Oleh: mulyanto | 26 Juni, 2012

Misteri Bus Yang Tersesat Dalam Hutan Jati Kedungbacin Ditinjau Dari Googlemaps


Saat ini sedang heboh berita tersesatnya 1 bus Pahala Kencana dan 1 truk gandeng pengangkut semen cor curah ketengah2 hutan jati. Dalam berita-berita dilukiskan bahwa para pengendara merasa sedang di jalan pantura yang lebar, kemudian mendadak terperosok dan terbentur sesuatu, dilanjutkan mesin mati dan akhirnya tersadar telah berada ditengah hutan jati(hutan jati gadogan, desa kedungbacin, blora). Setelah 4 jam dalam keadaan gelap gulita, penumpang bus baru bisa mencari pertolongan ke penduduk setempat pada paginya jam 6.30. Bagaimana gambaran TKP-nya? berikut peta hasil googlemapsnya :

Analisa menurut penduduk setempat :

“Menurut saya, sopir mengalami disorientasi arah lantaran belum familiar wilayah ini.
Semestinya, setelah sampai pertigaan Jaken dari arah barat (Juana), ada dua pilihan untuk kembali ke jalur Pantura.
1. Belok kiri (utara), ke arah Batangan
2. Ke kanan-lurus 100 m-ke kiri ke arah Sumber. Tembus pantura bisa lewat Kaliori/ Tambak Omben atau via Sulang-Rembang. Untuk opsi terakhir, pasti lewat depan rumah saya. :)
Memang, driver dituntut ‘kerja keras’ saat melewati jembatan Desa Sri Katon, jembatan peninggalan belanda yang lebarnya ngepres dilewati badan bus, padahal posisi jalan sebelum/sesudah jembatan beralur S (chicane).
Dugaan saya, di sinilah PK dan dua truk semen mengawali ketersesatannya. Bukannya membelok ke arah Sumber, melainkan lurus ke arah Todanan, Blora.
Dan yang diluar nalar saya, jalan ke arah Todanan itu adalah jalan sempit, rusak dan tak terawat. Sepertinya, jalan tersebut bukan dikelola PU, namun oleh Perhutani, sebagai lintasan truk-truk pengangkut hasil hutan (kayu).
Makanya, saya heran, kok bisa ada bus besar bisa ‘nyangkut’ di jalur ini. Bahkan, sampai di tengah hutan, yang jalannya saja mustahil bisa dilewati kendaraan besar.”

Nah kalau saya gambar ulang dari juwana ke desa kedungbacin maka rutenya begini :


.
Berapa km kira2 nyasarnya?


.
yah hanya 16 km, atau mungkin sekitar setengah jam sebelum kemudian tersadar masuk hutan. 16 km ini diukur dari jakenan ke jalan desa kedungbacin (rute ini jalan aspal?). Dan kabarnya jalan ini merupakan jalan sempit dan rusak. Sementara jarak lompat dari jalan desa kedungbacin ke tengah hutan entah berapa puluh/ratus meter.

Berikut ilustrasi hutan jati di blora (bukan TKP) :


.

.

Well saya tidak akan berspekulasi apa yang telah terjadi, entah faktor kelelahan supir, entah karena gaib/mistis, entah karena daerah situ tanahnya kapur karst yang keras. Alasannya saya tidak tahu menahu daerah itu :D , apalagi tentang hal mistis :D .

Penampakan desa Kedungbacin

Saya juga tidak tahu kejadian persis-nya, hanya tahu kronologi dari berita-berita. Foto2 yang ada menurut saya kurang cukup. Andai saja ada foto2 dari jarak jauh yang juga meliput daerah sekitarnya. Andai bisa visit TKP, atau ada foto2 yang lebih lengkap dan detail, mungkin saya bisa menilai. Menilai apakah yang terjadi karena faktor driver dan atau lingkungan semata, ataukah karena hal mistis/gaib, ataukah karena ada alien yang iseng :). Kalau berdasarkan kesaksian warga dan aparat setempat, faktanya :
- tidak ada jejak ban
- body bus mulus, tidak ada goresan
- untuk mengembalikan bus ke jalan desa perlu penebangan beberapa pohon jati dan pengurukan sawah

Gossip cerita mistisnya adalah 2 kendaraan ini hendak ditransfer ke dunia lain namun terdengar kokok ayam jantan yang membatalkan selesainya proses transfer. Katanya kalau transfer completed, dua kendaraan ini hilang selamanya atau setidaknya hilang berhari-hari dan butuh ikhtiar dari paranormal untuk mengembalikannya (loh katanya ngga mau bahas hal gaib/mistis :D ).

Oke ditunggu data2 dan foto2 yang lebih lengkap dan detail.


.

.

.

.

.

.

.

UPDATE :

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/06/27/122530/Pascaevakuasi-Goresan-Badan-Bus-Baru-Terlihat

Kepala Desa Kedungbacin, Blora, Lilik Pujianto, menceritakan beberapa kejanggalan yang sulit dinalar logika. Dia mengakui, sempitnya jalan tidak memungkinkan dilalui secara normal oleh tiga kendaraan berat itu. Karena sempitnya jalan, warga harus terlebih dahulu memperlebar jalan dengan menguruk tanah.

Mulanya saat masih terjebak di dalam hutan rimbun itu, body kendaraan tersebut masih terlihat mulus dan tidak ditemukan goresan. Namun anehnya, setelah berhasil keluar, bodi mobil baru kelihatan lecet-lecet kena ranting.

“Padahal pas ditemukan kondisinya mulus. Aneh memang,” kata Lilik, Rabu (26/6) menceritakan fenomena aneh yang menimpa bus berpenumpang 33 orang dan dua truk tersebut.

About these ads

Responses

  1. sungguh2 ajaib

  2. doa

  3. rahasia illahi

  4. percaya gag hal yang gaib itu suatu saat dimunculkan oleh Tuhan. Makanya jangan sok menjadi paranormal padahal itu tidak normal.

  5. analisa awalnya seperti kejadian yg pernah saya alami. dari jaken belok kanan. tapi lupa belok kiri setelahnya (menuju sulang, tujuan awal). lurus saja dan menemui jalan-jalan sempit yang berlubang dan berbatu. ditambah berjurang-jurang sebelum akhirnya ketemu penduduk desa terdekat (di persawahan) dan ternyata sampai di todanan. Tapi untungnya teman saya yang saya boncengkan sudah memperkirakan jalur itu tembus ke todanan jadi ya lanjut terus.

  6. ya ampun, ngeri banget.
    INALILLAH

  7. Tanpa gps kah? padahal skrg 600rb udah dapet gps yang berbahasa indonesia :)

    • gps itu buat xenia/avanza yg jadi inceran maling. bus/truk mesin kayaknya aman sih :D .

    • GPS ndak mempan sm setan dan jin mas. biarpun pake GPS kalo dibawa sm setan ke rumah setan ya manut wae. ini berlaku pd semua pesawat dan kapal yg hilang di segitiga bermuda. monggo dicari di gugel.. didasar laut segitiga bermuda ditemukan 1 skuadron pesawat jepang yg hilang ketika perang pasifik. terparkir jejer didasar laut dgn sangat rapi. begitu jg dgn kapal2 yg hilang. ada didasarnya.. tanpa ada jerangkong mayatnya didalam kokpit pesawat tsb.

  8. tu mah di desa terpencil,,, duuuh kasian

  9. allah maha besar……….

  10. Coba tanya mas Yudibatang :)

  11. saya kasian sama org yg ngga prcaya gaib.. liat komen di yahoo isinya org2 pake kacamata kuda smua.. .secara bijaksana hal yg gaib hanya blm terkuak oleh logika.mungkin sampai kiamat nanti jg tidak akan terkuak.. maka dr itu logika kita bawa pada adanya hal gaib trsebut akan membuat manusia lbih bijak dlm hidup.. gaib yg ditutupi media saya rasa ada hubungannya dgn konspirasi global..believe it or not.. 1 think,dgn tidak percaya gaib berarti seseorang scara tdk lngsung sudah membatasi kekuasaan tuhan, dmn tuhan sebenar benarnya adalah maha pencipta segala..

  12. saya kasian sama org yg ngga prcaya gaib.. liat komen di yahoo isinya org2 pake kacamata kuda smua.. .secara bijaksana hal yg gaib hanya blm terkuak oleh logika.mungkin sampai kiamat nanti jg tidak akan terkuak.. maka dr itu logika kita bawa pada adanya hal gaib trsebut akan membuat manusia lbih bijak dlm hidup.. gaib yg ditutupi media saya rasa ada hubungannya dgn konspirasi global..believe it or not.. 1 think,dgn tidak percaya gaib berarti seseorang scara tdk lngsung sudah membatasi kekuasaan tuhan, dmn tuhan sebenar benarnya adalah maha pencipta segala..

  13. HEMMM FENOMENAL,YA SEMUANYA ADA YG BERKEHENDAK JADI NO MUSTAHIL BAGIINYA BUAT HIKAMH BAGI KITA,JGN GUMUNAN

  14. “fenomena teleportasi” sulit di jelaskan tapi bukti berbicara, memang semuanya adalah kehendak yang Maha Kuasa, tp sbg manusia yang berfikir tentunya kita harus bisa menggali lebih dalam fenomena spt ini dan tidak terseret ke arah bahasan klenik, tahayul, tp lebih menyelami untuk menguak sisi misteri dari sebuah fenomena.

  15. Wow………BAhya juga…..
    Kaya segitiga Bermuda…
    Sapa Lewat Hilang

  16. subhannallah

  17. Intinya. Otak manusia itu terbatas n memang jarang ada orang yang memahami kejadian ini..

  18. Saya baru mengalami kejadian di sekitar kota subang,di pertigaan saya melihat petunjuk jalan arah jakarta ke kanan(posisi saya penumpang dan baru bangun tidur),tp teman saya membawa kendaraan lurus,terjadilah pedebatan yg akhirnya kita putiskan berputar arah dan melihat petunjuk jalan tsb,ternyata teman saya benar,
    Tp saya sangat yakin apa yg saya lihat
    Kejadian itu menjelang petang dan tenyata di pettigaan tsb d kelilingin pemakaman umum
    Coba bayangkan jika ‘keadaan silap mata tersebut’ terjadi di malam hari dan posisi saya sendiri
    Benar2 sulit di percaya!

  19. kebesarah illahi

  20. […] Berbicara alam gaib tentu semua orang punya pendapat masing-masing antara percaya dan tidak. Salah satu contoh kejadian memasuki dimensi alam gaib yakni sebuah bus Pahala Kencana dan 2 truk tronton besar yang tersesat di hutan Mbogan, Blora, Jawa Tengah. Secara nalar dan logika tidak mungkin sebuah bus besar dan 2 truk tonton mampu melewati jalan sempit dan kecil tersebut ditengah hutan.  Dan aneh bodi bus tidak lecet sama sekali begitupun pula truknya. Menurut beberapa informasi bus dan truk tadi akan ditransfer atau melalui jalur alam gaib namun suara kokok ayam membuat transper menjadi gagal. (kisah lebih lanjut bisa dibaca di blog ini). […]

    • hehehehe aku juga pingin tuh.. belum kesampaian juga :D

  21. Halo Mas Akhmad Mulyanto…..rajin nge-go-blog- in orang rupanya hehehe…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: