Oleh: mulyanto | 23 Desember, 2010

[F1ZR] Salah Satu Penyebab F1ZR Tidak Bisa Lari Kencang


Senin tgl 8 Desember 2010 lalu saya membawa f1zr ke purbalingga. Hari berikutnya saya main ke bengkel R. Mas R memang langganan saya ngoprek motor sejak SMA. Saya ditawari korekan yang kencang tapi irit. Oke saya terima, biayanya 125 rb.

Walah selain memperbesar dan porting lubang intake-outtake, juga dibuat 4 lubang berdiameter 3 mm menembus liner! Aduh ini mekanik mengacaukan prinsip kerja 2 tak :p . Bener saja motor saya jadi loyo diputaran atas. Gigi 1 – 3 memang normal dan bertambah tenaganya, terasa menghentak. Mungkin kalau pakai kopling manual bisa buat standing. Tapi gigi 4 nya mentok di 100 km/jam ! Weleh… yg tadinya gampang naik ke 120 km/jam kok malah jadi loyo. Sayang hari sudah sore dan hujan lebat. Tidak ada waktu untuk ngoprek lagi. Esok harinya pun saya sudah harus balik ke bandung.

Selama perjalanan ke bandung, hujan lebat terus menerus. Setelah 4 jam kehujanan, tangan sampai keriput menggigil kedinginan, saya pun nyate di cihaeur ciamis. Wah satenya besar2 dan empuk, plus segelas kopi hitam panas. Setelah istirahat 1 jam kembali berhujan-hujanan menuju bandung, sampai dirumah 3 jam kemudian.

Hari kamis berikutnya baru saya bisa test motor di fly-over waktu berangkat ke kantor. Benar saja, biasanya di fly-over fizrku dengan entengnya speeding sampai 120-125 km/jam. Tapi kali ini 105 km/jam pun ngos-ngosan. Padahal konsumsi bensinnya sama borosnya.

Siangnya saya periksa tutup blok, weleh mur blok kiri atas maju 2 cm ! Ini adalah critical error yang berbahaya. Mur maju menandakan :
-Pada sudut itu, tutup bisa jadi blok tidak terpasang kencang karena baut tanam maju.
-Tekanan/kompresi yang kuat bisa menyebabkan kebocoran pada sudut yang tidak terpasang kencang
-kebocoran menyebabkan pemanasan berlebihan pada seal dan mur blok, ditambah dengan getaran mesin, maka mur bisa maju lepas dari blok (lubang baut blok jadi sleg, rusak). Kalau lubang baut blok sleg, mur lepas maka kompresi bocor besar-besaran. Selanjutnya tenaga mesin drop. Dan kalau mesin mati, tidak bisa hidup lagi. Kalau sudah sleg yah blok musti dibawa ke bengkel bubut. Lubang baut sleg pada blok fizr sering terjadi, maka rajin-rajinlah memeriksa panjang mur blok. Pastikan keempat mur blok panjangnya sama, tidak ada yang menonjol.
Dan JANGAN PERNAH PAKAI LEM walaupun pakai lem tribond, apalagi lem adhesive. Lem tidak dirancang untuk menahan kompresi tinggi pada suhu yang sangat panas pada proses pembakaran bensin.

Tutup blok pun kubuka, yah tribond yg dipakai tidak melekat lagi. Periksa seal blok belakang, waduh dipasang rangkap ! Pantes kompresi kurang dan tenaga loyo ! Beginilah kalau mekanik tidak mengerti perhitungan kompresi :) . Penggunaan seal rangkap berarti memajukan blok sekitar 1 mm, berarti memperbesar ruang bakar. Mari kita hitung kompresi-nya :

Lingkar terbesar pada head silinder adalah 52 mm, maka luasnya adalah : 2123,7 mm2. Karena blok maju 1 mm, maka terdapat penambahan volume ruang bakar sebanyak 2123,7 mm2 x 1 mm = 2,213 cc !

Belum akibat penggunan lem yang mempertebal seal head silinder yang akhirnya juga memperbesar ruang bakar.

Jadi blok harus turun untuk penggantian seal2 blok. Kali ini hanya dipakai sebuah seal belakang blok, seal silinder head tanpa lem.

Hari berikutnya saat berangkat ke kantor, test lagi di fly over.. yes terasa kembali gigi 4 bertenaga dan mencapai 115 km/jam. Tapi kok bensinnya minum yah??? hampir 1 liter buat 16 km hahahahhahaha. Jetting ! Yah harus jetting(setting karburator) lagi. Saat jetting baru ketahuan kalau kabel gas ditarik keatas, jadi jarum needle jet tak pernah bisa jatuh menutup rapat. Mesin hidup terus walau baut bukaan bensin diputar kekanan habis. Seharusnya kalau baut bukaan bensin diputar kekanan, jarum needle jet bergerak turun. Dan kalau jarum turun terus hingga menutup lubang, maka mesin mati. Ini mesin nggak mau mati hahahaahaha, pantas saja jadi bertenaga banget di gigi 1-3 :) .

Akhirnya sastro sudah normal, bisa lari 120 km/jam tapi irit! Sekitar 1 : 35. Apalagi kalau drive style-nya dibuat smooth, ngga pakai rpm tinggi, ngga pakai full throtlle, konstan di gigi 4 pada 40-50 km/jam. Pasti lebih irit lagi. Kemarin malah berangkat ke kantor pakai bensin minim, dari rumah jarum bensin sudah di merah, sampai dikantor saya cek tangki bensin.. hampir kering isinya. Padahal rada ngebut dan full throtlle di fly over. Hahahahahaha. Kayaknya sih gampang diset buat bisa lari 125 km/jam lagi, tinggal dibuat agak boros jettingnya. Tapi mungkin lebih baik main jet-nya saja yang digedein, jadi cuman minum kalau pas full throtlle saja.

Untung saya perbaiki sendiri, kalau saya perbaiki di R mungkin solusinya papas head! Hahahahahaha.

About these ads

Responses

  1. [...] Salah satu penyebab f1zr tidak bisa lari kencang [...]

    • masa kalo ganti as starter kira-kira yg perlu diganti onderdilnya selain as starter itu apa?
      tolong ya mas

      • waduh saya ngga tahu

    • mas mul, mau ty nih…aku punya fiz 2004, kemarin temen aku stel kepingan pengapian di spullnya,,,itu gunanya untuk apa mas.?? pas saya pake lumayan sih ada perubahan putaran bawah mantap tapi atasnya ko agak lambat naik..karbu uda di setting tp masih gt.? klo mas tau minta penjelasannya donk,,,gmn sih sistem kerjanya spull di magnet.? dan kepingan pengapian itu apa (istilah).? makasih mas

      • wah saya ngga pernah ngutak atik atau belajar ttg spul.

      • klo potong karbu mas tau efeknya gimana.? di potong bagian mulut karbu…

      • belum pernah nyoba

      • mas minta sarannya donk… klo oli samping yang bagus untuk dicampur langsung di tanki merek apa mas.??? perbandingannya berapa 1 liter bensin berapa cc olinya.? makasih mas…. untuk motor kohar.?

      • semua merk. 1 : 50 . 1 liter oli : 50 liter bensin,

      • mas mau ty lagi nih…. bagusan mana bensin langsung dicampur oli di tanki atau pake pompa oli tapi digantung, maksudnya pompa olinya di gantung karna suda pake gas spontan…??? lebih efesien mana mas.??

      • Wah belum pernah nyoba. Pakai gas spontan mestinya ngga pake pompa oli lagi, oli samping langsung campur di tangki bensin.

      • mas mau ty…klo manifold racing fiz r…gmn.? bagusan pake yg asli atau racing.. trus klo yg racing harganya sktr brpaan.??

      • wah ngga tahu saya.

      • mas,, klo untuk knalpot kan skrg sy pake yang asli, tp sudah bobokan abis…tp suaranya masih kurang garang mas.?? gmn caranya bikin suaranya lebih mantap kayak underbone itu… heheh… tau g mas.??? makasih

      • Cek pengapianx boz.untuk CDI&Koil standrt.cukup pakek pngapian spul 600-700.jgn trlalu tinggi.ntk cdi gampang mati.

  2. mas F1ZR saya ko setelah ganti kampas kopling mesinnya jadi bergetar banget ya ?
    apa penyebabnya ?

    • 1) .Bergetarnya tidak langsung kan? Tapi setelah buat ngebut sekitar 100 km atau beberapa puluh km?

      Kalau jawabannya iyah, berarti laher kruk as mungkin kena.

      2) Oli mesin yang dimasukkan berapa? 800 ml ?

      Kalau jawabannya iyah, berarti laher kruk as memang kena :) . Kalau laher kruk as kena, ada kemungkinan setang seher-nya juga kena.

      Kalau habis ganti kampas kopling, maka oli mesin yang dimasukan HARUS 1 liter.

      • Ikut nimbrung nih………
        Hal ini juga yang menyebabkan bunyi berisik di mesin bagian bawah ya Kang? soalnya F1 ku seperti itu (bunyi klutuk2 :) )

      • oh bukan. ini tentang kompresi yang drop akibat seal2 blok.

    • numpang nanya, klo mtor sya hbis gnti oli trus bt jln skitar 300m trus mbrebet abis itu mati gk bsa nyala lagi. apany y?

      • kelihatannya sih spul jalannya mau mati.

    • klo hbis ganti kampas kopling masukin oli 1liternya sampai berapa lama?

      • yah sampai ganti oli secara biasa. Ganti oli biasa yah 800 cc.

      • motr fizr gw kmarenkan abs gnti oli ma kmps kopling.. pulangny mbrebet2 trus mati gx bsa nyala lg.. pdhal busi m karbunya msh bgs. dislah jg gx ngangkat, tp colokan busi msh nembak &kering. yg rusak apanya y?

      • lieur baca banyak singkatannya euyy

  3. mau tanya lagi nih ..
    kok motor saya saya kalo di gigi dua terasa ngeden …
    trus kalo lagi kenceng di gigi 3 … gas saya lepas .. motor saya mandeg2 .. tp cuma di gigi 3 doank ..

    tolong ya mas kalo tau solusinya …

    soalnya saya dah terlanjur cinta sama F1ZR

    • Gigi 2 memang ngeden, cuman sampai 60 km/jam. “gas saya lepas” maksudnya gimana? btw kalau mau seher-ring-blok awet, ngga boleh mendadak lepas gas atau mendadak tarik gas. Kalau lagi kenceng 120 km/jam ngga boleh langsung lepas gas.. drop ke 80/60 km/jam. Mesti lepas gas-nya pelan-pelan. ” motor saya mandeg2 ” maksudnya apa yah? Kemungkinan kalau yang disebut “gas saya lepas” itu maksudnya itu menurunkan gas mendadak hingga kecepatan turun, maka terjadi seher/ring macet. Macet tapi sedikit.. jalan lagi… macet sedikit lagi… jalan lagi. Kenapa terjadi hanya di gigi 3? Karena engine break di gigi 3 lebih kuat dari engine break gigi 4.

  4. aslmkm…
    mas, boleh tanya2 nggak?
    F1ZRku ni sekarang posisi oversize 2.00 piston RX-S, tapi kenapa ya kok powernya nggak bisa keluar di rpm bawah, kalau sudah rpm tinggi sih lumayan tenaganya..
    Padahal sudah pakai CDI unlimited (murah2an sih), per kolping Kawahara, plat kopling baru ori sama membran karbon Shark (itu hasil nanya2).
    Terus juga suara ngorok kalau pas RPM tinggi itu kenapa ya mas? Kalau suara krek-krek ketika tarik kopling kenapa juga ya mas? Apakah pengaruh dari per kopling racing?
    Terus apa lagi ya yang harus dikerjain di motor saya biar bertenaga, kalau kohar pasti tambah boros ya,soale sekarang juga sudah sangat boros.
    Terimakasih infonya…wslkm

    • 1). 2 tak memang powernya nggak bisa keluar di rpm bawah apalagi sudah over bore.
      2). suara ngorok kalau pas RPM tinggi itu kenapa ya mas? Wah ngga tahu, belum pernah mengalami.
      3). suara krek-krek ketika tarik kopling kenapa juga ya mas? Kemungkinan dari cage. Bukan full clutch yah? masih ada otomatisnya?
      4). Fizr optimum 1 : 25. Dibikin irit gampang, cuman overheat dan rawan macet pistonnya kalau full throtle.

  5. 1. O, gitu ya mas, karena karakter mesin over bore ya yang main di RPM atas?
    2. Suara ngorok itu dari moncong karbu yang ke filter mas (filter saya lepas, saya pakai tutup pelat yang biasa untu F1ZR)..kenapa ya?
    3. Maaf mas, cage itu apa ya? saya kurang paham mesin, iya memang bukan full clutch, tahun 2002 mas. solusinya bagaimana ya?
    4. wah ternyata bahaya ya kalau dibikin irit? sekarang konsumsi bensin sekitar 1:20 kalau untuk spesifikasi sekarang, berapa ukuran PJ-MJ yang paling optimal?

    Nambah lagi mas, kalau saya mau ganti blok piston lengkap yg standar kira2 berapa dananya dan dimana saya bisa beli? karena saya di luar jawa.
    terimakasih.

    • 1. Bukan hanya karena over bore, tapi memang karakter 2 tak.
      2. ooh suara yg itu. itu sih biasa kalau ngga pakai filter.
      3. Cage baca di http://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/04/27/cara-kerja-kopling-non-full-clutch/ Susah nyari cage, tapi dicoba saja. Solusinya yah beli cage atau dimodif jadi full-clucth : http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/05/02/cara-modifikasi-kopling-manual/
      4. PJ/MJ standard saja masih cukup. Belum dikorek, belum dipapas kop-nya kan? Cukup PJ=17,5 MJ=130
      5. Blok-piston standard lengkap kayaknya di P Jawa masih banyak. 3 tahun lalu saya beli blok orisinil di beres yamaha di jateng harganya 700 rb-an. Yah ente harus jalan-jalan ke P Jawa. Coba cari dulu di jakarta, bogor, tangerang, bekasi, purwakarta dan bandung.

      • Dijakarta ada blok y3 malaysia harga 650rb blm ongkir…kalau blok yp(yamaha indonesia) harga 900rb contact ane aja di 085719260181

  6. 2. Oh, jadi karena tidak pakai filter ya? kalau filter dipasang efeknya gimana mas?
    3. wah repot sekali ya ubah jadi kopling manual..saya nggak berani..
    4. mesin saya cuma OS 200 dan pakai knalpot AHM saja, sekarang PJnya sudah dinaikkan kalau tdk salah jadi 25 atau berapa gitu waktu ganti knalpot kemarin, tapi rasanya masih kurang pas tarikannya.
    5. Disini juga ada mas yang jual blok, tapi merknya kurang bagus katanya (hasil tanya2 di FIZKAS)..jadi bingung,cari di internet juga tidak ada.
    Kalau tanpa harus ganti blok piston, kira2 harus diubah apanya ya mas?

    • -kalau pake filter jelas performa turun.
      -emang kenapa harus ganti blok piston? apanya yang rusak? habis bore-nya? kalau mau ganti piston yah pakai piston rx-s yg diameternya lebih gede dari fizr os 200. Perpak karton bloknya harus diganjal 2 lembar kayaknya. Kayaknya loh… belum pernah nyoba. Kalau ngga, diganti liner-nya saja, distandarin lagi, os 0. PJ 25 yah pantes bensinnya 1:20 .

  7. iya kata orang bengkel juga kalau pakai filter nanti turun tenaganya.
    nggak tau juga mas alasannya, kata si tukang bengkel yang tempat saya bore up lebih enak kalau pakai yang standah, entah korter di kota saya kurang bagus atau apa, jadi saran dia ganti blok sama piston standar lagi.
    jadi di bore up lagi ya mas?misalnya 0.25 gitu?trus pakai piston 54,25?
    nanti ketipisan nggak ya bloknya? kalau ganti liner itu bagaimana mas caranya?
    Oiya mas mumpung inget mau nanya lagi, kalau ulir spion kanan mio sama F1ZR itu sama atau tidak ya mas? soalnya saya rencananya mau pasang gas spontan sama master rem pakai mio.
    terimakasih

    • 1. Pakai filter yg modif saja. Atau pakai box filter standard, tapi busanya dilepas.
      2. Kalau mau bore-up yah nyari seher-nya dulu, seher rx-s yg diameternya lebih gede dari os sekarang
      3. Linernya masih tebal kok
      4. ganti liner yah ke bengkel yg spesialis ganti liner
      5. ngga tahu tentang ulir spion mio. kalau mau pake gas spontan berarti ngga bisa pake pompa oli lagi. Oli samping langsung campur bensin.

      • bisa di gedein lagi pake piston satria 2-tak standard. tapi harus papas cylinder blok 7mm trus jarum skep diganti punya RX-King.

  8. maz fiz ku kok bunyi klotok2,,,,,,,,,,,,
    yu ap nya n biayanya brp
    tolong,,,,,,,,,,

    • wah ngga tahu yah asal bunyinya darimana. bisa dari mesin, bisa dari laher roda. bawa ke bengkel dong.

      • dri bwahhh mazzzzzzzzz

      • dari bawah mana? :) bawah roda? bawah spion?

  9. mas.. Motor aku f1z keluaran thn 95 kok boros oli samping, solusinya gimana mas. Terus kalau askruk nya bengkok dibiarin maksudnya nggak diganti apa nanti bisa merusak mesin.

    • -boros oli samping –> setel pompa oli sampingnya. 1 liter oli samping buat 50 liter bensin
      -kruk as bengkok harus diganti kalau seal2 yg kemagnet dan kopling lama2 jebol –> cari pretelan mesin di loakan

  10. mas mw tny..
    koq F1 q larinya gk kencang y, trus kalo dibawa laju cmn sktr 100mtr jlnnya langsng mogok..??
    mohon pencerahannya y mas..

    • Wah banyak kemungkinannya antara lain:
      - cdi/spul/koil/busi mau mati
      - bensin “keracunan”. Gunakan bensin murni, jangan ada campuran kecuali oli samping (oli samping asli). Bersihkan dulu karburatornya pakai angin kompressor.

  11. oh, jadi gitu ya mas..
    maksih atas infonya, akan saya coba.. :D

  12. mf mas saya mw nanya,kok F1 saya oli sampingnya irit banget ?,berpengaruh pada mesin gak ?,sdangkan setiap hari saya harus menempuh jarak yg lumayan jauh+beban berat,trus juga asep knalpotnya dikit banget pas di gas,itu kenapa ya ?
    mohon pencerahanya y mas,terima kasih…

    • - kemungkinan terlalu irit settingnya
      - pompa rusak
      - selang macet, tersumpal kotorannya

      kalau oli sampingnya bagus (jaso FC low smoke) terus terlalu irit yah ngga ada asapnya. tambahkan saja oli samping di tangki bensin.

  13. makasih ya mas,oya mas klo ciri2 pompa oli rusak itu apa ya?,

    • copot selang kecil keluaran pompa yang ada di karburator, mainkan gas. kalau pompanya bener keluar oli samping dari selang kecil itu.

  14. makasih ya mas,oya mas klo ciri2 pompa oli rusak itu apa ya?,trus pas larinya di 90km kok mesinya geter bgt…?

    • kemungkinan laher kruk-as dan setang seher harus diganti.

  15. mau nanya mas,,,,knpa ya F1z qu ga bsa lari pada gigi 3 – 4….???

  16. mau nanya mas…. knpa ya F1Z ga bsa lari pada gigi 3 – 4….???

    • 1. Kurang tenaga :
      - jetting ngga pas, ring seher bocor, kurang kompresi
      2. gear/sproket belakang terlalu kecil. Gunakan ukuran 37 saja.

      • trma ksih mas…
        emang sih aku bru 1 mggu ini gnkan f1zr …

        mau nanya lg nih mas….
        klo sma karbunya mslah ga mas, soalx pnya ku dah ga asli krbux….???
        klo ring seher bocor ad hubgan ga sma oli yg sring titik dbwah mesinnya…

        gearnya dah ku gnkan yg 37…

      • 1. tergantung karbunya bagus nggak?
        2. oli mbrebes dibawah mesin bisa jadi bocor di
        – seal magnet (biasanya)
        – baut buangan oli
        – seal casing kopling
        – seal silinder head (yg kuningan/tembaga) –> kompresi kurang

        sebaiknya segera dibawa ke bengkel dan diperbaiki.

  17. mksih mas ats srannya…..

  18. mas fi sy abis di oversize 1.00 sebulan yg lalu…
    klo di geber kenceng 90 keatas gak lama mati mesinya tapi di biarin sebentar hidup lg , tapi klo 80 ga apa apa..
    itu kira kira knapa yah..apakah over heat ato hrs ganti spuyernya
    trims

  19. Mas, saya punya f1z taon 95, kenapa setiap melepaskan gas suka timbul ledakan/nembak…

    • waduh ngga tahu, belum pernah mengalami.

  20. Ass..Mas mtr saya f1zr 2004 os 125 piston SPP.
    pj20 mj130 gear set 14/34
    Pas gigi1 lari 40 gg2,80 gg3,100 pas gg4,turun jadi80
    Apa yang aku harus ganti tolong bantuannya gan..?

    • kurang tenaga tuh, papas head block 0.5 mm saja.

      • mas kalo papas head 0,5 squis nya kudu di rubah ngg mas…
        kalo dirubah ,,,sebaik nya jd brp,,,

        tolong di jawab ya mas mul

      • mas kalo papas head 0,5 squis nya kudu di rubah ngg mas…
        kalo dirubah ,,,sebaik nya jd brp,,,

        tolong di jawab ya mas mul

      • papas head 0.5 mm? wah kayaknya kegedean tuh. larinya gimana? kalau larinya jelek, squisnya diubah lagi. wah ngga tahu berapa ukurannya. coba aja dikit2 dulu.

  21. Mas, aq pny fizr 97.. kmren tu bru over size 0.75 tp skrg koq lari ny gt2 aj. mlah di stiap ujung gas mlai gigi 1 smp 4 power ny g ad sm se x. npa tu y mas?

    • kalau cuman bore up sampai 200 pun tidak akan menaikan top speed signifikan. Kalau semuanya masih standard, bore up standard (sampai 200) paling nambah top speed 5 – 10 km. Trek 1-2 km). Paling gampang cek tenaganya, kalau gigi 3 susah payah dapet 100 km/jam berarti tenaga loyo. Penyebabnya biasanya : 1). Kurang kompresi 2). Jetting ngga pas 3). sproket kekecilan.

  22. Mas, tanya2 ya..

    f1zr ku udah over 100, trus blok di sok lg (jd standard). permasalahannya skrg kok jd ndak bisa kenceng lg ya. max 80km/jam, itu jg berat. gigi 1&2 tarikan masih lumayan ok. gigi 2 bisa 60-70km/jam, tp begitu msk gigi 3 max cuma di 80 km/jam. msk gigi 4 malah ndak ada bedanya. mj & pj udah dinaikkan 1 tingkat dr standardnya. rasanya tenaga ndak bisa keluar (plong). apa pengaruh dr blok yg sdh di sok? kl iya, mendingan ganti blok baru atau piston dibesarin lg?
    mtr sdh di korek harian, waktu over 100 tenaga mantap. cuma gigi 4 krng, krn korek model semi drag. jd gigi 1-3 ok.

    mohon sarannya..
    thx..

    • Blok disok lagi maksudnya ganti liner? Ganti liner secara teoritis susah dilakukan dengan akurat. Kalau pasang liner-nya miring nol koma mm saja, liner-nya tidak center lagi. Mungkin bisa merusak setang seher dan kruk as pada rpm tinggi. Jelas itu masalah kurang tenaga. Sproket depan/belakang pake berapa? Tutup blok dikorek/dipapas?

      • periksa seal head blok, yg kuningan/tembaga. Ada oli samping bocor menembus seal nggak? Periksa empat baut blok yg nyambung ke head blok, ada yg kendor nggak? seal blok yg kertas karton pakai berapa?

      • hi mas mul..

        iya, ganti liner. seblm di sok, sempet ganti stang piston. kmrn cek bongkar mesin, bearing yg di as kruk ganti, seal jg diganti. sprocket masih standard, blkng 37, depan 14. tutup blok dipapas, kl ndak salah 1mm (agak lupa). oli samping ndak ada yg bocor. baut jg ok. seal blok pakai 1. kondisi mesin skrg kl rpm tinggi, getaran mesin ckp tinggi. kl ditarik, begitu msk gigi 3 tenaga langsung ngedrop. as kruk melintir, krn dr bearing yg sdh rusak itu ya..

        as kruk yg di center ulang apa ok? utk blok mending gimana?
        abis bongkar mesin kmrn, skrg max cuma 50km/jam krn begitu msk gigi 3 langsung ngedrop..

        thx for the reply..

      • yah coba dulu kruk-as yg dicenter, kalau bisa sih nyari kruk-as baru atau yg bekas di loakan. Tapi nyari yg bekas juga susah, susah dapetnya dan jangan2 bekas melintir juga. Blok mendingan nyari yg baru atau bekas tapi belum pernah disok, lagian kayalnya blok-nya sudah diporting yah?. Papas head-nya kegedean tuh, pantes loyo di putaran tinggi. Head-nya dibubut lagi, dibentuk lagi squishnya. Kalau nggak beli head baru atau bekas yg belum pernah dipapas. Coba dulu diperbaiki head-nya. Kalau masih loyo ganti bloknya. Soal bearing kruk-as rusak memang susah dikenali. Dulu saya konsultasi ke bengkel resmi yamaha, dibilangnya “… fizr yah gitu, getar banget” :p . Pas dibawa ke bengkel lain buat turun mesin ganti bearing-nya, mekaniknya pun keberatan “… sayang nih, suaranya masih halus kok”. Padahal buat lari cuman mentok 100 km/jam pada gigi 4, itupun getar hebat begitu lewat 80 km/jam. Habis ganti bearing sudah ngga pernah getar lagi walau digeber 125 km/jam. Cuman memang suaranya jadi berisik :D .

      • ok mas mul.. coba nanti ke bengkel lg.. :)
        thx buat sarannya.

  23. mas, tanya lg ya..
    as kruk yg dicenter ulang apa pengaruh sama performa mesin?

    thx..

    • Kruk as-nya kenapa? melintir? Kruk as bisa melintir kalau laher/bearing kruk as rusak. Biasanya kalau laher/bearing kruk as rusak, gejala awalnya mesin bergetar hebat kalau speed > 80 km/jam. Yah jelas gerak seher tidak mulus lagi (terhambat), paling bisa lari 100 km/jam dengan mesin bergetar.

  24. mau nanya ni gan..saya punya mtor fizr thun 2004 dah aku ptong 100 tpi ko msih ga kencang yach….tpi kopx blum saya papas kra2 brapa ukuran yg pas buat kopnya utuk ptongan 100

    • apanya yg di ptong? ptong apa tuh?

  25. mas mul kalo ak mau belajar papas head,,,sebaik nya papas berapa mas,,,
    ak pengen bnget liat fizr ak bs nguaaaacirrr,,,,

    tolong ya mas,,,saran nya

    • papas head kurang dari 0.4 mm

  26. mw nanyak nh mas
    gmna yh spya mtor f1zr q bsa knceng
    soalnya mtor q masih standart

  27. Mau nanya agan2 yang berbakat…
    aku punya f1zr,dulu pke seher rx -s trus distandartin lagi ke f1zr… tu mesti ng lem teus..!! trus aku pasang cdi rx-s dan koil mega pro..apa ada hubungannya dengan spull.. tu kalo mesti naek gunung,mesti macet dijalan.. idup trus mati lagi….idup n mati lagi..apa oli samping kiritan,tu oli sampingnya gak aku sambungin sama kabel gas…… tolong beri solusi dunk….

    • oli sampingnya gak aku sambungin sama kabel gas?? maksudnya ngga pakai pompa oli samping? Oli samping dicampur langsung ke tangki bensin?

  28. halo mas…
    minta petunjuk nie….pas aku baru dapet f1zr 03 langsung aku bersihin blok ma laen2nya… larinya ya gtu2 ja mas.. max 110km/j tu pun maksa.. dapat 2 minggu mesin gak mau di rpm tinggi… efeknya terasa pistun nabrak n gak mau naik lg padal cuman di 50km/j gigi 2..
    stelah itu mesin loyo banget.. hampir macet.. jalan 3km ja dah rasanya mau macet… eh,… pas aku bongkar di bengkel ternyata piston gak kocak dan ring piston juga gak lembek2 bngat…akhrinya mumpung bongkar blok piston bagian belakang aku bortune manual se..mas mul… saya minta petunjuk mengenai kondisi motor saya… dan saya mau nanya.. seting yng pas dah tengah2 antara rpm dan power tu di mana mas.titik tengahnya… makasih sebelumnya ya…

    • 1. fizr standar max 110 kpj (kalau baru mungkin bisa 115 kpj)
      2. sproket standard yah memang cuman 50 kpj. pistun nabrak?? —> maksudnya apa?
      3. Ngga mau rpm tinggi biasanya : laher kruk as, setang seher dan kompresi.
      4. yng pas dah tengah2 antara rpm dan power –> maksudnya apa yah??

  29. mas, f1zr sy OS 50, PJ MJ standart 17,5-130. knalpot standart bawaan pabrik blm bobokan. packing kop silinder sy ganti dg alumunium setipis kertas HVS (0.01mm). gear pake 14-35, jarum skep pd karbu sy ubah ke yg paling irit (step pertama dr atas). bbm 1:40 untk kec rata2 60 KPJ. busi standart pake ND w22fpu

    perasaan saya stlh OS sama wktu dulu beli baru gres sblm OS dll spt diatas tu kok akslerasinya sama aja apanya ya? pd RPM rendah tu motor g ada tenaganya pd gigi 2 waktu angkatan (tanjakan). pake gear 14 39 jg sama aja g ada tenaganya pd RPM rendah di gigi 2. tp kalo udah jalan gigi 2 dibetot isa max sampe 80KPJ

    utk top speed jg sama sj cm 115 KPJ sblm OS dulu wktu beli baru gres atopun setelah dah OS.

    yg mau sy tanyakan, kira2 gimana caranya agar motor saya tambah tenaganya dan speed nya jd 135-140KPJya?
    tp saya pinginya bensin tetep irit. kalopun boros dikit ga apa jugalah. asal g terlalu boros

    • kira2 gimana caranya agar motor saya tambah tenaganya dan speed nya jd 135-140KPJya? –> saya juga tidak tahu. Fizr saya juga cuman 120- 125 kpj.

  30. mas mul mau nanyak nih.berapa ukuran standar squis.fiz.dan berapa ukuran volume kubah nya?maksih..

    • 1. ukuran standar squis ngga tahu, yg dimaksud squis (ngukurnya) juga ngga tahu.
      2. volume kubah nya punya saya 12 cc, ngga tahu itu standard atau sudah pernah dipapas.

  31. mas. ngaruh ga. pke paking kertas yg di blkng blok seher pke 6bji. trus yg tembaga nya pke 2.
    yg saya seher nya rx.s os 50.
    tp knp yg tmen saya pke paking kertas nya 1bji tembaga nya 3bji, kompresi nya meledak ledak pas saya buka trus, tutup pke jari saya,, tp yg saya engga.. aneh da sya mah… tlong dbntu mas…

    • wah pakai rx-s yah, saya belum pernah nyoba. Memang sih jarak pen ke head silinder dari seher rx lebih panjang. Makanya paking kertasnya dibanyakin biar blok-nya maju mengkompesasi jarak pen ke head silinder. Atau tutup bloknya yang dibikin maju, dengan paking tembaganya dibanyakin. Sepertinya cara teman anda yang bener, sementara punya anda kurang kompresinya.

  32. mau nanya ne mas,,
    mslah oli samping,,
    pompa oli smping saya bocor,,
    jd udah ga sya pake ntu pompa oli (tp masih terpasang),,
    utk selang pompa oli masih nymbung k karbu,,
    alhasil mesin ngeden (ga ad tenaga),,

    ap ngaruh ya gara2 pompa oli n selang pompa masih terpasang,,???
    mhon solusiny mass,,
    trims

    • yah selang oli sampingnya ditutup pakai seal. kalau masih ngeden berarti bukan karena lubang/selang oli samping.

  33. fizR03 saya di tahan tarikan atas kok gemeteran di mesin y
    kira2 ap y?
    ad yg bilang kurang boros,hingga kmpresi membalik….
    jd tnda tanya bwt saya
    tlg masukannya mas boz y

  34. F1ZR th. 2003
    Asapnya terlalu banyak mas, kira2 apa penyebabnya, dan apa solusinya?
    Campuran minyak 2 liter campur 5-6 tutup tutup oli (saya pakai merk Castr*l activ 2T),
    Blok silinder standar.
    Karburator standar.
    Pengapian standar

    • - Kalau pakai oli samping enviro, hitungannya untuk 4 liter bensin, masukkan sekitar 100 cc, atau 6 tutup botol enviro. Jadi takarannya minimal 1,5 tutup botol enviro untuk 1 liter bensin. Ngga tahu kalau untuk tutup oli castrol. Kalau kebanyakan oli samping yah banyak asapnya.
      - Penyebab kedua adalah sudah terlalu banyak kerak oli dalam knalpot. Bisa dibawa ke ke tukang las supaya dibelek dan dibakar. Atau dibakar sendiri, caranya copot kanlpot dan sarangannya. Tutup rapat2 salah satu ujung knalpot pakai plastik. Masukan bensin dan atau minyak tanah lewat ujung lainnya. Kocok2 knalpot, korek2 bagian dalam knalpot pakai bambu/kayu. Rebahkan knalpot. Buka plastik tutup knalpot. Nyalakan api di ujung kayu dan bakar knalpot pakai ujung kayu itu.

  35. ternyata saya cari penyebab getran mesin karena power mesin gk bsa maksimal keluar dg knalpot standart,karna lubang bilas pd ku halusin smua n lmyn d perbesar

    • ganti knalpot racing jadi nggak getar?

  36. boss kq seal kopling aku sering bget jebol? tu knpa yah ?pa kruk asnya dh benkok pa knpa bingung neh

    • Mungkin karena :
      - pakai seal mutu jelek
      - salah pasang seal

      Coba ganti seal di bengkel lain yang lebih baik. Coba cari seal orisinil di bengkel Yamaha.

  37. [...] Setahun lalu block fizr saya dikorek secara salah, ceritanya ada disini. Walau sudah dikoreksi namun ada empat lubang bor pada blok yang masih dibiarkan, dan mungkin itu [...]

  38. mas f1zr saya kalo dibawa jalan ada bunyi aneh di bagian blok kiri ( kipas ) , ,kemaren abis ganti spul,, trus berapa bulan kemudian kaya gitu , ,
    ? itu knp ya ? tolong dijawab ! Thx

    • Ada 2 kemungkinan
      1. karet tutup kipas ada yg terlipat/tertekuk sehingga nyenggol kipas, bunyinya wuk2.. . Kalau dibuka ada sisa belas karet pada kipas.
      2. Pulsarnya lepas dari spul jalan. Apalagi kalau spul jalannya bukan di ganti total (ganti spul set + pulsar), cuman ganti pulsarnya saja (pulsar tidak dilas ke inti spul).
      3. Kipas lepas/kendor.

      yah mesti dibuka dan diperiksa sih.

      • mas mau nanya, knpa y mas motor fiz saya ring pistonya itu cepat habis, padahal oli sampingya itu sudah saya banyakin…?.
        trus didalam mesin itu bunyi klotok2 pada saat gasnya itu di lepas..?.

        dan di gigi 1,2, dimesi semakin kuat suaranya, tpi pas di gigi 3,4 gak terlalu kuat..

      • - ring pistonya itu cepat habis –> korternya mungkin nggak bener. Oli samping jaso FC?
        - bunyi klotok2 pada saat gasnya itu di lepas –> kemungkinan seher menghantam liner bagian atas. Coba dibuka bloknya, apa seher bagian atasnya tergores?
        - di gigi 1,2, dimesi semakin kuat suaranya –> yah karena torsi gigi 1-2 lebih kuat, hantaman seher makin kuat.

  39. mas ne mau tanya??kenapa ya mtor cripton saya keluar bunyi ..srek,srek..waktu gas diputar atas.?bunyinya kira kira berasal dari bagian belakang seker..apa ya itu?mhon penjelasanya..

    • wah ngga tahu yah. ngga pernah punya cripton, ngga pengalaman.

      • Mas mau nanya ni..saya felix di manado saya punya f1zr thn 2005..knpa klo saya remas kopling bunyi klotok2 gitu di bagian kanan..dan klo udah jln kadang2 dari gigi2 over ke 3 itu gak masuk.,satu lagi kalau saringan udara di copot mtr sya di gas bknnya gas naik tapi malah mati..mkzi ya sblmnya..mhn kzih saran.

      • - bunyi klotok2, wah belum pernah ngalami. jadi tidak tahu.
        - kadang2 dari gigi2 over ke 3 itu gak masuk, ini juga tidak tahu
        - kalau saringan udara di copot mtr.. wah ini juga belum pernah.
        Nanyanya susah2 :D .

      • Nanya lagi ni mas..PJ & MJ untuk f1zr saya yg udah over size 50 cocoknya ukuran berapa yah mas? Trus knalpot apa yg cocok untuk mtr sya.,apa AHM atw AHRS..?

      • - cuman naik 2 cc, ngga ngaruh ke .PJ & MJ
        - ngga pernah make AHM atau AHRS, jadi nggak tahu

  40. booosss gmna buat karbo standar kebut tpi gk boros

    • wah nggak tahu.

  41. permisi om , F1 saya tahun 97 , udah pernah di modif . tapi sekarang sudah di standartin lagi ama bokap . terus CDI error , Spul pernah kongslet . pas rpn rendah larinya bisa kenceng , tpi pas rpm tinggi seperti “mbrebet” , padahal set karbu udah gede . kira kira apa yg harus di ganti buat set racing . kemudian harga blok + cylinder brp skrng , terimakasih om . mohon bantuannya .

  42. mas mau nanya kalo f1zr saya macet dan keluar oli dari tutup mesin kanan kenapa ya…???

    • bawa ke bengkel

  43. mas f1zr saya kok boroz ya bensinx and klo dipakai jauh kok cepat mati???

  44. mas,mau nanya,,perbedaan blok asli sm blok yg thailand punya itu apa ya,,,terus perbedaan performanya bagaimana,,,saya dpt blok thailand std,tp kok OSnya 100 ya,,,,makasih mas

    • wah belum pernah lihat/makai/megang blok thailand.

  45. mikum….f1zr tercinta sya taon 2004, tadi sore mogok trendam banjir mati tidak ada api sma sekali. stelah di cek kri, knan, dpan, blkang, atas, bwah, mekanik bngkel mnyimpulkan spul bermslah. Trus mnawarkan ganti spul sharga 125 rb blm trmsuk ongkos psang. prtnyaan sya untuk ukuran hrga spul tsb kra2 mas mul pnya prediksi kwalitas gx?, mhon pncerahan’y, thnx…

    • maksudnya spul jalan yang ada magnetnya, dibagian kipas? spul jalan baru harga 125 rb itu spul KW. Umurnya pendek, saya dulu pernah pakai itu. Umurnya cuman 12 bulan. Terus ganti spul orisinil harganya 275 rb, awet sampai sekarang (3 thn).

      • thanks a lot master, saya sgt puas dgn jawaban’y.

  46. salam kenal mas…! saya punya f1zr 2003 OS 25, mo nanya mas..!
    1. karburator selalu banjir, padahal sudah di bawa kebengkel, 2 hari aja bertahan, gmana solusinyA mas?
    2. oli samping cukup banyak netes, kelihatannya dari mesin, solusinya gmana mas ?
    3. oli mesin juga mas netes dari mesin, gmana solusinya mas ?
    4. pijakan pada boncengan sangat terasa bergetar bila sudah gas tinggi atau lari kencang +75km/jm, apa penybabnya mas ? dah diganjal pake karet ntu pijakan kakinya, hasilnya sama aja mas, gmana solusinya?
    5. pada gigi 4 setelah gigi 3 di gas maksimal larinya malah makin ga ada kenapa mas ? dan gmana solusinya?
    6. Saya tinggal di medan.kira2 berapa ongkos perbaikinya semua mas ?

    mkasih mas…..!! atas perhatiannya dan jawabannya.

    • 1. karburator selalu banjir, padahal sudah di bawa kebengkel, 2 hari aja bertahan, gmana solusinyA mas?
      jawab: maaf tidak berpengalaman soal karburator yg banjir. Bisa jadi bukan karburator tapi bagian lain yang (lupa namanya). Karburator fizr tidak seperti karburator honda yang terus mengalir sehingga dipasangi keran. Pada karburator fizr, bensin baru mengalir kalau dibuka komponen X (lupa namanya).
      2. oli samping cukup banyak netes, kelihatannya dari mesin, solusinya gmana mas ?
      jawab : oli samping tidak masuk mesin tapi ke karburator. kemungkinan ada yg bocor di pompa oli samping yang nempel pada blok mesin
      3. oli mesin juga mas netes dari mesin, gmana solusinya mas ?
      jawab : yah bawa ke bengkel ganti seal yg bocor, biasanya seal operan gigi.
      4. pijakan pada boncengan sangat terasa bergetar bila sudah gas tinggi atau lari kencang +75km/jm, apa penybabnya mas ? dah diganjal pake karet ntu pijakan kakinya, hasilnya sama aja mas, gmana solusinya?
      jawab : kemungkinan karet bos swing arm sudah habis
      5. pada gigi 4 setelah gigi 3 di gas maksimal larinya malah makin ga ada kenapa mas ? dan gmana solusinya?
      jawab : tenaganya lemah, makanya saat diberi beban berat (gigi 4) malah loyo :
      http://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/07/20/f1zr-cara-meningkatkan-performa-f1zr/
      6. Saya tinggal di medan.kira2 berapa ongkos perbaikinya semua mas ?
      jawab : saya bukan montir bengkel. ngga punya bengkel apalagi di medan :D .

  47. mas saya punya f1zr taon 95, klo di geber diatas 100/km trus geter wajar gak?
    soalnya saya sering geber segitu bensin juga boros 1:20 , oli samping 100cc utk 4hari …
    gmn solusinya?
    oh ya sama oli yg cocok utk f1zr…
    hehehe maaf kbanyakan nanyak….

  48. mas mul, apa smua f1zr antara gigi 1 & 2 trdapat perbedaan bgtu jauh dlm hal tenaga dan napas’y? tdk sprti antara gigi 2, 3 & 4. apa hnya blalang tmpur sya aza yg brmslah?
    trus indikator jarum bensin sdh lbh se thun ini mati, se tau sya plmpung d dlm tangki bensin’y mngkn yg brmslah. klo mmang bnar apa bsa d srvis ato hrus di ganti? mgkin mas mul pnya solusi, mksih sblum’y….

    • 1. apa smua f1zr antara gigi 1 & 2 trdapat perbedaan bgtu jauh?
      jwb : saya tidak tahu. tapi f1zr saya begitu. Gigi dua tenaga-nya masih lemah, dan napasnya panjang. Gigi 2 f1zr saya bisa lari 70 kpj.
      2. pelampung rusak harus diganti. pelampung bensin motor sama prinsip-nya dengan mobil jadul :
      http://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/12/12/charade-memperbaiki-indikator-bensin/

      • yup! mgkn smua gigi f1zr bgtu kali ye…saya ngtest pnya tmen jg bgtu. klo plampung bensin mw cek k bngkel, trima ksh atas semua info’y, salam kenal……

  49. Numpang tanya mas, F1ZR-ku baru aja servis besar di bengkel resmi yamaha. Berdasarkan saran mekanik, karena silinder sudah noise,maka dilakukan oversize dg piston set baru. Setelah servis besar, kenapa suara mesin dari arah silider jadi lebih kasar ya mas? Demikian pula suara dari arah knalpot jadi lebih keras.

    • 1. Sehabis servis besar memang jadi lebih berisik, entah kenapa. Mungkin karena pasangan2 komponen jadi nggak sekencang aslinya.
      2. suara knalpot jadi keras penyebabbnya :
      - os gede, >100 memang bikin suara makin gahar
      - bocor seal knalpot ke mesin dan atau seal karet pada sambungan knalpot
      - masih inreyen, gesekan piston-ring seher masih kasar
      - gagal inreyennya, ring seher kena.

  50. mas, saya ada prtnyaan lgi nich….
    1. klo stndar penggantian oli mesin f1zr itu tiap km brpa ya? ato dlm prediksi waktu kra2 brpa bln? soal’y slama ini saya dlm setahun cma 2X aza, kta org bengkel gx pa2 yg pnting oli samping jgn smpe tekor.
    2. akhir2 ini klo mindahin tranmisi gigi knapa gx lgsung masuk?, sperti ada yg mengganjal, kdang2 mlah gx masuk gto…..
    3. cara membakar knalpot untuk merontokan kerak2 gmn?
    4. komponen pnghasil suara “bip..bip..bip” ktika lmpu sein di nylakan apa nama’y? d toko variasi ada yg jual gx?
    makasih bnyk sblum’y…..

    • Spam! Banyak singkatannya sih :D .

  51. Slam knal mas bro, ni aqw mw tanyak, qw kn punya motor f1 th 2003. Bloknya abis di standarkn tdinxa si overzi’ 50 lari ngacir. Tpi knpa pas di gas kok motorqw ngadat(mati) ? N borboro bwat nguber MX, nguber bapk” naik spedah ontel aj oraiso,!!! Please ksih tw pyebap n solusinxa mas broo,?

    • cuman os 50 kok distandarkan, ganti liner gitu? ganti liner tuh ngga gampang. Yah itu hasilnya ganti liner yg nggak bener, malah piston macet kalau digas. Kalau ganti blok baru, berarti gagal reyennya. Solusi ?
      1. Kalau bekas ganti liner yah mesti ganti blok.
      2. Kalau habis ganti blok yah mesti dihaluskan/dikorter lagi.

  52. mas, saya ada pertanyaan lagi nich….
    1. kalau standar penggantian oli mesin f1zr itu tiap kilometer brapa ya? atau dalam prediksi waktu kira2 brapa bulan? soal’y slama ini saya dalam setahun cuma 2X aza, kata orang bengkel ga pa2 yg pnting oli samping jangan smpe tekor.
    2. akhir2 ini klo mindahin tranmisi gigi knapa ga lgsung masuk?, sperti ada yg mengganjal, kadang2 malah ga masuk…..
    3. cara membakar knalpot untuk merontokan kerak2 gmna? apa langsung di taruh di atas kompor? atau pake api las karbit?
    4. komponen pnghasil suara “bip..bip..bip” ketika lampu sein di nyalakan apa nama’y? di toko variasi ada yg jual ga?
    5.tambah 1 problem lg, aki tiba2 ngedrop, jangankan untuk starter klakson aza ga bisa bunyi, apa pengaruh dari spul jalan KW yg sya ganti minggu kmarin kurang maximal mensuplai stroom’y? gmana solusi’y?
    hapunten kang lamun kirang kaharti………. tapi udah saya ralat tanpa singkatan, mohon pencerahan’y! makasih bnyak sblum’y…..

    • 1. kalau standar penggantian oli mesin f1zr itu tiap kilometer brapa ya? atau dalam prediksi waktu kira2 brapa bulan? soal’y slama ini saya dalam setahun cuma 2X aza, kata orang bengkel ga pa2 yg pnting oli samping jangan smpe tekor.

      jawab: Tergantung merk-jenis oli-nya. Ada yng kuat sampai 4000 km, ada yang cuman 2000 km. Oli mesin bisa saja dipaksakan hingga 6 bulan, tapi akibatnya malah ngerusak jeroan mesin. Sebaiknya pakai enduro biasa yg 50w dan ganti maksimal 4 bulan.

      2. akhir2 ini klo mindahin tranmisi gigi knapa ga lgsung masuk?, sperti ada yg mengganjal, kadang2 malah ga masuk…..
      jawab: Nah itu tandanya gigi transmisi (jeroan mesin) rusak akibat oli mesin sudah ngga bekerja baik.

      3. cara membakar knalpot untuk merontokan kerak2 gmna? apa langsung di taruh di atas kompor? atau pake api las karbit?

      Lepaskan knalpot, copot sarangannya. Bakar sarangan di atas api kompor hingga berwarna putih. Pukul2 sarangan maka ambrollah semua kerak pada sarangan. Masukan minyak tanah dalam knalpot, sikat dan bersihkan bagian dalam knalpot. Lalu bakar bagian dalam knalpot, kalau susah nyala, tambahkan bensin dalamnya. Atau dibawa ke tukang las karbit, knalpotnya dibelah/dibuka dan dibakar bagian dalamnya.

      4. komponen pnghasil suara “bip..bip..bip” ketika lampu sein di nyalakan apa nama’y? di toko variasi ada yg jual ga?

      jawab : belum pernah nyoba cari komponen itu. coba pakai punya vega/mio (vega/mio bunyi?).

      5.tambah 1 problem lg, aki tiba2 ngedrop, jangankan untuk starter klakson aza ga bisa bunyi, apa pengaruh dari spul jalan KW yg sya ganti minggu kmarin kurang maximal mensuplai stroom’y? gmana solusi’y?

      jawab : cek dulu konektor spul, sudah benar/kencang ? Kalau arus dari spul jalan ngga ngisi ke accu maka arus lari semua ke lampu, nyala lampu depan terang sekali dan mudah putus.

      • top margotop….!!!!!!!!!! dua jempol bwt si akang yg satu ini,siap laksanakan! force one still number one!!!

  53. konektor spul oke setelah di cek kang! masalah’y skarang ketika kunci kontak di putar ke posisi “on”, lampu indikator (neutral dan oli) pada speedometer kadang nyala terkadang tidak. ketika pd kondisi indikator menyala (kondisi 1) elektrik starter pun bisa digunakan untuk menghidupkan mesin.Tapi ketika pd kondisi indikator lampu tidak menyala (kondisi 2) klakson, lampu sein, lampu rem total mati semua, menghidupkan mesin’y pun dilakukan dgn kick starter (mesin masih tetap bisa hidup). Nah, yg bikin sya pusing pergantian dari kondisi 1 ke 2 atau sebalik’y selalu terjadi ketika motor sdg di pake di prjalanan, repoooot….,! Td sya mampir ke bngkel sphare part mengadukan hal serupa, si engkoh lgsung memvonis supaya ganti blok kunci kontak satu set tanpa menyuruh mekanik’y untuk mengecek sistem kelistrikan terlebih dahulu. yg sya ingin tanyakan apa betul dengan mengganti blok kunci kontak masalah bisa di atasi? di tgu balasan ide dan solusi’y, matur nuhun…………

    • Belum tentu kunci kontaknya yg rusak, bisa jadi karena accu-nya kosong/lemah.

  54. Mas mull, carnya oprek/Kohar mesin standar bawan pabrik ki gmna tanpa harus OS,soale kta tmku mesin standarki asline lumayan, paskae ngge ngedrak sama satria f beda tipis poswan ku lari 120kpj, cmak stare ae menang, tolng ksih infonxa (mklum wong jowo)

    • baca : http://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/07/20/f1zr-cara-meningkatkan-performa-f1zr/

      • mas mul, mau nanya sedikit. saya punya f1zr, karbunya udah di obok2 tukang sama saya sendiri. di karbu itu kan ada jarum sama rumahnya yg kek seruling. seruling diganti sama tukang, jarum asli, kalo posisi tanpa di gas, apakah jarum harus rapat menutup lobang seruling bagian atas? pertanyaan kedua, kalo gas saya urut, jatuhnya putaran atas agak mbrebet, kalo agak disendal langsung bisa ngacir, itu apanya yg kurang pas ya? yg ketiga, kalo posisi jalan pelan, trus gas di tarik habis secara tiba2, mesin mblebek koyo arep mati, iku apanya yg kurang pas ya? sekian pertanyaan saya, atas keterangannya saya ucapkan terimakasih

      • 1. apakah jarum harus rapat menutup lobang seruling bagian atas?
        jwb : seruling? maksudnya pilot jet?

        2.pertanyaan kedua, kalo gas saya urut, jatuhnya putaran atas agak mbrebet, kalo agak disendal langsung bisa ngacir, itu apanya yg kurang pas ya?
        jwb : kemungkinan kabel gas seret/macet.

        3. yg ketiga, kalo posisi jalan pelan, trus gas di tarik habis secara tiba2, mesin mblebek koyo arep mati, iku apanya yg kurang pas ya?
        jwb : kebanyakan bensin, kurang udara.

        silahkan pelajari : http://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/01/12/f1zr-cara-jetting-setting-karburator/

  55. iya mas, jarum skep maksud saya. maksud pertanyaan saya kedua itu mbrebet rpmnya mas, jadi saya rasa ndak ada sambungannya dengan kabel gas. kalo gas ditarik pelan (kecepatan motor dinaikkan perlahan) sampe habis, sekitar rpm 6k mbrebet, tapi kalo agak dibejek, rpm ndak mbrebet. pertanyaan saya yg ke3 ini saya ndak habis ngerti, kalo kebanyakan bensin, padahal yg saya pake masih main/pilot stdrd, mesin oversize 125, logikanya kan bensin harus lebih banyak to mas? atau gmn? nuhun, maaf kalo ngrepoti

    • Yang dimaksud kebanyakan bensin itu bukan karena kegedean PJ/MJ :) . Tapi kebanyakan bensin dalam campuran dengan udara-nya (AFR = Air to Fuel Ratio). Jadi kurang gede/lancar udaranya. Kalau dibejek kan nyentak, bisa jadi akibatnya udaranya jadi banyak/lancar masuknya.

  56. ngan mau nanya ni ,,msalah motor fiz ku,,, kalu mau gas tinggi kaya nda mau lalu buntu2 n terdengar suara2 di bloknya,,, kra2 apanya yg rusak tuh,,,

    • Bisa seher, bisa ring seher, bisa setang seher dan klaher kruk-as. Dibawa ke bengkel diperiksa semua. Kalau setang seher oblag yah turun mesin, ganti setang seher dan klaher-nya.

  57. mas piston racing yg bagus merek y apa mas ????
    dan klo mau lari kencang apa aja mas alat yg harus kita ganti ,,,

  58. a mau tanya, motor f1zr uchut OS 100 MJ 130 dan PJ 17.5 nah pas tarikan atasnya brebet a gak bisa lari, apalagi trek lurus gigi 4 gak mau maju motorpun gak ada tenanganya, uchut coba tanya ke bengkel katanya mesti ganti CDI, ada juga yg bilang mesti ganti PJ uchut jadi bingung mana yg bner. sementara kalo gnti CDI liat harganya yang ori 200k lebih uchut cuma bisa geleng” karna pulus lagi minim hehehhe. nah kira” yang btul itu yg mana yah a, CDI apa Pilot Jet nya yang harus di ganti..??? oyah kalo CDI pake yang lokal ngepek ke yang laen gak a, misal ke sepul jadi cepat rusak…??? tolong pencerahahnnya yah a, bisa di sini ato lewat Email uchuttsarchutt@gmail.com
    #makasih a, nuhun.

  59. gan mau tanya klao mesin agak getar trs mesin berik kira” apanya ya,,

  60. nah uchut buka, warna busi item gelap a kadang juga basah. kira” setinggannya ato emang harus ganti pilot jenya a kalo gitu….???

    • yah bener tuh too rich. ngga perlu ganti pilot jet.

      • nice info a, cuman too rich itu opo boten ngertos heheheh. okeh a nuhun cuman uchut bingung mesti di bawa ke bengkel mana yah. soalnya kmaren tanyain ke bnengkel, bengkel malah bilang suruh ganti cdi a. tapi sekarng maksih setidaknya uda tau kalo pnyababnya di karbu. kira” a tau gak bengkel yang bagus seting motor” f1 a ..??? ato mau sama mas yanto juga ga papa uchut minta tolong setingin. hehehehhe…:)
        oh iya mas tinggal dimana mas,

      • Bawa ke Bengkel Yank’s motor III (Jl Raya Ujungberung no 129 Bandung) depan apotik kimia farma. Minta diservis pak yono (pak kumis). Bilang saja minta disetel karbuartornya, soalnya mbrebet dibukaan gas banyak. Terusa intake/masukan dari filter yang masuk sasis dicabut dan diputar arahnya kedepan, maksudnya agar flow udara yang masuk ke filter udara lebih lancar/banyak. Makanya baca dan pelajari ini :

        Silahkan perbaiki settingan karburator dulu (biar ngga too rich atau too lean) :

        http://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/01/12/f1zr-cara-jetting-setting-karburator/

        Biasanya sih karena asupan udara kurang :

        http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/12/17/menjadi-montir-lagi/

  61. seeep makasih mas. lumayan jauh juga yah dari cimahi ke ujung berung weleh weleh….. pokoe spirit lah.
    nuhun mas.

    • Tapi ga jamin itu solusinya loh. Makanya belajar sendiri setting karburator. Bisa jadi juga CDI-nya. Kalau ganti CDI kw , ada yg harganya 50 rb. Kalau CDI indoparts harganya 100 rb. Kalau masih pakai busa filter, pastikan busanya sudah dicuci.

  62. nanya lagi mas, motorku os 125, dan menurut hitungan kompresi naik, apa perlu di ganjal paking lagi headnya? jadi 2 paking maksud saya. trus, fungsi jarum skep, itu untuk ngatur apa sih mas, dan kisaran rpm berapa yg diatur jarum skep? trims atas jawabannya. salam

    • 1. Ngga perlu ganjal paking head lagi kalau cuman bore-up os 125.
      2. Jarum skep buat ngatur komposisi bensin:udara
      3. Berapa rpm? ngga tahu.

  63. maz mulyanto saya punya yamaha fiz r tahun 1899. kalou di gas kencang kok gak los gitu ya suaranya ….di kelalpot nya bunyi tang…tang gitu ….apa karena CDI nya ya…..karena CDI nya gak ori maz ……kasih tau ya maz ….dari ita malang

    • yah mungkin saja karena CDI-nya. Coba cari pinjeman CDI lainnya buat ngetes.

  64. maz saya punya yamaha rx king
    tapi kenapa tiang sokarnya sering ken terus
    apa bloknya harus di ganti ya?

    • waduh nggak pernah ngoprek rx king.

  65. motor f1zr saya.sering mogok kalau habis di bawa ngebut,kenapa yah??? selain itu juga,f1zr saya sering mbrebet….

    • overheat, kurang oli samping dsb.

      • Mas mull saya mau tnya…MOTOR FIZ R ku…klo pas pasang lampu/ lampu di nyalain,,motor brebett…pada posisi gas tinggi…dan kadang mau kayak mogok…tpi ngak sampe mati mesin nya,,,tapi kalau ..lampu nya dimatikan motor jln biasa….tolong mas solusinya…terimah kasihh

      • kemungkinan spulnya sudah lemah, atau ada kabel yang nggak bener.

  66. bang mau nanya ni ,,tntang mtr fiz q..knpa sering bocor antara blok dgn kopnya,,padahal uda di ganti jga pakingnya ama baut2nya,,kirA2 apa nya yg hrus di perbaiki,,,trims

    • Mas mull spul nya baru di ganti……sama tengah rumah kopleng..dan kampas kopleng…serta fer TRD,,,,,bagusan spul nya di ganti ama merek apa???.mas tolong pencerahannya…motor nya ngak bisa jln mlm,,,krn klo pasang lampu…motor nya kayak mau mogok,,,seperti hilang tenaga..tp masih bisa jln..

      • saya pakai spul f1zr orisinil. Di bdg 3 thn lalu harganya 275 rb. Awet sampe sekarang. Kalau spul kw harganya cuman 100 rb-an, tapi umurnya cuman setahun. Bola lampunya standard? Jangan2 halogen 50 watt :D

    • wah saya ngga tahu solusinya.

      • Balon lampu nya standar!!!!spulnya baru saya ganti…ttpi masih sama juga..ngak ada perubahan…kabel nya sdh saya cek…
        Smua nya bagus

      • wah mesti diukur kabel2 dan konektornya, ngga cuman diperiksa mata. Demikian pula dengan komponen2 lainnya seperti kuprox. Penggantian spul menandakan supply arus dari magnet sudah normal. Tapi masih ada kabel atau komponen lain yang bocor(membebani lebih dari normal). Montir yg baik mestinya bisa menelusuri kabel/komponen yg rusak pakai AVO meter.

  67. mau nanya ne………….
    saya kan punya motor f1zr,saya bongkar over hul sendiri,waktu pemasangan kopling ganda,kok korek as nya lengket y…………….

  68. Mas mau tanya kalo fizr disambungan knalpotnya keluar oli knp yaa ? Sudah ganti gasket/ paking sambungannya padahal
    Makasih tolong dijawab

    • motor saya juga gitu dari tahun pertama. Namanya juga 2 tak, mbakar oli samping. Kalau oli yg keluar kebanyakan yah mungkin terlalu boros oli sampingnya.

  69. mas
    saya puya f1zr opersis 7,5 rx S
    tpi gk ada tenaga ya
    mesti d main kopling dlu bru naik tenaga ya

    mlh main am f1zr oprsis 7,5 standr f1zr
    di tinggal dri bawah sampai pinis

    pening lah mass

    tlng kasi solusi ya mas

  70. bang,numpang tanya neh..
    aku punya F1ZR thn 2000..
    mslahnya neh :
    1.knp ya karbu sering bgt ngembun?
    2.suara di mesin seperti kemlotok waktu di gas.
    3.pas wktu gear 3-4 top speed nya kok mendadak hilang ya bang?
    dan kalau dipaksa piston nya kayak natap2 gitu.
    4.oli bocor dari sebelah perseneling,kira2 berapa bang harga sealnya?

    mohon bantuannya bang.. :)

  71. aslam. mas fizr.ku tahun 1997 keluaran pertama, mas mau nanya nih
    1. kalo di pakai di daerah pegunungan ngak bisa nanjak walau dah ganti kampas kopling baru
    2. kalo di pacu 80 km/jam sejauh 3 km mesin langsung overheat padahal oli sampingnya dah diborosin
    3. tiap kali gas dibuka penuh mesin mau mati padahal dah ikutin petunjuk jetting karbu, pj 17,5 dan mj 130
    4. karbu sering berkeringat walau di borosin atau di iritkan
    5. gimana cara periksa kondisi spull dan cdi
    6. gimana cara jetting membran
    mohon petunjuknya mas

  72. Mas.. apakah mesin f1z-r puringan bisa di jadiin seperti mesin biasa ?

    • puringan itu apa yah? mesin biasa maksudnya gimana?

  73. wahh,, susah mas mau jelasinnya gimana.. Gini aja ..
    1. Kenapa ya Mas f1z-r saya tarikannya kurang, pas ngoper gigi agak nahan gasnya terutama di tanjakan atau pas lagi berhenti mau jalan ?
    2. Kenapa banyak sekali Oli yg nempel di bawah mesin saya, di karburator, pompa oli, selang2nya, membran, pkoknya smuanya deh mas,, Jorok banget deh liatnya..??
    3. terus knpa pas lagi gigi 4 pas nge GAS nya lama2 kecepataannya turun sendiri ? padahal posiisi gas di ubah2 di tangan?
    4. Pokoknya Loyo deh mas, Gak ada tenaga, tarikan kurang, kejutan kurang,, hehehehe.

    ***mohon mas pencerahannya….

    • 1. Ganti kampas kopling
      2. Bersihkan mesin, karburator dsb. Pakai motor lagi, amati darimana sumber bocor olinya.

  74. permisi mas numpang tanya aq punya fiz buat ful .kalau maknit kit piston sepes std membran fiforss berarti lubang blok in out nya di korek ukuran brp dan kop papas brp mm tlg ya mas

    • wah saya ngga tahu :D

  75. mas f1zra ane kok sepul nya mati terus knapa ya mas…

    • kemungkinan :
      1. spul kw
      2. ada yg konslet/rusak atau salah pasang kabel

  76. mas saya mau tanya..motor saya force1..kalo di gas aga besar ndut-ndutan tp dalam posisi tida jalan..apa pengapianya kurang mas….?

    • bisa jadi ada masalah di spul jalannya.

      • spi magnet hancur bisa gak d perbaiki..

  77. mas bos. mw nanya soal fizr ane.. kalo di buat lari kencang itu kok ada bunyi sperti ad setrum yg kluar..?? tecs” gtu mas .. tlng di bantu..???? suaranya dari dpan blok.. tlng bls di no ane. 08993887574. thnks

    • yah nanti saya telpon pakai intercom

  78. aslmlkm, mas mo tanya fizr ane ko klo di ajak lari di atas 80km/jam putaran mesin jadi berat trus tiba2 mati,…diem in sebentar di sela nyala lagi tapi berat + sara mesin ksar.udah ganti coil, spul, CDI, tpi masih sering kya gitu….help mas, makasih.

    • kemungkinan seher macet, coba banyakin oli sampingnya.

  79. ass. wr. wb.
    saya mau nanya kalau motor 2 tak yamaha Yamaha Fizr Gear cocok selain dari yang umum standar biasa dipakai adalah depan 14, sedangkan yang belakang adalah 39 selain dari yang itu kira-kira apa ya karena blok motor saya udah bubutan dan kop depanya juga udah dibubut saya tidak tau bubutannya itu masing-masing berapa mili tapi bilang temanya diseting untuk standar jalan hari-hari maklum kita tau pake saja ????

  80. Mas, slam kenal, mau tanya, head f1zr ku bocor terus, udh d ksh lem biasa juga sama, bahkan udh pernah pakai lem besi, (dextone) juga tetap bgitu, tolong pnjelasannya mas..

    • pemasangan kop itu pakai seal tembaga saja, ngga usah pakai lem. Kalau pakai lem ngga bakal kuat, ngga ada lem yng kuat nahan panas dan tekanan ledakan dalam blok mesin. Kalau tanpa lem, masih bocor.. coba ratakan head dengan digosok2an pada amplas. Kalau masih bocor juga, bloknya yang mesti diratakan/diganti.

      • mas mu, mau ty nih… bisa g fiz r pake magnet yamaha yz 125.?? kira kira efeknya gimana..?

      • ngga pernah nyoba, jadi ngga tahu yah.

      • mas tau g harga dari magnet yz.? kira kira berapa yg orisinil.???

  81. mau tnya ni mazz . .
    Punya ku f1z 95. Uda modif kopling manual . Kopling ganda uda dilpas .
    Kalo dibuat jalan trus gas di tahan/di panteng di rmp trntu kok jalanya nyendat2.tp bukn nyendat krna bensin ato strum nya.
    Dari gigi 1-4 nyendat2 di rpm trtentu . Tpi kalo ditarik knceng ga nyendat.
    Trus kalo mesin lagi pnas. Kalo ditarik kok kluar bunyi klatak2 ya . Knpa tuh maz? Mesin blum di korek. Os 25.
    Trus kluar suara berdengung jga dr msin sblah kiri.
    Trus membran yg bgus pke yg fiber ato seng mas ?
    Kalo mau pke karbu ninja. Manifold nya bsa di modif ga mas?

    Mhon info nya . .

  82. mas saya punya fizr dh modif trail bodi yz85 bermasalah dikenalpot g ada larinya motor mas klo dipasang kenalpot standar tembus 100 tapi klo pake kenalpot trail 90 aj abis abisan narik gas mas blok sma karbu standar lum ada oversize

  83. artikel yang sangat membantu,,
    matur nuhun mas..

  84. Mas saya mau tanya… apa sih penyebab oli samping netes”?

  85. maaf mas numpang nanya. saya punya f1 2003,kalo dibawa ngebut trus jalanan nanjak. sekitar 1,5km jauhnya motor mendadak mau mati.trus dipake jalan dah kira2 setengah km. motor lancar lg. cdi dah diganti original. valep baru. makasih banget mas

    • maaf saya juga tidak tahu. saya bukan montir, yang saya tahu sebatas yang saya alami. terima kasih.

  86. maaf mas numpang nanya f1zr saya taun 2003,0s 50 pas awal awal bisa sampe 120/kmh lbih,tapi sekarang (kira-kira 6 blanan) paling mentok 100/kmh,padahal servis,ganti oli, pling lmbat 2 bulan sekali,+ oli samping ga irit-irit amat,pengen kaya dulu lagi, kira-kira apanya ya mas,tolong infonya, makasih mas..

  87. ms fiz itu klo pkek cdi nya rx apa hrus motong pik up di magnet nya. trus dpotong brapa mm .trims.bngkl jaya sakti blitar

    • wah ngga tahu bos

  88. mas mw tnya f1 sya Bru saja gnti piston, ptong kas npp 125 Dan silnya gnti
    karna kmren ad mslh tarikkan loyo Di gigi 4 Dan ketika goncengan, Dan silnya terlalu deras kluar oli smpingny
    tpi stlah Di gnti f1ku tetep loyo Di gigi 4, Dan oli tetep tehambur Di sekitar karbu Dan Di atas blok mesin kiri
    tlong pencerahannya mas thanks

  89. permisi mau tanya,
    Motor fiz R saya bergetar sperti bergetar ke semua bodi
    bergetar dari awal di hidupin apalagi udah jalan lebih parah, terus larinya sperti berat banget meski udah gigi 4 larinya sperti masih gigi 2, otomatis tidak bisa lari sampai 60/km, karna klo lebih dari itu sperti mau copot tu mesin, mohon bantuannya,

    • chek all turun mesin bro siapin dana 750rb ok bawa ke bengkel d sekitar daerah ente and sambil d monitoring tu bengkel itunk 2 cari ilmu mga sukses

  90. f1zr saya koc g mw kenceng ya padahal udah korekan fuel bahan bakar lumayan irit … Itu gmn tolong bri solusi nya

  91. jossssssssssssssssss

  92. mas mau tnya fiz Rku kan abis oversize 75 trus aku buat jlan 80km/jam kog tiba2 mati sendiri/mesin ngancing tu knp ya apa kena sehernya apa ring??padahla baru diganti seher

    • coba search “reyen”

  93. om mau tanya nih,kato boring dpn yg buat masang busi slek,mending di bubut/ganti boring

  94. mas karbu kw pa susah ya di seting,,, soale rpm rendah brebet ra penak blas,,rpm tinggi penak,,gek borose pooool ,,, 25 km entek 2 lter,, padahl bar ganti blok os 0,,

    • yup katanya begitu. Nyari saja karbu asli diloakan/copotan. Perbaki pakai repair kit.

  95. opo yo enek to mas karbu ori neng loakan,,,

  96. mas saya pake knalpot racing ahm
    kenapa ngeden ya gigi 1-4
    tapi kalo gigi 4 di gas pil agak ngeden tapi lama lama di narik kebut bner
    itu apanya ya mas

  97. mas mau tanya fis r ku klo di gear 2 kog sering nyadat2 ya , , ,apnya ya?

  98. om mw tanya
    FIZR klo di isi bensin 1 liternya sma dengan brapa kilometer ya

  99. Mas mau tanya kalo pake piston satria r os 100 bisa pake sehari hari gak??

  100. Mas bro mtr f1zr saya sama sekali ga bisa lari,knalpot kalo diseting ngedop,bensin borosnya minta ampun,terus kaya ada suara stang seher kalou ditenga Rpm…
    Kira2 apa penyebabnya….

  101. mas mf mu tanya klo mtor f1zr sya pengen gx ada gtaran d putaran atas apa nya yg hrus d ganti tpi f1 saya blum kopling mas taun 96

  102. apa penyebab seher f1zr saya bisa maju sampe mentok kepala blok,,,kemarin baru oversize pake seher 200,,awalnya pake seher 1,75, nga ada istilah seher mentok, sekarang terpaksa seal blok belakang di tambah 1 biji,tapi tarikan jadi drop,,,,tolong dong solusinya ,,,,makasih

  103. sya mau tny ni..motor saya kan udh lma ngk ad akinya,lampunya nyala bagus.
    trus sya ganti peteng lampunya karna udh ngk bsa di pakai,habis di ganti dgn yg bru,lampu sya sllu putus mas..mohon petunjuknya…

    • yah pasti selalu putus lah, tegangan dan arus full dari spull jalan langsung ke lampu. Kalau dipakai ngisi aki, tegangannya pasti drop ngikuti tegangan aki.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: