Oleh: mulyanto | 31 Juli, 2010

Finalisasi Pemasangan Pompa Hydram


Menimbang bahwa aliran air tidak steady, perlu adjustment per katup buang maka saya putuskan pompa hydram dipasang didalam kamar mandi. Lagian kalau tiap malam ke kebun buat setting katup buang, entar menimbulkan gossip kalau mas katro suka “ngelmu” dikebun kalau tengah malam hahahahahaha.

Beginilah instalasinya:

Test pertama, selang delivery belum dirapikan

Belum dibikinkan dudukan pompa yang rapi yah .

Gampang bukan?........ Bukannnnnnn!

Oke bahan-bahannya adalah :

Bahan Jumlah Harga
Dop paralon 1 inch 1 3 rb
Paralon 1 inch 1 30 rb
Sambungan 1- 1/2 inch PVC 1 3 rb
T 1/2 inch PVC 2 4 rb
Double Neple besi 4 20 rb
T 1/2 inch besi 1 6 rb
knee 1/2 inch besi 1 6 rb
Tusen klep Onda 1/2 1 30 rb
Tusen klep plastik 1/2 1 8 rb
Stop kran 1/2 drat 1 12 rb
Socket drat dalam 1/2 2 5 rb
Socket drat keluar 1/2 1 3 rb
Socket selang 1 12 rb
Selang 5/8 6 m 21 rb
Klem selang 5/8 1 2 rb
Thread seal 1 2 rb
Lem PVC 1 8 rb
Total - 175 rb

weleh nyampe 175 ribu nya :) . Hmmm masih ada PR, perbaikan katup buang dan efisiensi.

Update :

Efisiensi katup buang telah ditingkatkan dengan memperbesar diameter katup hampir sebesar lubang T 1/2 inch. Air “terbuang” menjadi jauh lebih kecil. Efisiensi masih bisa ditingkatkan dengan memperkecil lubang intake (memperkecil lubang ring besi, atau memperluas karetnya).

Update 07-08-2010

Tusen klep diupgrade dengan onda 1 1/4 inc, harganya 58 rb. Butuh ploksok besi 1 – 1/2 (rp 7500) dan besi 1 – 1 1/4. Ploksok 1 – 1 1/4 susah dapatnya, dapatnya malah di toko kecil dekat cicaheum, harganya mahal euy 11 rb !. Selain itu juga butuh 2 buah dobel nepel besi 1 1/4, harganya 6 rb perbiji. Hasilnya debet air yang nyampe toren lebih banyak, tapi masih kurang gede. Katup buang sudah ditingkatkan efisiensinya dengan memperbesar diameter tutup katup sampai pas ke T nya, dan as pun diperbesar diameternya. Hasilnya masih kurang efisien.

Update 24-01-2011

Pompa Hidram Versi Terakhir

Tulisan yang berkaitan dengan pompa Hydram :

Rekayasa Hydrodynamics Pada Pompa Hydram

Finalisasi Pemasangan Pompa Hydram

Membuat Pompa Hydram (Hidraulic Ram Pump)

About these ads

Responses

  1. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/07/31/finalisasi-pemasangan-pompa-hydram/ [...]

    • Saya di bali dan membutuhkan sebuah ram pump berkapasitas besar untuk menolong desa terpencil mendapatkan air. Ketinggian yang harus di angkat sekitar 40 meter. Apakah bisa di tolong dengan informasi, di mana saya bisa membeli sebuah pompa ram yang cocok kebutuhan kami? Terima kasih dan salam dari Bali. Yunsar

  2. Nggawe opo tho mas?

    • Nggawe roket iki.

  3. penasaran aku pengen nyobo…
    nek gagal jaluk kandani yo mas… :-)

    • wes pokoke takkandani, tak seneni hahahahaha. Yang penting :
      - tekanan air cukup kuat, selisih ketinggian air 1-2 meter cukuplah
      - katup buangnya cukup bagus. Coba dulu pakai keran, terus puter2 buka-tutup, periksa air di delivery pipe naik/muncrat nggak?. Kalau air di delivery pipe bisa naik akibat buka-tutup keran, baru bikin katup buang yang pakai per. Nanti kekerasan per diatur biar pompanya jalan sendiri, seperti di video saya.

  4. nek gawe sing gede ng soko pralon , kuat pora ya mul ?

    • wah kalau air datangnya gede yah dibagi-bagi. Misalnya drive pipe nya 4 inch, yah dibagi ke empat pipa 1 inch. Jadi pake empat pompa hydram paralon, tiap keluaran pompa dipasang tusen klep. Keluaran tusen klep tiap pompa dapat digabung jadi satu pipa. Dianjurkan pakai tusen klep 1 1/4 inch (1,25 inch) harganya ekonomis yaitu 58 rb. Kalau 1,5 inch udah 105 rb.

      • Pakai pipa besi saja, bikin pipa2 di-drat di tukang bubut, terus dilas di tukang las. Yang jadi masalah buat katup buangnya.

  5. [...] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/07/31/finalisasi-pemasangan-pompa-hydram/ [...]

  6. keren

  7. ajibbbbbbb mas. mau tanya mas, sumber airnya dari bak air apa dari aliran sungai?

  8. Owh, untuk bahan2nya bisa beli dimana ia mas?

    • di toko besi, di borma banyak juga.

  9. makasih banget mas atas infonya, boleh tau email atau no yang bisa di hubungi gga mas? saya tertarik buat alat itu

    • Ngga perlu, semua sudah saya tulis di blog ini.

  10. mas bro kalau jarak yang paling sedikit paralon antara bak sama pompa berapa jaraknya ? trus kalau sumber airnya dari bak misal ukuran 50*50 cm jadi gga ia? takut aliran airnya gga cukup buat gerakin klep hidram, saya pngn coba tpi tkut gagal. gmn mas solusinya???

  11. mas untuk jarak minimal antara bak sama pompa hydramnya brp meter yg pling dekat? terus untuk tinggi bak minimalnya berapa? kalau misal ukuran bak 50 ke 50 jadi gga ia mas? pngn nyoba tpi tkut gagal

    • jarak minimal itu bukan masalah. Yang penting :
      - beda ketinggian antara pompa dan bak
      - tekanan yang cukup. Beda 1 meter pun cukup.

      Takut gagal? Memang banyak yang gagal. Yang saya tahu cuman seorang yg berhasil. Itu pun bikin-nya beberapa kali :D .

  12. mas barusan saya nyoba, tapi klep buangnya gga mau main. klep buangnya pake klep tabo, gimana tuh mas???? mau bikin kaya punya mas mulyanto tapi bingung

  13. alhamdullah udah bisa main mas, terima kasih mas atas bimbingannya

    • allhamdullilah, turut bahagia. Tidak mudah yah tapi bisa kan :)

  14. Mas numpang tanya nih.. Saya berdomisili di sumsel yg menjadi kendala tempat sawah kami tadah hujan jadi kami semua membuat sumur bor dng menyedot pakai mesin pompa air kadang menghabiskan bbm 8-10 liter/12jam. Gimana kalo sumber air nya dari sumur bor 1,5 inch apa bisa pakai pompa hidram masalah tempat kami jarang pakai sumur biasa. Kalo boleh bisa nggak beli tempat sampeyan. Masalah nya kalo sudah jadi nanti akan saya ganda untuk masyarakat sekitar kami. Ok thanks

    • Pompa hidram bukan untuk air diam dalam sumur bor atau sumur timba. Pompa hydram hanya untuk air yang mengalir deras. Misalnya air di tebing bukit atau air di sungai deras.

  15. ia mas, keliatan sepele tapi waktu mencoba butuh pemikiran yang luas

    • Coba dibagi, sulitnya dimana? Mungkin yg gampang buat saya, tapi sulit buat mas mus dan sebaliknya :) . Nah pengalaman mas mus gimana?

  16. Asslm, w2..
    Kang nek gawe jikot banyu ko banyu pancuran kali cilik piye?

    • setelah saya praktekan ternyata belum berhasil, padahal klep buang dah buat sendiri variasi dari rancangan kang Mul. belum bisa gerak otomatis klep buangnya… mohon solusi Kang…

      • Penyebab klep tidak osilasi memang karena kekuatan pegas tidak sesuai, terlalu ringan atau terlalu keras. TETAPI walaupun kekerasan pegas sudah sesuai, bisa jadi tetap tidak osilasi. Hal ini disebabkan karena tekanan dalam tabung belum seimbang. Oleh karena itu mesti dipancing dulu. Klep dipaksa turun dengan tangan, kalau dia bisa osilasi 2-3 kali berarti belum seimbang. Pancing lagi, Klep dipaksa turun dengan tangan begitu seterusnya. Sehingga tekanan dalam tabung seimbang. Jika sudah seimbang maka klep akan ber-osilasi secara otomatis. Selama tekanan dalam tabung tidak berubah(airnya tidak dibuang) maka klep selalu akan otomatis berosilasi. Jika aliran air dimatikan, osilasi terhenti. Tapi jika air dialirkan normal lagi, klep langsung osilasi otomatis, tidak perlu dipancing lagi.

      • Oh yah dari gerakan katup keatas sebenarnya bisa diperkirakan. Gerakan yang lemah atau lambat, biasanya gagal berosilasi. Gerakan yang cepat atau kuat biasanya sukses berosilasi.

  17. Kok pemasangannya membuat kamar mandi berantakan tidak rajin tho pak..? enak pake pompa listrik aja ah kalo gitu…., toh listrik juga lebih murah harganya…., teknologi hidram tidak dipake dan dikembangkan karena tidak praktis dan cenderung ujicoba terus. Salam .Semoga percobaan terus sampai kantong terkuras kaya air sumurnya

    • Kantong terkuras nggak lah :D. Memangnya percobaan seumur hidup LOL. Sudah 2 tahun pompa hydramnya nggak dioprek. 2 tahun = 24 bulan, kalau ongkos listrik pompanya sebulan 30 rb. Berarti untuk 2 tahun adalah 24 x 30 rb = 720 rb. Itu baru 2 tahun, kalau 4 tahun? 1,44 jt LOL.

  18. Apa bisa mompa air dari sumur artesis?

  19. Mas Mul, Saya kpingin ketemu Mas Mul untuk belajar langsung membuat hydram, saya sangat butuh hydram ini untuk pengairan kebun. Mohon berkenan ya Mas, saya mohon nomor HP & alamat Mas Mul. No. HP saya: 081332380654. trimakasih Mas.

  20. mas mul saya dari riau agak terlambat dapat infonya,, tolong saya mita nomer hp mas mul ini email saya samsul.arif31@yahoo.com

  21. salam kenal mas mul,.. kalao untuk area berbukit, bisa naik gak mas?

  22. Ass wr wb , jika saya perlu 1 unit pompa hydran yg tinggal pasang berapa mas harganya, ini mau dipasang di pontianak kalbar, matur nuwun

  23. […] http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/07/31/finalisasi-pemasangan-pompa-hydram/ […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: