Oleh: mulyanto | 26 Januari, 2012

Loh Kok Keramik Poles? Bukan Granit?


Untuk ruang yang sedang dibangun, saya mencoba menggunakan granit. Gara-garanya istri ngotot terus pakai granit. Maka sabtu 21/01/2012 lalu, kami sekeluarga pergi ke sebuah toko.
Dipilih granit putih polos yang harganya 81 rb/m2. Saya beli 24 m2 atau 17 box seharga 1.982.000. Atau sekitar 116 rb per box-nya. Hari senin berikutnya barang diantar sampai rumah, setelah sebelumnya membayar ongkos kirim 20 rb di Customer Service.

Sampai selasa malam saya don’t care saja, kemudian saya baru menyadari ada dua kejanggalan yaitu :
1. Jenis barang pada struk dan surat jalan adalah DBS GNT YS 600 Nano White. Sementara yg tertulis pada box adalah “Ivory White”.
2. Saya beli granit, kok yg tertulis “Keramik Poles” ?

Perbedaan struk/surat jalan dengan kemasan barang


Langsung saya telepon CS-nya, saya diminta menelepon keesokan paginya karena supir pengirim sudah pulang. Tak sabar menunggu esok pagi, saya kirim email mempertanyakan masalah no 1. Besok paginya (Rabu pagi) saya telepon lagi ke CS. Beberapa menit kemudian saya ditelpon balik ke staff toko yang menyatakan :
1. Hanya ada satu jenis barang DBS GNT YS 600 yaitu yang “Ivory White”.
2. Istilah Nano adalah bukan warna tapi anti noda(Mungkin maksudnya ukuran pori2-nya nano, nano-sized hole gitu. Jadi saking kecilnya pori2-nya, noda/kotoran tidak masuk yg menimbulkan bekas).

Tentang beda keramik poles dan granit sebenarnya dijelaskan tapi tidak terdengar karena HP dioper ke saya oleh istri saya. Oke saya tampung dulu penjelasannya, saya investigasi dulu.

Dan tadi sore saya kembali ditelepon oleh staff toko yang lain untuk menjelaskan pertanyaan saya yang diemail. Wah masalah ini dibahas dalam rapat manajemen !. Penjelasan kali ini adalah :
1. Terdapat kesalahan pada struk yang membuat bingung. Pihak toko berjanji akan memperbaikinya.
2. Barang yang dikirim adalah benar sesuai pesanan.

Tak lama kemudian saya mendapat email jawaban yang menyatakan bahwa “Dan dalam hal ini Bapak Mulyanto telah menerima penjelasan toko dan Complain dianggap selesai”. Sebenarnya sih “saya terpaksa menerima penjelasan toko dan Complain dianggap selesai”. Kenapa ? Karena tidak ada referensi granit yang saya pilih, tidak ada contohnya yang saya pilih malam itu. Seharusnya saya bawa 1 box langsung kerumah, sementara biar sisanya dikirim. Tidak ada juga referensi tentang “DBS GNT YS 600 Nano White”. Yah sudah.. masalah selesai :D .

Lain kali kalau beli, jangan lupa bawa 1 box pulang dulu. Dan cek dulu di gudang, jangan2 nama/warnanya beda dengan sample :D . Oh yah, granit tile baru yang belum dipakai memang tidak mengkilap karena masih ada lapisan lilin untuk proteksi pada pembuatan dan pengiriman (ini tidak dijelaskan toko). Harus dibuang dulu dengan semacam serbuk yang digosokan pada granit tile dengan menggunakan busa basah.

Gara-gara masalah ini jadi belajar, apa sih granit tile? Keramik poles? Nah sebenarnya yang disebut granit tile itu granit sintetis alias granit tiruan. Cara buatnya sama dengan keramik tile, hanya pada granit tile tidak dikasih glazur. Kalau keramik bahannya dari tanah liat, granit tile atau keramik poles atau homogenous tiles bahannya campuran dari granit, kaolin dsb. Kalo granit asli bahan dan warna sisi atas dan sisi bawah adalah sama. Sisi atas dibikin halus-mengkilap-poles, sisi belakang agak kasar buat nemplokin semen.
Kalo granit tile sintesis, sisi atas dibikin halus-mengkilap-poles sementara sisi bawah warna keramik (krem muda-tua) buat nemplokin semen.

Granit Tile Asli


Keramik Poles yang saya beli, bagian belakang ada cetakan garis kotak timbul seperti pada keramik


Jadi bukan granit asli makanya harganya miring terjangkau. Kalau granit asli dibuat dari potongan batu granit yang dipoles dan harganya mahal !! antara 300 rb – 800 rb perm2. Jadi yang saya beli bukan granit asli tapi memang keramik poles :D . Kirain granit asli dan murah karena impor dari cina :D .

Saya tulis ini bukan untuk memojokan siapa-siapa yah atau untuk memperpanjang masalah, makanya saya tidak menyebut nama tokonya :) . Tapi buat pelajaran kita semua baik penjual maupun pembeli :) .

Responses

  1. ga mudenk???
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/26/wonogiri-dilanda-angin-kencang/

  2. tokonya di mana mas? Kayaknya harganya ok segitu.. mau juga.

    • yah ada harga ada kualitas, pastikan dgn harga segitu sudah anti noda :)

  3. fotonya mana bang???/aku masih bingung
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/27/megison-sudah-tua/

    • udah dipasang tuh

  4. tokonya dimana mas mul…kirim email aja(sarifmail@gmail.com)…kebetulan mau bli keramik nih…thanks

  5. wah mas, aku jg baru tahu kalo yg model begitu itu namanya keramik poles. waktu bikin ruko 2 thn lalu, lantainya pilih granit ( krn kesannya keren dan mahal ). harganya emang di kisaran 100rb / m2.

    saya pikir itu lah yg namanya granit.
    tapi bukan ya ? harusnya harga segitu itu bukan granit ?

    wah sial.

    • iyah dod, itu bukan granit asli. Tapi keramik “disepuh” granit :D . Aku juga baru tahu. Kalau ngga ada masalah2 apa2 yah ngg belajar… tetep ngira itu granit. Hahahahahaha :D .

    • Btw kalau lihat lantai granit rapi banget, nat-nya paling 1 mm, dapat dipastikan itu keramik poles. Kalau granit asli ukurannya tidak presisi karena hasil motong batu alam.

  6. hehe…malah baru tahu kalo granit yang dijual murah itu sebenarnya keramik poles.
    subyektif , lebih suka granit bin keramik poles, karena nat-nya tipis banget. hampir2 tidak kelihatan. Jadi bisa sangat rapi dibanding keramik biasa.

    • Hahahahaha.. pada baru tahu juga yah. Soalnya memang di toko2 dibilangnya/ditulisnya granit sih :D .

  7. hmmm tambahan aja kalo granite baik granite alam maupun granite keramik tidak akan tahan noda, jadi kalo ketumpahan kopi cepat dibersihkan … kalau tidak cepat (semalaman) bisa susah dibersihkannya

  8. Wah baru tau setelah baca ini. Yang td pagi sy beli berarti keramik poles dong bukan granit asli?harganya 100rb/mtr.. hahaa gpp deh bagus jg kok drpd keramik biasa, lbh tebal jg. Kalo yg 300rbuan mah ga sanggup sy beli… :D
    Thanks infonya pak

  9. kesuwun infone kang, bermanfaat sekali buat saya yg sedang butuh granit namun awam (ternyata asline keramik poles).
    Syukron, jazakalloh

  10. Terima kasih infonya mas…keramik poles seperti itu, tetapi kekuatannya gimana ya…?


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

