Oleh: mulyanto | 22 Maret, 2009

[F1ZR] Lagi-lagi Tentang Karburator


Melengkapi tulisan-tulisan berikut :

[F1ZR] Menjadi montir lagi

[F1ZR] Setting Karburator Lagi

[F1ZR] Tips Karburator Akhirnya Hemat Bensin

Uraian lebih detail ada pada :

[F1ZR] Cara Jetting (Setting Karburator)

Saya tambahkan foto-fotonya.

mj-pj-bks

Gambar diatas main jet dan pilot jet beserta bungkusnya. Pilot Jet (PJ) dan Main Jet (MJ) merek Kitaco berharga sekitar 25 ribu. Sementara PJ/MJ dari suzuki berharga 35 ribu.

mj-pj

Gambar Main Jet (MJ) disebelah kiri dan Pilot Jet (PJ) disebelah kanan yang diperbesar.

posisi-mj-pj

Gambar letak Main Jet (MJ) dan Pilot Jet (PJ) pada karburator Mikuni.

karburator-mikuni

Gambar Pilot Jarum Skep alias Jet Needle dan Throttle Valve (Katup Gas). Baud bukaan udara (air screw) tidak terlihat tertutup Throttle Valve. Yang terlihat adalah baud kembang untuk setting idle (idle screw).

carburetor

Gambar bagan karburator dari manual Fizr.

carburetor-mikuni-manual

Gambar bagan karburator dari manual Mikuni.

Cara setting karburator menurut manual Mikuni :

slow-speed-setting-01

Download Manual Mikuni

About these ads

Responses

  1. Pak Mul ysh.

    Karisma saya yang berumur 5 tahun, kalau dikendarai tarikannya sudah mulai tidak enak. Muncul suara kretek kretek di bagian rantai, seperti kendor pisan.

    Saya sering mengencangkan rantai sendiri dengan tool yang ada di rumah. Memang betul tarikan menjadi enak. Tapi tidak bertahan lama. Hari kedua setelah dipakai kerja, muncul kembali kretek kretek seperti rantainya kembali longgar.

    Jadinya agak kuatir kalau dipakai keluar kota terus terjadi masalah di jalan. Menurut Bapak apakah ada masalah selain di bagian rantai? Saya pernah mengganti rantai berikut gearnya dengan suku cadang asli di AHASS sekitar tiga tahun lalu. Ataukah saya tidak mengencangkan mur baut dengan sempurna ya?

    Memang motor saya ini banyak dipakai offroad juga naik bukit dan turun lembah ketika berkeliaran keluar kota. Apakah memang sudah waktunya koid, ataukah ada kemungkinan bisa diperbaiki.

    Terima kasih Bapak Montir.

    —————————————————————————————————————-
    Mulyanto :

    Pak Bandung ngeceeee :).
    1). Ganti kit chain (gear dpn, rantai, gear blk). Kalau bisa perbesar gear depan-nya 1 nomer biar ringan ditanjakan.
    2). Ganti motornnya :p .

  2. Hatur nuhun Pak Mul,

    1. Terima kasih nasehatnya Pak, wah .. perlu investasi seperangkat gear depan, rantai, dan gear belakang ya ..
    Perbesar gear depan saya pertimbangkan Pak, karena setiap pulang ke rumah saya harus mendaki bukit bojongkoneng. Terima kasih.

    2. Wah .. Pak Mul ngeceeeee, saya lebih memilih membeli cat rumah dan paving blok dech … hehe

    —————————————————————————————————-
    Mulyanto :

    Eh sorry ndung, gear depan diperkecil atau gear belakang diperbesar, atau kedua-duanya.

    • bos mau nya saya pya fizr thn 2002.fizr saya uda oversais 100 sbaik ya pake pilot jet,main jet ukran berapa………….

      • coba PJ (Pilot Jet) 22,5 – 25 MJ (Main Jet) 135

  3. Sip Pak Mul .. nuhun.

  4. [...] https://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/03/22/lagi-lagi-tentang-karburator/ [...]

  5. hallo pa montir

    pa motor saya jupiter z 110 thn 2009,sya ganti knalpot dengan asli ahrs,apakah settingan karburator perlu diganti?klo memang iya gmna cara setingnya taw perlu main jetnya (mj)…

    terima kasih pak montir

  6. [...] https://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/03/22/lagi-lagi-tentang-karburator/ [...]

  7. maksi mas mulyanto

  8. mas mul kok fizr aq endut2tan sjak pake pilot&mainjet ukuran yg mas kasi tahu kemaren.pilot22,5&mainjet135.

    • nyeting karburatornya ngga bener tuh. Punya saya baik2 saja.

      • mas sy, mau tanya aku punya motor satria 120 ke,2003, motor aku kalo panas ko mati shii,, bru karbulatornya berembun/keringatan ,, apa itu ada pengaruh,y dengan cdi gk ,supaya normal kembali gimnh itu mas caranya tlg jwb yhaa,,,?

      • panas mati :
        - mungkin sehernya macet, kurang oli samping
        - mungkin spul jalannya mau tewas, minta ganti.

  9. mas pke jarum yggede pa pke jrum lancip.bgus buat karbu aq

  10. mas napa mtr aq lau d tkn kopling stengah baru ada sentakan………

    • yah iyahlah, sentakan terasa kalau main setengah kopling.

  11. tp mas lau gk d tkan kopling stengah mtr ku ngrokpas waktu naik tanjakan

    • memang begitu. fizr saya begitu. Kalau jalan pelan pada gigi 2 terus nanjak 45 derajat pasti loyo. Tapi kalau lari dulu pada gigi 2 terus terus nanjak 45 derajat pasti lari terus sampai puncak. Kenapa? karena fizr torsinya pada rpm tinggi. Nah gunanya kopling buat naikin rpm sehingga torsinya naik. jalan pelan pada gigi 2 terus nanjak 45 derajat, kopling dulu sebelum nanjak dan tancap gas. Maka saat akan nanjak torsi fizr sudah tinggi dan melejit sampai puncak tanjakan. Saya tiap hari lewat jalan sempit dan ramai yang punya tikungan tajam 90 derajat, begitu nikung langsung nanjak 45 derajat.

  12. maw nanya maz… f1zr saya kok tarikanya lemez bgt kayak 4tak aja itu apanya yg kurang maz?

    • coba karburatornya diset “rich” (boros). Pas langsam/idle, putarannya tinggi. Yang diset yang bukaan bensinnya (obeng kembang).

  13. mas, mo nanya mas…

    itu mas pake karbu king mikuni tm 26 kan..??
    itu intake-nya diapain mas biar pas di karbunya…??
    trus filter udaranya pake yg standar f1zr yah..??

    br beli karbu king nih mas…
    PJ n MJ sebaiknya ukuran brp yah mas?
    f1zrku oversize 75, knalpot freeflow…
    korek harian sih..
    thx’s yah mas..

    • punya saya karbu standard fizr kok.

  14. mas pengaruh ganti pilot sma main jet,tu pa si ?

  15. mas cara naekin pilot jet sm main jet itu cuma ganti ukuran aja y??

    emang bisa masuk??
    kan colokan pilot jet sm main jet nya 17,5 sm 130.. kalo diganti ama yg gede emang muat mas??

    mohon pencerahannya

    • asal satu jenis karburator yg sama (Mikuni). Ukuran drat pilot jet 17,5 sama dengan pilot jet 22,5. Ukuran drat main jet 130 sama dengan main jet 135. Yang beda cuma ukuran lubang dalamnya.

  16. oooo gitu….
    itu g ada efek samping kan kalo diganti??
    kayak bensin ngerembes keluar?

    • ngga ada lah. asal masangnya bener, barangnya juga bener.

  17. mas mul, nanya ya,
    motorku f1zr 2003, o/s 100, lainnya standard semua.
    masalah yg bikin puyeng kepala adalah masalah tenaga, logikanya kalo os kan nambah tenaga krn yg dibakar juga nambah banyak, tapi motorku malah “hiyekk”.
    dengan perpak satu, pilot/main dan jarum serta skep asli bawaan pabrik mbrebet, tenaga lumayan, speed payah.

    jika pilot naik, tambah mbrebet, makin loyo, pilot turun gak mbrebet, tp makin loyo, main naik mbrebet pol, setelan clip jarum posisi paling irit, gak mbrebet, tapi makin loyo, mesin getar banget, kayaknya kompresi kegedean.

    akhirnya paking aku pasang 3 lembar, lumayan halus getarannya, tapi tenaga tetep jadi masalah. solusinya dong mas mul, tulungin saya ya. trims sebelumnya

    • Kalau mbrebet itu karena pengabutan bensinya ngga bagus. Biasanya karena kurang pasokan udara atau katup choke-nya macet, sehingga ratio udara:bensin terlalu tinggi . Makanya pas disetel irit, mbrebet jadi kurang karena itu mengurangi kadar bensin. Sehingga ratio udara:bensin menurun. Kalau mbrebet pasti speed payah. Kalau blok sama tutupnya masih standar, belum dipapas mestinya kompresinya ngga kegedean. Jadi kalau blok sama tutupnya masih standar :
      1. Pasang perpak blok (yg karton) satu lembar saja.
      2. pasang perpak head (yg tembaga/aluminium) satu lembar saja.

      Fokus ke karburator dan filter dulu saja :

      1. Periksa karburatur dibagian choke, per-nya masih bagus nggak? Kalau sudah putus/karatan ganti dengan repair kit.
      2. Copot busa filter. Biasanya mbrebet ilang, cuci busa filter pakai deterjen atau ganti yg baru.
      3. Tetap pakai busa filter, tapi selang saluran udara yg nempel ke rangka dicabut, arahkan ke depan.

      F1zr bisa disetel irit 1:40 TAPI ngga boleh ngebut karena :
      1. Oli samping kurang dan Overheat –> piston/ring macet
      2. Bergetar

      Jadi setel normal saja 1 : 25. Clip jarum posisi tengah, MJ/PJ standar, dan langsem (stasioner).

  18. wah, maksih banget mas mul, cepet responnya. oh ya, f1zr ku kan os 100, head stdrd, knalpot juga, bagusnya pake pj/mj ukuran brp mas?

    • punyaku os 175, MJ 130 PJ 17.5 cukup kok.

      • sudah mas mul, saya lakukan seperti saran mas mul, perpak head 1 saja, filter pake gabus kasur tipis, pipa tetep terbenam di rangka, setelan clip jarum no 2 dari atas, mj 130, pj kayaknya 12an, motor jadi ngacir, tenaga rpm menengah-atas siip, tapi rpm kalo gas dimainkan mbrebet koyo suara rgr korekan. opo lubang blok output knalpot kurang gede ya?
        getaran terasa, apalagi pas ngacir. accelerasi oke.
        tapi bensinnya boros :((, biasanya sehari 10rb sekarang 25rb buat 2 hari ludes.

      • coba busi bersihkan, pakai sehari. cek busi lagi, hitamkah? kalau hitam berarti terlalu boros. Kalau boros bukan berarti boros karena ngacir, bisa jadi pengapiannya tidak sempurna. Jadi cuman sebagian yang terbakar, sebagian terbuang. Kalau mau irit, iddle/stasioner-nya saja yang dikurangi.

      • warna busi coklat terang kayak coffee mix, pas atau ada yg kurang mas mul?
        saya ada busi ngk sama merk gak terkenal, dgn gap sama yg ngk warna api biru tajam tapi kecil, yg merk satunya api gede banget, tapi warna api agak2 merah gitu. bagusan yg mana toh mas mul?

      • - idealnya sih merah bata. tapi saya juga biasanya cuman coklat terang :p
        - bagusan yg mana? dicoba saja. Mana yg tenaga lebih bagus, mana yg lebih irit. Yang tenaganya bagus biasanya irit juga.

      • jadinya aku beli busi yg kakinya 3 mas mul, mau beli tdr pas nggak ada, kayaknya tenaga juga beda dikit.
        trus ada lagi problem mas mul, kalo membuka gas pelan2, putaran 1/2 keatas kok mbrebet, tapi kalo agak menghentak kok gak mbrebet ya. byw, busa filter bikinan sendiri dari busa kasur setebal 1cm.
        trus jika pakai gigi 3 atau 4, putaran gas blm habis, kira2 masih 1/3 lagi, speed udah gak bisa nambah lagi, gas pol juga segitu, dikurangi 1/3 juga speed sama, knp ya mas mul? speed brp gak tau, soalnya kabel speedometer putus, :D

      • - saya pernah coba busi kaki tiga (bodinya ada warna ungu), hasilnya jelek
        - gas pelan2, putaran 1/2 keatas kok mbrebet, menghentak kok gak –> kemungkinan pilot jet kegedean
        - speed udah gak bisa nambah lagi, gas pol juga segitu –> waduh saya juga bingung yah hahahahahaha

      • waduh, jadi si kaki 3 jelek ya, aku pikir bagus , wekekekek…
        tapi saya bingung nih masalah pilot jet, padahal yg saya pasang lebih kecil dari pabrikan je mas, opo ora kiriten nantinya?
        puyeng, mosok balapan karo spin matic cuma menang tipis, opo hura ngisin2i mas?

  19. mas kalo os 200
    mj sama pj ukrn brpa yg lbih smpurna ??

  20. forceone aku ngorok bang … ngoroknya lbih keras dari pada bunyi knalpot …
    . apa karna salah masang mebrannya yah ? mohon pencerahannya

    • wah ngga pengalaman bongkar pasang membran.

  21. ass. saya mau tnya motor saya f1zr 2003, saya mau naikin pilotjet standarna menjadi 20.. pilot jet yg sama dengan pilot jet f1zr,, pilot jet motor ap ya..??/

    • yah PJ/MJ karburator mikuni. Bukan cap merk motor. Motor yg pakai mikuni : fizr, satria, tvs apache.

  22. Mas, klo pj dan mj standar f1z itu brapa??
    Soalnya saya pake pj 40, busi hitam & basah banget??

    Nb:piston OS 50

  23. mas mau tanya, motor fizr saya kok susah banget ya klo diatur stasioner. klo diatur stasioner sering meraung2 waktu dinyalain, klo dikecilin langsung mati mesinnya, apa karburatornya sudah rusak?
    ciri2 karburator rusak gimana sih?
    bisa diperbaiki gak klo rusak,
    terima kasih, maaf banyak nanya.

    • beli saja carburator repair kit. semua diganti pake yg ada di kit itu. kelihatanya sih jarum sekep-nya yang bermasalah.

  24. mas.. sya pnya fos 95. dihead itu ad suara nge gelitik gt.. apa msti gnti piston apa?? trus krbu nya mikuni lokal.. klo dgnti pj mj nya setingkat dr stndar nya, kiraa2 psati da tnaga nya ga??..
    sblmnyA mkshh…

  25. Mas saya punya fizr thn 2001 opersais 50 piston,opersais 50,kop suda papas ukuranx 0,5,& blok suda korek,yg jdi masala MAS di bengkel nda ada yg dapat stelan karbunx,krna karbu sudah korek trus pj mj standar,,,,,penghisapan & pembuangan suda di korek harian mohon MAS mengirimkan stelan karburator yg pas ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,n saya lupa knalpot juga sudah korek (kerja harian)

    • Mengirimkan setelan karburator??? apanya yg dikirimkan? :p

  26. selamat siang pak, saya punya motor kharisma 2003,semenjak dari awal motor itu ada masalah kalo suhu dingin/ujan rintik,pagi/subuh,sepertinya gas tidak kembali,mesin gerung,kalo pengen normal ditarik lagi gasnya kencenngan….. sudah 3 kali ganti kabel gas,tidak ada pengaruh,tapi kalo musin panas ga ada masalah….sampai sekarang bengkel belum bisa mengetahui penyebabnya….
    apa mungkin harus ganti karburator….
    hatur nuhun sebelumnya….

    • Pada suhu dingin, kerapatan udara adalah tinggi. Jadi lebih banyak oksigen. Mesin gerung seperti gas tidak kembali karena ada peningkatan udara dalam campuran udara-bensin (“air to fuel ratio”-nya meningkat). Kalau ditarik gasnya, berarti membuat bensin lebih meningkat lewat main jet. Jadi terjadi lebih peningkatan kadar bensin (“air to fuel ratio”-nya menurun). Solusinya yah :
      1. Buka choke kalau suhu dingin.
      2. Gedein pilot jet.

      • ok thn’s mas,kiro2 pake ukuran brp pilot jetnya…..

      • wah nggak tahu, ngga pernah ngoprek honda/karisma sih yah. Tapi kalau digedein pilot jet-nya biasanya tambah tenaga dan tambah boros!

  27. met ciang boss..forum ini cuma buat seputar fizR kah?boleh tanya tentang new shogun 125 gk?sembah nuwun.

    • waduh ngga pernah pakai/ngoprek shogun 125 yah, tapi kalau karburator sih prinsipnya sama buat semua motor.

  28. Salam kenal mas mul,
    Saya punya motor buntut Alfa 2R th 95, motor tsb ganti boring ukuran standard, ganti karbu alfa standard (merk Lipo, cari yang ory syusyah).
    Tetapi masih mbrebet (masalah di karbu) apakah bisa karbu alfa diganti punya F1Z ato punya king sekalian. Jika bisa setingan MJ / PJ nya bagaimana ???

    • Bisa saja, biasanya ada masalah di selang karet keluaran karburator (leher angsanya). Perlu modifikasi atau cari selang yang pas.

      • Tengkyu Mas Mull, memang harus ganti manifold nya, Mas Mul ada rekomendasi karbu non ory yang kualitasnya bagus ?? saat ini lagi hunting karbu 2nd tapi belum nemu…

        MAJU TERUS KOMUNITAS 2 TAK Indonesia !!!

  29. saLam fOrcE Mania Saya punya motor sudah (os 200) tapi kalo gaspool rasanya ingin kebuang,maklum drag cilik

  30. motor saya uda korek os 175 piston RX spsial tapi mengapa disaat gigi 4 tenaga langsung drop n cuma meraung tenaga jd kurang,saya pakai mj/145,5 dan pj/27,5 .. karbu jg uda dilemer. biar tenaga gak drop di gigi 4 gimana ya dan ganti apa? dan kalo mau setelan filter dibuka pakai mj /pj ukran brapa..?

  31. maaf mas byk tanya . saya mau tya shogun 125 thn 2005 saya jg .. sering hilang api mndadak ,saya ud ganti koil tp msh aja..tp kadang api nya ada dgn sndiri nya. naaah yg aneh lg kalo kena hujan n dingin jadi susah hidup.. walaw hidup tp pas digas mati ?gak bs dtarik gas .. tp kalo buka karbu normal lg..apa ya ?gak mungkin stiap gitu saya mau buka karbu nya.. tolong tipsnya.MAKASIH buat pak mulyono ..

    • -kemungkinan busi kotor atau pengabutan bensin tidak sempurna (masalah karburator). Bisa jadi spul jalannya ada yg leleh, ciri2-nya sering mati kalau mesin panas. Hidup normal kalau mesin dingin. Bisa juga karena konetor/head kabel di busi.
      -kena hujan jadi susah hidup. Bisa karena karburatornya kemasukan air, makanya kalau karburator dibuka jadi normal. Makanya pastikan seal2/karet2 pada karburator rapat dan kencang. Dan gunakan filter udara yang menahan air.

      • ya saya uda buka karbu nya dan saya mau tanya kalo busa dalam filtr nya gak dipake atau dibuang ,apa boleh dan tidak masalah ???

      • yah kalau busa dilepas maka air, debu, kerikil langsung masuk ke karburator dan ruang bakar. Mesin mati karena bensin kemasukan air, busi kotor dan mesin juga mati kalau busi kotor.

  32. mas saya mau tanya fiz r pake gear jupiter mx bagus gak tenaga nya .soalnya saya pake gear 15_37 tapi pas gigi 4 tenaga agak berkurang n tarikan jdi lemah

  33. Mas saya mo tanya, saya punya Yamaha (langka) Sigma th 2000 2 tax, selama saya oakai ga pernah bermasalah..Nah sekarang saya punya masalah di karburator yg ga bisa langsam atau ga mau kencang/normal saat di pakai. Kata montir harus diganti..Masalahnya ganti yg sesuai dgn motor apa ya ? Makasih Mas

    • coba saja pakai karbu fizr atau karbu king. paling harus modifikasi di karet intake.

      • 0k thanks

  34. Pak mul yth
    saya punya f1zr th 2002 sdh oversize 50. Ahir2 ini kalo dipake kurang nyaman,terasa ada getaran bila sdh jln 80an, apakah terlalu irit bensin ato gimana..? Oya f1zr saya bensin nya 1:38.
    Mohon pencerahan nya and sblm nya makasih bnyk.

  35. Malam mas mul…
    Ketemu lg nih sama anak Kal-Teng,
    saya mo ucapin makasih bnyk atas saran nya tadi, Alhmdulillah motor saya udah enak dipake/udah gak getar lagi…
    Gini mas, sebenar nya saya masih mo tanya (penasaran gitu…), tadi habis disetting karbu nya motor saya jadi lebih nyaman dipake jd saya coba2 tancap gas sampai abis dan saya lihat jarum amper nya menunjuk angka 120, nah yg ingin saya tanyakan “apakah kecepatan max f1zr memang segitu ato masih bisa ditambah lagi..?” kalo masih bisa gima cara nya..? apa yg harus diganti.
    mohon jawaban nya mas, m’f kalo bnyk tanya.
    Thank’s sebelum nya…

  36. mau nanya ni bang.motor. saya fizr 2004.knalpot bobokan.oversise 150.ygcocok untuk pilot jet ama main jet ukuran berapa ya bang.

  37. Asslamu’alaikum….
    Maaf saya mau nanya, motor saya karisma tahun 2005 KM 60rb an. yang jadi pertanyaan kenapa rantai motor saya kok ada bunyi kretek-kretek nya dan selalu kendor gak bisa dikencengin karena adjuster nya udah di garis akhir banget, padahal belum setahun saya baru ganti gir satu set. mohon pencerahannya. terimakasih…….

    • Bunyi kretek-kretek itu biasanya karena gear belakang sudah habis/ompong. Rantai kendor ngga bisa dikencengin lagi yah dipotong biar pendek. Rantai cepat kendor biasanya karena buat jarak jauh. Solusinya :
      1. Potong rantai
      2. Gantai gir belakang

      Kualitas dan harga rantai memang macam2. Rantai baru termurah ada yg 25 rb, rantai termahal 60 – 80 rb. Yah kalau rantai bagus/mahal kuat 2 tahun, maka pantas saja kalau rantai murah kuat kurang dari setahun :D .

  38. assalamualaikum … mas saya mw tnya ttg mtor smash sya.. sya ganti karbunya menggunakan king lokal.. tapi jika sudah di pakai sering ada bnocor terus tenaga terasa tetap hanya perbedaan nafas di karbu saja.. mohon pencerahan…

    • waduh ngga pernah ngoprek karbu king apalagi di motor smash. maaf ngga bisa jawab.

  39. mas, dimana saya dapat mendapatkan/mendownload manual f1zr?

  40. salam kenal mas mul
    mau nanya, motorku vega-r, kondisi seken, nah pas beli emg agak teledor, soalnya gak cek kondisi karbu, ternyata skg baru tahu klo sekrup stasionernya macet, gak bisa di putar, cara ngatasinya gimana ya mas?? ato hrs beli baru??

  41. ..

  42. Bang Mul saya mao tanya nih..
    motor ku,Fizr 2005,
    Kondisi Oversis 100,Karbulator Standar Mikuni,knalpot AHM,CDI standar, Intek Standar.

    saya kan baru korek blok am head..korek harian..
    cuman masih gak enak dibawak,tarik gas poll cuman 100.

    gimana cara setting nya?
    ukuran PJ, MJ karbunya pake yg berapa biar enak larinya?

    atau karbunya mau diganti yg PE28, baru bisa lari di atas 100?
    thankss…

    • fizr standard mestinya enteng buat ;ari 100 kpj. Pake gigi 3 aja juga gampang. Fizr standard top speed 115 – 125 kpj. Saya ngga yakin kalau pakai karburator PE terus bisa lari 100 kpj.

      • Maksud saya gini lho, masmul..

        Fizr saya emang enak tarikan nya,pass gigi 1 – 3 bisa Larii sampe 80rpm..
        Kalo pass di oper kegigi 4, berat banget napasnya, susah mao tembus lewat dari 100rpm.
        Kalo udah 100rpm mtr nya bergetar kenceng,kyk udah pake tenaga maksimal.

        cara buat panjangin napas n kencengin larinya di atas 100rpm gmn ya mas ?
        Jetting karbunya gmn? Pake MJ PJ,ukuran brp?

        Kondisi karbu : standar mikuni fizr,jarum skep standar fizr.
        Kondisi mtr : pake opeenbook,knalpot ahm, uk.gir 13-39..

      • 100rpm? rpm = Revolutions per minute = perputaran tiap menit. 100 kpj kali? kpj = kilometer per jam. Kalau 100 kpj sudah getar hebat, tandanya :
        1. Mungkin setingan karburator terlalu irit
        2. Biasanya sih setang seher dan klaher kruk asnya sudah harus diganti (turun mesin) :

        https://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/03/13/tua-tua-keladi/

        https://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/04/18/sastro-mau-turun-mesin/

        https://mulyantogoblog.wordpress.com/2009/04/21/sastro-akhirnya-turun-mesin/

      • hehehee,
        ia mas mul..maksud saya gitu,
        100kpj kecepatan yg ad dispeddometer itu lohh..

        hmm, emg hari tuh saya pernah lemer 2x,
        tp yg kedua x cuman ganti reng am sehernya aja,soalnya ganti blok baru 0v.50
        oversis nya dnaekin 100..klahar sm stang nya nggk diganti, soalnya masih bagus stang sm klaharnya.
        Jadi pake stang am klahar yg lama.
        Blok, seher, reng nya..baru.

        Gmna ya masmul .. Pendapatnya dɑn saran nya?
        Thxx..

      • Yah motor saya juga waktu mau turun mesin, montirnya juga bilang masih bagus. Suara mesin masih halus. Sayang kalau sampai belah mesin. Habis turun mesin, hilang deh getarannya. Cuman memang setelah turun/belah mesin, jadi berisik suaranya. Yah memang belum jelas penyebab getar mesin ente. Mending selidiki dulu penyebab getarnya. Coba jeting dulu yang pas atau coba borosin dulu. Kalau masih getar yah berarti di mesinnya. Tapi yah itu kalau turun mesin itu berisiko :D . Bisa jadi malah tambah rusak :D .

      • ˚нåнåнå˚°º
        Ia bener juga tuh, gak mao bongkar mesin lagi deh..

        Masmul..
        Gmn cara setting Jetting nya supaya agak enteng larinya?
        pake PJ MJ ukuran brp mas ?
        Supaya larinya enak di atas 100kpj ?
        Jarum karbunya perlu diganti gak?
        Kondisi karbu : standar mikuni fizr

      • silahkan pelajari : https://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/01/12/f1zr-cara-jetting-setting-karburator/

  43. Mas mul
    mtorQ fizr 2000,ud d gnt kopling full,yg d tny knp stiap mesin dngin mtor mbrebet2 stlh jln sktr 3m lak d gas lbh bsar lg mtor mati n sulit d nylain,mksh sblmX mas

  44. mas motor saya supra x 100cc saya ganti karburator RX king lokal kalo suhu dingin (malem atau pagi ) pas di geber gasnya seperti gak mau balik lagi padahal posisi gas uda turun sampe mentok…tapi kalo di pake siang hari normal2 saja mau di geber juga..
    masalahnya di sebelah mana mas??????
    dan tolong kasih tau solusinya….
    terimakasih banyak mas…

    • Wah itu mesti dicek dulu kabelnya, dicoba dimalam hari. Cari kabel gas bekas, atau beli baru yg murahan. Pasang dikarbu tapi jangan pasang dihandle. Coba tarik sampai mentok, terus dorong kebawah sampai mentok. Kalau jadi sembuh berarti kabelnya. Kalau masih ga mau turun, berarti bukan kabelnya, ngga tahu kenapa.

      • nah ini kabel udah di ganti mas selangnya sama yang lebih gede lobangnya..yang jadi pertanyaan kenapa itu terjadi pada saat suhu dingin saja begononya ,kalo siang-siang udaranya panas oke2 aja normal naik turun gas nya..kalo malem juga asal kecepatan 20km-30km/jam oke di atas itu meski kabel dah turun gas manteng gak mau turun

  45. mas saya mau tanya soal karburator rx king saya pasang di motor fiz r biar mantep harus di rubah apanya yaa?

    • ngga pernah makai karburator rx king.

  46. trus, klaw saya pasang filter fiz r kok tenaganya gak bisa los ya mas, itu filternya harus di apakan mas…?

    • yah filternya dilepas.

  47. Mas Mul mw nax, kmrn z hbs service motor d bengkel
    tp hasilx malah brebet gitu, z liat mekanikx dy gosok pke batu asa itu cokex yg d ujung tali yg d karburator itu.
    apa karena pangaruh itu krn klo d pake seperti d coke trus??

    thx Mas Mul

  48. mas mekanik
    kalau bleh nanyak
    motor mio saya ketika jalan di tanjakan gasnya terasa agak kosong
    dan tarikannya menurun
    padahal saya sudah ganti belting
    tolong ya mas
    penjelasannya. .

    • saya bukan mekanik dan ngga tahu menahu trasnmisi motor matic :p

      • mas bisa kasi solusi gak mas tentang karbu F1zr

      • filternya dah harus di ganti.

  49. Mas…?? mau nanya ni mas ,,gmna ya cra setting karbu F1zr,,Saya punya F1zr kemarin udah ganti Pj sama Mj tpi Masih Terasa berat gas nya dan Buntu-buntu,pas sya buka saringan udara nya ehhh dya bagus tpi sya mau nya tetap pasang saringan dan gak buntu-buntu lagi,,,gmna ya Mass…?? mohon bantuan nya…

    • -cuci bersih busa filter atau ganti baru
      -cabut selang karet masukan filter yg masuk ke rangka, putar arahkan ke depan.

  50. Mas Mul, Motor saya F1ZR tahun 2004,
    1. Di GAS tinggi mbrebed, Karbu saya pakai PJ 17,5 kalo MJ saya ga tau ukuran berapa. Piston saya sudah diganti dengan piston RXS. Busa saringan udara sudah hilang semenjak beli. Ada solusi gak biar diputaran gas tinggi gak mbrebed ?

    2. Kata temen saya, untuk meningkatkan performance kopling, kanvas kopling ditambah 1 lagi, tapi di tipiskan telebih dahulu. Apa itu bener ??

    Makasih mas mul

    • mbrebet itu karena campuran bensinnya terlalu kebanyakan atau udaranya kurang. Solusinya lakukan jetting.

  51. Kalo campuran oli bisa jadi juga, karena pompa oli rusak, sudah saya beli tapi blom sempat di pasang. Kalo PJ sama MJ nya apa perlu diganti juga gak mas mul ? mengingat piston saya sudah bukan standar lagi (Piston RX S). Btw mas mul bandungnya di mana ? saya di soreang. Terima kasih

  52. PJ 22,5 MJ 135 saja sudah ngga ngaruh. Paling naikin akselerasi saja. Ngga ngaruh top speed. saya di ujungberung.

  53. PJ 22,5 MJ 135 saja sudah ngga ngaruh. Paling naikin akselerasi saja : Maksudnya gimana mas mul ? apakah tetap mbrebed kalo di ganti PJ 22,5 ? Setelan udara di motor saya harus posisi kencang (mentok) kalo di kendorin dikit tenaga jadi gak ada, apakah kekurangan pasokan bensin ? Jika ia apakah posisi clip perlu di turunkan, agar posisi jarum naik ? terima kasih

    • setelan udara biasanya 2,5 putaran mau blok standard maupun oversize. Mbrebet itu kelebihan bensin atau kekurangan udara.

  54. Mas Mul, maaf ngerepotin, mau nanya lagi, tadi pagi mungkin karena campuran oli samping ku kurang banyak, jadi motor sering mati-mati. nah swaktu pulang kerja sore-sore tiba-tiba motor saya gak mau di free. ada solusi gak mas mul ?? apakah piston RXS tengahnya berlubang ? terima kasih

    • 1. Kalau mau ngirit oli samping, mendingan pakai oli samping evalube yng 15 ribu sebotol. Cuman ngga bisa lari full, biasanya bisa 120 kpj. Pakai evalube cuman 110 kpj.
      2. Ngga bisa difree maksudnya? Sehernya macet mungkin.

  55. Seher gak macet mas mul, tapi disaat saya bongkar snap ring di as oper-operan gigi ternyata udah modifikasi mas, cuman diikat dengan kabel tembaga, jadi posisi as masuk kedalam gak pas dengan gigi.

  56. Untuk main jet rx king ukuran 165 sama dengan main jet fizr ukuran brapa mas ? Trima kasih ats bantuannya…

    • saya ngga tahu karburator rx king, terima kasih.

  57. mas mul punya karburator F1ZR ,truss uber nya d mana ?

    • saya ngga punya karburator F1zr. Saya di cijambe.

  58. mas mo tanya, ak punya alfa 90 masih standart, masalahnya sewaktu gas ditarik kok rpmnya seperti gak turun2 ya?jadi suara diknalpotnya tu masih kayak ngombak (gak bisa langsung ilang) kira2 apanya ya mas? matur nuwun

  59. Mas mau tanya saya punya motor F1ZR Tahun 2004 Tarikannya ennga enak sama sekali Karburatornya udah saya coba otak Atik tapi masih tetap engga enak….. Tolong Sarannya.. Trims…

  60. gimana caranya supaya karbu king tidak bocor

  61. ijin gabung,bgus web nya ini pak byk ilmu yg bs di serap,numpang tny nich.tunggangan ane jupe.Z 2007 ,smua msih standar.klu ngrubah PJ yg pas brp ukuran nya pak,,?mkasih atas jwban nya

    • maaf saya ngga tahu menahu ttg jupiter

  62. Mas mul, ane pnya yamaha alfa, apakah blokx bs d ganti pake pny f1zr? Trus part mesin f1zr apa aja yg bs d pake d mesin alfa.tks

    • maaf ngga pernah ngoprek alfa, ngga tahu jadinya.

      • kalo buat nggleyer mesinya getar apanya tu mas

  63. om f1zr saya mainjet 315 pilotjetnya brp biar bagus larinya, knalpot ninja racing bikinan…
    mohon saranya…

  64. mas mul, motor saya shogun 110. mau di kasih karbu fizr. tpi ko ga pas sama leher angsa nya ya?
    biar bisa gimana caranya?

    • pake leher kamu aja…ato leher siapa deh

  65. mas mul, sy lg buat trail pakai motor f1, os 100 setingan pj sama mjnya berapa yea supaya genjotannya ngacil di tanjakan

  66. mas mulyanto saya mau nanya nih
    soal sepeda motor
    sepeda motor yang mesin nya bagus buat balap liar
    di kelas 4 tag apa ya mas

    yang bagus di korek mesin nya
    minta pencerahan…………

    klo bisa jawaban x di kirim ke iwanathena@gmail.com

    maklum mas baru pemula (newbie)

  67. bensin boros,apa nya itu ia mas,karburator udah di stel 2 tapi masih boros rasanya.?

  68. Mas motor Blade keluaran 2009 saya punya masalah, ketika naik tanjakan atau melakukan perjalanan yg jauh suaranya hilang, menyebabkan motor saya tidak bertenaga, apa yang bisa sya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut saya tungu jawabanya dari teman2 teknisi yeaa..

  69. ms mau tanya motor sy Nouvo 2005/2006 seher ukuran 58 & klep sdh tdk standar serta knalpot freelow leher sdh diperbesar. Sy pakai karbu King MJ.130 / PJ.35. Kira-kira MJ & PJ brp yang pas agar top nya dapat & busi kering tdk basah. tks

  70. […] Lagi-lagi-tentang-karburator […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: