Oleh: mulyanto | 12 Januari, 2011

[F1ZR] Cara Jetting (Setting Karburator)


Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner

Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah pilot jet dan main jet. Jadi yang mau nambah top speed, ganti pilot jet dan main jet. Tinggal beli pilot jet dan main jet baru yg ukurannya lebih besar, terus pasang menggantikan yg lama. Ukuran dratnya sama, yg beda adalah ukuran lobang ditengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal speknya memang buat karburator yang sama(Mikuni).

Untuk setting irit, optimum atau boros ada pada posisi klip dan setelan stasioner. Bukan pada sekrup bukaan udara. Sekrup udara hanya digunakan untuk mengatur agar pembakaran sempurna (busi warna merah bata).

Jadi tetapkan dulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip standard adalah ditengah. Kalau sudah OS 150 – 200 terus mau irit, clip bisa naik ke posisi kedua dari atas. Kalau paling tinggi, khawatir terlalu irit. Kalau irit, blok gampang overheat dan piston-ring bisa macet saat dipake ngebut. Kecuali dipake ibu2 buat ke pasar doang, bolehlah disetel irit habis :) .

Selanjutnya melakukan penyetelan bukaan udara agar campuran bensin-udara hasilnya optimum. Tanda campuran optimum adalah warna busi merah bata(pembakaran hampir sempurna).

Cara penyetelan bukaan udara :
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi. Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan needle jet terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan needle jet terangkat. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau needle jet tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi needle jet harus cukup terangkat dulu.

Sekrup stasioner. Putaran searah jarum jam menyebabkan stasioner semakin tinggi. Putaran arah sebaliknya menyebakan langsam/stasioner makin rendah.

2. Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok(menutup). Selama diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan langsamnya.

Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok

3. Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka), secara perlahan-lahan. Amati suara stasionernya(suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi. Kemudian putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak 1/4 putaran.

Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka)

4. Putaran sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun. Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan bensin irit tapi jadi kurang resposif(kurang tenaga). Selesai sudah jetting karburator-nya.

Kalau sekrup stasioner sudah dibuka banyak atau sampai habis tapi idle-nya ngga mau turun2, itu tandanya jarumnya menggantung. Biasanya disebabkan setingan kabel gas-nya terlalu boros.

Kabel gas dapat diatur untuk responsif (langsam tinggi dan boros), atau untuk irit (langsam hampir mati dan irit)

Selamat mencoba.

About these ads

Responses

  1. [...] Cara jetting (setting karburator)/ [...]

  2. [...] https://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/01/12/f1zr-cara-jetting-setting-karburator/ [...]

  3. [...] https://mulyantogoblog.wordpress.com/2011/01/12/f1zr-cara-jetting-setting-karburator/ [...]

  4. mas moel, mau tanya,

    kalo setelan udara diputer ke kiri kan mesin makin ngeraung ya? sementara kalo makin ke kanan kan jadi mati mesinnya.
    nah yg jadi pertanyaan (pertama) saya, apa bener kalo diputer terus ke kiri, motor jadi makin bertenaga namun lebih boros?

    sebelumnya saya pake pj 12.5. setelan udaranya cuma 1 3/4 puteran (ke kiri) supaya motor langsung nyala ketika distarter. kurang dari itu, motor susah idup.
    sekarang saya coba pake pj 17.5, rencananya untuk nambah tenaga puteran bawah. hasil percobaan saya, setelan udaranya supaya motor gampang nyala adalah 2 3/4 putaran. tp kok konsumsi bensin tetep relatif sama ya? tenaga sih lumayan nambah.

    pertanyaan kedua, tentang gas. kalo gas motor saya ditarik secara tiba2 sampe mentok, kok mesin jadi mati ya? keinginan saya sih supaya begitu ditarik, ya rpm mesin juga sesuai dengan bukaan gasnya (spontan gitu).

    makasih mas..
    btw, blognya bagus! :D

    • -diputer terus kekiri makin lean (kering), mesin jadi bergetar jadi terasa makin bertenaga (padahal nggak). Jadi boros karena pembakaran jadi tak optimum.
      -pilot jet berpengaruh pada saat motor mulai gerak(mulai bukaan gas) dan pada full throtlle, sementara motor sebagian besar waktunya pada bukaan 1/4 – 3/4. Pada bukan 1/4 – 3/4 yang yang berpengaruh adalah jarum skep atau sekrup stasioner.
      -Pantangan fizr adalah dilarang menancap gas tiba-tiba atau melepas gas tiba-tiba. Jadi memang ngga bisa spontan. Malah sebaiknya gas dikocok-kocok (gas diputar depan-belakang), tenaga mesin lebih cepat naik daripada langsung buka habis.

  5. jd harus tengah2 ya mas (ga trlalu ke kiri atw ke kanan) utk dpt setting ideal?
    kalo trlalu kiri, kebanyakan udara (kering). kalo trlalu kanan, kebanyakan bensin (basah). gitu bukan?
    jd.. saya pikir, kalo mau bertenaga dan boros, diputer makin kanan. kalo mau irit tp tenaga dikorbankan, diputer ke kiri. bener ga?
    he2.. maap ni nubi bnyk tanya..

    • - setting ideal yah itu. puter kiri terus sampai meraung-nya ngga mau naik lagi. terus putar kanan 1/4 putaran
      - boros/iritnya bukan di setelan/sekrup udara tapi di posisi clip jarum dan sekrup stasioner.

      • mas mw tanya… spi magnet fiz r tuh bisa di ganti gak yah…???? trus… cara bukanya kaya apa… soalnya keras banget…. mohon tanggapannya

      • mas mul ikutan ya kalo karburator fiz r ngembun karena apa tu mas>?

      • Ngga apa2 tuh, normal. Lengkapnya di

        mulyantongeblog.blogspot.com/2012/12/karburator-berkeringat.html

  6. [...] [F1ZR] Cara Jetting (Setting Karburator) [...]

    • ass,, Wbr. saya punya motor fizr, baru-baru ini saya sudah proseis 50 kop sudah di papas pembuangan anginnya juga suda dikasih lebar tapi larinya begi”tu saja, dan satu lagi gmn caranya supanya power suaranya bisa kayak ninja.? ajarin ya,,, ingat ilmu harus di bagi-bagi. terimah kasih sebelumnya.

      • maaf saya ngga punya ilmunya, kalau ngga punya.. apanya yang harus dibagi? :D

    • klok cara karbo lator buat jadi turbo gimana

  7. motor saya f1zr 2004
    standart kyk baru, gak berubah

    posisi neddle clip diposisi 3
    sebelumnya diposisi 5 (sebelum perubahan bensin 1liter hanya 25km)
    setelah dirubah posisi 3 (1liter menjadi 43-45km)

    yang setting teman
    dia juga menanyakan gimana larinya ? biasa aja, masih kencang, lebih enteng
    tapi kalau bawa pelan kayak mau lari duluan hehe

    terus dia tanya juga panas atau tidak ? saya jawab tidak, soalnya tidak ada bau hangus, lagipula sedang2 bawanya 80-90an

    sampai hari ini saya masih puas
    lumayan irit bensin,alhamdulillah

    • siipp. iyah asal cuma 80-90 an cukuplah. Jangan dipanteng 120-an pake lama lagi. Lebih aman kalau oli sampingnya diborosin lewat bensin di tangki. jadi kira-kira mau rada jauh, tambahkan oli samping ke dalam bensin di tangki.

  8. kenapa f1zr saya tahun 2000 kalo buat naik tanjakan tenaganya ilang n gak kuat buat naik tanjakan. apa penyebabnya… dan standar f1zr 1 liter isa berapa kilometer

    • -wah susah jawabnya, mesti dicoba dulu.
      -standar 1:25 sampai 1:35

  9. askum mas..
    sya mau tnya.. saya mau ganti pj mtr sya dr ukuran 17,5 menjadi 20. mtr saya f1zr.
    saya harus pkek pj mtr ap ya..???

