Oleh: mulyanto | 20 April, 2011

Berapa Usia Masuk SD Yang Ideal?


Dafi maret lalu berumur 5 tahun dan sudah bisa baca tulis walau masih per kata. Andai dilesin dan di paksa, bulan juni-juli ini mungkin sudah bisa baca tulis per kalimat. Walapun aturannya minimal usia 7 tahun bisa masuk SD, tapi beberapa SD bisa menerima murid dibawah 7 tahun termasuk yang 5 tahun koma.

afi-wisuda-small

Keuntungan dari masuk SD pada usia 5 tahun koma antara lain adalah anak diharapkan bisa selesai sekolah lebih cepat. Dengan lulus 1-2 tahun lebih cepat maka diharapkan nanti lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau beasiswa, karena usianya lebih muda. Demikian pendapat saudara saya yang memasukan anaknya pada usia 5 tahun koma.

Beberapa kasus memang menunjukan kesuksesan anak-anak yang masuk SD pada usia 5 koma. Tapi lebih banyak kasus yang gagal :) . Tidak aneh sebenarnya, ada dua faktor yang menentukan yaitu IQ dan Emosi (EQ). Pada anak saya, saya lihat emosi-nya sesuai umur jadi tidak lebih cepat. Anak saya umur 2.5 tahun sudah masuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), tahun selanjutnya juga masuk TK. Tapi tidak pernah saya paksa untuk belajar atau sekolah. Kalau ngga mau sekolah yah ngga saya paksa. Niat sebenarnya cuman agar bergaul saja. Sebenarnya kalau ada tempat penitipan anak yang murah meriah dan bagus(benar), mendingan dititipkan disana. Dititipkan pagi, dijemput siang-nya. Kalau ngga play group, cuman play group jauh lebih mahal dari PAUD. Nah Dafi baru seahun terakhir ini bisa bergaul dengan teman-temannya. Bisa bermain bersama dsb. Sebelumnya ngga bisa sama sekali, selalu memisahkan diri.

Nah faktor emosi/kedewaasan ini seharusnya yang dikedepankan. Anak saudara saya (katakanlah namanya Y)yang masuk SD pada usia 5 tahun koma akhirnya malah jadi korban bully teman sekelasnya. Oleh seorang teman kelasnya yang njeger (katakanlah namanya si X), ia diperalat untuk menyelesaikan pekerjaan si X. Si X juga tidak memperbolehkan Y berteman dengan lainnya selain si X. Weleh… anak kelas 1 SD aja udah error gini yah? Mungkin karena produksi sinetron. Akhirnya saudara saya memindahkan anaknya ke sekolah swasta unggulan yang muahhhalll. Gimana ngga mahal, satu kelas 10 anak saja dibimbing 2-3 guru. Biaya masuknya saja 11 juta.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman itu, mungkin Dafi sebaiknya masuk SD tahun depan saat usia 6 tahun koma. Ada yang punya pengalaman serupa?

About these ads

Responses

  1. Bagaimana ya cara mengindari bullying seperti ini?
    Anakku pernah kena juga, tindakan sesaat yang aku lakukan:
    - anakku malah aku marahin habis2an dan aku ajarin untuk berkelahi :)
    - aku ajarin buat menyerang si bully-er, ndak peduli lebih tua ato lebih gede.
    - kalo kalah ntar bilang sama bapaknya … hehe..(yang penting si anak tidak takut lagi)
    Untuk sementara sih udah gak kena bullying lagi, tapi aku sadar tindakan itu sebenarnya tidak bagus. Lagi cari2 cara2 yang lebih baik, cuma belum nemu…

    • Mestinya di sekolah ada polisi yah buat ngawasi bullying. Bullying ini kan yang jadi pupuk geng2.

  2. Saya sih dulu masuk usia tujuh tahun. Dan kalau saya lihat usia tujuh tahun itu ideal

  3. ke khawatiran yg berlebihan….. setiap masalah pasti ada jalan keluarnya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: