Oleh: mulyanto | 9 Mei, 2012

Membuat Antenna Untuk Modem


well antena ini dibuat berdasar dari antena pak Bambang : http://bset21.wordpress.com/2012/05/07/modem-zte-konektor-ke-booster/. Berikut sharing pak Bambang :

Kebetulan saya di posisi geografis yg secara teknis diluar jangkauan layanan EVDO rev.B nya smartfren … jadi saya pakai booster antena (aslinya untuk TV, beli di Borma Dakota).. dan berhasil menonton video itu dengan lancar (rata-2 100 kBps). …

Penjelasannya sebagai berikut :
1. GSM bekerja pada frekwensi 900 Mhz dan 1800 Mhz. Dan CDMA bekerja pada frekwensi 800 Mhz, Kecuali smart pada 1900 Mhz. Kalau Friend pada 800 Mhz, Smart pada 1900 Mhz.. smartfren berapa? Mengikuti smart kah (1900 Mhz)? atau friend kah (800 Mhz)?. Sementara frekuensi TV ada di 400 – 800 Mhz. Jadi kalau modem bekerja pada 800/900 Mhz itu bisa pakai antenna TV buat receive !
2. Pada modem tidak ada konektor untuk sambungan ke antena luar. Jadi sambungannya lewat electromagnet coupling. Dibuat gulungan kawat yang menyelubungi modem sehingga signal yang diterima antena dapat ditangkap modem lewat induksi dari lilitan kabel.

Berikut cara membuat antena buat modem :

1. Siapkan kertas karton, saya pakai karton bekas bungkus susu. Potong karton bagian sisi sampingnya.

2. Gulungkan karton pada modem. Potong karton sepanjang kira2 cukup untuk menggulung modem (1 lapis). Lem karton-nya supaya gulungan tidak lepas. Jangan lem karton pada modem. Gunakan lem adhesive (fox, castol, uhu, aica aibon dsb).

3. Lubangi salah satu ujung gulungan dengan paku/jarum. Masukan kabel dan belitkan pada lubang itu. Gulung kabel pada beberapa lilitan. Silahkan experimen mencoba-coba jumlah lilitan yang menghasilkan sinyal yang bagus. Semalam baru mencoba 5 lilitan. Pada liltan terakhir, rekatkan selotip supaya lilitan tidak lepas dari karton. Lubangi lagi diujung karton, belitkan ujung kabel/kawat di lubang itu.

4. Siapkan kabel dan konektor antenna, female konektor yang buat sambungan kabel antena (harga 3000 perak). Pasang konektor pada kabel. Solder kabel pada kabel/kawat liltan. Selesai sudah.

Pasangkan jack antena tv pada female konektor. Jadi pada dasarnya yang dibuat adalah interface antara modem dan antenna tv. Dan antenna/booster yang dipakai cuman bekerja receive saja.

Update :

Antenna bekerja dgn baik, kini modem bisa konek hsdpa dengan stabil pada sinyal 3-4 strip (max 5 strip). Padahal sebelumnya susah konek hsdpa, sinyal pun ngga dapat.

Responses

  1. bisa di coba nih

  2. keren bener suhu
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/29/racun-akselerasi-yamaha-byson/

  3. wow mantap… mas mul orang elektro ya?

  4. Walaupun antena mode receive only, bisa tetap berfungsi buat koneksi modem ya?

    • iyah, fungsi modem normal.

  5. ini berarti upload (tx) dari modem tidak begitu penting. karena antena external mode receive only pun bisa bekerja sebagai penguat. Baru tahu info ini. ok deh, ntar dicoba2. siapa tahu cocok.

    • Yah tx ga penting karena kita kan jarang upload. Uploadnya paling paket2 kecil, paket isi protokol/request doang.

  6. wuiihhhh… T O P BGT. mas mul ne emang suippp.. manusia yang bermanfaat bagi kita sekalian.. ane do`ain smoga masuk sorga . AMINNNN..!! thankiyu so much Mas Mul.

  7. Gini nih mas,,saya punya modem cdma,merknya modemsaya venus,,bisa gak di pasangin antena kayak mas juga?

    • coba saja

      • Ass mas mul,.bisa gak saya minta contoh antena punya mas mul (panduan cara membuatnya),.terima kasih sblmnya.

  8. Ass mas Mul, saya pake modem GSM merk ICON 505 kawat lilitan yg saya pake diameter 1,2 mm berapa lilitan yg hrs dibuat? krn saya sdh coba2 belum dpt sinyal full. antena saya tinggi 12 M mmg di daerah saya sinyal agak lemah tp klu saya naik ke tingkat 2rmh sinyal bisa full padahal cuma 5 m diatas tanah jauh lebih tinggi antena saya, kira2 apa ya mas mul kendalanya sehingga sinyal saya tdk bisa full.,,Mohon sarannya…terima kasih

    • Berapa lilitan yg dipakai? saya tidak tahu, saya cuman coba2 saja. Kemungkinan antenanya tidak bagus di frekuensi GSM, bagus di frekuensi TV tapi tidak bagus di frekuensi GSM. Coba pakai antena kupu2 yg ada di blog ini. Kalau bisa jangan pakai booster dulu.

      • Bagusnya pakai kawat ukuran berapa mas mul? apakah yg saya pakai 1,2 mm terlalu besar, yg mas mul pakai ukuran berapa? tks,..

      • saya pakai kabel kawat tunggal yang biasa dipakai di pcb, tidak tahu berapa diameternya.

      • o iya mas mul sekalian dmana saya bisa buka blog nya utk liat antena kupu2 nya?

      • http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/05/13/membuat-antenna-tv/

  9. Ass mas mul,.bisa gak saya minta contoh antena punya mas mul (panduan cara membuatnya),.terima kasih.

    • Maksudnya antena yagi utk modem GSM sistem induksi mas Mul.

      • saya tidak pakai/bikin antena yagi buat modem, saya pakai antena kupu2 paralel dengan tv. Link ada di komentar sebelumnya.

  10. inpo yang sangat berguna, mugo2 mlebu surgo

  11. om menurut saya melihat gambar di atas berarti positif n negatif di adu dong…ntr bs konsleting dong

    • mohon di balas y om,thanks b4 cz ane jg mo bikin nich….

    • mohon di balas y om,thanks b4 cz ane jg mo bikin nich….

      • yah kalau ragu/ngga percaya, yah ngga usah dibuat :)

    • yah konslet kalau arus dc :p

  12. izin sedot gan…

  13. mas, nanya, lewat boster apa langsung dari antena ?

    • makasih sblumny , krna gw kira cara ini yg plg ampuh, sblumnya udah buat yagi. wajan bolik, biquad, dkk tpi gk ada yg berhasil, speed pol2 nya cuma 20 kbps,

      • punya gw modemnya huawei yg freq nya 450 mhz, dan ada antena eksternalnya, kalo antenanya di copot trs di pasang ke antena kabel coaxial tadi bisa gak?, tapi jadi gak ada isolatornya, emgnya kardutu buat apa sih?, emang dari antena ada arusnya ya ?, sorry ya gw banyak tanya,..

      • jangan sembarangan nyambung antena external, kalau nggak cocok impedansinya malah jebol penguat RF-nya.

    • lewat booster bisa, langsung bisa.

  14. Keren…!!
    Utk ide yang di tulisan di atas saya blm nyoba. Tp kalo antena tv-nya saya udah mbuat, Mas. Hasilnya JOS GANDOSS…
    Nah, gini Mas, klo antena tv yang besar itu (ukuran 50×35 cm) saya buat dengan ukuran 50% (25×17,5 cm), apakah hasilnya akan sama?
    Trus, jarak papan belakang dan “kupu-kupu” perlu diubah tidak?

    • Jarak reflektor dan kupu2 sangat sensitif, reflektor bisa dirubah ukurannya.

  15. mas mul, untuk di daerah pulau Bunyu, Kalimantan Timur bisa ga? Di sana pd pake parabola, klo pake antena uhf dptnya tv malaysia. Suwun.

  16. gan kira2 jarak tower snyalnya bra jauh dri rmah agan?

  17. asalamualaikum?mas mull,maaf saya beli antena gsm sinyal kadang ada kadang gak,supaya sinyal bgus kalo pake booster uhf vhf apakah bisa mas mul? terus kalo pake boster gsm kira2 harganya berapa mas? sebelumnya saya ucpkan terimakasih

  18. Assalamualaikum mas,,
    mas bgi2 dong ilmunya,gimana caranya yg pas membuat antena kupu2 buat hp android,
    di daerah saya signal agk2 lemah,,
    saya sudah mengikutin cara2 membuatnya tapi tak dapat2.
    Saya mengunakan seng yang dilapisin alumunium dan jarak seng dengan pipa 4cm dan panjang antena kupu2nya 5,5cm.dan ketingihan tiang 13 meter,tapi kenapa tidak dapat ms,apa yng kurang?
    Gimana tngapan ms

  19. Assalamualaikum mas,,
    mas bgi2 dong ilmunya,gimana caranya yg pas membuat antena kupu2 buat hp android,
    di daerah saya signal agk2 lemah,,
    saya sudah mengikutin cara2 membuatnya tapi tak dapat2.
    Saya mengunakan seng yang dilapisin alumunium dan jarak seng dengan pipa 4cm dan panjang antena kupu2nya 5,5cm.dan ketingihan tiang 13 meter,tapi kenapa tidak dapat ms,apa yng kurang?
    Gimana tngapan ms?

  20. ide bagus bgt , perlu ane coba, udh beberapa cara ane coba masi gagal, dari bazoka, wajan bolic, gx dapet hasil, eh dapetnya cuma pake sendok yang di bengkok2kin itu juga baru 20% belum bisa 100 atao min 70 lah , besok ane coba cara ini, mudahn berhasill… samarinda sulit signal arrrgggghhhhhh

  21. thnks kang berhasil, asalnya konek tapi gamau dpet download, pas cara ini dipake + ane tambahin boster tv, bar dari 1 naik ke 2, speed langsung normal, thnks masukannya


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

