Oleh: mulyanto | 5 Desember, 2011

Mengenal Dempul


Dempul yang biasa dipergunakan untuk memperbaiki body mobil/motor serta benda lain biasanya San Polac dan Isamu.

San Polac adalah polymer atau sering disebut dempul plastik. Gunanya untuk mengisi atau membentuk. San Polac menggunakan hardener (resin). Setiap pembelian San Polac mendapat resin. Dempul San Polac agak keras dan cepat kering, susah untuk finishing yang halus. Untuk finishing digunakan dempul Isamu. Dempul Isamu lembut/lemas. Dempul Isamu tidak menggunakan resin.

Cara pemakaian :
1. Bersihkan bagian yang hendak didempul. Kalau ada karat, gunakan penetrating oil seperti WD-50. Amplas selagi basah oleh penetrating oil. Lap hingga kering, amplas lagi hingga bersih.
2. Tuangkan sebagian San Polac pada tutup plastic kemasan San Polac (warna putih keperakan). Beri resin (tube putih/kuning). Perbadingan dempul dan resin adalah 100 : 2 (berat). Jadi beri sedikit saja sehingga adukan menjadi sedikit kuning. Resin yang berlebihan memang cepat kering tapi rapuh.
3. Biarkan hingga kering. 1-2 jam untuk suhu 30 derajat celcius.
4. Amplas permukaan dempul jika ada tonjolan2 supaya rata, terus bersihkan.
5. Sapukan dempul isamu.
6. Biarkan hingga kering.
7. Amplas permukaan dempul hingga halus dan rata.

Btw susah loh mendempul yang halus dan rata, percobaan pertama saya ngga sukses :D .

About these ads

Responses

  1. sip///………………………..contoh penerapannya?

    • contoh penerapannya pada body mobil yang catnya terkelupas.

  2. Cara pakainya belum tahu

  3. Sudah ditambahi tuh cara pakainya.

  4. [...] hanya berbekal sedikit info tentang jenis dempul dari pelayan toko, seminggu lalu saya mencoba mendempul bagian masukan bensin mobil jadul saya yang pecah [...]

  5. saya malah sering pake dempul isamu buat ndempul gundam

  6. kalau mau beli dimana ya ??
    toko bangunan atau toko onderdil mobil ?

    bilangnya apa ke penjualnya ??

    • toko bangunan. dempul san polac atau dempul isamu. ambil duitnya di ATM, masukin PIN-nya dulu. Ke toko bangunan naik angkot, naik ojek juga bisa.

      • asikk.. :D

  7. pada bagian tertentu ada yang gak bisa di saput dengan kap dempul, apa menggunakan jari saja,…

    • yah mestinya begitu

  8. mohon bantuan untuk memberikan panduan merk dempul epoxy mas…? saya bingung dempul epoxy merk apa aja, terima kasih atas bantuannya.

    • maaf, saya juga tidak tahu.

  9. maaf mau tanya mas…saya niat bikin sesuatu pake bahan karton padi..kira2 bisa nempel ga kalo didempul pake san polac ini? terima kasih sebelumnya..

    • wah saya ngga tahu, dicoba saja.

  10. kalo mw nge dempul body motor.. harus pk 2 dempul it / bs pk 1 dempul aj.. misal ny cm pk dempul isamu aj..

  11. Makasih Gan, saya mau belajar dempul sendiri nih..

  12. kalo udah di dempul isamu bisa langsung di cat?

  13. Bagusan apa sanpolac apa isamu?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: