Oleh: mulyanto | 21 Desember, 2010

[Samsat] Mutasi Masuk Kendaraan Di Samsat Rancaekek


Hari senin lalu saya melakukan mutasi motor ke kab. Bandung. Awalnya sempat nyasar ke Polres Soreang. Ternyata Polres Soreang hanya tempat pengesahan BPKB. Proses mutasi (masuk/keluar) ternyata di Samsat Rancaekek. Langsung balik kanan menuju Rancaekek untuk mengejar waktu. Bagian informasi di loket registrasi BPKB di Polres Soreang memberi petunjuk kalau Samsat rancaekek dekat dengan persimpangan cikeruh yang ada plang BRIMOB-nya. Akibatnya saya sempat muter2 dua kali di rancaekek :D . Hahahahahahaha. Inilah akibat tidak sempat googling dulu. Akhirnya berkat petunjuk tukang becak, ketemulah Samsat Rancaekek ini.

Gedung Samsat Rancaekek

Jl. K.H Ahmad Shadili No.66 Rancaekek
No. Telp / Fax : (022) 77939776

Peta Lokasi Samsat Rancaekek

http://wikimapia.org/12678346/id/Kantor-Samsat-Rancaekek

Loket Cek Fisik ada dibelakang Tenda Suzuki

Prosedur mutasi masuk kendaraan adalah :

1. Masukan kendaraan pada tenda Suzuki, minta cek fisik. Motor akan digesek no rangka dan no mesin dua kali. Cek fisik tidak dipungut bayaran.

2. Masukan lembar cek fisik pada map mutasi. Serahkan map mutasi pada loket cek fisik yang berada di belakang tenda. Tunggu sampai anda dipanggil dan mendapat map mutasi kembali. Disini juga tidak dipungut biaya.

3. Serahkan map mutasi pada tukang fotokopi yang berada di sebelah loket cek fisik. Minta dibuat foto kopinya. Apa saja yg difotokopi, serahkan saja pada tukang fotokopinya. Disini biaya fotokopi-nya adalah 8 rb rupiah.

4. Masuk ke ruang samsat yang didepan, datangi meja dekat pintu. Minta formulir pendaftaran. Isi formulirnya, nyontek STNK dan BPKB.

5. Serahkan Formulir berikut map berkas mutasi di loket “MUTASI MASUK”. Apabila berkas sudah lengkap maka selesailah proses mutasi hari itu. Proses selanjutnya yaitu STNK dan plat nomer dilakukan seminggu kemudian.

Yah senin depan 27 desember 2010, saya balik lagi ke samsat rancaekek untuk mengambil STNK dan plat nomer, setelah membayar biaya-nya dulu :) .

Update 28 Desember 2010

Kemarin kembali ke samsat rancaekek. Langsung menuju loket mutasi masuk dan menyerahkan resi, kemudian disuruh beli buku BPKB. Loket BPKB ada disebelah kiri loket cek fisik. Berkas mutasi diserahkan ke loket BPKB, saya diberi formulir yang harus diisi sesuai contoh yang tertempel di Jendela. Biaya buku BPKB adalah 80 rb sesuai dengan resi/kwitansi. Selanjutnya saya dipanggil dan menerima kembali berkas mutasi. Kembali ke loket mutasi masuk dan diperiksa kembali. Langkah selanjutnya adalah menyerahkan berkas mutasi ke loket penomoran. Tunggu sebentar dan kemudian dipanggil untuk mendapatkan resi bertulis no plat-nya. Kemudian tunggu di loket 2. Tunggu panggilan untuk pembayaran, lakukan pembayaran. Disini bayar 288 rb (sesuai yg tercetak di STNK). Tunggu STNK di loket mutasi. Cetak STNK cukup butuh waktu, antara 1 – 1.5 jam. Terakhir serahkan STNK di loket plat nomer. Loketnya diluar, ruangannya di belakang/samping loket mutasi (keluar/masuk). STNK dikembalikan ke saya dan mendapat tanda resi plat no untuk pengambilan pada hari jumat.
Jadi langkah-langkahnya adalah :
6. Ambil berkas di loket mutasi
7. Serahkan berkas mutasi diloket BPKB, beli buku BPKB
8. Serahkan berkas mutasi di loket penomoran
9. Bayar BBN,pajak dsb di loket 2
10. Tunggu STNK di loket mutasi masuk
11. Serahkan STNK di loket plat nomer.

Sejauh ini pelayanan samsat rancaekek sangat baik dan memuaskan.

About these ads

Responses

  1. makaish infonya nih…. om kalau bayar pajak… gimana nih…, ane kebtulan… di ranca ekek juga… cuman se;lama ini pake jasa biro …. nah sekarnag pengen nyoba sendiri… makasih..

    • Belum pernah bayar pajak tahunan di rancaekek. Tapi sih biasanya butuh KTP asli, STNK asli, dan BPKB. Kalau nanti butuh fotokopi tinggal fotokopi disana. Coba tanya sama petugas yang jaga meja formulir. Btw, begitu nyampe di parkir biasanya sih langsung diserbu “calo”. Hahahahahaha.

  2. Terhitung mulai Mei 2011, Samsat Soreang di gading tutuka sudah resmi dibuka untuk pelayanan pmbayaran pajak tahunan, BBNKB, mutasi. Kalau pak mulyanto tinggal di skitar soreang, untuk bayar pkb tahunannya tak perlu jauh2 ke rancaekek.
    Untuk pembayaran pajak tahunan cukup membawa stnk dan ktp asli saja (sesuai nama di stnk).
    Sebagai info , saya bkerja di samsat rancaekek tapi bukan calo yaa.. :)

    • Terima kasih infonya Pak Eman. Waaa buat saya malah jadi jauh… dari ujungberung(jatiendah) ke soreang :D .

    • Mantabp ! Setelah googling akhirnya ketemu sama blog mas mulyanto. Makasih mas mulyanto, Pak EmanR infonya, jadi besok saya ngga perlu jauh2 ke Rancaekek, tinggal belok aja ke Gading tutuka ..

  3. halo Mas Mulyanto, berarti mas ini mutasi kendaraan dari daerah mana ke kabupaten Bdg?
    Saya sedang mutasi dari Jakarta ke Bandung, beres urusan di Jakarta, saya dapet map berisi BPKB dll. Stlh itu saya mesti pergi ke Samsat mana ya? mksh :)

    • Mutasi dari kab purbalingga. Saat cabut berkas di samsat kab pbg, melampirkan ktp kab bandung. Untuk kab bandung, dulu mutasi kendaraan di samsat rancaekek. Ngga tahu kalau sekarang, karena ada samsat baru di tetuko soreang.

  4. mas..saya mau tanya klo motor wilayah cimahi mau balik nama ke rancaekek apa harus mutasi apa engga ya…klo harus mutasi barangkali tau biayanya kira2 berapa ya.trms

    • - Beda wilayah itu yah, sepertinya harus mutasi.
      - Biaya dua kali. Biaya cabut berkas di samsat cimahi dan biaya mutasi masuk di samsat rancaekek. Biaya cabut saya tidak tahu. Kalau biaya masuk yah seperti bayar STNK yg pertama + 80 rb utk buku BPKB.

      • mas…kebetulan saya juga mau mutasi dan bbn dari padalarang ke rancaekek, dan saya dengar” sekarang dari bulan januari sampai juni bebas biaya bbn nya benar ga mas,dan kalau cabut berkas sama masukin biayanya banyakan yang mana mas.trimakasih

  5. @pak eman..saya mau mutasi dari kab. soreang ke kotamdya brpa biayanya ya pak?skrg ad aprogram gratis kan ya s.d bulan juli 2012?

  6. di samsat rc.ekek bisa nembak ktp ga ya??? he..he…

  7. [...] berkas mutasi keluar selesai tinggal mutasi masuk ke polres kabupaten bandung. Enaknya kalau kendaraan punya KTP asli, bisa bayar PKB dimana saja. Toh biaya mutasi kayaknya sama [...]

  8. Pak, tolong infonya untuk BBNKB roda 4 wilayah Bandung selatan (Kopo) bisa di samsat soreang / gading tutuka? Atau harus ke samsat rancaekek?
    Makasih infonya..

    • samsat soreang / gading tutuka itu untuk kendaraan kabupaten saja. Bandung selatan (Kopo) itu masuk kabupaten atau kodya?

      • Jln.kopo itu Kabupaten pak. kecamatannya margahayu. jadi kalau mau ke soreang / gading tutuka pasti lewat kopo. Makasih

      • katanya samsat gading tutuka sudah operasional, tapi ngga tahu kalau urusan mutasi masuknya. apa masih di rancaekek saja atau bisa di gading tutuka.

      • Ok Pak Mul.. T.kasih atas informasinya.. Salam

  9. Assalamualikum pak mulyato salam kenal di udara aku mulyadi dr malang jawa timur mohon solusinya pak. gini pak pd tgl 18 juni 2012 kemaren aku beli mobil espass di bandung kl aku baca d stnknya ikut samsat rancaekek kebetulan pajak mati 3bln krn yg punya mobil aku beli itu ternyata keponakannya seorang polisi paskebetulan waktu transaksi ada juga pak polisi tersebut dan diya menyarankan biar dia yg memperpanjang ( bayar pajak ) stnk yg telat 3bln tersebut agar cepat selesai dan aku memper cayainya karena dia memang waktu itu masih berpakian dinas polisi kesepakatan udah terselsaikan dgn aku ngasih uang pertama 1jt walau d stnk tertera dgn nominal Rp.653.000.- pd th 2011 yg aku baca, dan besoknya pak polisi tersebut meminta ditransfer 400rb karna kurang katanya maka besok harinya aku transfer sesuai kekurangan yg d minta tersebut maksud aku biar cepat terselesaikan. yg aku khawatikan pak sampai aku menulis ini dan minta saran kpd bapak ini stnk aku masih blm nyampai dan kesalnya lagi pak polisi tsbt tdk dpt di hubungilagi tlp aktif tp tdk d angkat. mohon sannya dr bpk terimakasih wassalam

    • 1. Cari pak polisi itu. Minta uang kembali. Urus sendiri saja, ngga usah pakai calo.
      2. Perpanjang pajak kalau ada KTP asli. Kalau ngga ada KTP asli(sesuai STNK) yah ada 2 alternatif :
      a. pinjam KTP seusai wilayah STNK(kabupaten bandung?) pindah namakan (BBN) ke nama KTP tersebut.
      b. cabut berkas, mutasikan ke malang.

  10. ok makasih pak mulyono atas sarannya aku akan kebandung nunggu waktu cuti maklum pegawai swata sekali lagi makasih banyak

  11. pak, mohon informasi nya, saya punya mobil kijang saya mau cabut berkas dari samsat cimahi ke rancaekek sekaligus balik nama, saya ragu ni pak kemaren saya sempat tanya ke mr x, katanya biaya cabut berkas untuk daerah cimahi 1,5jt, apa betul sekian pak, trus klo saya mau urus cabut berkas sendiri apakah proses nya sulit pak, trus syarat apa saja yg biasa nya di perlukan untuk proses cabut berkas, kebetulan mobil saya atas nama perusahaan trus posisi mobil ada di sumatra, saya mau balik nama atas nama saya sendiri kebetulan KTP saya area rancaekek. terima kasih sebelum nya pak.

    • Pakai calo pasti jauh mahal. Usahakan urus sendiri, diurus sendiri saja bisa kena pungli.. apalagi diurus calo. Syarat cabut berkas :
      1. Cek fisik mobil. Mintalah cek fisik bantuan ke samsat di sumatera. Anda nanti dapat formulir hasil cek fisik. Kirim via titipan kilat ke rancaekek.
      2. BPKB Asli, siapkan 4 lembar fotocopy.
      3. STNK Asli, siapkan 4 lembar fotocopy.
      4. KTP Asli anda, siapkan 4 lembar fotocopy.
      5. Kuitansi pembelian bermaterai rp 6000, siapkan 4 lembar fotocopy.

      Nah datanglah ke samsat, baca syarat mutasi keluar/cabut berkas. Sesuaikan dengan persyaratan, misalnya jumlah fotokopinya. Biasanya diserahkan pada bagian arsip. Setelah dari arsip, lanjut ke loket mutasi keluar. Biaya cabut berkas mestinya tidak mahal kalau tidak tanggungan/tunggakan di fiskal. Biaya besarnya nanti di proses mutasi masuk di rancaekek.

      https://mulyantogoblog.wordpress.com/2012/06/11/cabut-berkas-kendaraan-itu-mudah-dan-murah/

      https://mulyantogoblog.wordpress.com/2012/06/13/memperkirakan-biaya-mutasi-kendaraan/

  12. [...] https://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/12/21/mutasi-masuk-kendaraan-di-samsat-rancaekek/ [...]

  13. Asalamualaikum..
    Saya mau tau tentang pembayaran mutasi dari awal ngambil berkas smpi tuntas

    Mohon penjelasan.nya

  14. siang saya mau ngisiin pajak motor, tapi plat nomor nya dah abis 2012, pajak nya 192 ribu, klo sama ganti plat nomor brp y,?

  15. Terima kasih info-nya, bermanfaat sekali. Saya punya kendaraan plat H (Semarang), BPKB, STNK dengan alamat Semarang. Sekarang saya pindah ke Bandung (KTP Cileunyi Kabupaten Bandung). Kendaraan juga saya bawa ke Bandung (posisi kendaraan di Bandung). STNK dua minggu lagi habis masa lakunya (sehingga perlu diperpanjang), tapi sudah tidakj punya KTP Semarang. Mohon infonya apa saya ke Samsat Semarang dulu (apa yg perlu dilakukan disana dan apa persyaratannya) atau langsung ke Samsat Rancaekek (apa yg perlu dilakukan disana dan apa persyaratannya).Mohon maaf, saya belum pernah melakukan hal ini, jadi ini pengalaman pertama saya. Terima kasih.

    • 1. Cabut berkas di samsat semarang, TIDAK PERLU KTP SEMARANG Persyaratannya :
      - Lakukan cek fisik di samsat rancaekek, bilang mau mutasi dari semarang ke samsat kab bandung. Anda akan mendapat berkas hasil cek fisik dan pengantar ke samsat rancaekek. Atau anda bawa kendaraan ke semarang dan lakukan cek fisik disemarang.
      - Serahkan berkas cek fisik, BPKB asli, STNK Asli, KTP Bandung anda beserta fotokopi-fotokopinya ke samsat semarang untuk cabut berkas.
      - Cabut berkas butuh 1 bulan padahal 2 minggu lagi STNK habis, kemungkinan anda harus bayar denda pajak dsb saat proses fiskal.

      Contohnya seperti ini :

      http://mulyantongeblog.blogspot.com/2012/12/samsat-cabut-berkas-kendaraan-itu-mudah.html

      - Lakukan mutasi masuk di samsat rancaekek. Kalau nama pemilik kendaraan tetap, hanya pindah alamat dari semarang ke cileunyi mestinya tidak dikenakan BBN.
      - Sebaiknya urus sendiri, memang repot(bolak-balik) dan lama tapi jelas STATUS berkasnya. Jelas berkasnya dimana, jelas petugas yg bertanggung jawab. Kalau nyuruh orang lain, biaya bisa bengkak 1 jutaan :D

  16. misi ni pak kebetulan saya jga mau mutasi kl ktp saya kab.bandung kecamatan kutawaringin masuknya samsat yang mana ya pak mohon infonya saya kurang tw ni maklum blm lama tinggal d bandung kl bpk tw saya mohon infonya????

    • samsat rancaekek atau samsat soreang.

  17. mf mau tanya kalo sepda motor supra fit hitam yg bernopol D 4390 WF,tahun 2006 atas nama jajang nurjaman,apakah masih neggunakan nama pemilik jajang nnurjaman apa udah di BBN ke orang lain,
    terima kasih

  18. pak stnk motor saya pajaknya belum pernah di perpanjang sampai stnknya habis lagi karna motornya ga pernah dipake, nah skrng saya mau perpanjang stnk sekalian balik nama dari samsat rancaekek ke samsat soekarno hatta (kotamadya) gimana caranya ya pak? mohon pencerahannya
    terimakasih

  19. Mas saya mau mutasi kendaraan bermotor (mobil) dari kodya bandung ke kabupaten bandung. caranya bagaimana ? apakah caranya sama seperti artikel mas mul yang dibuat tgl 8 desemer 2012. Apakah saya harus bawa berkas ke samsat rancaekek atau cukup di samsat bandung timur jl. sukarno hatta saja ?

  20. Maaf mas nyambung pertanyaan … di stnknya tertera bandung pajajaran, apakah bisa ngurus bbn, mutasi dan cabut berkasnya di samsat bandung timur ?

  21. maaf mas nyambung lagi di stnk itu jatuh temponya 15 maret. kira-kira ngurus bbn, mutasi dan cabut berkasnya bulan apa ?

  22. Pak minta infonya saya tinggal di tasikmalaya membeli mobil plat kodya bandung, setiap memperpanjang stnk nembak terus karena yang punya alamat di stnk sudah pindah. kebetulan di bandung saya punya saudara wilayah kabupaten, rencananya mau bbn dan mutasi ke kab. bandung atas nama saudara saya. Apakah untuk cabut berkas harus mobilnya dibawa ke bandung atau cukup minta bantuan (gesekan nomer mesin dan rangka) di samsat tasikmakaya ?

    • Mestinya bisa minta cek fisik bantuan samsat tasikmalaya.

  23. kenapa yasaya telepon ke no yang tertera tapi jawabannya pasti salah sambung? apa ada no yang bisa saya hubungi untuk samsat rancaekek, trims

  24. umpamanya mau balik nama mau gesek nomor mesin plat,y B trus stnk,y udah di jakarta sementara motor,y berada di medan apa hrus di byar….?
    pnjlasanya pak

  25. pak tolong bantuin bgmana caranya mutasi kendaraan/mobil dari nopol B/jakarta ke kota batu (jawa timur).
    mohon penjelasannya ya…terima kasih

  26. nambah dikit pak, biayanya mahal nggak…?

  27. Salam
    saya mw tanya, motor sy honda beat thn 2009, no.pol.D 3678 ZG.
    Masa berlaku stnk smpai tgl 19 maret 2014, saya hendak mutasi dr rancaekek ke bdg (dago)
    kira2 berapa biayanya? Terima kasih

  28. Salam
    saya mw tanya, motor sy honda beat thn 2009, no.pol.D 3678 ZG.
    Masa berlaku stnk smpai tgl 19 maret 2014, saya hendak mutasi jg balik nama dr rancaekek ke bdg (dago)
    kira2 berapa biayanya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: