Oleh: mulyanto | 27 Agustus, 2010

[Kesehatan] Obat Sakit Telinga


COLME harga sekitar 25 ribuan

Sekitar tahun 2004, telinga kanan saya sakit, infeksi dan budeg. Saya periksa ke THT RS B yang dekat kampus. Pendaftaran 100 rb, ditangani suster.. disemprot2 pakai semprotan tangan (sprayer seperti yg buat obat nyamuk). Dan tentunya dikasih resep, tapi nggak sembuh pada akhirnya.

Akhirnya saya berobat ke THT ke RSHS, ditangani dokter langsung. Dan dikasih resep obat tetes telinga yang muahalll (100 rb-an). Setelah 2-3 hari… plok… kotoran segede kerikil mencelat sendiri keluar dari telinga. Dan sakit telinga sembuh. Sayang merek obat telinga-nya tidak saya catat.

Setahun lalu kembali telinga kanan saya bermasalah, infeksi dan budeg. Kali ini berobat ke RSAI, ditangani dokter langsung. Disemprot2 pakai alat (irigasi? spooling) sampai sakit tapi telinga kanan masih budeg. Kalau telinga kiri lancar langsung keluar kotoran segede pelor. Akhirnya dikasih resep, antara lain pakai obat tetes telinga COLME. Wah sampai dirumah telinga malah jadi sakit luar biasa selama 1-2 hari, saya sampai minum paracetamol. Setelah beberapa hari (seminggu ??) diharuskan periksa lagi. Kembali pada saat yang berobat kedua kalinya, telinga disemprot-semprot lagi. Kali ini telinga kanan mengeluarkan kotoran dan budeg hilang, telinga kanan pun sembuh beberapa hari kemudian.

Dari pengalaman sakit telinga dan hasil googling ketemu cara2 membersihkan telinga dan obat-obatnya:

Cara pertama, Baca di http://dollycool.blogdetik.com/2008/07/12/obat-telinga/ :

Cara kedua : Baca di http://2010fbkdmiwpkhususanggt.wordpress.com/2010/05/19/penanganan-sumbatan-serumen/

Cara ketiga : Baca di http://secondking.wordpress.com/2009/10/25/sumbatan-serumen/

Beberapa obat tetes telinga :

CETAMID Erela K

Tiap ml tetes telinga: Na-sulfasetamida 100 mg, asam borat 20 mg.
Indikasi : infeksi gram positif dan negatif lokal pada telinga.
Kontra Indikasi : hipersensitif.
Dosis : 3-4xsehari 1-2 tetes.
Kemasan : botol 10 ml Rp. 2.068,-

COLME Interbat

Tiap ml tetes telinga : Kloramfenikol 10 %, lidokaina-HCL 4 %, propilen glikol samapi 100 ml
Indikasi : Otitis ekstefrnal dan media akut dan kronis, neurodermatitis, eksema pada meatus auditorus, nyeri telinga.

DECACETINE TETES MATA Harsen K
Tiap ml tetes telinga : kloramfenikol dalam propilenglikol 30 mg.
Indikasi : antifektikum telinga.
Kemasan : botol 10 ml.

OTOLIN Kalbe Farma K
Tiap ml tetes telinga : kloramfenikol 5%, polimiksina-B-sulfat 10.000 UI, benzoat 1%.
Indikasi : radang telinga bagian luar dan tengah akut dan kronik.
Dosis : 3-4x sehari 3-4 tetes.
Kemasan : botol 10 ml tetes telinga Rp. 11.000,-

OTOPAIN Interbat

Tiap ml obat tetes : polisimina B sulfat 1.000.000 UI, neomisina sulfat 0,5 gr, fludrokortison asetat 0,1 gr, lidokain-HCL 4 gr, air, propel glikol, gliserin hingga 100 ml
Indikasi : Otitis eksterna akut dan kronis

OTOPRAF Prafa

Tiap ml tetes telinga : Floudrokortison asetat 1 mg, polimiksina-B sulfat 10.000 UI, neomisina sulfat 5 mg, lidokaina-HCL 40 mg
Indikasi : Otitis eksterna akut dan kronis disebabkan bakteri gramnegatif dan positif yang peka, furunkulosis, radang saluran telinga bagian luar disertai ras nyeri

OTOZAMBON Zambon Spa K
Tiap ml tetes telinga : polimiksina-B-Sulfat 10.000 UI, neomisina sulfat, furaltadon-HCl 4,5 mg, fludrokortison asetat 1 mg, lidokaina-HCl 40 mg.
Kemasan : botol 8 ml.

VITAL Medikon Farma B
Tiap 10 ml cairan : timol 10 mg, minyak permen 20 mg, minyak kamfer 600 mg, paafin cair 10 ml.
Indikasi : antiseptik rongga telinga.
Dosis : 3×2 tetes sehari.
Kemasan : botol 10 ml tetes telinga.

Obat Pembersih Telinga:

FORUMEN Sanbe Farma K
Natrium dokusat 5 mg/ml tetes telinga.
Indikasi : membantu mengeluarkan kotoran telinga.
Kontra Indikasi : perforasi pada gendang telinga atau peradangan telinga.
Dosis : teteskan secukupnya ke dalam telinga tidak lebih dari 2 malam
berturut – turut.
Kemasan : botol 10 ml tetes telinga Rp. 17.500,-

WAXSOL Alpharma B

Tiap 10 ml larutan: Na-dokusat 0,5% b/v dalam pelarut air, gliserin dan pengawet.
Indikasi : serumenolitik.
Kontra Indikasi : gendang telinga rusak, inflamasi atau luka di liang telinga.
Peringatan : tidak boleh digunakan lebih dari 2 hari.
Kemasan : 10 ml larutan.

About these ads

Responses

  1. [...] Obat Sakit Telinga [...]

  2. Terima kasih atas postingannya yang sangat bermanfaat…^__^

    Salam.

  3. mas apa setelah pake obat telinga di bersihkan lg pake air biasa…..

    • wah ngga tahu yah, silakan tanya ke dokter.

  4. Barusan saya dapat info, katanya sih, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengeluarkan serumen (zat lilin) yang mengeras dari dalam telinga yang tersumbat. Cukup setetes. Hal ini memiliki proses pengeluaran yang lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan tetes telinga pada umumnya. Hanya saja saya sendiri belum mencobanya…^__^

    Ada baiknya, minyak kelapa itu di-sterilisasi terlebih dahulu, misalnya dipanaskan dengan cara dimasak terlebih dahulu dalam wadah yang bersih, kemudian setelah didinginkan, minyak kelapa tersebut diteteskan pada liang telinga yang tersumbat.

    Sekali lagi saya sendiri belum mencobanya. Jadi, silakan teman-teman berkonsultasi lagi ke pihak yang lebih paham tentang metode ini.

    Ingat, jangan mencoba dulu, sebelum teman-teman yakin…
    Terima kasih.

    Salam.

  5. Kalau telinga sering berdengung dan nyeri kayak infeksi obatnya apa ya? ditambah lagi telinga kayak tertutup oleh cairan di dalam rongga dalam telinga

    • obatnya yah periksa ke dokter THT.

  6. Telinga saya sangat sakit sehingga sy tdk bsa mendengar seperti semula bs si bs. Cmn telinga kiri doang yg bsa mendengar ngomong2 tmpt. Bl ny dmn yaaa ????

  7. Telinga saya sangat sakiit sekali thank’s ya atas infonya kesehatan…!!!!!’_’

    • ke dokter THT dong

  8. bisa berapa lama masa simpan obat tetes telinga setelah dibuka/pakai ,

  9. neneksaya umur 80 thn.telinganya sakit sdh 20 tahun .kini dia budeg,kadang berair,sering dengar suara desau dn gemuruh dan bisa menyakitkan di bagian kepala.belakangan sudah dicuci dan dikasih obat oleh dokter tht 3 kali.tapi masih sering berdesau dan suara ribut(gemuruh)kata dokter telinga masih bernanah.apa solusinya ya?apa ada harapan sembuh seusia itu.Tolnglah nenek itu wahai yang tau solusinya.trims

  10. Kalo budeg gara2 sering ngedengrin headset gmana? Ada obatnya ga?apa serius?

    • waduh coba segera periksa ke dokter THT, semoga tidak jadi tuli permanen.

  11. wah makasih solosinya ,,,

  12. klo kedokter berapa biayanya …..

  13. maksi atas invonya…..

  14. nice info gan…. cuma beli obat tanpa diagnosa dokter boleh ga ya????

  15. itu obat tetesnya harus pake resep dokter atau ti dijual bebas ya..???

  16. Mas yg bikin sakit itu obat yg bernama COLME?

    • COLME ngga bikin sakit, yg bikin sakit itu proses pembersihan di RS.

  17. klau penyakit conge / kuping ngeluar kan air dan berbau
    coba aja dengan obat mycetin dan obat amoxilin,4jj1 sembuh pnyakit conge nya,…..semoga bermanfaat

  18. d apotik ada gk mas

  19. mas nanya mas, kalo agak budeh karena sering pakai headshet gimana ya? udah 2 hari agak budeh nih.. kalo didiemin dan ga pakai headsheet lagi bisa sembuh sendiri gak ya ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: