Oleh: mulyanto | 5 Juli, 2008

Membuat Sepeda Listrik


Eric Peltzer dalam website peltzer.net/ebike/index.html berbagi petunjuk dalam pembuatan sepeda listriknya. Untuk lebih lengkapnya silahkan berkunjung ke site tersebut.

Yang saya dapat di poyek Peltzer ini adalah bagaimana memasang motor dan rangkaian trasmisinya. Berikut gambar-gambar sepeda listrik Peltzer :

Sehingga list pekerjaan dalam proyek ini adalah :
1. Mendapatkan motornya harga baru Rp 1.130.000 (ada penjualnya, ga ada duitnya :D )
2. Mendapatkan rangkaian transmisinya. Rantai-gear motor saya ganti dengan yang baru (Rp 100 rb). Rantai-gear lama dipasang di sepeda.
3. Mendapatkan rangkaian transmisi belt. Ini yang paling sulit sepertinya. Dengan belt bisa dibuat kopling seperti kopling traktor tangan. Jadi waktu dikayuh kaki, motor dikopling (atau tidak perlu?).
4. Memasang motor dan transmisinya.
5. Membuat controllernya dengan PWM (Pulse Width Modulation).
6. Membeli Accu basah dan memasangnya. Yah aki basah! Repot sedikit perawatannya tapi umurnya bisa 5 tahun lebih. Accu kering umurnya hanya 100 x charging.
7. Merakit hingga selesai.

Ada yang punya ide/info lagi ???

Responses

  1. Menarik banget tuh mas, sayang sudah enggak punya waktu buat ngoprek lagi … he he he…

  2. @ Harjo
    Yah selalu begitu, kalau ngga ada waktu yah ngga ada duit :)

  3. jumpa lagi, mas.
    kopling mungkin perlu, apa lagi kalau motornya pakai jenis permanent magnet, yang cukup berat kalau diputar.
    kalau bisa dimodif dikit, waktu dikayuh kopling dimasukkan, dan motor bisa menjadi generator. ini memerlukan regulator untuk menstabilkan spanneng-nya.
    dengan demikian kita bisa bersepedah sambil menyetroom aki.
    demikian juga jika berjalan di jalan turunan, aki bisa “kesetrum” gratis ….
    atau punya ide ban belakang jadi turbin air atau turbin angin? enak kalau pergi ke batu raden bisa diparkir di bawah air terjun, atau di pantai sepedahnya dijungkirkan, kita bisa mandi dan berenang sambil nyetrum aki … hahaha …
    untuk lebih memadai, memang memerlukan aki jenis litium. tapi siap-siap saja harga akinya bisa lebih mahal dari sepedahnya …

  4. @ wie
    Met jumpa lagi. Koplingnya niru traktor tangan aja. Traktor tangan pakai belt, ada tuas buat menekan belt. Kalau tuas ditarik maka belt tertekan dan belt menjadi kencang di gear. Kalau tuas dilepas, belt bebas, tidak menyalurkan putaran gear lagi.
    Loh memang u tinggalnya dekat baturaden??

  5. accunya pake ukuran berapa mas?
    waktu pemakaian nyampe berapa jam nih?

    ————————————————————————————————————————
    Mulyanto :

    Waduh ini baru sebatas ide/rencana. voltage minimum adalah 36 volt. Jadi pakai 3 accu yang diseri. Biar tidak besar dan berat, maka pakai accu buat motor. Kuat nggak yah?? Nah loh malah saya balik nanya.

  6. Dihapus sesuai permintaan penulis komentar :D

    • Mas Hendi pk UPS ga berat ap? UPS kan berat bgt..

    • ini kalo ngomongin hukum energi gak mungkin bisa… hkum kekekalan energi bro.. klo muter gitu berarti energi jadi 0 (nol) …

      UPS -> RODA Sepeda -> Dinamo -> UPS ..

      cmiiw…

  7. Dihapus sesuai permintaan penulis komentar :)

  8. mas mulyanto sya mahasiswa politeknk jakarta.mw tanyan dong tentang sepeda listrik.
    sya kan mau tugas akhir nih,mau bikin sepeda listrik saya mau tau dong tentng sepeda listrik 1.kontrol kecepatannya
    2.motor scot
    3.tempAT belinya tu dimana mas?????????????
    jawabnya jangan lama – lama ya soalnya saya diburuwaktu mas.
    tolong ya mas
    saya tunggu balasannya secepatnya

    email saya

    chairul_hamdi@yahoo.com

    kesatria_oke@yahoo.com

    ————————————————————————————————-
    Mulyanto :
    Maaf tidak bisa bantu, saya juga cuman nulis ide saja. Belum ngapa-ngapain, omong doang.

  9. mas ada yang jual motor second dengan harga terjangkau gak ya??? butuh banget nih…tolong infonya ya..!!!!!

  10. hahahahhahahahahahhah Seeeeeeeeepp Seeeeeeeeeppp aku tak pake Apache aja yak hahahahah edyan Klaten – jogja NYEPEDA????
    sekali duakali gpp

  11. bagus banget tu keratifitas nya mga lebih kreatif lagi

  12. mas, sepeda listrik sampeyan sebetulnya sudah jadi apa belum sich?

  13. ide2 perakitan sepeda listrik itu bagus,
    sayang belom ada realisasinya,
    ngomong-ngomong jadi bingung nih
    mau beli sepeda apa motor yah??

  14. trims yg dah pda sms, tp maaf. untuk merealisasikan ide gila ntu banyak yg hrus dkorbanin (waktu, tenaga, biaya). lgian masih banyak kendala seperti kurang stabilnya daya dan kurang besarnya daya yang harus di produksi dari perputaran roda. tp klo klian maw berjuang, ak doain smoga bisa berhasil, good luck n jngan lupa ma pencetusnya. hehehe

  15. wah otaknya kurang maen mas…
    gw mau bikin, speda.
    gak perlu banyak biaya…
    kalo saran gw
    1. Motor Gear BOX
    kasih aja motor fotocopy atau motor mesin cuci aja gulungi 12V kasih inverter, beli gear box 1:4 (dipasaran juga banyak)
    2. Sprocket
    untuk sprocket jangan dipasang di belakang. pasang di depan mas… pedal kasih sprocket yang mirip kaya sprocket yang belakang..
    jadi waktu motor hidup kondisi pedal ttetap tidak bergerak / 0
    3. V. belt
    Untuk V. belt gak perlu yang model macem2, kasih aja model V. belt biasa, jadi waktu selip gak akan ngrusak motor / sprocket. kasih pully ukuran C agar lebih lebar
    4. Laju kecepatan
    U/ laju kecepatan tidak memerlukan gas, untuk kecepatan tinggal oper aja ke bagian yang lebih tinggi/rendah.
    jadi intinya sepeda cuman main ON-OFF aja.

    Yang bikin sepeda kurang canggih.
    setelah gw rekap total biayanya gak sampai makan dana banyak, cuman 1.5jt
    sepeda siap tempur…

    • saya mau beli alatnya hubunginya ke mana nih ?

      • sebentar ne.. klo leh tau.. stahuq tu INVETER harga.nx mhal coy.. q d sby wktu tu INVETER hrga.nx kisar Rp. 1.000.000-5.000.000 cba deh klo pakek dinamo ampere gmna?? lbih murah maz boy..
        :p

    • ini ide yang mungkin bisa cepat direalisasikan, murah di dana dan cukup simpel. Mas momon…bisa diwujudkan nich…!!!

    • Apa saya bisa lihat hasil kreasi mas momon, dimana alamatnya.

  16. boim
    creative juga ok banget

  17. Dear All,

    Bisa bantu gak ya? dimana bisa beli dinamo buat sepeda listrik ya..kebetulan butuh urgent banget dinamo tipe MY1016 24V 250W 2750RPM..mohon bantuannya ya..

    Terimakasih banyak

  18. [...] Yg lumayan banyak idenya (ada ide mengganti aki pake UPS) : mulyanto2 [...]

  19. luar biasa proyeknya om..yang beginini yang kita tunggu sebenarnya banyak memang orang kita yang kreatif salah satu nya ya om ini,..

    kapan nie bisa di publish ke dunia luar tar sapa tau bisa laku di pasaran…

    salam super om..

  20. bagus mas boleh saya tau g kira2 harganya berapa?dan cara membuatnya gmn yang lebih spesifik lagi

  21. kl menurut gw bikin spd listrik sendiri yg paling susah controllernya,mo bikin sendiri ternyata susah jg,soalnya ICnya kynya hrs diprogram dl.tanpa controller larinya ga bs smooth ky motor.temen2 ada yg bs bikin ga ya?dipasaran sih ada yg jual tp hrgnya lumayan,sekitar 300rban,itu jg yg 36V/48V,yg 24V ga ada.soalnya buat ngirit pake yg 24V biar akinya ga banyak.

  22. ide nya bagus nic,saya jga punya ide dah lama sich, sepeda bermesin 3. maksud nya 1 mesin bbm,2 mesin listrik dan 3 mesin manusia.
    mesin bbm bisa menggunakan mesin yang kecil aja misal potong rumput, mesin listrik masih sama dengan komen komen yng di atas cuma di tambahin solarsell jadi tiap kita parkir kita taruh sepeda di luar biar kena sinar matahari jd kan mrngisi accu nya,dan mesin tenaga manusia ya di kayuh aja sepedanya,..
    efisiensinya begini pertama kita menggunakan tenaga listrik sumber tenaga habis bisa menggunakan tenega bbm,kalau habis dan perjalanan di hutan kita menggunakan tenega kita ,,,

  23. [...] Yg lumayan banyak idenya (ada ide mengganti aki pake UPS) : mulyanto2 [...]

  24. aku juga mau ber ide …biar rame .!
    begini : komponen yang harus beli adalah aki 12 volt , dinamo stater sebagai penggerak , komponen lainnya adalah roda gila ( fly well ) bisa dibuat dari cor semen dg rangka dari roda belakang sepeda anak2 yg plg kecil ( bukan roda 3 ) . komponen lainnya adalah stabiliser yang bisa diatur tegangannya , berfungsi rbg gas dan bisa pesan di bengkel radio .
    Perakitannya :
    dari aki lewat stabiliser untuk menghidupkan dinamo , dari dinamo dihubungkan oleh v belt dg fly well , gir fly well dihubungkan oleh rantai dg roda spd .
    Untuk mensiasati penghematan energi dari aki , ada berapa langkah :
    - Pengisian aki saat berjalan , bisa menambah beberapa magnet dan gulungan email pd fly well , ini berfungsi sbg pembangkit listrik . bisa juga dg menggunakan dinamo penggerak tapi pengaturannya kabel akan lebih rumit .
    - pengaturan gas yang selaras dg swite on of , magsudnya saat gas dlm keadaan netral saat itu pula tegangan dari aki dlm keadaan of dan aki akan terisi . SELAMAT MENCOBA , pakde saat ini baru kumpulkan bahan2 , nanti kalo dah jadi aku posting .
    Satu lagi sbg catatan , jangan bilang bilang sama orang jepang ….ya ….

  25. Maaantap……sepeda listrik

    salam
    COC Tangerang – Banten

    http://www.onthelclassic.com

    &

    http://www.klithikanonthel.wordpress.com

  26. Ide bagus.

    Kontrol kecepatannya bagaimana agar tidak menimbulkan rugi-rugi pada dinamo? sehingga daya yang terserap dari AKI lebih irit.

  27. Ini adalah ide cemerlang anak bangsa, saya nagga melihatnya, kita jangan cuma puas sebagai pengguna barang luar negeri, ide creatif anak bangsa juga luar biasa…… maju terus eksperimenter Indonesia

  28. Lumayan uapik, saya lagi coba bikin kursi aki cuma gearboxnya pakai bekas mainan mobil-mobilan aki. kurang kuat narik

  29. saya lagi coba bikin kursi aki pakai gearbox mobil-mobilan aki, masih kurang kuat narik tuh

    • Sudah pernah nyoba dinamo starter motor ?

  30. saya lg ngembangin energi listriknya gag dr listrik tp memanfaatkan matahari secara indonesia letaknya dikhatulistiwa sayang kalo energi mataharinya gag dimanfaatn…

    saya ppunya ide untuk merancang sepeda menggunakan panel surya n kerja dinamo..

    tp secara konsep sudah mateng, hanya saja saya kurang memahami konsep mesinnya.. ada yg bisa bantu saya?

  31. dari 8 juli 2008 sekarang 2010 , bagaimana perkembangan terakhir sudah berhasil blon terutama yg pake UPS .
    selamat berjuang anak bangsa .

  32. mas, terus terang saya tertarik banget sama artikelnya. saya berencana untuk membuat, tapi saya cari komponen-komponenya di semarang saya kesulitan… sama buat merangkainya saya juga menemui kesulitan… kalau misal saya berkunjung ke sana gimana mas?

    • loh wong saya cuman cerita karya orang lain. saya mah belum bikin apa-apa. saya juga bingung nyari komponennya.

  33. Wah ide2nya keren semua nih….
    sy skg lg skripsi n mw bikin sepeda listrik, tp sblumnya agak bingung mw bkin sistem spt apa.
    Untung sy nemuin forum ini, jd banyak ide deh….
    Dalam prosesnya nanti, klo ada kendala saya boleh nanya y,….
    Buat yg udah punya ide coba realisasiin dong, jgn gmpg nyerah… Siapa tau nnti kita bisa nyaingin jepang…heheheh amiiiinnnnn….

  34. kalau pengisian batre nya dari apa tu ????

  35. suangir,,,,,, mantep

  36. supaya apa yg sdh dibahas sejak 2008 ini tdk sia-sia gmana klo kita ketemuan terutama yg sdh mencoba merealisasikan dan yg merasa pny ilmu dinamo. salam

  37. wah pasti sulit buanget melihat rangkaiannya udah gemeter saya

  38. lagi nyari energi alternatif ketemu blog pinter…
    sedikit tambahan aja, jangan lupa memasangkan penutup pada rantai pada gear atau pada dinamo (jangan seperti pada gambar) biar tidak ada kecelakaan aja. Apalagi posisinya di dekat pengemudi, kalo yang mengendarai berambut panjang kan bahaya…

    salam creator..

  39. saya juga sempet kepikiran bikin sepedah listrik panel surya, dan akhirnya menarik hipotesa:
    1. Ana masih lum ngerti cara pengisian aki
    2. Denger2 pake dinamo yang harganya mahal, ada yang murah tapi bagus gak ya?
    3. Kalo pake kopling,dll ana lum ngerti coz ana lum ngerti mekanik
    jadi tolong bantu ya!
    coz ana mau bikin sepedah ini dengan budget awal 1 juta…
    kalo ada yang bisa bantu tolong kirim ke email dhal_sapat@yahoo.co.id
    thx b4

  40. Friends… thank’s banget telah berbagi ilmu, aku skrg lagi mau mengkonversi sepeda pancalku menjadi sepeda listrik. Benernya ada kit lengkap untuk mengkonversi spd pancal jadi spd listrik, tapi harganya minta ampun, paling murah 3jt keatas. Aku baca tulisan2 disini sebelumnya, aku mau coba ide teman kita sebelumnya, mungkin ini yang lebih terjangkau, yaitu menggunakan starter dynamo spd motor, aki 12volt, gear spd biasa paling kecil, rantai spd, dll. Aku bayangin ntar kira2 gimana cara kerjanya ide tsb, yg aku masih bingung ttg cara menghidupkan dinamonya, pakai tombol on off pencetan biasa atau seperti gasnya spd motor?. Maklum aku dulu SMA IPS, jadi buta ttg teknik otomotif dan listrik. Tapi aku sudah siap anggaran untuk proyek konversi ini. friends… tolong bantu informasinya ya… aku khawatir ntar sudah terlanjur beli komponen, nggak tahunya nggak kepake, khan repot. Tolong Informasikan no hp atau email nya, jadi ntar kalau aku bingung bisa tanya, he.. he.. (sorry ngerepotin), tapi kalau sukses, pasti aku sebarkan kiat ini ke seluruh masyarakat dg cuma2. Hp ku 085236389797 emailku matius10032000@yahoo.com Thanks… semoga ide teman2 bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia, Amien.

    • slam kenal,
      sbetulnya yng lbih efisien adalah dg menggunakan tenga UPS-dmn kita tau alat ini bs mengupgrae dri arus dc ke ac dmn tnaga yang akan dikeluarkan untuk memutar rotor(dinamo) lbih besar dg menghemat tenaga yang dikeluarkan dri accu ( dengan catatan kita harus sesuaian antara voltase dinamo dengan voltase yang dikeluarkan ups seperti (adapter) untuk menghindari terbakarnya gulungan pada dinamo-seperti diketau ups bs menampung daya untuk menghidupkan satu set komputer kurang lbih bs tahan sampai satu jam.yupsss itu hanya kilasan tenaganya aj..

  41. Salam kenal,
    Saya juga dalam proyek membuat sepeda listrik, memang sekarang yang jual sdh banyak. Disamping mahal, rasanya tdk puas.
    Proyek saya tdk terlalu mahal kok.
    Nanti kalo sudah berhasil sy kabari…

  42. hallo…hallo dah sampe mana spd listrik ups??? aq mo tanya gmn spy hkm kekekalan energi jd tdk nol (listrik dr ups gerakan ban melalui motor/dinamo. kmd diban lain ukuran bsar dan dbri puli sebanding ban untuk memutar dinamo pembangkit listrik yg hsilny diisikn ke ups)nah dsini ktanya berlaku hkm kekekalan energi apa solusinya dlm ksus ini biar tidak berlaku…)munkin g dngn dipsng kincir he..he.. ayo oib (orang indonsia bersatu) merdeka teknologi

  43. mas mul….salam kenal.
    saya tertarik dengan ide sepeda listriknya……tertarik juga untuk masang di onthel tua.
    mas…..klo dinamonya/ penggeraknya pake stater motor atau kipas mobil kuat ga ya? trus klo pake aki kering bukan basah gimana?
    percobaan mas mul……listriknya berapa volt dan ampernya brp?

    nuwun diskusinya. oh ya klo ada rekan dijogja….kita bisa jumpa darat. nuwun

    • wah saya belum bikin apa2. Tulisan diatas cuma cerita ulang karya orang lain. Memang saya niat juga bikin sepeda listrik tapi baru studi pustaka saja :D . Belum kepepet soalnya, rencana butuhnya sih tahun depan pas anak masuk SD. Buat dipake istri untuk anak jemput anak.

      Saat ini motor yg khusus untuk sepeda listrik masih mahal karena demand-nya masih rendah dan supply-nya juga terbatas. harga motor termasuk regulator dsb mencapai 3 juta. Motor alternatif memang motor starter, harganya 180 ribuan. Kalau aki sih bisa aki basah atau aki kering.

  44. gan boleh gak minta rincian nya secara detail? soaalnya saya gak tau tentang dunia GEAR, :D kalo boleh sih minta dikirim ke email saya, wahyusempervi@yahoo.com, makasi sebelumnya gan….

    • rician apa sih? coba baca lagi yg bener :D

  45. mas mau tanya tempat beli motor dcnya dmna ya?itu spesifikasinya gmna?sya butuh motor dc 24 v 300w buat praktikum,mksh

  46. tu motornya ukuran berape? kalo d ganti yang laen bisa g ?

  47. Saya putar kal-tim, walaupun sy mz SMA sy ud bz membuat mobil dr mesin” yd d ats, walupun cukup untk 1 ornk, hehe
    tetpi dngn cara bpk” yg d ats, mksd.a bahwa tenanga terbgi 3, dr BBm,Listrik, N tenaga kita.
    Hhehe..

    Makasah ats pengertian.a y pak,
    Gra” tu ank” schol pd bingung lihatin,dan malah ank” ngolokin, px tdk ap. Gini” hasil buatan sndri..
    Maaf cuman bagi cerita doank,,

    Email gua. Fb j y,, rahmatgokil@gmail.com… Fb, rahmat sering setrez
    Kal_tim putra tidung KTT

    SMAN 1 KTT

  48. ini pakai sistem kerja gir ya? semacam roda gila bukan?

  49. buat manusia2 yg perlu dinamo buat sepeda listrik bisa pesan ke saya asli buatan sendiri ( indonesia ) hub. hp 081946916630 harboyo . irit acuu, dan bertenaga,dinamo

    • Spec nya gimana mas, Voltase, Watt, pake karbon bruss ato nggak? dan harga (tentunya) terus ente tinggalnya dimana?

      • Memangnya saya yg buat??

  50. klo bikin sepeda gandeng gmana mas????????

    rangkaian gearnya???

  51. klo dinamo nya pake dinamo bekas fan radiator mobil opelblazer.contol speed nya pergunakan control pwm gimana ya????

  52. TERLALU MUMET KANG, PENGGERAKNYA PAKE MIOKU AJA TAK SURUNG KO MBURI

  53. Adakah yang punya info siapa yang bisa merakit sepeda gunung/biasa jadi sepeda listrik? Mohon nama, almt, dan no telpnya… thanks ya…

  54. beli motor na dimana…bisa mesan?????
    lw bisa kirim data na ke email in ya…
    tjetjepnoermansyach@rocketmail.com

  55. itu sepeda pakek dinamo bekas pompa air bisa gakya…..bagi yg tau mohon jawabannya

  56. itu sepeda pakek dinamo bekas pompa air bisa gakya……

    • bisa gan kasih aja inferter dengan daya 450 watt, sekalian kasih tv lcd, hehehehe, pakai accu mobil. biar tahan lama, jangan lupa solar sell nya biar carger accunya gratis tis tis, dengan meman faatkan, sinar matahari, semoga membantu

  57. kalau sepeda listrik pakai UPS komputer, inverter UPSnya akan cepet jebol karena pada motor AC menghasilkan EMF balik sinusoidal, dan inverter UPS juga akan bekerja keras memberikan daya yang hampir simetris (klo motornya 150 watt, inverter UPS harus mensuplai daya 150 watt secara terus menerus).

  58. pakai dinamo starter truk bisa ga, 24 volt di pasang di sepeda motor, sepeda motor tua di lepas stang pistom do ganti pakai dinamo memakai gigi sepaerti gardan mobil bisa ga ?

  59. Nemu di sebelah.
    http://cyclone-tw.com/newkits.htm

  60. aku mau bikin PIRING TERBANG nih siapa yang mau gabung……..???

  61. mendingan di kasih atap aja tris lapisi dengan solar sel dapat dua keuntungan sekaligus
    1. dapat terhindar dari panas matahari
    2. dapat recerger accu langsung. kalau istirahat kasih aja tempat yang panas tu sepeda hehehehehe

    • jadi seperti mobil solar sel gan

  62. untuk lebih kuat lagi apa tidak sebaiknya kita pasang GenSet :100 KW Boss?

  63. Mending beli motor second aja mas yg 500 ribu tp bodong

  64. aku punya sepeda listrik 3 buah.satu normal yang 2 rusak batrenya sama controlnya tp dinamo msh bgs bila ada yang minat email saya nfirnandha@yahoo.com ato hub 08121542191

    • Berapa harganya 1 sepeda komplit yg nggak rusak, Apa bisa ditengok sepedanya dimana? Saya di Jogja. HP. 02748264730

      • bisa dilihat, saya di solo atao liat potonya di tokobagus di sepeda akesoris.sepeda bermesin merk sunrace harga 1,85jt

  65. kalo mw beli bekas dan akinya msti dibelikan yg baru coba cari di kota jombang

  66. Enaknya memang beli sepeda listrik bekas trus beli mtb yang murahan , rakit , dah beres.

  67. mas Mul saya punya sepeda Listrik merk Yamaha, mungkin bisa untuk, acuan, dan saya mau modif sepedaku yg pake gardan.

  68. Rakit sendiri dengan KIT sepeda listrik baterai lithium 2.500.000 bisa dipasang disepeda apa saja.

  69. Om kalo dinamonya dmna nyari ?

    • saya ada 350 watt atau sekalian sepeda listriknya tapi kondisi mati batrenya dan kontrolnya .hub 08121542191

      • Sebernernya make bor aja tpi inverter nya saya gag pnya

  70. Saya masih sd kepingin buat motor listrik

  71. mas kalau boleh tau itu motornya motor apa? belinya dimana?

  72. bila kita ingin membuat nya barang-barang aph saja yang di butuhkan

    terima kasih.

  73. saya pingin beli jadi yg murah buat anak saya sekolah,bekas tdk apa2,kira2 dmn yaa belinya?thanks semua

  74. info nya dong buat beli spare part sepeda listrik, domisili saya di lampung, ud nyari dsni gak ketemu jg, mohon bantuan nya soalnya buat proyek akhir syarat wisuda

  75. ANA bingung komplit Gan !

  76. numpang lewat, menurut saya mengunakan UPS itu malah menambah rugi2, energi terbuang jadi panas pada travo ups, terbuang untuk pemakain control ups itu sendiri. jadi mending langsung aja dari batrai ke motor dc.
    untuk daya pada motor, silahkan gunakan gera box untuk mendapatkan daya tinggi dari putaran motor yg cepat, karena putaran motor yg cepat membutuhkan arus yg kecil, arus kecil = hemat tenaga.
    kalau kurang jelas bisa email ke fb saya https://www.facebook.com/abdul.muis.3591267?ref=tn_tnmn
    terima kasih….

  77. dapatdari tetangga sebelah
    http://merakit-sepeda.blogspot.com/2010/06/sepeda-listrik-dengan-mesin-bor.html

  78. Bagus, motornya beli dimana ?

  79. mantab…..buat ups sendiri or bekas audio ples mosfetnya ditambahin
    mobil pake dynamo stater truk murah meriah om…..semoga sukses

  80. kalo dinamo langsung ke akikan pastinya kabelnya meleleh


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

