Oleh: mulyanto | 9 Juli, 2010

Memang Jaringan Kabel TELKOM Yang Jelek


Jumat lalu mendadak saya disuruh bos untuk memperbaiki masalah telpon kantor yang deadlock. Deadlock karena baik pihak instalatir PABX dan pihak TELKOM menyatakan jaringan miliknya baik-baik saja. Yah sudah 3 bulan, telepon/fax kantor sering mati. Dan sudah berkali-kali diperiksa teknisi TELKOM tanpa tuntas.

Pertamakali disiapkan multimeter dan pesawat telepon. Multimeter digunakan untuk mencari polaritas di konektor dan line telepon. Gambar 1 – 3. Keadaan awal adalah fax mati total, voice cuman dapat dengungan saja, ngga dapat dial tone. Selanjutnya sambungan dalam pada terminal akhir (gambar 3) dilepas. Dan dilakukan testing pada terminal akhir (Gambar 4). Didapat masih sama, fax mati total, voice cuman dapat dengungan saja, ngga dapat dial tone. Selanjutnya dilakukan test pada sambungan di kolong (Gambar 6). Gambar 6 adalah keadaan setelah saya perbaiki. Sebelumnya terdapat sambungan terbuka di kolong tersebut. Sambugan terbuka tanpa dilindungi isolasi, rawan gangguan dan pencurian pulsa. Kabel hanya digantung pada besi2 hijau itu. Ketika di test disambungan kolong ternyata line fax dan voice mendapat dial tone dan bisa dipakai buat menelpon. Kesimpulan pertama adalah ada masalah di sambungan dan kabel dari kolong ke terminal akhir. Juga ditemukan pada line voice, kabelnya sudah jelek. Kedua kawat tembaga-nya sudah hitam teroksidasi. Dan juga ditemukan tegangan positif menggunakan salah satu kabel tembaga, sementara tegangan negatif menggunakan kawat bendrat! sementara satu kabel tembaga lainnya tidak dipakai. Bukankah kawat bendrat itu tidak digunakan untuk line telepon? Bukankah kawat bendrat itu gunanya hanya untuk support mekanikal saja, hanya untuk tulang kabel saja?

Akhirnya saya lakukan penggantian kabel untuk sambungan dari kolong ke terminal akhir. Sambungan dikolong juga diperbaiki dengan disolder dan diisolasi rapat. Sambungan dan kabel juga dimasukan dalam paralon untuk menghindari gangguan dan pencurian pulsa (Gambar 7). Sebelum perbaikan tuntas, line fax bisa digunakan untuk telepon ke kantor jakarta oleh pak Ismed. Tapi setelah finishing line fax mati (tak dapat tegangan). Sementara line telpon yang tadinya mati-hidup malah jadi hidup. Yah udah sementara line telpon saja yang bisa dipake. Hari rabu(apa selasa yah?) lalu saya iseng2 test terminal akhir, eh kedua line sudah hidup semua. Maka line telpon saya aktifkan ke PABX. Siipp semua line sudah berfungsi. Pada hari berikutnya, teknisi TELKOM datang mengoprek gardu jaringan telepon (Gambar 8) . Eh malah jadi mati line voice (PABX) nya. Bagusnya teknisi TELKOM itu mengakui kalau jaringan kabel bawah tanahnya memang jelek. Jadi memang masalahnya di jaringan kabel bawah tanah. Dan harus dilakukan penggantian kabel, setidaknya kabel antara kantor hingga gardu.

Gambar 0. Diagram Tegangan Line Telepon

Gambar 1. Telepon buat pengujian

Gambar 2. Polaritas Line Telepon

Gambar 3. Kabel merah-biru yang kiri adalah kabel PABX, biru (+) merah (-). Kabel putih-hitam yang kanan adalah kabel voice, putih (+) hitam (-) .

Gambar 4. Test dulu disini.... Menguji jaringan TELKOM yg katanya bagus :p

Gambar 5. Test berikutnya di sambungan kabel, menguji kabel dan sambungan antara terminal akhir dan sambungan dikolong.

Gambar 6. Kolong tempat sambungan kabel

Gambar 7. Sambungan diisolasi, dimasukan dalam paralon. Aman dari gangguan dan pencurian pulsa.

Gambar 8. Jaringan kabel bawah tanah di dekat kantor

Update 4 maret 2011

Beberapa minggu/bulan lalu, jaringan kabel bawah tanah di kompleks kantor saya sudah diganti. Kabel yang menyambung ke kantor juga sudah diganti.

About these ads

Responses

  1. Hehe..kebetulan ya. Soalnya, kalo dirumahku ada telp kabel telkom. Kalo ada problem, dalam orde bbrp jam habis komplen, udah ada dari telkom yang datang mbenerin.
    Sayangnya aku dah jarang pake telp wireline itu, lagi menimbang2 buat mutusin. udah 2-3 th ini gak kepake. cuma mbayarin abonemen doang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: