalah membeli pompa air dangkal (shallow well pump). Jadilah survey pompa air dangkal yang irit daya dan murah. Akhirnya terpilih Sanyo PWH 136 dan SHIMIZU 128BIT.

Sanyo PWH136 125 watt, hisap 9m, dorong 21m, Rp 325 rb

Shimizu PS 128 BIT 125 watt, hisap 9m, dorong 24m, Rp 315 rb, Thermal Protector

Dan saya condong untuk memilih Shimizu ini(ada thermal protectornya!). Mempelajari tentang pompa air, jadi kenal dengan namanya pompa sentrifugal. Ternyata pompa sanyo dan shimizu ini adalah pompa sentrifugal. Jadi air dhisap dan diputar-putar oleh kipas (impeller) sehingga air mendapat gaya sentrifugal dan terlempar (terdorong).

Beginilah tipikal pompa air sentrifugal

Jadi sebenarnya bisa kok bikin pompa air sentrifugal sendiri. Idealnya sih bikin sendiri pakai motor ac 220 yang kecil, wong cuman buat hisap 0 m dan dorong 5 m doang kok. Lebih hemat listrik. Tapi pusing bikin impeler dan volute-nya! Yang paling sulit mungkin cari/bikin sealnya agar air ngga nyembur ke motor hahahahaha. Mungkin paling mudah yah cari pompa bekas terus ganti motornya atau gulung ulang motornya pakai email yang lebih kecil. Yah yang paling asik sih ini nih, “cari pompa bekas terus ganti motornya atau gulung ulang motornya pakai email yang lebih kecil”.

Eh nemu yang namanya pompa hydram (Hydram pump atau hydraulic ram pump). Wah ini cocok banget buat rumah saya. Pompanya ngga butuh listrik dan gampang dirakit sendiri pakai paralon. Kebetulan istri keekeuh menolak rencana pembelian pompa sanyo/shimizu diatas. Alasannya nanti nggak kepake buat sumur bor dan nambah tagihan listrik. Istri malah minta beli jet pump sekalian. Walah jetpump harganya diatas 1 juta dan daya listriknya lebih boros, Solusinya yang pompa hydram pake paralon ini. Tadi pas istirahat siang saya sudah belanja komponen-komponennya. Habis 87 ribu, yang paling boros malah selang benangnya (40 rb). Selang benang yang transparan ini sebenarnya tidak wajib, cuman saya pingin lihat penampakan air yang dipompa. Kalau pakai paralon sebagai delivery pipe kan nggak kelihatan airnya, berhasil naik nggak yah? :) Oke, tulisan tutorial tentang hydraulic pump ini nanti saya terbitkan kalau pompa-nya sudah jadi. Oh yah efisiensi pompa hydram yang diharapkan adalah minimal 30 %, yang 70 % airnya diisikan ke bak mandi. Jadi tidak ada yang terbuang, dan pompa hanya akan bekerja kalau kran bak mandi dibuka :) .

Update selasa 27 juli 2010

Prototype pompa hydran sudah selesai dibuat dan berhasil bekerja, ceritanya ada di :

http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/07/27/membuat-pompa-hydram-hidraulic-ram-pump/

Update Sabtu 31 juli 2010

Pompa Hidran sudah terpasang di kamar mandi dan sukses mengangkat air ke toren.

http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/07/31/finalisasi-pemasangan-pompa-hydram/

Responses

  1. Kalo jetpump yang murah, beli yg bekas saja. Banyak di pasar tegallega. Harga sekitar 400-600rb tergantung merk.

  2. ckckckckck……..
    (sambil geleng-geleng kepala)
    (umyek aja….,-ngbatin red)
    dasar Guru….

    • mestinya dasar kere, karena kere jadi kereatif hahahahaha.

  3. pak gur klo pompa berisik banget tu kira” apanya yah, buntyinya ngor”an gitu?

    klo bagian impeler nya dikasih wd40 ga papa?
    apa pengaruh terhadap airnya?

    maturu nuwun penjelasannya

    • Mungkin dibagian bearing-nya (klaher). Wah mestinya jangan dikasih ke impelernya, campur ke air dong. solusinya yah musti ganti bearing/klaher.

  4. oke sip penjelasannya, berarti tuk bearing yg ada di motor dinamonya yah, soalnya barusan diteliti yg bunyi dari dinamonya

    untung lum disemprot dah tuh impelernya, klo gag bisa dimarahin bini ma mertua dah…

  5. Mas iwenk,
    Salah satu tanda bahwa pompa sudah tidak berfungsi secara normal adalah pompa tsb berisik jika dioperasikan. Dalam dunia perpompaan, dikenal islitah kavitasi. Kavitasi adalah peristiwa terbentuknya gelembung-gelembung uap di dalam cairan yang dipompa. Nah, salah satu ciri dari kavitasi pada pompa diantaranya adalah pompa mengalami berisik. Dengan pompa mengalami kavitasi, otomatis efektifitas kerja pompa akan mengalami penurunan. Jika dipaksakan terus, maka pompa akan rusak dengan sendirinya. Hal terburuk yang akan terjadi adalah pompa bisa sewaktu-waktu meledak jika terus-menerus dipaksakan beroperasi.
    Selain itu, akibat kavitasi yang terjadi, dinding pompa akan terasa panas jika disentuh oleh tangan kita. Sebaiknya pompa jika sudah seperti ini jangan dipaksakan untuk beroperasi lagi. Coba panggil tukang servis untuk memperbaiki pompa Anda dan cari tahu apakah pompa tsb harus diganti ataukah masih bisa diperbaiki. Umumnya, Anda akan mengganti impeller saja jika volute tidak ikut rusak. namun, apabila volute juga terkena imbas dari kerusakan, maka Anda harus mengganti pompa nya.

    • wah info bagus, thanks.

      • nah, klo belisiknya itu karena sering kerendam air, gimana tuh pak Mul?soalnya belum smp 3 bulan udh bersuara layaknya kapal rusak gitu

      • yah ngga tahu yah, saya bukan ahli pompa. Kok pada nanya pompa rusak disini? Nanya ke tukang servis pompa dong :D .

  6. lah klo pompa national gak mo muter klo gak d bantu puter pk tangan knp ya pk guru. padahal capasitor dah d ganti anyar. tolong dong pencerahannya.

    • Itu artinya gaya torsi motor lebih kecil dari gaya gesek statis. Setelah motor dibantu diputar dengan tangan (artinya ditambahi gaya), gaya gesek statis menjadi gaya gesek dinamis. Gaya gesek dinamis memang lebih kecil dari gaya gesek statis. Kemungkinannya yah :
      - Mungkin torsi motor menurun, ada yang ngga beres di kumparannya.
      - bearing macet
      solusinya yah bawa ke tukang reparasi pompa.

  7. pak mulyanto saya mau tanya nech,,,
    saya punya pompa air merek zhimizu.akan tetapi pompa saya sering lemah dalam memompa.istilah jawanya ”nggembos”.
    saya cek di pipa sampai mesin gpp, gak ada yang error normal2 saja. Putaran rpm juga stabil….apa lobang isap nya ya pak, yang agak aus termakan oleh impeller. lobang ”isap” istilah bengkel (lobang masuk atou keluarnya air atau bensin istilah d bengkel).

    Saya punya ide neh pak, gmn kalo impeller dan rumah impeller diameter d bikin besar 2 kali lipat dari ukuran standart.dengan cara mencari tukang cor logam. jadi ukuran di besarkan,kumparan lilitan kawat juga standart,watt sama.irit kencang…lumayan tuh pak….alhasil tokcer tuh debit air yg keluar.

    saya sangat salute sama bpk atas postingan ini.thx pak….

    • Memangnya murah bikin cor-coran logam. Kalau masalah kekuatan pompa mah bukan di ukuran propeler tapi di rpm.

  8. Salam kenal, bung.
    Nama saya iwal.. saya lagi browsing tentang masalah-masalah pompa air, kebetulan pompa air saya bermasalah.
    Dan nggak sengaja ketemu blog ini.
    Rasanya masalah pompa air saya berhubungan dengan artikel ini.

    Saya pake Sanyo, lupa tipe apa, yang jelas ada “tabung sentrifugal”nya. Nah, di bagian sambungan (atau penutup) sentrifugal itu, yang ada baut-baut di sekeliling pelatnya, air sering menyembur keluar… dikit sih, tapi membuat pompa jadi nyala-padam-nyala-padam.

    Kira-kira bagaimana cara mengatasinya ya? Makasih sebelumnya

    • Pompa yang ada gunakan adalah pompa otomatis. Jika keran dibuka maka terjadi penurunan tekanan dalam tabung yang akhirnya mengakibatkan pompa hidup. Nampaknya terjadi kebocoran kompresi akibatnya tekanan dalam tabung berubah-ubah dan pompa nyala-mati. Solusinya adalah copot tabungnya, beli sealer merah (bentuknya seperti odol). Pilih sealer yang ada petunjuk pemakaiannya di belakang kemasannya. Oleskan sealer sesuai petunjuk pada daerah pasangan tabung. Biasanya sih oleskan sealer, pasang tabung, kecangkan baut hingga hampir maksimal. Biarkan sealer kering selama 1 jam. Baru kencangkan 1/4 – 1/2 putaran baut.

  9. Pak mul jumpa lagi ya boleh tanya ya…kalau untuk membuat tekanan pompa agar bisa kenceng keluar. melalui sower gmn…soalnya aku pakai sower dak ada yg kenceng ….nah harus bagaimana ya maklum ni ibu dak bisa matur nuwun.

    • ibu sri, ada pompa otomatis untuk shower. Namanya pompa booster, bentuknya kecil, wattnya juga kecil, namun harganya gede hehehehehe…. 800 ribuan. Sebenarnya pompa biasa yang 125 watt dan otomatis, mungkin harganya 400 – 500 rb juga bisa dipakai. Cuman pompanya gede, wattnya juga gede, boros listriknya. Jadi mending pakai pompa booster, boros di harga beli-nya saja, selanjutnya tidak boros rekening listrik :) .

  10. pak mul saya mau tanya nih, saya punya 2 pompa air jet pump, 1 merk eva dan 1 lagi merk shimizu, merk eva bagian mesinnya ( dari empiller sampai kipas belakang) saya pindahkan ke merk shimizu, begitu juga sebaliknya, pertanyaan saya
    1. apakah bisa mempengaruhi daya sedot air ?
    2. ukuran empiller shimizu dan eva (dibagian lobang kipas) diganti lebih besar atau lebih kecil tetapi tidak mengurangi diameter impeller dan lobang drat, gimana?
    3. bagaimanakah cara yang baik dan benar untuk memancing air keluar, apakah saat menyala (on) atau saat off jet pumpnya ?
    untuk pak Mul terima kasih buanyak.

    • waduh saya bukan tukang pompa air listrik (hanya pompa hidram) :D hahahahaha. Rumah saya tidak pakai pompa air :))
      1. apakah bisa mempengaruhi daya sedot air ? –> pasti ada pengaruhnya
      2. waduh ngga tahu bagaimana caranya, belum pernah sih.
      3. Memancing air ada hubungannya dengan problem check-valve, saya belum pernah mempelajari fungsi check-valve pada pompa air. Memancing air juga mungkin ada hubungannya dengan menarik air melalui sifat kohesitas air (CMIIW).
      Mohon maaf jawaban tidak memuaskan, soalnya saya bukan pengguna pompa air apalagi pakar pompa air.

  11. pak mau ikut nanya nih, pompa air saya klo nyala tidak langsung narik air, harus dipancing dulu, sy kira pompanya rusak tp sudah sy ganti pompa baru tetap saja harus di pancing, itu masalahnya dmn ya pak? thx

    • Artinya head pompa yg dalam sumur tidak kerendam air, jadi yg kesedot udara. Udara yang kesedot tidak mampu menarik air disekitarnya/dibawahnya. Maka dipancinglah, dimasukin air sehingga head pompa hingga propeler terendam air. Air pancingan juga menyambung ke air dibawah head. Sehingga ketika air disedot, maka air dibawah/disekitar air juga kesedot. Intinya : sumur pompa anda kering :D .

  12. Hello shimizu, tolong kalau ada gambar pemasangan oli-celpompa shimisu
    karena saya mau ganti oli-celnya

  13. mas, saya punya pompa di kosan kurang kuat klo pake saringan, cuma pas dilepasin saringan malah bunyi gluduk bebatuan dimesin, trus “heng”…gkgkgkgk…trus mutar2 nyari obeng…

  14. pak saya mau setelah saya test pompa shimizu 128bit, hidup kemudian beberapa menit kemudian mati sendiri dan tidak hidup lagi apa masalahnya terima kasih

    • maaf saya bukan ahli pompa :D .

  15. pak mau nanya nih saya mau rakit pompa untuk pengairan sawah dengan pipa 4 inch, ( berapakah daya motor yang dibutuhkan dan type apa untuk impellernya ), motor menggunakan listrik 220 VAC.
    Tq

    • wah ngga tahu saya, bukan ahli pompa :D

  16. pak pompa disaya , tidak bisa narik air, saya udah coba pancing , malahan air abis, dan tertep ga narik , itu kn dan solusinya bagai mana ?

    • solusinya yah di bawa ke tukang servis pompa atau ganti pompa baru :D

  17. klu bikin klep sendiri gmn crax om

  18. selamat pagi P.Mul.
    saya mau tanya pompa air saya shimizu semi jet pump.
    yang saya tanyakan mesin waktu start mesin bunyi, air tetap keluar tidak kencang, dan saya tungguin itu mesin sampai 1/2 jam mesin putarannya saya pegang panas, saya ambil tindakan untuk mematikan mesin air.
    sebenarnya apa yang terjadi pada mesin air saya P.Mul. terima kasih.

    • Mesti dibuka tutup sampingnya dibagian kincirnya, terus dihidupkan. Dilihat apakah putaran kincirnya masih normal kencang.


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