  10. kalau setting stasioner sebernya itu buat apa mas .??

    • yah buat ngatur gas saat idle, saat grip gas ngga di putar. makin tinggi rpm-nya saat idle, makin kuat tenaga-nya, makin responsif, makin boros bensinya. Makin rendah rpm-nya saat idle, makin loyo tenaganya, makin irit bensinnya.

  11. Kalau Logika seperti ini bisa diaplikasikan gak ya?
    - Katakan jarum pada posisi 5 (paling boros)
    - Udara disetting lebih banyak, agar tercapai AFR ideal, agar pembakaran juga sempurna
    - Kemungkinan gas akan lebih besar karena pasokan bensin dan udara lebih besar…
    Logika ini bener gak? Atau ada yang tidak mungkin waktu setting udara-nya?
    jika logika ini benar, maka sebenarnya jarum bisa pada posisi manapun. Dengan syarat setting udara bener…

    • needle jet bukan hanya mengatur pasokan udara atau bensin saja. Tapi mengatur laju campuran bensin-udara. Memang rada lieur konsep needle jet ini. Jadi ngga bisa dilogika-kan jarum hanya untuk mengatur bensin saja terus setting udara tinggal mengikuti dimana posisi jarum-nya. Kelihatannya jarum ini malah jadi keran terakhir sebelum campuran bensin-udara masuk ke intake mesin.

  12. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam kenal mas,

    Saya punya F1ZR 97. 11 tahun lalu (waktu SMA) pernah di korek bloknya tapi karbunya masih standar. Dulu pernah sampe 120 km/jam, tapi sekarang narik sampe 90 aja udah “mbejeg”.
    Kira-kira klo ganti MJ dan PJ kan musti mikuni, nah ukurannya berapa ya mas kira2? Berapa harganya?
    Coz mo beli CDI BRT juga.
    Mengenai jarum skep, klo di setting irit = bensin keluar sedikit = bahan yang dibakar sedikit = meskipun jettingannya oke tapi apakah max speednya kurang?

    Terima kasih banyak atas jawabannya.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • MJ/PJ orisinil Mikuni harganya 40 -50 rb, biasanya dijual di bengkel suzuki. MJ/PJ non orisinil harganya 20 – 25 rb, Ini harga 1-2 thn yg lalu. Irit dan jetingannya oke, yah top speed tetap maksimum. Saya pernah nyoba pake PJ 17, MJ = 130. Irit abisss, bisa 1:40. Lari juga bisa 120 km/jam, tapi yah itu mesin terasa banget panasnya di kaki (sempropong) :D . Terus ngga aman buat ngebut lama-lama.

      • apa jarum pengirit bensin itu berpengaruh sma speed nya

    • Assalamualaikum Wr.Wb
      Salam kenal Mas..

      Saya juga punya F1ZR ’98 dengan kondisi yang hampir sama dengan mas Adi Setio Nugroho..irit tapi lari bsa dibilang kenceng..tpi mesin sering panas bahkan pernah juga ngedrop di ujung nya.
      gimana solusi nya tu mas??Dan misal kan gear di ganti dgn 37???

      • mau irit tapi kenceng?… yah jangan kenceng2. Mau kenceng? yah jangan irit2.

      • jd baik nya bgmn mas,spya lari nya ttp kenceng…skarang saya pake PJ 17.5 dan MJ.130..cma jarum di ganti dgn jarum king dgn pin jarum di tengah2 ( no 3)..mhon solusi dan saran nya..

      • solusinya yah jangan ngirit kalau mau kenceng. Setingan bensin jangan lean, terus MJ-nya gedein jadi 150 – 155. Oli samping yang JASO FC jangan diirit tapi normal saja.

      • Maksud nya lean apa tu Mas??
        Saya jg pernah coba pakai MJ 140,accelerasi nya nambah mas,tapi pada putaran atas mesin ataw sdah mentok pada gigi 4 tenaga nya nggk nambah lagi mas,apa karna nanggung gede MJ nya mas??oy,OS nya masih 0.25 mas….
        Trimakasih mas nanti saya coba ganti MJ 150….

      • lean itu miskin bensin, banyakan udara (irit ). MJ gede kalau bukaan udara-nya gede yah bisa lean juga. Fizr kohar maksimum larinya paling 130-an. Masalah OS 0.25 ngga ngaruh, cuman nambah sekitar 1.25 cc. Fizr yang lewat 130-an biasanya pakai karburator direamer (saya ngga tahu cara reamer), pakai spul dan magnet serta koil YZ125 (harganya 3 jutaan), knalpot racing beneran.

      • kalau PJ sama MJ nya di naikin 20 dan 150 efeknya gmn ?

      • pernah nyoba PJ 22,5. Akselerasi makin galak tapi juga makin boros. Kalau MJ 150 belum pernah nyoba.

  13. oh ya tambahannya,
    dulu waktu ngorek, bloknya masih 0.
    5 tahun lalu oversize di korter 50.
    Jadi harusnya pake PJ&MJ ukuran berapa ya mas?

    • wah ngga ngaruh mau os 50 maupun 200. Asal MJ/PJ nya cukup, yah sama saja.

      • oh yah biar tetap lari tapi irit, pakai PJ standard saja (17,5) . MJ nya saja yang digedein sampai 155.

  14. Oke mas, nanti aku coba beli MJ ukuran 155.
    BTW, klo CDI nya masih belum ganti yang BRT + Busi Standard + Kabel busi standard = masalah atau tidak? Yang berbeda akselerasinya ya mas…?
    Klo udah ganti akselerasinya lebih muantab…

    *sempropong itu apa yah? yang aman buat kebut lama gemana?
    Jangan di iket di angkot ya…

    • sempropong itu bahasa jawa artinya hawa panas. Normalnya kalau cuman pake sandal jepit, hawa panas dari mesin ngga terasa di kaki. Kalau sempropong yah, hawa panas terasa di kaki (yg pake sandal jepit). MJ itu buat top speed, kalau akselerasi itu PJ sama jarum skep, Pakai PJ gede (22.5 atau 27.5) terus setel jarum skep tinggi (boros). Ditanggung galak tapi yah buoorosss, minum bensin.

      Kalau CDI, masalahnya di RPM limiter, saya ngga tahu CDI orisinil FIZR apakah pakai limit atau unlimited.

  15. Mas, ko beli MJ nya di bengkel suzuki?
    Kan motor ane F1ZR, emangnya MJ itu sama aja? cuma beda ukurannya ajah?
    Maap ya banyak nanya…

    *berarti sempropong mirip kaya semropot…
    “wangine…semropot…” anginya kencang…. xi..xi…xi….

  16. bos,motor saya f1zr 2004 akhir, terakhir bermasalah karena gas suka naik sendiri tanpa ditarik, setelah service bolak-balik bongkar karbu, masala belum selesai, sudah cek membran juga ok. terakhir saran sang mekanik pinggir jalan, motor minta dikorter karena kompresi mesin bermasalah sehingga gas naik sendiri.tali gas juga ok. mohon sarannya bos. Terima Kasih.

    • coba cek per choke yg di karburator, mungkin sudah putus atau tak berfungsi. Putaran naik ngga berarti jarum skep-nya naik atau karena ada tambahan/bocoran bensin(disebabkan tali gas atau per choke). Tapi juga bisa disebabkan karena ada bukaan/tambahan udara. Coba diset bukaan udara-nya yang gede, biar ngga terpengaruh oleh tambahan udara.

  17. motor saya kok stelah di service malah jd lemot, ga ada tenaganya
    padahal cuma di bersihin karbunya tok

    kira-kira harus gmna iia mas ???

    • pasti ngga cuman dibersihin doang, mungkin sama mekanik dilakukan jetting, Harus gimana yah? Yah lakukan jetting sendiri.

  18. udah di jetting tp masih kaya gitu truz

    di gigi 3,,4 dah ga da tenaganya

    • 1. Cek pasangan kop(tutupnya, yang ada businya) bloknya. Kemungkinan kop ngga terpasang kencang. cek baut2-nya mungkin ada yg sleg. Ganti seal-nya dengan seal kuningan (orisinil) yg baru. jangan pakai lem.
      2. cek pilot jetnya, mungkin lubangnya ada yang ditutup kawat, mungkin ditukar dengan ukuran yg kecil. Atau ganti dengan pilot jet baru ukuran 22.5.
      3. Atur ketinggian jarum skep di kabel-nya, resikonya jadi tambah boros.

      lebih lengkap baca di :

      https://mulyantogoblog.wordpress.com/2010/12/23/f1zr-salah-satu-penyebab-f1zr-tidak-bisa-lari-kencang/

  19. mas, motor saya f1 tahn 95,
    knp kl sedri tenga ok tp kl b2 tenaga lagsg drop…
    kira2 da masalh dmn ya???

    • yah kurang tenaga. Sudah pernah dibahas/dijawab masalah kurang tenaga.

  20. mass mul..
    koilny pke ap tuh??
    koil warna biru ya.. :)

    • koil KITACO 90 rb beli diborma :)

  21. mas mul, saya mau nanya. motor saya f1zr th 2004, os 100.
    kenapa getaran terasa banget ya, padahal bandul barusan saya center kan, setang sama laher baru umur 6bulanan. saya cek baut2 mesin kencang semua. apa rumah kopling aus bisa penyebab getar juga?
    pertanyaan pokok: apa beda nya pemasangan main jet gede klip jarum skep irit sama main jet kecil klip jarum skep lebih boros? dengan asumsi setelan normal ternyata normal semua. bagusan mana yang dipake jika untuk harian jarak jauh?
    untuk tenaga lebih unggul yang mana? trims atas jawabannya.

    • penyebab getar biasanya di kruk-as (masalah laher), setang seher dan bensin terlalu irit. Diluar itu saya ngga tahu.
      1-main jet gede klip jarum skep irit –> bagus di full throttle, boros bensinnya hanya pas tancep gas penuh.
      2-main jet kecil klip jarum skep lebih boros –> bagus di akselerasi dan gas setengah (half throtle), boros di semua bukaan gas.

      Harian jarak jauh kalau luar kota berarti jarang macet, bagus yg no 2. Tapi kalau dalam kota, banyak berhenti (stop n go) yah bagusan no 2.

  22. mas mul, saya punya f1zr 2004, pernah make knalpot racing yg mirip knalpot ninja slongsongnya. lari cepet bisa 125-130 kpj. terus ganti yang standar tapi dibobok lari cuma bisa 120 kpj. cuman pernah asap ngebul bau sangit gara-gara dibeset. gimana ngurangin asap? makasih mas, jawabanya.

    • hahahaha sekarang kena tilang yah pakai knalpot racing :) . Banyaknya asap disebabkan :
      1. kualitas oli jelek
      2. banyak kerak/residu oli di knalpot

      solusinya :
      1. pakai oli samping jaso FC yang low smoke
      2. copot sarangan knalpot, bakar diatas kompor sampai merah. Lalu pukul2 sarangan ke besi/lantai supaya arang oli-nya rontok. Bisa juga digaruk2 pakai obeng dsb.
      3. copot kenalpot, isi dengan bensin terus bakar. Jangan khawatir chrome-nya jadi hitam, tinggal dilap dan dicuci pun kinclong lagi. Bakar yang lama, sambil diketok2 buat merontokan arang oli-nya.
      4. Gunakan etanol 99 % campurkan ke bensin dengan komposisi 1 bagian etanol dan 9 bagian bensin. Tapi etanol 99 % (alkohol kering) susah didapat. Paling biasanya yg ada etanol 96 %, biasanya dijual di toko-kimia.

  23. masmul, pengaruh ga wat lari kalo filter karburator di buka?

    • Yah bahaya kalau kemasukan benda/debu tajam/keras. Bisa-bisa macet atau gores seher-nya. Yang jelas busi gampang kotor. 11 tahun pakai fizr cuman sekali mengalami gagal hidup karena busi kotor, ternyata waktu service… busa filternya digulung sama montirnya.

  24. mas motor saya tahun 2004, os 100 pake karbu king, lengkap dengan intakenya.. yah walaupun lehernya buatan sendiri.. in sama out nya udah di alusin.. cop ciliner dipapas 1,5 mm. yang saya ingin keluhkan tuh. kok motor saya tarasa panas banget kalau dibawa ngebut terus kayak ada bunyi krrrriiiiiikkk gitu. busi juga warnanya putih. kalo pagi susah idupnya mas,, apa terlalu irit ya mas..? setau saya sih tu karbu belum saya ganti mj sama pj nya. jarumnya juga masih ditengah2..

    mas mohon bantuanya agar motor saya gak susah bangun pagi & dibawa ngebut bunyinya ilang…

    makasih mas sebelumnya..

    • iyah itu keiritan. cara borosin :
      1. Naikan jarum skep (turunkan posisi clip). Terus tes, kalau kurang :
      2. Ganti main jet dengan main jet yg lebih besar.

  25. ok mas… tak coba dulu.. ntar kalau ada keluhan lagi tak tanyain lagi.. hehe..
    makasih mas atas responya…

  26. mas mul fizr saya thn 2003 penyakitnya hampir sama ama sdr fazri kalo di hidupkan pagi gas suka naik sendiri tanpa di gas,chuk di karburator sdh tdk berfungsi (di tutup)dan jg boros busi.terima kasih. hampir sama ama sdr fazri kalo di hidupkan pagi gas suka naik sendiri tanpa di gas,chuk di karburator sdh tdk berfungsi (di tutup)dan jg boros busi.terima kasih.

  27. Mas mul, kalo brebet pas gas full throttle pada gigi 1 kenapa tu?? Kebanyakan bukaan anginnya apa yah?tu?? Kebanyakan bukaan anginnya apa yah?

    • yah dicoba saja jettingnya, kalau ngga dicoba/diubah yah ngga tahu masalah dan solusinya.

  28. Mas mul
    kalau setting karburator, ketika baut setting angin-angin di putar putar sampai mentok ataupun sampai lepas tidak ada reaksi ( mesin tidak meraung atau mengecil suaranya) kira kira karena apa ya ?

    • Kalau setting angin, gas dibuka sampai 1/8 – 1/4 putaran. Jangan cuman stasioner doang. Atau stasionernya dibikin tinggi dulu. Kalau setting angin pada stasioner normal yah ngga terasa perubahannya.

  29. Iya mas, gas sudah dibuka sampai 1/4, lalu sekrup angin diputar mulai dari yg paling dalam sampai hampir lepas gak ada perubahan suara mesin sedikitpun.

    Biasanya memang suara mesin jadi lebih kencang jika sekrup ini diputar putar, tetapi yg sekarang ini kagak ada perubahan sama sekali.

    Carbu sudah dibersihkan semua dgn carburator cleaner.

    plz help mas, kira kira salahnya dimana ?

    • karburator cleaner kadang ngga cukup, mesti disemprot pakai kompressor. bawa saja ke bengkel.

  30. Udah coba jetting mas tapi sulit dengerinnya, soalnya bukan raungan yang kedengaran tapi malah suara n getaran mesin yang terdengar

    • lah iyah yg dimaksud suara meraung itu suara knalpot (mesin), bukan suara karburator :D hahahaha.

  31. mas kut nanya, tp mtornya bukan fizr tetapi adiknya yaitu yamaha alfa. biar larinya enakan digantia apanya ya mas, misal pake karbu fizr apa harus bikin manifol sendiri atau manifol fizr bisa masuk langsung pasang?

    • wah ngga tahu. ngga tahu tipe karburator alfa, ngga pernah ngoprek alfa.

  32. Mas moel, kalo mtor nembak2(lancar ngeden lancar ngeden) pas habis lari kencang trus di langsam tiba2 tu knpa ya?

    • waduh belum pernah euy… yah coba aja diperbaiki jettingnya.

  33. Ohh gtu ya mas moel, trims ya ats responx.
    O ya,klo jetting kbanyakan anginx biasax berakibat apa sma mtor(keadaan lari/jalanx mtor??

    • Mesin jadi kepanasan kalau buat ngebut.

  34. sip

  35. mas saya mw nnya nih….mtr f1zr sya thn 2002,mesin udh d korek ,pj dan mj udh d gnti dngn ukurn 22,5.tpi kok tenaga nya loyo ya………mohon srn nya.

  36. ini cuman buat fizr ya?
    klo buat hsx gmn?
    soale ane bru newbie

  37. mas,saya punya f1zr thn 2000,
    blok dah kena korek,pj sama mj dah di ganti dgn ukuran yg lebih besar,
    tpi knapa kok di buat ngetrek loyo wktu pertama x di oper posneling,tpi wktu oper pertama nya aja,bis itu sich enak..
    cman kok lama bnget ya rpm ny naik wktu pertama x di oper..
    tlong ya mas..

  38. @usmar edi & johan

    Penyebab motor kurang tenaga :
    - salah jetting (terlalu irit)
    - kurang kompresi : ring seher aus, packing/seal ketebalan
    - sproket belakang kekecilan
    -dll

  39. ok..
    trim’s ya mas,atas jawaban ny..

  40. trim’s ya mas,atas jawaban ny..
    tar saya priksa lgi deh..

  41. oya mas..
    klw korek blok poswan bwat balap liar,
    tu maksimum nya brapa mm yg di buang..??
    dan jg klw papas deksel brapa mm..??
    sori bnyak nanyak,,
    coal ny lg pnasaran ni mas..

    • wah sorry ngga tahu. bukan pembalap atau bengkel tuner.

  42. ok ya mas..
    makasi..

  43. Saya mau tanya ni mas..
    Saya punya satria agresif jga thn 2004 cara ningkatin tenaga nya gmana ya mas..
    Tlng saran nya ya mas..

  44. Gan,pnya ane f1 th 97.,kmaren udah saya oprek krbunya,,dan skarang sih uda lmyan hsilnya.tpi ada yg kurang,.klo gas gede,,ada getarannya gan…
    solusinya dong.

    • mesin getar :
      1. Jetting terlalu lean/kering
      2. Setang seher oblak
      3. laher kruk as oblak

  45. mas saya mau tanya sya punya f1zr thun 2003 nah akhir2 ini to motor kalo mau buat jalan harus dipanasin dulu ( kalo ga kaya mbrebet trus g da tenaganya) to kira2 apanya ya mas?

    thanks sebelumnya

    • Terlalu lean (irit), cek businya.. mestinya warnanya putih.

  46. thanks ya mas

  47. aslmkum,,, nmpang nanya mas……….
    mas, motor saya napasnya pendek,, gmana cara agar npasnya panjang………
    makasih mas……………….

    • sproket belakang dikecilin.

  48. salm…saya punya f1zr 200 nie..kok stelah saya naik’i, piston-nya rx spesial kok getaran n bunyi mesin di blok keras bner….giman cara ngilang-in nya mas…..

    • cek setang seher dan klaher kruk-as.

  49. Mas..saya punya F1ZR 2001. dulu pernah service di bengkel (balap) nakal..karbu saya diganti dg yang sudah di reamer dan sekarang motor saya boros dan nggak mau lari. kalau dibawa lari seperti terlalu banyak bensin yang keluar dan mbrebt. Lubang bnsin MJ di sumpel timah kabel juga masih boros..solusinya gimana ya mas?kalau mau ganti karbu yang aftermarket apa yg bagus dan berapa harganya? Thanks

    • Hmm mungkin bisa dicoba karbu RX King yang KW, harganya 170 rb-an. Kalau mau mantap yah pakai karbu fizr orisinil tapi pasti muahall.

  50. assalm…
    mwu tanya mas F1 ku dah dbubut 100,,
    trus klo dbwa jlan 60 ke atas mndadak mati, trus ad bunyi tok tok diseher,, itu knpa ya mas,, mhon solusinya mas…..

    • Wah belum pernah ngalami itu. Ada yang tahu?

  51. ganti aja motor baru psti top..

  52. asalamualaikum, mas. . . saya ada F1ZR tahun 1993, Bensin nya Boros tarikan nya juga kurang. klo di bawa kecepatan 40 langsung mati . . . . . . gak bisa narik gas tinggi, , , , cuman bisa rendah, soal nya klo saya gas yg tinggi malah mati mesin nya. . . . beri penjelasan nya donk. . . .

  53. mas sya mo tnya……motor sy f1ZR 2001…..
    motr sya ko sering gnti busi apa penyebabya..trus apa yg harus d gnti….1 lagi mas…trus karbu’y ko sujka berembun

    • 1. Pakai busi merk apa? Kalau busi racing memang cepat habis.
      2. Busi diganti kenapa? Mati? Habis bagian apinya?

      Kalau pakai busi racing dan habis bagian apinya yah pakai busi standar saja kalau mau awet.

      3. Karburator suka berembun, ada seal/karet yg bocor.

  54. Sya cuma mau nanya brp biaya, untk mmperbaiki busi yg sLlu basah dan b’warna hitam

    • nanyanya ke bengkel dong. busi yg sLlu basah dan b’warna hitam itu tandanya settingannya too rich. Kalau karburatornya nggak rusak, cuman jetting saja.

  55. maz,aq penin nNya?
    Cra nytel karbu rx-king buat mtor vega byaR itit gimna ea maz.tpi karbunya bkan eanx asli,tpi mitasi

  56. mas,aq mau tnya?
    Cra stel karbu rx-king buat mtor vega byar irit tp buat tarikan wuezzz,..gimna ea maz.tpi karbu aq bkan eanx asli,tp eanx mitasi.

  57. mantap gan .

  58. Thanks tips and trick ny bro..
    .slm bikers dri tulungagung

  59. Selamat malam mas…
    mas punya buku referensi cara membongkar mesin F1ZR gak???
    klo ada share ke aq donk… soalnya aq lagi mo bongkar mesin F1ZR aq mas…
    sebelumnya aq ucapin terima kasih… salam kenal dari anak JAYAPURA…

    • wah ngga ada. salam kenal juga.

  60. Mas mau nanya mtr sya jupiter z thn 2006 klo mau kohar apax yg d ganti.

    • maaf ngga punya pengalaman ngoprek 4 tak.

  61. numpang nanya mas2 seklian… fizR ane kok waktu tancap gan pada gigi ke 3 kok ngok yaaa.. padahal gigi2 1 n 2 enak enak aja…. mhon pencerahannya bang…

  62. mas mull,,

    f1zr q uda os200,,

    tpi knp kq gk bisa ngacir,,

    PJ ama MJnya masih std,,

    biar ngacir PJ ama MJ di ganti ukuran berapa??

    • gak bisa ngacir gimana? berapa top speednya? gigi 3 ngga kuat buat nanjak? Berapa ukuran gear/sproket depan/belakang?. Banyak hal yang bikin ngacir ngga cuman ukuran cc doang.

      • maksudnya ntu ngacir tarikanya mass,,

        mngkin PJ ama MJnya hrus di gnti y,,

      • Pakai PJ = 22,5. MJ = 155. Kalau masih ngga mgacir, gedein sproket belakang jadi 37/38.

      • ok mas gue coba,,

        bli pilot jet ama main jet dmn mass

        cz sulit nyarinya

      • Di bengkel/toko variasi atau di bengkel/dealer suzuki/yamaha.

  63. bang mau tanya nii, kalau karburator fizr di ganti jarum thunder lari’ny beda kaga ? M0h0n jawaban’ny trimakasih

    • maaf ngga tahu, belum pernah nyoba.

      • filter’ny aq copot ,kalo masukin gigi 1&2 ngangkat ,tapi klo dah msukin gigi 3 malah tenaga’ny turun.. Itu gmana bang ?

      • gear belakang mungkin kekecilan, atau mungkin kurang tenaga. Penyebab kurang tenaga : 1.jetting ngga pas, 2.kompresi ngga bener dsb.

  64. mas mul mo tanya dong…
    klo sekrup angin aku puter ke kiri,kira-kira 2 puteran …
    kok gas/langsam naek ndiri,tapi ga mau stabil terus naek,kaya gas di tarik…
    makin lama makin meraung,seperti kita puter sekrup stasioner…
    jadi sekarang setel udara,mentok 1-1,5 putaran ke kiri…..
    diatas itu,langsung naek sendiri stasioner ky gas di tarik…
    apa karburator udah soak ya..??maklum f1zr ’02….
    thank’s….

    • maksudnya ke kiri itu berlawanan arah jarum jam? Muter sekrupnya pelan2 biar stabil perubahannya. Coba lagi tapi muternya pelan2, sedikit demi sedikit.

      • iye mas,ke kiri…kan di mentokin dulu kan….
        ,maksudnya hati mau nyari teriakan tinggi,tapi tiap di atas 1,5 putaran walopun udah ga di puter lagi,makin lama itu gas kaya ketarik,stasioner makin lama makin tinggi.Jadi sekarang ga pernah lebih 1,5….. :D
        oke mas besok ane coba lagi deh…..
        thank’s….

      • iyah putar dulu sekitar 10 – 15 derajat, tunggu stabil. lanjutkan lagi, putar dulu sekitar 10 – 15 derajat, tunggu stabil. dst.

      • ooo…begitu,dari ga nunggu stabil langsung puter aja…:D
        okeh deh mas,besok ane praktekin intruksinya…
        thank’s berat….

  65. mo tanya ne mas,?
    sy punya F1ZR th 2003,biar muantep tarikanya ,pake sporket ukuran brp ya dpn dan blkg

  66. mas moel met jmpa lg sm ank kal_teng.
    saran mas kemarin udh aq praktekin dan hasil nya alhmdulillah sesuai keinginan, walau d bwa lari kencang ttap gk getar lg, Ok thank’s mas ya…
    satu lg aq mao tnya mas… Sebenar nya kecepatan maximum f1zr itu brp sich..?
    terus terang punya aq kalo jarum amper udh menunjuk pd anka 120″ gas nya udh gk ad lg alias habis.itu aja mas

    • kalau standard memang cuman 120 kpj.

      • Oooh gitu ya mas…
        Tengkyuu ya…

  67. mas sya mw tanya,,,
    ukuran mj/pj yang sekarang saya pakai iyu msih ukuran standar, kalo pengn ditambh, pke ukuran yang brapa mas????

  68. mas mul..sya punya f.1zr thn 2005,tpi skrng d pakai krng enak ada getaran d bagian mesin sblah kanan,.trima kasih.

  69. mas f1zr saya
    jika sekrupnya di putar ke kiri (berlawanan arah jam)
    mesinnya malah mati piye to
    padahal dulu ngak giti mas apa ada yang habis ya komponen nya

    • ya eyahlah, kalau yg diputar sekrup idle yah matilah kali diputar berlawanan arah. Kalau yg diputar sekrup setelan udara, mati juga kalau diputar searah jarum jam sampai rapat.

  70. eh salah mas sekrup udara maksudnya
    yang di putar sekrup udara ke arah kiri
    mesinnya malah mati

    • setel stasionernya tinggi dulu. putar skrup udara-nya pelan2.

  71. selamat pagi bos, saya mau tanya ane pake fizz r thn 2001
    masalah : motor boros bensin 1 liter hanya = 16-17 km
    nb : – kompresi norman tenaga tidak msih gahar
    -clip niddle sudah paling atas /setelan paling irit
    -main n pilot jet size stndrt

    nah yg jadi pertanyaan apakah karbu sya sudah rusak atau gmn ya bos? soalnya pusing nih terlalu boros bhn bkarnya
    gmn solusinya bos? maksih

  72. selamat pagi bos, saya mau tanya ane pake fizz r thn 2001
    masalah : motor boros bensin 1 liter hanya = 16-17 km
    nb : – kompresi norman tenaga tidak msih gahar
    -clip niddle sudah paling atas /setelan paling irit
    -main n pilot jet size stndrt
    -oli samping ane irit banget/terlalu irit

    nah yg jadi pertanyaan apakah karbu sya sudah rusak atau krna oli samping yg terlalu irit ato gmn ya bos? soalnya pusing nih terlalu boros bhn bkarnya
    gmn solusinya bos? maksih

    • 1. Jetting sudah pas?
      2. Jangan terlalu tinggi iddle/stationernya.
      3. Cek busi. Warna hitam –> terlalu boros (rich).
      4. Oli samping terlalu irit bikin kerja ring-seher jadi berat –> boros bensin juga.

      • oh ya satu lagi bos, karburator saya berembun terus.apakah ini ada kaitannya juga sama borosnya bahan bakar?
        maksih:)

  73. Ini berlaku untuk segala merk motorkan yah
    Mau utak atik ah
    MAkasi info nya om

  74. mas bagaimana cara membuat filter dari besi mas?????????

  75. Mas, berapa harga rumah seher F1ZR? Rumah saya di daerah majalaya dan sulit sekali saya untuk menemukannya.

    • wah saya ngga tahu.

  76. bang, misi numpang tanya.
    Posisi clip nya buat settingan boros harus di posisi mana ?
    f1zr saya posisi clip nya paling atas ! kagak bisa dibawa laju.
    tapi klo mw cpt motor nya posisi jarum nya harus di mana ?

    • paling boros yah paling bawah, paling irit yah paling atas.

  77. ok bang, makasih ^_^

  78. bang klo mau bkin filter dari seng gmn si bang.
    gua dah bkin tpi pas di pasang klo di gas full motor gua mati mati mulu bang

    • wah ngga tahu. belum pernah bikin.

      • asss…………………muvff ikkutz nimbrunq mas……….mas npha iia mtorr saiia supra pke karbu honda win yq keihin,,,,,,,,,, paz mtor d bawa plan v mallah beberebedan…v kalau d bawa kencang bysa adj, enak pke,a juga,, itu salah dlam pnytelan karbu.a atw apa.a mas

  79. mas f1zr ku th 2004,kmren bru ganti seher os75 n ganti kampas kopling ori..
    skrg klo jalan n buka gas 1/2 putaran mesin ndut-ndutan tp klo buka gas smpai pol engga..dann setiap tutup gas juga ga mau langsam (ndut-ndutan jg), itu knp ya mas?

  80. satu lg mas,abis diganti kampas kopling skrg handle koplingnya jd keras n ga mau alus lepas koplingnya (tersendat-sendat)..knp ya?
    (maaf byk nanya..nubie..hehe,)

  81. bagaimana cara membuat suara motor jupiter mx seperti suara satria fu kalo dilepas filternya

  82. Ass…alaikm. kalau sy mas bukan fiz r, tpi rx king 2005, yg sy mau tanyakan, apa penyebab mtr sy sehingga tarikan pertamanya lemah? padahal uda ganti kampas kopling, setting karbu, tapi sy heran kok karbunya berembun, mohon solusinya mas. makasih

  83. Mas saya mau tanya nih…saya pake YT 115 trail..
    saya mau tanya, idealnya setelan udara itu berapa putaran bukaannya mas dari menutup (mentok)??? karena kalo setelan udara (putaran skrupnya) kalo distel bengkel rada keluar ya mungkin 3 putaran keluar lah, hasilnya memang motor lebih oke dan laju..cuman ga bisa dibawa di rpm rendah (pelan2) karena sering kaya kemasukan air gitu bawaannya..jadi motor pengennya digeber. dan kadang kalo di engkol pertama kali emang gampang tapi kalo mau jalan suka mati..maunya langsung buka gas pol tapi motor jd meraung ga jelas..saya ingin stelan normal..yang bisa di bawa pelan juga tenaganya oke..gmn mas..tolong infonya setelan karbunya..Thanks..

    • lah diatas kan sudah dijelaskan cara setting karburator yg pas :) .

      • ass…alaikm .mas saya mw tanya.motor saya smash kohar 2004.motor saya abis d gas pool trus d bwa plan gas dari bawh smpai tengah kaya kehabisan bensin trus d gas pool bru rpm y naik lg.mj y 105 pj 22,5.trm ksih

      • wah saya ngga pernah pakai smash jadi ngga tahu karakteristiknya yah.

  84. bos we pnya mtr f1,kmrin pk sher overses 75 bgus,skrng pke sher spesial mlah lemot ,gmna bos slusinya???,mhon bntuanya,

    • Mungkin karena salah ganjal blok. Yang ditambah seal-nya mestinya seal blok (yg kertas), biasanya pakai 4 seal. Seal kop tetap 1 saja.

  85. ass. Slam kenal mas Mul.
    G!ni mas mul,mtrku f1 th 03,OS standr, topspd 125 kpj . Akselerasi dri 1 spai ke 3 menghentak . aqw mw tanxak, cara ngurutin plat besi yng tipis di kampas kopling thu kyak mn…?
    ad ciri” atauw bag!an kususx kh..?.

  86. Mas, mw nax nech, aq punya fiz R 2004, msn standart PJ 25 MJ standart, busi TDR 481B, prtnyaanx ko’ kadang susah nyala mesinx klo dingin yah? posisi needle d 4.

    mksh…

    • Cek businya. Kalau warnanya putih itu berarti terlalu irit (lean). Terus ubah setingan sekrup udaranya (jetting).

      • sdh cek busix, warnax agak hitam. klo gas tinggi d gigi 4 suarax brebet…

      • wah kalau busi agak hitam, mestinya ngga susah distarter.

      • jd apa kira2 penyebabx susah starter bro?

      • Mungkin karena malah kegedean PJ-nya. Oli samping pakai merk apa? Pakai booster oktan atau kamper atau yg lain?

      • OLI samping pke castrol, sdh otak atik jettingx sdh bgus starter tp larix brebet klo gas tinggi (kecepatan tinggi)

      • kalau brebet pada pas tinggi berarti kurang udara. Coba copot dulu busa filternya. Kalau kemudian ngga mbrebet lagi berarti bener kurang pasokan udaranya. Solusinya : 1. Ganti filter dengan yg baru. 2.Perbaiki pasokan udara ( selang masukan filter yang kesasis, dicopot dan diputar kedepan). 3. Kecilkan main jetnya.

        Coba dulu no 1, baru no 2, terus no 3.

      • ok mas bro, thx
        nnt aq coba praktekkan :)

        lg blajar otak atik sndiri ini dr pd k bngkel lg hehehehe….

      • kalau mau ngutak-ngutik sendiri, alatnya harus bener. Obeng dan kunci yang bagus. Jadi ngga ngerusak mur-baut. Kalau mur-baut/sekrup susah dibuka, jangan dipaksa. Mungkin karena cara atau alatnya ngga benar.

      • Bisa jadi malah karena bensinya keborosan tuh. Coba kecilin PJ-nya dulu. Kalau pas start, mestinya PJ-nya yg paling ngaruh.

  87. Masmul , fizr saya udah djetting karbunya ikutin saran masmul.
    Tp Pass bawahan nya brebet larinya..
    kalo udah di atas, lari nya udah lumayan enak,napasnya panjang udah bisa 90-100rpj larinya.

    Kalo mau di setting, lebih enak lagi gmn mas?
    Soal ne, brebet bawahannya..
    Pengaruh PJ/MJ nya gak?

    • PJ nya kegedean tuh. PJ nya 25 yah? coba kecilin pake 22,5 hingga 17. Kalau PJ kegedean akibatnya “too rich” komposisi bensin lebih tinggi dari komposisi udara. Akibatnya pada bukaan gas rendah jadi mbrebet :)

      • Mas MuL..
        Minta pencerahan lagi..

        Fizr Saya udah ganti ukuran MJ nya 135 ,PJ nya pake ukuran 32,5..
        Tapi kok, bensin nya boros sekaali ?
        Suara mesin besar tapi gak adɑ tenaga?
        Mau naik ke 90-100rpj , aja berat banget udah gass pull gigi 4.

        Itu masalahnya kenapa ya?
        Atau belom pass ukuran PJ, MJ ny?
        Saya pake karbu standar mikuni fizr.

      • PJ nya pake ukuran 32,5 –> kegedean! PJ cukup 17 hingga 22,5 saja. Cek warna busi, jika warna hitam coba butar sekrup searah jarum jam sebanyak 45 derajat. Jika warna putih coba butar sekrup berlawanan jarum jam sebanyak 45 derajat. Coba setingan 1-2 hari, apa tambah enak ataukah tambah ngga enak. cek lagi warna businya. Apa tambah hitam atau tambah putih? .

      • Ouh PJ nya 17-22,5 aja ya mas ?
        Apa nggk kekecilan?
        Soalnya udah oversis 100 fizr saya, seher nya agak lobok soalny reamernya gak bagus.
        Τяυs blok am head nya udah dibuat kohar.
        Takutnya nanti brebet bawak nya..

      • os 100 cuman nambah 5 cc :D . Kalau nambah 50 cc lah baru PJ-nya digedein 38 :) .

  88. mas mul..ku pakai karbu pe 28, pakai MJ 105 PJ 38 bawahnya enak bgt tp setelah di gas sampai separuh ke atas motor gak mau tambah lagi kecepatan nya pdhl gas masih separuh..
    kata anak2 kurang boros MJ nya
    tp kok ku liat pengapian businya udah hitam…
    TOLONG PENCERAHANNYA MAS>>>

    • Iyah bener busi hitam artinya boros, artinya komposisi bensinnya tinggi. Tapi MJ-nya mungkin kekecilan.

      Bukaan Gas———– Bagian Penyumbang
      0 – 1/16 ————— 1. Pilot Circuit
      1/16 -1/4 ————— 1. Pilot Circuit, 2. throttle valve
      1/4 -1/2 ————— 1. Pilot Circuit, 2. throttle valve, .3. needle jet
      1/2 -3/4 ————— 1. Pilot Circuit, 2. needle jet, 3. main jet
      3/4-full—————– 1. Pilot Circuit, 2. main jet

      Nah pada bukaan gas 1/2 hingga full, main jet yang berperan Jadi besarin MJ-nya. Berapa besarnya? Saya tidak tahu, ngga pernah make PE 28 sih :D .

  89. mas klo gejalanya pas baru gas sih gak brebet,,
    setelah ngebut gas tiba“ gak berfungsi alias hampir mati mtornya,,
    itu kenapa ya??
    mohon balesannya,,,
    padahal filter boxnya udah kepasang,,

  90. mas klo gejalanya pas baru gas sih gak brebet,,
    setelah ngebut gas tiba“ gak berfungsi alias hampir mati mtornya,,
    itu kenapa ya??
    mohon balesannya,,,
    padahal filter boxnya udah kepasang,,
    MJ/PJ standar…

    • pistonnya macet kali

  91. Melanjutkan prtanyaan yg kemarin mas..!
    karbu pe 28 saya pasang di honda GL tp udah mesin tiger MJ-108 Pj-38,tarikan atas bawah enak TAPI waktu tambah gigi kayak ada sela “nyendat” bgtu mas..pdahal itu angin 1 1/2 putaran
    kalau langsam langsam sich mas karbunya..
    saya ganti MJ-100 PJ 38 gak ada “nyandet” lagi TAPI pada bukaan gas 1/2 hingga full, kecepatan gk mau tambah lagi mas.
    jadi binggung saya mas sampek mau ku bakar karbu ma motor saya…hehhehehhe……

    pertanyaan saya mas!
    1. MJ/PJ-nya yg pas?
    2. berpa putaran tuk anginnya?
    3. pa bener motor ma karbunya dibakar aja? ixixix….
    tolong solusinya mas…TERIMA KASIHHHH….!

    • 1. MJ/PJ-nya yg pas?
      jawab : saya ngga pernah ngoprek PE28 di mesin tiger jadi ngga tahu yah. Saya bukan montir/bengkel :D
      2. berpa putaran tuk anginnya?
      jawab : saya ngga pernah ngoprek PE28 di mesin tiger jadi ngga tahu yah. Saya bukan montir/bengkel :D
      3. pa bener motor ma karbunya dibakar aja? ixixix….
      jawab : buat rumpon juga bisa :D

      • waduhhhhh……tidur aja ahhhhh…hhheheh..makasih mas..

  92. Melanjutkan prtanyaan yg kemarin mas..!
    karbu pe 28 saya pasang di honda GL tp udah mesin tiger MJ-108 Pj-38,tarikan atas bawah enak TAPI waktu gigi ditambah kayak ada sela “nyendat” bentar mas..pdahal itu angin 1 1/2 putaran
    kalau langsam langsam sich mas karbunya..
    saya ganti MJ-100 PJ 38 gak ada “nyandet” lagi TAPI pada bukaan gas 1/2 hingga full, kecepatan gk mau tambah lagi mas.
    jadi binggung saya mas sampek mau ku bakar karbu ma motor saya…hehhehehhe……

    pertanyaan saya mas!
    1. MJ/PJ-nya yg pas?
    2. berpa putaran tuk anginnya?
    3. pa bener motor ma karbunya dibakar aja? ixixix….
    tolong solusinya mas…TERIMA KASIHHHH….!

  93. gak mas, trnyata mur jarum dikabel gas hilang,,,

  94. mas motor saya F1z th 1998
    sekarang dh kolter 75, kira kira pake PJ, MJ brp yg cocokx,

  95. Mas,numpang nanya…
    Dulu f1z sya pake pj 45 enak bgt dan busi gk basah, tpi skrang jadi brebet(keborosan)&busi basah item tpi klo pake pj standar lagi pj17 brebet ilang tpi gk ada tenaganya..apa pengapian nya yg bermasalah…nuhun

    • Mbrebet artinya campuran bensin lebih tinggi dari udaranya. Biasanya sih solusinya :
      1. Bersihkan/ganti busa filter udara, atau copot sekalian.
      2. Bersihkan karburator dengan kompressor.
      3. Jetting lagi.

  96. Cuma tips untuk f1zr ya mas

    • untuk karburator mikuni (f1 & suzuki satria).

      • Mas Mul nech, apa resiko kt campur premium dgn pertamax?
        plus minusx untuk mesin motor?

      • plus-nya :
        1. oktan naik –> tambah tenaga
        2. detergen dalam pertamax melarutkan kotoran2 yg mengendap

        minusnya :
        1. mahal
        2. kotoran2 yg larut dalam bensin bisa menyumbat karburator

      • brarti hrs rajin bersihkan karbu yh mas?
        perbandinganx bgus gmn Mas Mul?

      • - rajin bersihkan karbu awal2nya saja, kalau tangki sudah bersih dari endapan kotoran yah ngga perlu bersih2 karburator lagi.
        - 1 Liter Premium (88) dicampur dengan 1 liter Pertamax Plus (95) menghasilkan 2 Liter BBM Oplosan dengan Oktan (88+95)/2 = 91,5 (mendekati pertamax yg oktannya 92). Harga BBM Oplosan = (4500+1050)/2 = 7500, lebih murah dari pertamax :D .

  97. Harus pertamax plus yh??

    • pake pertamax plus buat ngejar oktan mirip pertamax. Premium + pertamax juga bisa tapi oktannya jadi cuma 90.

  98. Mas, saya mau tanya..

    Kalo OS 150 RX King, Karbu 28 itu MJ sama PJ pake ukuran berapa ya ?

    Mohon pencerahan

    Thanks

    • maaf ngga pernah ngoprek RX King :).

  99. asskum mas. . .
    saya punya motor yamaha alfa nih. .
    gimana sih caranya biar tenaganya kenceng kalau buat ngebut? ?
    mohon di balas. .
    makasih.

  100. ilmu yg bermanfaat

  101. Salam kenal. Numpang bertanya, f1z saya yang kopling otomatis diubah menjadi kopling penuh. Saya kesulitan mencari jedek, dimana saya bisa membelinya dan berapa harganya?. Terimakasih.

    • jedek itu apa yah?

  102. Oh ya , saya tinggal di Bandung.

    • coba di tempat loakan, lupa namanya.

  103. Jedek itu semacam bos untuk mengisi jarak akibat balancer yang dicabut dari rumahnya. Karena ada jedek maka tidak perlu pake dilas, cukup dengan mur aslinya yang dipasang kembali Oh begitu ya mas, nanti saya ke loakan. Terimakasih

  104. Jedek digunakan untuk mengisi jarak akibat dicabutnya clutch carrier, cara lain selain mengganjalnya dengan sprocket.

    • ooh itu. ya dulu pernah nyoba pakai sprocket, tapi cuman sehari terus lepas sendiri. Pernah juga sprocketnya dilas. Sekarang buat cadangan tuh, kalau2 otomatisnya (cage-nya) rusak.

  105. Iya mas saya sudah 2 kali mengalami lepas mur. Sekitar 15 tahun yang lalu, saya pernah mengubah kopling otomatis f1zr saya menjadi full clutch di toko Yonk Jy. Saya membeli satu set perangkatnya yang salah satunya adalah benda yang dinamakan Jedek. 2 minggu yang lalu saya ke toko yang sama untuk membeli benda yang sama tapi toko ini sudah tidak nyetok. Sudah menjadi sejarah katanya.

    • Paling yah cari drum bekas terus dipasang sproket yang dilas.

  106. mas kenapa motor saya karburatornya keluar embun
    karbu standar, cdi brt, busi tdr, per kopling brt, kampas kopling brt..
    tolong bantu biar motor saya bsa lari kencang,

    • bantu jawab : @lutvy afrizal … karet tutup karbunya kurang rapet bro, buat karet dari ban dalem bekas aja biar ga berembun lg. wah sama tuh bro brt juga, tarikan jadi maknyoss punya tp per kopling dan kampas kopling sya masih standard. F1zr asik, tua2 keladi … :p

  107. bro ,.. mu nanya nih , apa penyebab karburatornya sering berembun dan terasa dingin kalau dipegang , oh iya saya uda OS 50 . bagain mana ya yang harus disetting biar mantap larinya tolong ya mas bro , thanks !!! ……

  108. bro ,.. mu nanya nih , apa penyebab karburatornya sering berembun dan terasa dingin kalau dipegang , oh iya saya uda OS 50 . bagain mana ya yang harus disetting biar mantap larinya tolong ya mas bro , thanks !!! ……

    • coba diganti karet tutup karburator-nya (yg bisa dibuka buat masang kabel gas).

  109. Mas Mulyadi , .. mu nanya nih , kira2 bagus gak klu pilot jet ukuran 20 digabung dengan main jet ukuran 150 , gimana kira2 tarikannya ?…. tolong ya please !!! ….

    • waduh belum nyoba bro. Kayaknya sih kegedean, keborosan :D .

  110. mas Mul satu lagi nih , kira2 klu OS 50 bagusnya pakai PJ dan MJ ukuran berapa biar lebih bertenaga . itu aja thanks !!! …..

  111. bang sya px mtr fiz r.kllu gigi 1 2 enak,tpi kllu adah msk gigi 3 da 4 dy kya tdk ad tnga.gt npa ya bang??????

  112. salamualaikum om ..
    om saya mau tanya nih kalo skrup udara diputar searah jarum jam itu tandanya irit bensin atau gimana ?
    begitu juga sebaliknya .
    help me :(
    maklum masih newbie :)
    sukses ya om !

    • skrup udara diputar searah jarum jam –> pasokan udara berkurang –> kondisi rich. Komposisi bensin kebanyakan daripada udaranya. Tapi bukan berarti boros, walau biasanya yang rich itu boros. Yang irit yah yang pas, tidak rich maupun lean. Kalau lean biasanya irit tapi biasanya juga lemot.

      • masss ap yaa ciri2 karbulator rusakk???
        soalnya karburator saya susah di stel langsam….

      • Kemungkinan dua :

        1. karburator rusak
        2. karburator KW

  113. mass mul mau nanya nihh
    knpa ya fizrq klu di nyalakan mesin lngsung meraung suaranya tpi lama2 langsung trun.tiap di stater langsung meraung….
    apa karbulatornya udh rusak yaa masss???
    mohon pencerahannya…..

    • coba servis ke montir yg pinter/pengalaman

  114. suhu” yg berkumpul disni ane mw nanya maklum nubie motor jadi misalny ane mw ganti karburator pe28 apa aj yg hrus diganti slain karburatornya apa ada hubungannya dengan pilot jet dan main jet ? ato uda termasuk di karbu pe 28 yg ane punya itu

  115. mass mull mau nanya lagi kenapa ya suara motoq kya kehabisan bensin waktu aku turunin pilot jet nya dri 42,5 ke 20….

    • waduh ngga tahu, belum pernah ngalami.

      • ng apa-apa yaa mass kalau pasang pilot jet an main jet standar tapi blok udh di korek dan kop udah di papas…

      • Mas numpang tanya donk ..
        Harga Kas Fizr yg asli kena brapa??
        klau mas tau tolong ksh tau donk ..
        sekitar kena brapa harga kas nya ^_^

        Terima kasih .

  116. Mas fizr saya thn 97,knapa motor saya kalo di bawa ngebut mati yah

    • banyak kemungkinan, 1. seher macet 2. spul koit kepanasan dsb. Mesti dicek satu2.

      • bang, mau tanya,,, kenapa karburator fiz r saya klo cuaca lagi dingin atau lembab ko” motor saya jadi brebet dan karburatornya berembun…klo cuaca panas bagus lagi.??

        gimana caranya setting biar gak brebet ato berembun di cuaca dingin maupun panas.??
        makasih

      • pasang busa filter udaranya

  117. komeennn… :mrgreen:

  118. Thanks Mas Broo Atas Infonya, Ini Informasi Yang Aku Cari-Cari Mas, Aku Mau Langsung Setting Di Motor Kingku Mas Brooo, Makasih Yaaa

  119. gan motor mio saya , aku pasangin karbu pe28 ya jadi lumayan enak, tapi hanya satu yg jadi beban pikiran, kalau sehabis buat jalan/ gas gitu terus di lepasin mesin tiba” mati sendiri,,
    tapi kalau pas posisi gag buat jalan, hanya gi gas terus di lepas gitu gag mati,,

    gimana gan itu solusiNy,, MOHON PENCERahan,,
    atau sms ke no ini gan, biar saya belajar dari agan
    085728833301

    • sorry bos, ngga pernah ngoprek mio ataupun karburator PE. jadi ngga tahu saya.

  120. mas z punya mtr fiz-r 2004 over sais150 tp dia tdklincah nanti lama di kasi naik gasnya baru bagus alias gas pertamanya kosong…
    solusinya bagaimn mas…?

  121. mas mau nanya niih , motor saya poswan trus respon nya tuh lama tpii klo dah agak lama enak tarikan nya truss klo tanjakan agak kurang , tolong solusi nya apa ??

  122. Mas mau nanya nih, motor F1ZR saya klu di gas tinggi tidak mau di matikan melalui kunci kontak kenapa yah??!!
    sudah 3 hari nih permasalahannya belum nemu2 juga :D

    • busi kotor, ada kotoran yang terus hidup membara :D . Kotoran ngga cuman di busi tapi juga di head blok dan piston. Jadi mungkin ngga cukup bersihin busi tapi buka head bloknya. Bersihkan sekalian sama pistonnya.

      • klu semua itu sudah saya lakukan malahan sudah 2x saya bongkar, mesinnya tapi pas sudah di gas mesinnya menjadi tinggi malahan di matikan dengan kuci kontak tidak mau

      • sumber apinya dari mana yah? kalau busi sudah mati? coba cabut kabel businya.. mau matii nggak? kalau mau berarti sumber api dari busi –> kontak error?

  123. sebelumnya, sil koroasnya, piston kaburator, membran sudah diganti semua, tapi posisi gas gak mau turun mas

  124. mas sy, mw ty nii aku punya motor satria 120. ke,2003 , kenapa yhaa klw mtr sy panas mesin,y ko mati bru karburator,y ber embun mati mati gtu mas gimnh tuuh cara servis,y, tlg jwb

  125. mas mul,
    Aq mau tanya td kan aq bru dri kmpung , mtor f1 ku udah os 100, aku bwa ngbut trus udah jlan 100 kpj, tiba2 mesin mati udah gtu susah hdup hmpir 30 mnit aq nggu bru mwu hdup trus jlanx klo dbwa lambat mrebet mas.. Tp klo udah di atas 60 kpj mesin normal…
    Tp bensinx mnum mas..
    It msllah apa ya mas..
    Pa ada pngruh sma Mj pj nya..
    Mj nya pkai yg standar, trus Pj nya udah gde lobangx ga bsa dlepas mas…

    • - penyebab mati : mungkin seher macet, mungkin businya ngga tahan panas, mungkin spul jalannya mau mati
      - mbrebet waktu pelan : sudah pasti PJ-nya kegedean

      • sher macet krna apa ya mas…
        Busix udah gnti 2 mggu lalu pke busi TDR, Koil bru sma Cdi nya jga bru dgnti…

        Munkin krna spulx ya mas apix jga kcil..

        Klo Mj nya dgnti yg bsar bsa ga ngurangin mrebetx mas…

        Mwu tnya lgi mas, klo ada bunyi tek tek tek, di bgian bloknya , it krna apa ya mas..
        Mhon solusix mas…

      • -macet kurang oli samping
        -spul jalan yang ada magnetnya
        -bunyi tek2 -> saya tidak tahu

  126. trus hrus gnti spulx ya mas…
    Bunyi tek2 itu kya bnyi brsik bnget dbgian dlam n bwah mesin pas lgi langsam, mtor ga jlan mas..

  127. udah mwu mas ga mrebet lgi, akhirx aku gnti krbux ajja..
    Yg jdi pertnyaan, mtorx bsa hdup tp pas udah jlan 80 kpj mtorx mati, susah dhdupin, oli smping udah dborosin, trus klo udah bisa hidup , hidupx pun ndut ndut gtu mas…
    Udah itu aku ganti busi , dkick stater akhirx mwu bhdup aq pulank deh krmah,, stlah itu aku dnginin mesinx hpir 2 jam lbih,
    Trus aq mwu brangkat ktmpat teman, eh mlah ga bsa dhdupin lge, brkali2 diinjak kick staterx, smpai aq drong sndri ga mwu hdup jga, smpai skarang ga mwu hdup lagi ( mati total ) mas..
    Itu mslah apax ya mas,

    • periksa spul jalannya oke, kalau bisa ukur tegangannya/nyalanta waktu motor mogok.

      • sipp mass..
        Trimakasih bnyakk, emank spulx yang mati..
        Skrang mtorx udah bsa hdup..
        Lancar jayaa… :D :D

      • mas saya punya f1zr
        stiap pakai knalpot racing
        kalo digas pasti ngeden itu kenapa ya mas

  128. mas aku punya F1ZR 2002,, mau nya gimana caranya supaya pedal gas
    agar empuk, dan pedal kopling juga empuk

  129. maw nanya mas,, (buat riset/coba2 ringan)
    saya punya revo yang udah dinaikan kompresinya sampai 14..
    bahan bakar etanol 99%
    pernah nyoba pj : 40,42,46 dan mj: 70,72,75,98
    tapi belum dapat settingan yang tepat..
    bisa minta saran nya mas..? soalnya rencana maw di bawa jadi tugas akhir.
    Thanks mas..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 123 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: